5 Trik Menjadi Blog Influencer dalam 3 Bulan! (Memanfaatkan Digital Marketing Life Hacks)

November 04, 2019


pixabay.com
source : pixabay

Bismillahirrahmanirrahim. 

Ini pengalaman pribadi. Saya sendiri belum terlalu lama menjadi blogger yang serius. Kalau abal-abal sih sudah sejak lama kenal blog, hehe. Namun mulai rajin nulis itu saat setahun terakhir. Dulu pernah punya blog yang belum TLD (contoh nama.blogspot.com/nama.wordpress.com), tapi kurang maksimal. Sekarang kurang lebih sudah 4 bulan nih punya blog TLD (nama.com), banyak banget lho manfaatnya. Salah satunya sudah bisa menjadi Influencer. Apa sih maksudnya influencer?

Menurut Wikipedia, Influencer adalah orang atau organisasi yang memiliki tingkat pengetahuan dan/atau pengaruh sosial yang diakui dalam bidangnya masing-masing.

Jadi kalau misalnya ada sebuah brand yang ingin mempromosikan produk maupun jasanya, beberapa dari mereka memilih untuk pemasaran digital melalui influencer. 


Lalu kenapa harus memanfaatkan Digital Marketing Life Hack? Sebelumnya apa arti dari Digital Marketing Life Hack?

Digital Marketing atau Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.

Sedangkan life hack adalah segala trik, jalan pintas, keterampilan, atau metode baru yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi, di semua lapisan masyarakat. (Wikipedia)

Jadi kesimpulannya, Digital Marketing Life Hacks adalah trik pemasaran digital yang dilakukan oleh sebuah usaha atau orang yang menawarkan produk maupun jasa, agar yang mereka pasarkan bisa terkenal atau laris terjual.

Nah kali ini, saya akan mencoba membahas trik pemasaran digital agar bisa menjadi blog influencer, yuk langsung disimak!

Source : pixabay

1. Rajin Update Konten

Perlu diketahui tujuan kita pertama kali untuk membuat blog. Apakah memang ingin serius dalam artian bukan hanya sekadar membuat blog dan menulis apa saja, tapi menentukan konten khusus atau NICHE sebuah blog. Misalnya ada yang jago di bidang travel, maka blognya lebih kepada wisata, alam dan sebagainya. Jika kamu ragu untuk menentukan niche blogmu, kamu bisa memilih menjadi blogger yang lebih personal dengan niche lifestyle yang seperti saya buat. Di blog jadinya kamu bisa berbagi hal dan tema apa saja terkait dengan pengalaman dan gaya hidupmu.

Dan paling penting dari semua itu adalah rajin update konten. Paling sedikit adalah seminggu sekali. Jika mau jadi full time blogger, mungkin bisa minimal update 3 kali dalam seminggu, bahkan kamu kalau dapat ide tiap hari dan juga emang lagi rajin, juga boleh banget mau update setiap hari.


2. Bagikan di Sosial Media


Banyak yang menulis di blog hanya untuk konsumsi pribadi sebagai kenangan di suatu hari nanti. Tapi kalau kamu ingin menjadi influencer, kamu harus belajar untuk pede membagikan tulisanmu di media sosial. Seperti status whatsapp, instagram, facebook, twitter dan lain sebagainya. Pengunjung blog saya cukup banyak dari media sosial lho!


3. Belajar PA, DA, SEO, dan lainnya


Meski saya sendiri belum terlalu paham tentang istilah-istilah di atas ini. tapi saya akan mencoba menjelaskan secara sederhana :

PA  atau  Page authority adalah gambaran rangking pada website maupun blog kita yang dilihat atau ditemukan di mesin pencarian. Range angka pada page authority biasanya dari 0 sampai dengan 100. Jadi semakin tinggi nilai PA blog atau website kita, maka kemungkinan untuk dapat muncul di search engine  seperti google sangatlah tinggi.

