Rans Entertainment, Kado Rafathar, dan Kebiasaan Hidup Sehat

Rans Entertainment, Kado Rafathar, dan Kebiasaan Hidup Sehat

Konten [Tampil]
RANS Entertanment


Siapa sih yang tidak kenal dengan "Sultan Andara" yang punya Youtube Channel bernama RANS  Entertainment dengan subscribers lebih dari 17 Juta ini? 


Yes, mereka adalah Nagita Slavina dan Raffi Ahmad. Pasangan muda yang memiliki anak bernama Rafathar ini kembali mengunggah momen seru bersama keluarganya.


Bukan hanya ada Raffi dan Nagita, tapi terlihat di bagian thumbnail atau kover vlog terbaru RANS tersebut ada si gemesin Rafathar.


Kalau lihat si Rafathar ini makin gede makin pinter juga gemesin karena udah bisa mulai mengatur dan menolak dengan tegas. Lucu jadinya hehe. 


Video terbaru tersebut ternyata berisi tentang acara buka kado bersama dalam rangka ulang tahun Rafathar yang kelima . Juga terlihat orang-orang yang biasa bekerja bersama keluarga RaffiNagita.


Nagita dan Raffi Ahmad Tetap Meluangkan Waktu

Sebenarnya salut banget sama manajemen waktu keluarga ini. Dengan aktivitas yang super duper padat, mereka tetap meluangkan waktu untuk merayakan hari ulang tahun Rafathar.


Saat itu tengah malam, tepat sudah 5 tahun usia Rafathar. Usia yang mulai paham dan tahu akan pilihan-pilihan yang diinginkan.


Pada video yang diunggah 16 Agustus tersebut, terlihat Mami Gigi atau biasa disebut Memsye ini berjalan cepat sambil membawa tas pinggang.


Seperti biasa, selera fashion Nagita Slavina memang terlihat sederhana namun tetap menampilkan kesan elegan dan mewah. 


Tapi kita tidak akan bahas soal fashion ya, wkwk. Kita akan bahas soal daily vlog RANS yang luar biasa sibuk namun tetap meluangkan wkatu untuk merayakan ulang tahun Rafathar yang kelima.


Di cuplikan awal video, tampak Mami Gigi menanyakan kepada para pegawainya, tentang apa yang terdapat di beberapa hadiah tersebut.


Namun sebelum membuka kado, Rafathar diajakin makan dulu sama Nagitsa Slavina. Termasuk Raffi Ahmad yang akhirnya mengambil posisi untuk segera makan mie yang disajikan Nagita. Memangnya mie apa?


Sebelum Buka Kado di Daily Vlog Rans, Makan Mie Sehat Dulu

Nah, ternyata mie yang tampak berwarna hijau tersebut adalah mie lemonilo. Sudah tahu lemonilo kan? Mie yang tampil beda dengan tagline penawaran mie sehat. 


lemonilo mie goreng


Terlihat dengan lahap Raffi Ahmad makan mie lemonilo juga bersama Rafathar yang bergelantungan di punggungnya. Rafathar yang minta disuapin itu bikin gemes banget. Dia kelihatan suka banget sama lemonilo, jadi sampai rebutan sama Papanya, Raffi Ahmad.


Yakin Mienya Sehat? Enggak takut anaknya kecanduan mie?

 

Nah, sebagai orang tua memang wajar banget kalau misalnya kita sampai takut anak kecanduan mie. Dengan catatan mie yang tidak sehat. Selain mengandung MSG, juga bisa mengandung bahan-bahan yang kurang baik dikonsumsi terus menerus.


Tapi berbeda dengan lemonilo. Mereka mengklaim bahwa mie yang mereka produksi bebas dari bahan-bahan berbahaya, seperti pengawet, pewarna sintetis, MSG, dan bahan lainnya.


Nagita Slavina pun menjelaskan bahwa mie lemonilo ini prosesnya dipanggang, bukan digoreng. Jadi akan lebih rendah lemak, rendah kalori, dan tentunya lebih sehat.


