MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Pengertian DA, PA, SEO On-Page, SEO Off-Page, KW Utama, KW Turunan, PV, SS dan Istilah Blog Lainnya (PART 1)

Pengertian DA, PA, SEO On-Page, SEO Off-Page, KW Utama, KW Turunan, PV, SS dan Istilah Blog Lainnya (PART 1)
Add Comments
6/25/2020
Daftar Isi [Tampil]
domain authority adalah

Kurang lebih sekitar hampir setahun saya terjun di dunia bloger dengan fokus. Padahal mengenal blog sudah lama, tapi mulai belajar dan tahu sedikit dasar-dasar ilmu bloger itu ya baru setahun belakangan. Itu pun masih banyak yang belum dipahami. Ternyata, jadi bloger itu memang harus belajar keras, bukan hanya tentang menulis (padahal aturan menulis pun itu udah banyak banget ya, hehe)

Sebenarnya Apa itu Blog, Blogger dan Blogging?

Blog adalah singkatan dari web log. Di mana semacam media/platform tempat kita bisa menulis. Berbentuk halaman web/aplikasi yang berisi postingan-postingan yang kita tulis. Konten biasanya tampil berurutan, mulai dari terbaru hingga terlama. Meski tidak selamanya seperti itu. Contoh tempat kita bisa ngeblog adalah wordpress, blogger, kompasiana, medium dll.

Secara media, blogger adalah produk keluaran google di mana tempat kita bisa membuat blog yang biasa juga disebut blogspot. Ketika kita membuat blog secara gratis di blogger, maka alamat blog kita ototmatis akan menjadi example.blogspot.com.

Sedangan secara pengguna, blogger adalah orang yang beraktivitas sebagi penulis atau pemilik blog (dalam bahasa Indonesia disebut bloger).

Blogging adalah kegiatan yang dilakukan berkutat seputar blog.

Jadi bloger memang cukup kompleks pengetahuan yang mau tidak mau kita dalami. Mulai dari pengetahuan tentang tulis menulis, mana sesuai PUEBI dan tidak, pengetahuan marketing, pengetahuan bagaimana bisa dapat banyak pengunjung organik dari google, pengetahuan edit foto supaya ciamik dipandang mata, pegetahuan menyusun riset, dan masih banyak lagi.

Langsung saja, ini dia penjelasan sederhana 15 istilah dasar blog yang wajib diketahui pemula : 

DA (Domain Authority)

Apa itu DA? Domain Authority adalah ukuran nilai kualitas domain yang dikeluarkan oleh MOZ. Kita bisa melihat nilai DA kita di situs moz, atau googling dengan kata “DA Checker”, nanti akan banyak tools gratis agar bisa mengecek domain kita.

Rentang DA mulai dari 0-100. Semakin tinggi semakin baik

Seringkali, job bloger mensyaratkan DA tertentu sebelum mengisi form penawaran Kerjasama. Nah, DA sendiri saat ini memang masih menjadi patokan untuk menilai “kualitas blog” secara umum. Tapi bukan berarti itu  menjadi factor utama ya. Rata-rata, untuk job besar dibutuhkan DA minimal 15 bahkan 20. Tapi DA di bawah itu juga bisa kok mendapat job.

Bagaimana cara meningkatkan DA? Banyak senior yang bilang, perkuat inbound link. Tapi sebenarnya memang banyak factor. Rajin update blog juga salah satunya, juga usia blog.

Intinya, ada kesenangan tersendiri jika kita sebagai bloger mengalami kenaikan DA. Rasanya seperti mendapat nilai tamabhan dalam rapor sekolah, hehe.

PA (Page Authority)

Apa itu PA? PA sendiri selalu berdampingan dengan DA.  Dari kata “Page”, atau berarti halaman, berarti ini adlaah nilai dari kualitas halaman blog kita. Semakin tinggi juga semakin bagus. Dari rentang 0-100, masih dikeluarkan oleh MOZ. Tapi tolak ukur ini jarang digunakan untuk keperluan job blogger.