Sedangkan DA atau Domain Authority suatu website mengacu pada kekuatan domain yang dimiliki oleh website atau blog Anda. Kekuatan DA suatu web maupun blog berdasarkan oleh faktor usia, populatiras, dan ukuran dari domain kita. Range DA juga dari 0 sampai 100. Semakin tinggu ya semakin bagus.

Lalu apa itu SEO? SEO atau Search Engine Optimization (Optimisasi Mesin Pencari) adalah sebuah proses untuk memengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) blog atau website kita di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari (contoh google). Jadi jika blog kita berada di halaman pertama pencarian, berarti SEO kita sudah bagus dan maksimal.

Menaikkan PA dan DA, sangat erat kaitannya dengan usia blog, kualitas artikel, maupun peringkat di mesin pencarian. Ada lagi istilah keyword, meta tag, dan masih banyak lagi. Lebih lengkap bisa browsing sendiri ya hehe.



4. Buat Blog Menjadi TLD


Blog yang sudah TLD (Top level Domain), atau biasa disebut blog yang berakhiran .com, .id, .co.id, .net, dan lain-lain ini adalah domain yang sangat  menjual agar bisa menjadi influencer. Meski tidak semua, tapi beberapa brand tertarik untuk mempromosikan produknya di sebuah blog yang TLD. Meski TLD atau tidak itu tidak menjamin tinggi rendahnya DA, PA, dan SEO-mu, tapi dengan TLD menurut saya pribadi, banyak sekali keuntungan yang didapat diantaranya :
  • Kebih keren/terlihat profesional
  • Punya brand/rumah sendiri
  • Gampang diingat
  • Motivasi buat nulis (karena udah bayar 🤭)
  • Kemungkinan menang lomba blog lebih besar

Lomba blog Domainesia


Apalagi sekarang sudah banyak penyedia domain yang sangat terjangkau. Blog saya ini hanya membayar sekitar 9.000 Rupiah saja per bulan. Saya beli di DomaiNesia. Murah banget kan? Karena saya pakai blogspot, jadi saya hanya beli domain. Tapi kalau kamu pakai wordpress, kamu harus beli domain dan hosting. Untuk beli hosting bisa cek di  www.domainesia.com/hosting. 

Customer servicenya juga ramah banget, fast respond, dan proses cepat. Pengalaman enggak sampai 24 jam, saya sudah punya blog dengan domain.com. 

Baca Juga : Hanya 99 ribu/tahun, Kamu Bisa Membuat Blog dengan domain.com (Pengalaman Pribadi)


5. Bergabung di Grup atau Komunitas Blogger


Ini nih yang paling berkontribusi. Jadi semenjak ikut komunitas blogger, saya akhirnya cukup sering mendapat job untuk promosi sebuah produk yang lumayan. Kadang dapat barang aja, kadang juga ditambah transferan, dan kadang keduanya. Biasanya job influencer didapatkan melalui email, atau langsung informasi dari teman sesama blogger. Selain itu, komunitas ini juga membantu kita banyak belajar bagaimana cara teman blogger menata blognya, bagaimana model artikel yang menarik, dan sebagainya. Ada juga tips dan trik yang secara tidak langsung kita dapat dari diskusi di sebuah grup. Saya juga ikut komunitas 1minggu1cerita agar ada dorongan tambahan bisa rutin menulis. Bukannya kadang kita lebih semangat jika ada teman? 😄.

Lalu kenapa harus 3 bulan? Pertama, beberapa perusahaan menggunakan standar DA sebagai syarat untuk bisa jadi influencer. Kedua, Seperti saya katakan sebelumnya, PA dan DA blog ditentukan salah satunya dari usia blog.  Blog saya yang baru saya buat bulan Juli kemarin, dalam 3 bulan barulah DA-nya naik (awalnya 0). Jadi 3 bulan itu minimal banget ya. DA tersebut sudah cukup untuk mengundang brand untuk menggunakan jasa kita. O ya dampak dari bagusnya blog juga bisa menjadi ladang job influencer di sosial media. 