Pewarna hijau pada mie awalnya saya kira dari daun pandan, namun ternyata itu bayam. Menurut saya inovatif sekali lemonilo ini. Setelah mienya habis, mereka akhirnya lanjut untuk mulai buka kado bersama.


Acara Buka Kado yang Seru

Melihat banyaknya kado yang berjejer menandakan bahwa banyak yang sayang dan peduli sama Rafathar. Di ulang tahunnya yang kelima, Rafathar sudah mulai lebih dewasa. Setiap ada kado yang dibuka, maka Rafathar akan berterima kasih dan menyebutkan nama pengirim.


Rafthar memang sudah mulai nampak terlihat bahwa dirinya sudah semakin paham dengan sekitarnya. Dia sudah mulai bisa mengeluarkan pendapat sendiri. Saat diajak ngobrol pun sudah bica lancar ngobrol dengan orang dewasa. Ah, gemesin banget. Rasanya pengen cubit pipinya. 


RANS Entertainment yang Menginspirasi

Melihat kesuksesan RANS Entertainment sebagai channel keluarga yang "kaya" akan konten video ini, rasanya seru jika kita bisa belajar dari channel tersebut.


Saya ingat di salah satu wawancara tentang mereka. Tentang dalam membuat video itu gak mudah. Mereka harus mencari kesempatan, mengurangi tidur, bahkan membagi konsentrasi.


Sebenarnya memang begitu, kita harusnya jangan puas dengan yang itu-itu saya. Mencoba  mengembangkan hal-hal yang baik seperti halnya Nagita dan Raffi yang juga memiliki usaha sampingan lainnya. 


Untuk shooting RANS Entertainment pun itu katanya Raffi Ahmad melakukannya tiap weekend saja. Produksi filmnya langsung untuk seminggu ke depan bahkan lebih. Jadi memang harus benar-benar fokus mempersiapkan segala halnya.


Saya akhirnya benar-benar tahu bahawa kesuksesan itu tidak akan diraih kalau tidak serius. Serius saja dulu. Nah kalau udah serius ikhtiar, konsisten bekerja keras,  doa, dan tawakkal, InsyaaAllah sukses segera menghampiri.


Mencoba Mie Lemonilo

Mie lemonilo ini unik. Di antara salah satu ketakutan saya sering makan mie instan adalah karena saya seperti alergi MSG. Jika makan makanan yang mengandung MSG seperti makanan ringan atau mie instan, beberapa saat kemudian biasanya saya akan menderita sakit kepala. 


Dan gejalanya itu khas. Sakit kepala akbiat MSG itu beda dengan sakit kepala karena kurang tidur dan lainnya.


Tahu ada lemonilo yang menjamin bebas MSG dan tanpa pengawet dan pewarna, memberikan angin segar buat saya. 


lemonilo kare

masak lemonilo
Memasak Lemonilo (dokpri)


Kapan lagi bisa makan mie instan dengan tawaran seperti itu. Saya akhirnya mencoba membeli mie lemonilo di supermarket.  Sayangnya hanya ada 2 rasa yang tersedia di minmarket dekat rumah saya. Yaitu lemonilo rasa ayam bawang dan lemonilo rasa kare. Padahal pengen banget yang mie goreng lemonilo. 


Ya, okelah kita coba beli. Kemasannya agak berbeda, Lebih tebal dan terlihat mewah. Mie yang ada di dalamnya juga memiliki tekstur seperti mie ayam (yang tipis ya bukan yang tebal). 


Saat direbus memakan waktu lebih lama karena prosesnya yang dipanggang. Tapi overall saya suka. Cuma pengennya agar ada tambahan bawang goreng atau semacamanya. Mungkin akan lebih nikmat hehe.


Kesimpulan

Cerita tentang keseruan video youtube keluarga Raffi dan Nagita di RANS Entertainment memang tidak pernah luput dari perhatian orang-orang. Mulai dari penggemar mereka, bahkan untuk orang-orang yang sekadar kepo kayak saya. Di usia muda, kedua pasangan tersebut sudah memiliki banyak kerajaan bisnis.


