MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Partner Hidupku Jadi Youtuber Sukses Bersama ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Partner Hidupku Jadi Youtuber Sukses Bersama ASUS ZenBook Flip S (UX371)
Add Comments
3/31/2021
Daftar Isi [Tampil]

“Dek, Mas yakin tahun ini payout lagi, dan bisa 10 ribu subscriber!” Ucap suamiku suatu hari di sela-sela dia sibuk membuat videonya.

“Aamiin, InsyaaAllah, semoga ya sayang,” balasku dengan optimis.

~~tidak usah tebak apa yang terjadi kemudian~~

“Hmm, bau apa ini? Oya pup?” Tanya suamiku sambil masih berkutat dengan laptopnya. Aku baru saja meletakkan camilan di dekat suami, dan akan beranjak menuju dapur lagi. 

“Iya Abi,” kata Oya--anak kami-- yang memang masih belum bisa bilang kalau dia ingin buang air besar. 

“Yok, kita ke toilet.” Ajak suamiku meninggalkan pekerjaannya sementara. 

Aku yang sedang memasak di ruang lain hanya tersenyum mendengarnya. Di balik kesibukan suamiku sebagai guru telaten dan sebagai pembuat konten, suamiku juga terampil menjadi Abi yang siap sedia buat nemenin anaknya maen bahkan nungguin di toilet ngeden

Memang seharusnya sudah kewajiban seorang bapak sih kalau kata orang. Tapi tetap saja entah mengapa kagum melihat Abi berusaha tetap ikhlas mengerjakan tugas mengasuh maupun membasuh di saat banyak juga wanita yang mengeluhkan suaminya hanya bisa bermain game tanpa mengenal waktu. Alhamdulillah, aku masih memiliki suami yang paham bagaimana caranya menyenangkan istrinya. 

Sekadar informasi, sesama pembuat konten, kami mengerjakan "aliran" berbeda sebenarnya. Aku di bagian blog dan media sosial, dan suami di bagian youtube. Kalau bisa dibilang, lebih susah ngembangin youtube sih menurutku. Tapi itu memang tergantung masing-masing orang. 

Nah, kali ini aku khusus menceritakan tentang proses bagaimana suamiku melakukan semua hal sebagai konten kreator. 

Tulisan kali ini memang bukan tentang diriku secara pribadi, tapi tentang bagian dari diriku.  Aku mempersembahkan sebuah cerita khusus untuk mendukung cita-cita suamiku  yang biasa aku panggil Abi. Aku harap, seperti suamiku juga berharap, Abi bisa menjadi youtuber sukses khususnya di bidang channel edukasi. 

Cita-cita Abi

Perkenalkan, nama Abi adalah Niko. Tanggal 4 April ini InsyaaAllah kalau panjang umur usianya sudah menginjak kepala tiga. Angka yang mungkin bagi sebagian orang cukup berat. Di antara dorongan “ingin sukses”, namun masih bingung harus fokus ke mana.

Mr. Niko, itu adalah nama sapaan Abi oleh murid-muridnya. Yes, Abi adalah seorang guru. Seorang guru di sebuah daerah yang cukup terpencil di daerah Kalimantan Selatan. 

Selain jadi guru, Abi juga aktif menjadi konten kreator. Abi memiliki channel bernama udaNiko (https://youtube.com/udaniko). Channel ini mulai aktif dibangun sejak tahun 2018. Hingga kini, channel Abi sudah memiliki kurang lebih 8.200 subscribers.

Tema channelnya memang tidak terlalu umum, namun yang membutuhkan channelnya cukup banyak. Saking ramainya, suami diminta beberapa kali untuk kursus secara langsung berkaitan dengan yang ada di youtube channelnya. 

Tiga Tahun Menjadi Konten Kreator

Nah, Abi ini memiliki yuotube channel yang membahas Olimpiade Astronomi. Sebuah olimpiade yang tidak tahu sumbernya dari mana, di mata pelajaran sekolah gak ada, di kursus informal gak ada, eh tiba-tiba nongol dan diperlombakan (itu sih kata Abi, aku cuma ngutip, pasti ada sejarahnya sendiri kan ya).