Jadi gimana? Tertarik jadi influencer? 

Untuk emak-emak seperti saya, hal ini sangat menyenangkan. Selain menularkan hobi menulis, juga menambah ilmu. Karena nulis itu butuh riset lho! Seperti halnya buat makalah atau skripsi 😆. Yang tidak kalah menggiurkan adalah kita juga bisa dapat pundi-pundi rupiah. Lumayan juga buat perpanjangan domain nanti 🤭. 


Yuk #langsungbikinaja blogmu, dan daftarin TLD Domainmu dan #jalanbarengdomainesia. 

Semoga bermanfaat ya!

Buat teman-teman blogger yang lebih berpengalaman tentang dunia blogging share juga yuk tipsnya di kolom komentar 😍😎.

Digital marketing life hacks

Artikel ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba blog yang diselenggarakan oleh domainesia.com. Beberapa kutipan dan gambar diambil dari sumber yang sudah tercantum di bawah.


Sumber Artikel:
https://www.klikseo.com/apa-itu-pa-dan-da-dalam-teknik-seo/
https://semseomanagement.com/apa-itu-seo/
http://wikipedia.com
Sumber gambar :
pixabay: elisariva
http://domainesia.com


 

You Might Also Like

54 comments

  1. Update kontenku masih seminggu sekali nih Mbak, semoga frekuensinya bisa ditingkatkan, minimal jadi 2 kali seminggu. TLD juga penting agar lebih terlihat profesional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga lagi fokus buat naikin DA nih, susah banget yaaa hehe udah nerapin berbagai tips tapi belum naik-naik skornya :D

      Delete
    2. Sama Mbak aku juga masih jarang update konten 🤭 moga bisa lebih rajin XD

      Delete
  2. Infonya lengkap banget beb. Ini penting juga buat yang blogger lama yang mulai males buat ngonten. Hihihi ,kaya aku. Niat yang kuat dan rajin itu perlu banget kalau mau jadi influencer. Biar gak bosen buat berkarya .

    ReplyDelete
  3. Aku masih belum fokus nih niche-nya, PR banget, ini. Mau update blog tiap hari belum sanggup juga, sih. Malah kalau lagi tiap hari ada ide kadang ditabung biar seminggu 2 atau 3 konten aja yang naik, daripada seminggu penuh tapi minggu berikutnya blong, hehehe. Entah salah atau benar ya begini ini.

    ReplyDelete
  4. Aku udah tld, tp aduh masih sering magernya padahal banyak yg mau ditulis tp tiap buks laptop anak ikutan mau maen laptop juga wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan Mbak, nungguin anak tidur ya hehe. Nulisnya via hp dulu biasanya 🤣

      Delete
  5. Kok jadi tertarik ya untuk merubah jadi TLD, cukup terjangkau nih di domainesia.
    Sementara ini baru belajar konsisten mengisi blog sih saiaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener yang penting isi blog dulu Mbak hihi. Iya Domainesia terjangkau banget. Dulu nyari2 emang paling murah dapat ini

      Delete
  6. Alhamdulillah tertarik tetap menjadi beauty blogger aku mbak. Hehe Sudah jiwanya nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku irih sama pv Mba Rima udah jutaan XD. Semoga bisa niruin Mbak hehe

      Delete
  7. wah keren nih mba tri.. blognya udah approved adsense pula hehe.. bagi tips tentang google ads dong.. tulis di blog trus share di wag IHB ya biar aku baca hehe.. oh iya aku penasaran, kenapa pilih nama domain pohon tomat? Serius aku kepo nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru belajar juga Mbak hehe. Yang Adsense ada di label Adsense Mba aku ceritain perjalanannya. Dari umur blog sebulan udah approve Alhamdulillah. Kenapa pohontomat? Nanti ya hoho