Tapi, di balik kesibukannya, mereka tetap berusaha menjaga kesehatan. Nagita Slavina pun berusaha memberikan makanan terbaik untuk dikonsumsi Raffi dan Rafathar. Tanpa gaya hidup sehat, bisa saja suatu saat kita terkapar dan akhirnya tidak bisa lagi beraktivitas. Naudzubillah. Bukankah kesehatan adalah hal yang paling penting?


Terus jaga kesehatan ya teman-teman. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berada di luar rumah. Semoga senantiasa dalam lindungan-Nya, aamiin.


Buat teman-teman kalau mau nonton tentang video gaya hidup sehat yang seru dan asik, silakan cek channel Youtube Lemonilo ya https://www.youtube.com/lemonilo

Untuk yang mau beli produknya bisa lewat website lemonilo.com atau download aplikasinya di  bit.ly/aplikasilemonilo 

Ada banyak promo menarik lho! 


Referensi :
RANS Entertainment Youtube Channel
https://www.lemonilo.com/blog/ulang-tahun-rafathar-nagita-slavina-ajarkan-pola-hidup-sehat-untuk-sang-buah-hati
 Pengalaman Pindah Faskes BPJS Kesehatan Online

Pengalaman Pindah Faskes BPJS Kesehatan Online

Konten [Tampil]


 Pengalaman Pindah Faskes BPJS Kesehatan Online – pohontomat.com | Tulisan ini akan bercerita soal pengalaman pindah faskes  BPJS tanpa perlu ke kantor BPJS lagi. Biasanya sih kalau mau pindah faskes, tinggal ngomong sama HR kantor. Tapi itu untuk keadaan darurat sekali-sekali aja.

Pengertian Faskes BPJS


Sebelumnya apa itu Faskes BPJS? Faskes BPJS atau Fasilitas Kesehatan BPJS adalah tempat yang terdaftar sebagai tempat untuk memeriksakan kondisi jika sakit untuk pertama kali.

Jadi aturan untuk jika tidak darurat, melapor ke faskes pertama dulu, yaitu yang ada di kartu. Baru nanti jika dibutuhkan pemeriksaan lanjutan, akan diberi surat rujuk ke Rumah Sakit atau Fasilitas Kesehatan yang lebih besar.

Nah, kebetulan saat itu kami lagi di Surabaya rencana selama 2 bulan.

Kebetulan gigi suami lagi sakit banget di awal-awal pindah ke sana. Pengen periksa ke puskesmas terdekat, sayangnya faskes kami berasal dari daerah masing-masing aja (kami dari Kalsel).

Awalnya berencana tanya-tanya dulu. Kalau memang sama sekali enggak bisa baru akan melalui jalur mandiri, yang artinya bayar lagi. BPJS kan uang kita juga, dibayar, enggak gratis toh wkwkw.

Akhirnya setelah tanya petugasnya, katanya bisa pindah melalui aplikasi online BPJS Kesehatan.

Bukan hanya aplikasi belanja online yang lagi tren, tapi juga sekarang beberapa pelayanan sudah jadi online. Jadi memang ada cara pindah alamat BPJS secara online.

Sempat juga melihat poster/banner tentang aplikasinya di puskesmas tersebut, akhirnya dicoba deh.

Pengalaman Pindah Faskes Memanfaatkan Pelayanan Online Aplikasi BPJS Kesehatan


Nah, akhirnya langsung saat itu Pak Suami mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan. Dengan beberapa Langkah saja, bisa selesai mengurus  perpindahan faskes. 

Langkah-langkahnya memang engga ribet. Yang penting kita tahu mau pindah ke faskes yang mana.

Kalau perlu, cari tahu dulu yang terdekat dari tempat tinggal (saat itu kami dari tempat kost, puskesmas itu yang paling dekat). 

Cara pindah Faskes Bpjs online 2020 yaitu sebagai berikut :



1. Unduh aplikasi mobile JKN terlebih dahulu
2.  Langsung login dengan nomor BPJS
3. Pada menu utama, terdapat tulisan ubah data peserta. Pilih menu tersebut.