Tentu menjadi murid yang mengikuti olimpiade ini butuh pegangan yang kuat. Nah, di situlah suamiku menjadi ibaratnya sebagai "pahlawan" mereka. Suamiku memberikan tutorial pengerjaan soal-soal olimpiade astronomi dari tahun ke tahun. Beberapa juga tips agar sukses mengikuti lomba.

Abi bisa pede buat channel ini karena Abi juga membimbing astronomi murid-muridnya. Dulu juga suami sering mengikuti berbagai olimpiade semasa sekolah. Meski jurusan kuliah Abi adalah fisika,  katanya sih astronomi tidak jauh-jauh dari fisika, mata pelajaran yang dikuasainya.

Kalau ada yang nanya, susah gak jadi youtuber? Tiap profesi pasti ada tantangannya sih. Tentu ada saja dong rintangan yang muncul selama buat konten.  Nah yang aku amati ini nih biasanya:

▷ Begadang

Suami sering kali akhirnya begadang demi mendapat ketenangan dalam proses perekaman suara. Belum lagi yang tugas-tugas kantor lain dan persiapan bahan ajar esok hari yang masih harus dikerjakan di malam hari.

▷ Proses Panjang

Kalau bisa dibilang, persiapan seorang youtuber dan seorang blogger memang beda. Kalau youtuber setelah upload ada salah atau typo ya harus ditarik dulu, edit lagi, lalu upload lagi. Kalau bloger ada yang salah ya tinggal edit tanpa perlu upload ulang.

Alurnya juga panjang kalau mau jadi youtuber ini. Apalagi kalau belum punya tim kan semua masih serba sendiri.

▷ Beli PenTab

Demi memaksimalkan video untuk viewersnya, Abi yang awalnya hanya merekam menggunakan gawai dan tripod dan menulis di kertas menggunakan pulpen, beberapa bulan lalu Abi rela merogoh kocek untuk membeli pen tablet yang berfungsi untuk corat-coret di layar laptop. 

Jadi mikir kalau misalnya suami make laptop ASUS ZenBook Flip S (UX371), kan jadi tidak sesulit itu? 😆

Susah Senang Konten Kreator

Nah, ternyata bukan hanya serunya buat konten, tapi secara umum ada beberapa susah senang Abi selama ini menjadi yotuber di bidang pendidikan, di antaranya:

▷ Waktunya Musiman

Kunjungan channel suami akan ramai sekitar 2 bulan sebelum dilaksanakan olimpiade. Selain itu jadi turun drastis. Tapi tetap ada sih yang mengunjungi. Pasti ada saja subcriber yang bertambah setiap harinya. Namun, karena hal ini, suami sudah menyiapkan rencana juga untuk membuat konten yang lebih evergreen atau berlaku sepanjang masa, doakan ya. 

▷ Laptop Ngedit yang Saling Bergantian

Kebetulan suami dalam desain awal menggunakan laptop lama sejak kuliah yang engselnya sudah bergoyang dan warna layarnya suka berubah sendiri jadi warna biru. Namun urusan edit video, suami akan menggunakan laptop yang sering aku gunakan untuk mengetik. 

Sebenarnya ini laptop Abi juga sih, baru dibeli memang khusus untuk mengedit video, namun semenjak laptop lama istrinya dijual (karena beberapa rusak juga), akhirnya laptop ini tanpa hitam di atas putih dideklarasikan sendiri oleh Abi bahwa ini laptopku. Jadi terkadang kalau mau make pasti Abi izin dulu dan gantian makenya.

▷ Lelah Berlipat Ganda

Selain PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) sudah menguras tenaga Abi, ditambah membantu mengurus urusan domestik dan si kecil, Abi juga masih mampu menyusun draft konten hingga beberapa minggu ke depan. 

Gak kebayang deh lelahnya. Terkadang Abi sampai ketiduran sambal ngedit videonya. Duduk hingga berjam-jam aja udah pegel sendiri lihatnya. 

Namun, di balik kesulitan dan tantangan yang ada, hal-hal yang menyenangkan juga ada dong. Apa saja?

▷ Banyak yang Lolos Olimpiade

Syukurnya kesenangan laiinya adalah banyak dari mereka yang mengikuti channel Abi dan memberi testimoni kalau mereka bersyukur mendapat channel ini. Banyak dari mereka kurang persiapan karena langsung ditunjuk dari sekolah untuk mewakili olimpiade astronomi. Aku yakin di kalangan peserta astronomi Indonesia, mereka pasti tahu channel YouTube udaNiko hehe. 