      Delete
    2. Iya kudu diceritain tuh ada apa dgn pohon tomat? Viralkan biar ngalahin ada apa dgn cinta hahaha

      Delete
  8. Setuju, komunitas memang bisa membuat kita jadi rajin update blog. Apalagi kalau komunitasnya khusus untuk niche tertentu, wuiiih, rame banget banyak temen XD

    ReplyDelete
  9. Aku juga pakai domainesia (nggak ada yang nanya) Btw kereen ini 3bulan dah dpt job. Aku dulu brp bulan lupa. Tapi yg jelas, udah setahun aja masih bis dihitung sama jari jobnya wkwk. Tetap semangat ya kita. Terutama update kontennya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga masih dihitung jari Mbak 🤭🤣 wah samaan domainesia 😆 yuk ikut lombanya Mbak

      Delete
  10. Gabung di komunitas memang banyak manfaatnya. Selain nambah teman, ilmu pun juga makin bertambah dengan sendirinya, dan Da maupun Pa juga ikut naik.. Kalo rajin nulis haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak. Rajin nulis pasti DA PA naik 🤭

      Delete
    2. Cuma kadang kan buat membangkitkan rasa #SemangatCiee menulis nggak semudah minum air hihi, apalagi nyari idenya 😁

      Delete
  11. Kemarin juga tertarik pengen ganti jadi TLD dan di domainesia juga beli, tapi kelupaan terus akhirnya belum keganti juga wkwk
    Terima kasih infonya ya mbaak

    ReplyDelete
  12. Aku kok ya masih susah nulis yang rutin, seminggu sekali aja belum. Mau dong mbak dimasukkan grup yang nulis blog seminggu sekali, biar ada "keterpaksaan"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke websitenya aja Mbak daftar, langsung bisa join kok hehe. Googling aja 1minggu1cerita

      Delete
  13. poin 1 tuh yang masih aku kejar sekarang...kadang bingung mau nulis apa.hohoho
    dan bener banget tuh kak gabung komunitas blogger itu penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Semangat nulis nih yang harus dibiasakan

      Delete
  14. Dari semua tips di atas yang belum bisa saya jalankan dengan maksimal adalah update konten secara konsisten dan share di sosmed. Masih belum pede aja gitu sama tulisan sendiri. Ada nggak tips supaya pede dengan tulisan sendiri hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin dulu kalau apa yang kita tulis itu bermanfaat dan penting buat dibaca orang. Masalah ada yg suka atau tidak gpp. Intinya setiap tulisan pasti ada pembacanya. Sy seneng kalau ternyata apa yg tulis bisa bermanfaat bagi org lain

      Delete
  15. Ini adalah tulisan yg aku tunggu2 dan cari kak. Emang kagi butuh banget. Dan alhamdulillahnya bisa gabung di IHB jadi dapat teman baru dan support system yang masyaa allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat Mba hehe. Setuju gabung di komunitas itu enak banget

      Delete
  16. Wah keren banget nih mbak, nambah ilmu banget buat aku yg masih amatir dan blm tau apa2 hehe makasih mbak

    ReplyDelete
  17. Wah akhirnya dapat juga jawaban Dari pertanyaan Ku Yang terpendam. Utk update tulisan Masih harus lebih giat, belum bisa 1 minggu sekali. Oh ya kebetulan maret kontrakan blog habis, cusslah ke domainesia.

    ReplyDelete
  18. Terimakasih infonya mba, reminder banget buatku ini. POint pertama soal Niche, sempat bingung juga spesifikasinya apa ya kalau saya. Tapi ternyata bisa pilihan lifetyle ya. sip-sip. Selanjutnya konsisten menulis lebih sering lagi. target saat ini minimal masih 1-2 minggu sekali *uhukkkk hiksssss

    ReplyDelete
  19. bagus banget nih tipsnya. Untuk tulisan organik memang harus rajin posting biar naikin DA. Ikutan komunitas blogger juga ok, biar banyak pengunjung yg visit blog kita.