4. Jika ingin mengubah, pilih menu alamat dokter faskes.  

O ya, kita bisa memberi centang ingin mengubah faskes sendiri atau bersama keluarga.  Nanti akan tersedia provinsi yang ingin dituju. Pilih provinsi

5. Setelah memilih provinsi, fasilitas kesehatan yang ditanggung BPJS nanti akan muncul semua. Sesuai di provinsi yang kita pilih. 

6. Silakan pilih sesuai yang diinginkan. 

Selesai!

Mudah banget sebenarnya. Enggak perlu ada persayaratan lainnya.

Pelayanan Online BPJS ini sangat pas buat kita yang sering keluar kota dalam waktu cukup lama. 

Namun, ada beberapa hal yag menjadi catatan sekaligus kekurangan menurut saya.

Catatan Pindah Faskes yang harus Diketahui


Setelah tahu cara ganti faskes BPJS kesehatan perusahaan ada yang perlu kita ketahui.

Nah, ternyata saat kita pindah faskes, enggak serta merta bisa dipakai saat itu juga.  Tapi harus menunggu dalam waktu tertentu. 

Begitupun jika ingin kembali ke Faskes awal harus menunggu ebebrapa waktu. Catatan lebih jelasnya sebagai berikut :

➡️➡️ Menunggu satu bulan untuk menggunakan faskes setelah terdaftar

Lalu kapan BPJS bisa digunakan setelah pindah Faskes? Nah, setelah kita berhasil mendaftarkan ke faskes yang baru, kita masih harus menunggu sampai bulan depan untuk menggunakan fasilitas faskes tersebut. 

Jadi misalnya nih, kami kemarin daftar Faskes baru sekitar awal Agustus, kami baru bisa menggunakannya di awal September. 

Agak repot sih, apalagi kalau mau lagi pas butuh-butuhnya. Tapi ya itu sudah peraturannya.

➡️➡️ Boleh pindah faskes lagi setelah 3 bulan

Setelah balik lagi ke kota asal, kami mau melakukan kembali pemindahan Faskes sesuai daerah asal yang pertama.

Di sini ternyata, proses untuk pindah kembali atau mengganti faskes baru yang lainnya, harus menunggu sekitar 3 bulan lagi baru bisa. 

Jadi karena terakhir kami mengganti bulan Agustus, kami baru bisa mengganti lagi sekitar bulan November. Sebelum itu, faskes belum bisa diutak-atik.

Saran untuk Teman-Teman yang Menggunakan Pelayanan Online


Berdasarkan penglaman kemarin, berikut ada beberapa tips untuk teman-teman agar bisa memanfaatkan pelayanan obnline BPJS ini dengan maksimal :

➡️➡️ Pindah Faskes sebulan sebelum berangkat

Buat yang sudah memiliki rencana jauh hari sebelumnya, ada baiknya sekitar 2 minggu atau sebulan sebelum keberangkatan, sudah melakukan pepindahan faskes. 

Nanti saat di tempat baru sudah bisa langsung menggunakan fasilitasnya. Ya mungkin sekadar kontrol, tapi semoga saja tidak sakit di kota orang ya, hehe

➡️➡️ Selalu bawa kartu BPJS

Pastikan juga selalu membawa kartu BPJS kemana-mama. Karena untuk kebutuhan login juga menggunakan nomor kartu. Kecuali udah hapal nomornya , wkwkwk

Kelebihan Aplikasi BPJS Kesehatan


➡️➡️ Bisa perorang atau perkeluarga

Pada pengaturan perpindahan Faskes di pelayanan online BPJS, kita bisa mengatur apakah ingin pindah sendiri saja, atau bareng keluarga.

 adi misal sang Ayah hanya ada keperluan dinas sendirian selama 2 minggu, bisa hanya mengubah Faskes si Ayah saja.

Namun jika berangkat bersama-sama, tidak perlu mengatur tiap anggota keluarga, cukup diwakili sang Ayah dari 1 aplikasi, untuk mengatur perpindahan sekeluarga sekaligus.

➡️➡️ Mudah digunakan

Menururt saya pribadi, aplikasi pelayanan online BPJS ini mudah digunakan. Untuk orang yang baru pertama kali menggunakan pasti bisa langsung pakai. 