Paling senang ketika ada yang mengabari bahwa mereka lulus dalam sebuah tahapan, Kabupaten misalnya. Yah, meski kini pandemi, olimpiade masih bisa dilangsungkan secara online. Meski yang saya tahu terjadi beberapa kali penundaan.

▷ Banyak yang Minta Privat

Selain ramai komentar di channel youtube, sosial media Abi juga sering dihampiri DM tentang orang-orang yang ingin kursus secara privat. Akhirnya mulai bulan ini suami mulai membuka kelas privat. Namun Abi tidak mematok harga, katanya terserah semampunya saja.  

Meski banyak dukanya, juga timbal balik materi belum banyak (baca: Google Adsense), Abi tetap optimis akan bisa mendaptkan viewers banyak tahun ini. Oleh karena itu Abi terus bersemangat membuat video meski sulit. 

Mungkin ada sebuah kesenangan ketika bisa membantu orang dan bermanfaat? Entahlah ... But I'm really proud of him ...😘

Istri yang Ingin Membantu dengan Hadiah Laptop Baru

Aku pernah mengatakan kepada Abi bahwa aku menyukai kesibukannya dalam membuat video youtube. Daripada sibuk yang lain bukan?

Setidaknya kesibukan ini tidak hanya bermanfaat untuk orang banyak, tapi juga menambah skill suami dalam bidang industri digital kreatif.

Dengan semua suka duka yang suami rasakan, aku merasa mungkin akan membuatnya senang jika aku bisa memenangkan hadiah laptop ASUS ZenBook Flip S (UX371) di lomba kali ini. Dengan laptop yang hebat ini, aku yakin suami akan menjadi lebih produktif menghasilkan konten-konten terbaru, dengan menghemat waktu lebih banyak, dan menghasilkan video yang lebih baik. 

Mengapa bisa menghemat waktu? Mengapa aku yakin hasil video youtube Abi akan lebih oke dengan ASUS ZenBook Flip S (UX371) ? 

Laptop kelas premium dari ASUS ini memang menjadi laptop yang digadang-gadang mampu memaksimalkan potensi para insan kreatif yang berada di jalur digital. Lantas apa kelebihan dari ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini?

Kenapa Harus ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Laptop yang dibandrol sekitar 25 juta rupiah ini memang membuat kaget saat pertama kali diluncurkan. Selain harganya yang cukup fantastis, speknya ternyata tidak main-main. Ya, namanya ada barang ada harga kan ya?

Sekadar informasi, menurut PCMag, ASUS dikatakan sebagai produsen laptop paling inovatif lho!

Nah, dalam desain laptop convertible, ASUS mengeluarkan seri terbaiknya versi premium bernama ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini. 

Laptop ini bisa dikatakan laptop yang paling cocok untuk para digital content creator masa kini. Mengapa? Ini alasannya:

▷ Layar yang Memukau

Dari segi layar, ASUS ZenBook Flip S (UX371) sudah dilengkapi dengan panel layar OLED yang memiliki resolusi 4K UHD. Wooow! Tentunya ini cocok sekali bagi para creator yang mengutamakan kualitas layar yang tajam dan wonderful. Seperti halnya fotografer, komikus, ilustrator, youtuber, dan lainnya. 

Tingkat reproduksi warna pada color space DCI-P3 mencapai hingga 100% dengan dilengkapi sertifikasi PANTONE. 

Adapun panel OLEDnya juga mampu menampilkan kontras warna yang lebih baik dan kini sudah mendukung fitur HDR yang tersertifikasi

Layar ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini pun bisa diputar hingga 360 derajat. Bahkan bsia digunakan dalam berbagai mode. 

Seperti sebagai tablet, hingga sebagai kanvas digital. Dengan stylus 4096 fitur terkini, penggunaannya bisa semakin maksimal. Uniknya, di bagian ujung cover depan laptop terdapat magnet yang dapat menyimpan stylus

Jika menggunakan laptop ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini, Abi tidak perlu repot lagi jika ingin membuat video yang membutuhkan tulisan langsung dalam penjelasannya. Bisa juga membantu suami yang terkadang untuk mengajar sehari-hari dan memberikan kursus privat juga masih menggunakan pen tab

O ya, layarnya ini juga sudah mengantongin sertifikasi dari TUV Rheinland untuk flicker free dan low blue light lho! Cocok banget buat suami yang bisa berjam-jam di depan laptop agar kesehatan matanya tetap terjaga. 