    ReplyDelete
  20. uwowow ini dia yang aku bener bener cari kak aku juga lagi bingung nentuin dimana aku bisa beli doain yang murah dan sesuai budget hhe maklum masih kantong mahasiswa udah beberapa kali lewat aja envent yang mau buat ajak kerjasama tapi terhambat dengan TLD huhu makasih banget ya kak

    ReplyDelete
  21. Sekarang susah banget buat naikin DA euy. Blogku sudah berbulan-bulan DA-nya mandek. huhu

    ReplyDelete
  22. Aku sudah praktekkan itu semua. Semoga untuk update kontennya jadi lebih semangat dan sering lagi hehe



    Salam,

    www.rizkyashya.com

    ReplyDelete
  23. Tengkyu mbaa buat tulisannya beneran jadi belajar juga berbenah akan konten dan konsisten buat isi blog sama konten itu yg masih lalalaland haha

    ReplyDelete
  24. komunitas itu memang banyak bawa rejeki, secara sering banget teman share ilmu dan juga info job disana. saya masih jarang nih share ke sosmd, padahal sengaja buat IG khusus lho sebagai teaser gitu, tapi sering banget deh lupa, huhuhh. Twit dan FB juga klo ingat aja, hihihih

    ReplyDelete
  25. Wah emak produktif ini mah. Meski hanya menjalankan hobi, tetapi sekaligus menghasilkan ya. Memang kalau menulisnya konsisten, dengan sendirinya da/pa, maupun penghasilan akan naik secara signifikan

    ReplyDelete
  26. Wah kak tri mashAllah q blm ke prove sama adsense tapi emang bener sih, kalau sering update nanti job dateng tapi kadang mager nih aharus di basmi dari diriq

    ReplyDelete
  27. Waaa makasih infonya...terus terang butuh banyak belajar soal kaya gini. Umur blogku sudah 10 tahun, tapi baru kujadikan TLD awal tahun ini, hihi. Karena dulu cukup jadi blogger biasa aja, cukup senang banyak yg baca dan ngga kepikiran buat jd influencer, buzzer dkk gitu.. Tapi sekarang mau nggak mau harus ikutin zaman ya, jd mulai belajar dari nol banget soal DA/PA dan SEO, masih belom ngerti juga sih, haha...maklum lah, telat hype.

    ReplyDelete
  28. Ikut komunitas itu emang berpengaruh banget. Aku dulu ngga ikut komunitas karena belum ngerti. Tapi setelah ikut jadi menambah wawasan aku banget dalam blogging.

    ReplyDelete
  29. Nomor 3 masih PR banget belajar SEO, kok sampai sekarang gak ngerti-ngerti ya? Kayaknya harus sambil praktek deh baru paham

    ReplyDelete
  30. Mantep banget nih mba ilmunya
    Samaan mba buat ibu rumah tangga macamnkita sangat membantu menyalurkan perasaan heheheh.
    Aku juga.pengen rajin posting.

    ReplyDelete
  31. Yang paling penting konsisten menulis dan punya jati diri untuk blognya. Aku sekarang lagi belajar nih untuk melakukan hal tersebut. Kadang kalau mager itu melanda suka bikin kita ikutan males nengok ke blog.

    ReplyDelete
  32. Eh kok murah banget sih domainnya. Seriusan? Etapi itu domain aja tanpa hosting ya?
    Kunci utamanya adalah rajin bikin konten ya mba. Huhu.... belakangan ini blog aku kayak etalase. Blm sempet nulis organik lagi. Hihi

    ReplyDelete
  33. updateku masih sesuka hatiku mba hehehe karena bagiku blog ya hobi yang menyalurkan semua curhatan aku wkwkwk

    ReplyDelete
  34. Cuma 99 ribu ya mbak? murah ya beli domain di Domainesia. Waah, mbak jadi influencer enak yaaa mbak? pengen doong . makasih tipsnya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
Salam kenal :D