Berbeda dengan beberapa aplikasi tertentu yang kadang antarmuka aplikasinya cukup membingungkan.

➡️➡️ Tanpa biaya tambahan apapun

Memang harusnya gini sih yak, wkwk. Kayaknya pelayanan di kantor pun juga tidak ada biaya tambahan. Kalau ada yang pernah ditagih, komen ya hehe.

➡️➡️ Bisa menyetor kartu online tanpa fisik

Kalau lupa bawa kartu BPJS, kita bisa menggunakan kartu online di aplikasi tersebut. Di sana data kita juga sudah lengkap sesuai data peserta BPJS.

Saran untuk BPJS Kesehatan


Mungkin ada tujuan sehingga kita harus menunggu 1 bulan untuk perpindahan Faskes. 

Tapi kalau saran saya sih, kalau bisa satu kartu BPJS bisa untuk seluruh fasilitas medis di manapun tanpa syarat. 

Jadi tidak perlu sampai ditolak hanya karena berbeda daerah. Kasihan yang hidupnya sering bepergian atau berpindah-pindah. Toh KTP juga bisa digunakan seluruh Indonesia.

Yang kedua, meskipun sudah lebih mudah bisa melalui peklayanan  online, ada baiknya jangan sampai terlalu lama proses perpindahannya, harusnya bisa lebih cepat.

Logikanya gini. Kita udah bayar makanan, udah lapar, tapi makanannya baru sampai bulan depan. Ya keburu ….

Kesimpulan

Saya sangat mengapresiasi adanya aplikasi online BPJS ini, jadi lebih mudah. 😆

Berhubung 4 Septermber kemarin adalah Hari Pelanggan Nasional, saya berharap sebagai pelanggan BPJS agar bisa lebih ditingkatkan fasilitasnya.

Secara umum ini sudah seperti asuransi swasta, karena kita membayar premi tiap bulan. 

Padahal harusnya negara yang baik adalah negara yang mengurusi masalah kesehatan masyarakatnya tanpa pandang bulu. Melayani di sini artinya betul-betul dibiayai. Bukan mengatur pembiayaan lho hehe.

Tapi ya itu, karena negara kita lebih memilih pendapatan dari pajak, bukan pengelolaan sumber daya alam, mau tidak mau akan terus berutang dan 'gotong royong'. 😶

Semoga kualitas pelayanan BPJS juga disamakan dengan pelayanan non BPJS (mandiri). Toh sama-sama bayar. Bukan dibayarin ya kan … 😁

O ya mobile JKN apk ini bisa diunduh di playstore ya. Jadi jika ingin mengatur BPJS pindah domisili sementara, bisa menggunakan pelayanan online BPJS ini. 

Terima kasih sudah membaca. Semoga pengalaman pindah faskes BPJS ini bermanfaat. 😉

Artikel ini adalah artikel yang dibuat dalam rangka FBB Kolaborasi bulan September dengan tema "Hari Pelanggan Nasional".














Review Buku Seni Hidup Minimalis, Bukan Hanya Duniawi, Tapi Juga Spiritual

Review Buku Seni Hidup Minimalis, Bukan Hanya Duniawi, Tapi Juga Spiritual

Konten [Tampil]
hidup minimalis

Review Buku Seni Hidup Minimalis | pohontomat.com ~ Siapa nih yang sudah baca buku seni hidup minimalis yang sampulnya berwarna orange itu? Buku itu cukup ramai dibicarakan sekitar tahun 2018 (atau saya yang telat? wkwkw).

Kalau belum baca bukunya, jangan cari yang buku seni hidup minimalis pdf ya. Soalnya itu bajakan. Kalau belum beli, bisa dengan cara baca bukunya di aplikasi ipusnas. Gratis kok, hehe. 

Buku ini sudah lama saya baca. Pernah saya review singkat di instagram saya. Namun kali ini saya akan berusaha review lebih panjang, wkwkw.

Buku ini dari desain sampulnya saja sudah kelihatan kan minimalisnya. Simpel berwarna orange dengan hanya tulisan judul buku di bagian depan.

Identitas Buku Seni Hidup Minimalis, Siapa Penulisnya?