▷ Desain yang Mewah

Waktu melihat reviewnya di salah satu youtuber techno, aku terpukau dengan desainnya yang cool abis. Kerangkanya kuat, ramping, namun tetap elegen dan premium. 

Dari segi model, laptop ini memang terlihat lebih maskulin. Cocok dengan karakter Abi. Dari penampakan luar saja sudah terlihat bagaimana kokoh dan kerennya laptop ini. 

Saat membuka layar dalam proses ingin mengetik, maka secara otomatis engselnya akan membawa keyboard agak miring, sehingga sangat nyaman untuk melakukan proses mengetik. 

Tidak perlu lagi ganjelan buku seperti yang selama ini Abi lakukan.

Dengan sedikit patahan potongan di beberapa sudut, lalu ditampilkan hiasan garis berwarna tembaga, membuat laptop ini semakin elegan dan mewah. 

Katanya sesuai dengan logo S yang ada pada laptop ini yang berarti “slim" dan “sophisticated”, yaitu tipis dan mewah.

Beratnya hanya 1,2 kg dengan ketebalan 11,9 mm. Termasuk bobot yang cukup ringkas untuk dibawa ke mana saja. Memudahkan youtuber seperti suami saya menggunakannya di mana pun dan kapan pun. 

▷ Port Handal dan Konektivitas Maksimal

Adapun port yang tersedia ada USB type-C dengan dukungan koneksi Thunderbolt 4. Selain itu ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini juga dilengkapi dengan USB Type-A 3.2 dan HDMI. 

Mereka adalah port-port yang jarang di laptop ultra slim, namun di ASUS ZenBook Flip S (UX371) disediakan agar penggunanya tidak perlu repot menambahkan dongle lagi. 

Adapun dari segi konektivitas, laptop ini didukung WiFi smart connect di mana meski kita berpindah tempat, laptop tetap akan berusaha maksimal menyambungkan dengan jaringan terbaik yang tersedia. 

▷ Performa Luar Biasa

ASUS ZenBook Flip S (UX371) ditenagai dengan processor Core i7 11th GEN Intel Core serta tervalidasi intel EVO. Hal tersebut tentu semakin memaksimalkan kinerjanya. Dengan RAM 16 GB dan SSD Storage 1 TB, rasanya sudah lebih dari cukup untuk melancarkan proses editing video Abi juga menyimpan data yang besar. 

Touchpad juga dilengkapi dengan numpad yang memudahkan. Cocok dengan Abi yang sering berkutat dengan angka setiap harinya. 

Adapun kemampuan bertahan baterainya mencapai 15 jam pemakaian. Laptop ini juga diklaim tahan banting, tahan getaran, tahan dengan temperature yang rendah, bahkan tahan dengan tekanan udara yang tinggi. Setara dengan laptop untuk para anggota militer. 

Kesimpulan

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. 

Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini memang dirancang untuk produktivitas yang tinggi dan dinamis. Laptop ini mampu menjawab kebutuhan para content creator yang kreatif dan inovatif dengan kemampuannya yang luar biasa. 

Desain nyaman, mudah digunakan dalam berbagai posisi, material kokoh, aman untuk mata dan ditenagai dengan dapur yang oke, semakin meyakinkan untuk menjadi laptop terbaik untuk para insan kreatif di manapun berada. 

Aku berharap, semoga resolusi partner hidupku menjadi youtuber sukses tahun ini bisa terlaksana, dibantu dengan ASUS ZenBook Flip S (UX371) yang memesona , sehingga akan lebih mudah menuju cita-cita. Aamiin.

Sumber artikel:
Press Release dan Website Asus
Video Youtube David Gadgetin

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com

Baca Juga
Triyatni A.

ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Setuju.. Olimpiade Astronomi emang agak unik. Di pelajaran sekolah ga ada, tapi bisa masuk salah satu cabang lomba olimpiade.
    Kalau Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, semuanya ada kan yaa kak :D

    BalasHapus
  2. Terima kasih ya kak sudah ikut berpartisipasi dalam ASUS Blogging Competition bersama deddyhuang.com

    Good luck!

    BalasHapus