Website Authority / DR

Apa itu website authority? Website authority  atau biasa disebut dengan Domain Rate (DR) mirip juga dengan DA. Rentang dari 0-100. Tapi dikeluarkan oleh Ahrefs. Pernah ada agensi yang meminta persyaratan ini, tapi masih sangat jarang. Kata orang, sebaiknya nilai Domain Authority dan DR mirip, tidak jauh beda.

Domain Score

Apa itu Domain Score? Domain Score sendiri adalah penilaian kualitas blog yang dikeluarkan oleh Neil Patel (ubbersuggest). Rentangnya juga dari 0-100. Tapi penilaian domain score sejauh ini juga belum pernah menjadi tolak ukur sebuah job.

Alexa Rank

Apa itu alexa? Alexa sendiri adalah nilai blog berdasarkan kepopuleran blog (berapa pengunjung unik setiap harinya). Itu secara simpelnya kata bloger senior yang pernah bilang.

Ada lagi yang bilang, semakin rajin update tulisan blog, semakin besar kemungkinan Alexa tinggi (karena semakin banyak yang baca).

Tapi nilai alexa berbanding terbalik dengan DA, kalau DA semakin tinggi semakin bagus, kalau alexa, semakin kecil semakin bagus.

Seperti situs-situs berita, mereka akan mengejar target alexa yang “ramping”. Seperti halnya peringkat website.

Penilaian dilakukan oleh Alexa. Kita bisa langsung cek di websitenya atau memasang ekstensi alexa di chrome. Terdapat nilai alexa global (peringkat seluruh dunia), dan alexa per negara (contoh alexa Indonesia adalah peringkat di Indonesia). Rentang nilai Alexa mulai dari 1-15 juta.

Beberapa job juga ada yang mensyaratkan nilai alexa, tapi masih jarang.

SS (Spam Score)

Ap aitu SS? Spam score sendiri adalah nilai spam yang dikeluarkan MOZ kepada blog kita. Jika kita memasang ekstensi MOZ gratis di chrome, maka akan muncul nilai DA, PA dan SS.

Rentang SS dari 0%-100%. Semakin tinggi semakin buruk kata orang, Itu artinya nilai spam blog kita tinggi.
Semakin tinggi SS, semakin buruk bagi blog. Biasanya job mensyaratkan SS maksimal tertentu. Misal SS max 10%. Jadi blog yang memiliki SS lebih 10%, tidak dapat lolos dalam penyeleksian job tersebut. Dan itu hal yang menakutkan bagi sebagian bloger.

Bagaimana cara menurunkan spam score? Saat ini, masih banyak isu-isu beredar yang masih belum diketahui kebenarannya. Teman-teman bisa mencari dulu ya. Soalnya saya pun masih punya PR dalam menurunkan SS, hehe.

Domain & Hosting

Apa itu domain? Jika diibaratkan, domain adalah alamat rumah. Contoh alamat domain adalah www.example.com

Apa itu hosting? Hosting adalah rumahnya yaitu tempat di mana tempat domain tersebut dikelola.

Jika kita menggunakan blogspot, maka hosting kita adalah blogspot (yang dikelola google)

Jika kita menggunakan wordpress.com, maka hosting kita adalah dari wordpress

Jika kita menggunakan wordpress.org (self hosted), maka hosting kita bisa beli dari pihak ketiga (penjual domain dan hosting seperti niagahoster, domainesia, dll.)

Untuk membeli domain, bisa langsung di wordpress, blogspot, ataupun pihak ketiga.

TLD 

Apa itu TLD? TLD atau Top Level Domain adalah kata yang paling kanan berada di sebuah domain. Seperti, example.com, example.net, example.id.

Kalau dari bahasa job, biasanya dTLD adalah domain yang berbayar, bukan lagi yang gratisan.

BL (Backlink)

Backlink adalah hyperlink yang kita keluarkan ke blog ata website lain. Logo di blog biasanya berbentuk rantai yang terikat. Cara memberi bBL adalah memilih kata yang ingin diberi BL, lalu mengklik logo link. Lalu memasukkan link yang ingin kita sambungkan.

Inbound Link

Inbound link adalah link yang mengarah ke blog kita. Semakin banyak inbound link maka semakin baik buat blog, karena itu artinya banyak yang menjadikan blog kita sebagai rujukan. Asal dalam cara yang wajar dan tidak berlebihan dalam sehari.