Buku ini sendiri sudah ramai juga di luar. Akhirnya banyak diterjemahkan di berbagai bahasa. Salah satunya bahasa Indonesia. Lalu siapa penulis aslinya?

hidup minimalis buku


Penulis 👤: Francine Jay
Penerbit 📙: Gramedia Pustaka Utama, 2018
Jumlah Halaman 📖: 262 hal.
Baca di 🔖: Via Aplikasi ipusnas.id

Penerjemah: Annisa Cinantya Putri
Perwajahan sampul: Mila Hidajat
Perwajahan isi: Fajarianto

Tentang Pola Pikir Minimalis yang Lagi Tren

Akhir-akhir ini, pola pikir minimalis semakin banyak "digemborkan" oleh orang-orang yang lagi berproses atau pun sudah menjalankan hidup minimalis. 

Saya pribadi sangat tertarik, apalagi "bentuk kebahagiaan" yang ditawarkan dari hidup minimalis sangat banyak.

Tren hidup minimalis memang semakin membuat banyak orang tertarik. Kalau dari buku-buku yang pernah saya baca, minimalis itu menghilangkan salah satu kebiasaan kita yang kurang baik, yaitu belanja barang yang tidak dibutuhkan. 

Kita juga menjadi punya banyak waktu lebih untuk hal lain daripada hanya mengurusi dan membersihkan barang yang tidak terpakai.
Tahu Mark pemilik facebook? Beliau hanya memakai satu macam jenis pakaian yang sama. Yaitu kaos warna abu-abu. Katanya, dia punya alasan penting dari itu. Yaitu dia tidak punya waktu untuk memilih pakaian. Masih banyak hal penting yang bisa dilakukan. Hmmm, bener juga sih.

Kadang buat milih baju aja udah pusing. belum disetrika, terus nanti udah pake ternyata kurang cocok ganti lagi. Coba dipikirkan, berapa lama waktu terbuang untuk hal itu?

Tapi ya gitu, dengan alasan kita biar enggak ketinggalan tren fashion, baju diusahakan selalu berbeda. Apalagi untuk kondangan. Ada orang yang beda kondangan beda baju. Belum lagi kalau dapat baju seragam. Sudahlah, menumpuk semuaaaa. 😔

Bukan Hanya Duniawi, Tapi Juga Spiritual

“Orang beriman yang miskin akan masuk surga sebelum orang-orang kaya yaitu lebih dulu setengah hari yang sama dengan 500 tahun.” (HR. Ibnu Majah no. 4122 dan Tirmidzi no. 2353. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)
Menurut saya, keuntungan hidup minimalis bukan hanya dari sisi duniawi, tapi juga sisi spiritual. Dalam hadits di atas dijelaskan bahwa orang miskin yang beriman akan lebih dulu masuk Surga. 

Tahu kan kalau nanti di akhirat pertanggungjawaban kita itu bukan hanya soal amal perbuatan, tapi juga barang atau harta yang kita miliki. 

Pernah baca buku juga, sebuah kisah nyata salah seorang perempuan lansia yang sempat diberi uang oleh seseorang, namun uang tersebut ternyata disedekahkan lagi ke orang lain. 

Nah, ternyata perempuan tersebut juga menerapkan 'prinsip hidup minimalis' karena takut akan pertanggungjawaban kelak di akhirat.

Beliau hanya punya 3 lembar pakaian yang dipakai saling bergantian. Uang yang dipegang diusahakan tidak ada, cukup untuk sehari-hari saja. MasyaaAllah. Yes, hidup minimalis dalam Islam sebenarnya sudah diajarkan. Yaitu tentang tidak boros, juga tidak berlebih-lebihan.

Mulai Belajar Hidup Minimalis

Dari sinilah saya sering mikir, duh gimana nih barang-barang yang ada di rumah tapi enggak kepake. Untungnya nikah sama suami yang bener-bener beli barang tuh kalau dibutuhin aja. Jadi sekarang beda banget dulu ama pas lajang yang boros. 

Alhamdulillah belajar hidup minimalis dengan mengatur untuk lebih belanja pada hal-hal yang dibutuhkan saja. Salah satunya pakaian. 