Anchor Text

Anchor text adalah text yang diberi link. Jika teman-teman dapat job dan diminta memberi link ke anchor text “makanan sehat” misalnya, maka 2 kata tersebut diblok, lalu diberi link ke tempat yang dituju.

Ada istilah anchor text telanjang, dan ada yang kata tertentu. Yang telanjang misal anchor textnya langsung https://www.example.com/makanansehat

SEO, SEO On Page, dan SEO Off Page

Apa itu SEO (Search Engine Optimization)? Optimalisasi Mesin Pencari atau SEO adalah teknik yang dilakukan agar tulisan kita berada di halaman pertama google. Banyak cara yang dilakukan, ada Namanya SEO Onpage dan SEO Offpage.

SEO Onpage adalah teknik memaksimalkan optimalisasi melaui blog kita sendiri. Mulai dai struktur blog, hingga konten atau tulisan kita. Mulai mengatur susunan kalimat, hingga deskripsi pencarian. Juga bagaimana agar pengunjung mudah berekplorasi di blog juga betah berlama-lama di blog kita.

SEO Offpage adalah teknik optimalisasi dari luar blog kita. Misal dengan blogwalking, promosi di media sosial, dan menanam backlink.

Keyword Utama dan Keyword Turunan

keyword utama dan keyword turunan

Kw atau Keyword adalah sejenis kata, frasa bahkan kalimat (long tail keyword) yang akhirnya menjadi kata kunci paling sering dicari oleh orang di mesin pencari.

Kw utama adalah kw yang kita fokuskan dalam pembahasan di tulisan kita. Ditargetkan agar orang-orang yag mencari kw itu akan muncul tulisan kita.

Kw turunan adalah kw yang sejenis dengan kw utama. Kw yang didapatkan dari kw utama. memiliki kesamaan dengan kw sebelumnya.

Contoh kw utama yang kita cari seperti gambar di atas adalah "obat alami anak flu". Kw turunan yang muncul seperti "obat tradisional anak flu", dan lain-lain yang tersedia di bawahnya.

Alt Teks Gambar

Alt teks gambar adalah keterangn gambar atau biasanya juga kw gambar yang diberikan agar terdeteksi mesin pencari. Jadi jangan biarkan upload gambar di blog tidak mengatur alt teks gambarnya.

PV (Pageview)

Page view adalah jumlah berapa kali halaman yang dilihat di blog. Bisa dilihat di dashboard atau lebih akurat lagi di Google Analytic.

Pv yang diminta oleh advertiser biasanya per bulan atau per tiga bulan. Pv berbeda dengan pengunjung (visitor)

Anggap seorang pengunjung mengunjungi 5 halaman tulisan kita (dengan IP Address yang sama). Maka bisa dituliskan 1 visitor 5 pv.

Kesimpulan

Itu dia penjelasan sederhana 15 istilah dasar blog yang wajib kita ketahui. Nanti akan ada part 2 InsyaaAllah. Kalau ada ide apa lagi yang mau dibahas boleh ditulis di kolom komentar ya. Atau kalau ada pengertian di atas yang ternyata salah, tolong dikoreksi, hihi.


Baca Juga
Triyatni A.

ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Terima kasih infonya kak! Bermanfaat sekaliii 😍😍😍

    BalasHapus
  2. Awal awal ngeblog saya sempat dipusingkan dengan istilah istilah tersebut di atas. Lama kelamaan setelah berkutat dengan blog dan semakin sering baca postingan para blogger kawakan, ternyata istilah istilah tersebut berhubungan dengan proses dan output optimasi blog di mesin pencari (SEO).

    BalasHapus
  3. mantap! makasih ya infonya. Jadi lebih mudeng hehehe

    BalasHapus
  4. Baru ngerti istilah2 nya setelah sekian lama ngblog.. makasih tulisannya mbaa 😀

    BalasHapus
  5. Ini penjelasannya singkat padat dan jelas. Biasanya googling pusing sendiri dan malah jadi bingung dengan makin banyak baca. Disini langsung lengkap di beri penjelasan semuanya. Thanks infonya :)

    BalasHapus
  6. Makasih infonya yaa Mba Tri... super bermanfaat nihhh 😉

    BalasHapus