Bisa dibilang selama nikah 3,5 tahun, saya hanya beli baju gamis dua kali, sisanya hadiah atau seragam hehe (saya pakai gamis untuk keluar rumah).

Dan beberapa baju gamis yang enggak kepakai saya jual atau sumbangkan. Saya usahakan di lemari simpen dikit aja. 

Barang lebih dikit, lebih enak ngaturnya. Itu pun menurut saya ini masih banyak barang yang belum diatur. Antara malas juga sih, hehe Yah, masih perlu belajar banyaaaak lagi tentang minimalis. 

Tentang Blurb/Ringkasan Seni Hidup Minimalis

ringkasan seni hidup minimalis

Review Buku Seni Hidup Minimalis

Saya selesai baca buku ini sekitar 2 tahun lalu. Bacanya lama banget, tapi akhirnya selesai juga 😆😆Dulu review-nya saya simpan di instagram. 

Singkat sih, nah ini saya buat lebih panjang di blog. Semua review dari IG saya pindahin jadi draft emang di sini. Jadi sebenarnya banyak banget draft yang belum diolah, wkkw. 

Entah berapa kali saya meminjam buku ini di aplikasi ipusnas. Buku ini cukup berat untuk diselesaikan dengan cepat (menurut saya pribadi ya).


Selain kalau baca nonfiksi emang saya agak lama, juga karena tahapan-tahapan dalam buku ini harus diselami dengan sebaik-baiknya.

Membaca tentang minimalis sebenarnya sudah baca di buku hidup minimalis ala orang Jepang.

Tapi ternyata sangat beda dengan buku Francine Jay ini. Sebelum baca ini saya berpikir kok enggak ada tuntunan soal merapikan kamar dan sebagainya di buku sebelumnya. Lebih kebanyakan teori. Ternyata  buku ini menjawab semuanya!

Buku ini sangat, sangat, sangat detail dalam memberikan petunjuk 'beres-beres'. Bahkan beberapa cara sering diulang mungkin untuk terus mengingatkan kita.

Inti atau Rangkuman dari Buku ini adalah Metode STREAMLINE. Apa itu?

Nah, metode STREAMLINE ini dibahas berbeda tiap bab, dan sering banget diulang-ulang. Mungkin untuk meyakinkan kita apakah kita benar-benar sudah paham dan praktekin sendiri. Lalu apa saja uraian STREAMLINE itu?

►► Start Over - Mulai dari awal

Yang pertama yang ditekanakan adalah tentang memulai dulu semuanya. Lalu, pastikan untuk betul-betul mengumpulkan barang-barang yang memang dibutuhkan.

Contoh kita ingin mencoba minimalis dengan pulpen yang kita punya, Yang jumlahnya mungkin bisa belasan atau puluhan padahal cuma butuh 1 atau 2 sebagai cadangan. 

Nah, kita bisa mulai dengan cara mengumpulkan semua pulpen, lalu memilah-milahnya. Kita seharusnya tahu mana yang paling sering dipakai dan tidak. Yang sulit mungkin adalah memilah baju, wkwk.

►► Trash, treasure, or transfer - Buang, simpan, atau berikan

Setelah kita mulai memilah, mulailah dengan eksekusi. Tetap disimpan, dibuang atau diberikan. Pilihan lain bisa dijual jika memang barang tersebut masih laik untuk dijual. Seperti buku bekas misalnya?

►► Reason for each item - Alasan untuk setiap barang

Pastikan setiap barang yang ada di rumah memiliki alasan mengapa mereka ada. Apakah sekadar karena diskon atau memang dibutuhkan. Ini nih lumayan susah sortirnya wkwk.

►► Everything in its place - Semua barang di tempatnya

Salah satu hal yang sampai sekarang saya masing sering abaikan. Yaitu menaruh barang bukan pada tempatnya karena terburu-buru atau lupa. Tapi kalau sedang ingat dan santai, baru saya simpan kembali, hehe. Suami saya nih yang paling telaten soal ini.

►► All surfaces clear - Semua permukaan bersih

Ini belum bisa saya praktekkan. Katanya, sebaiknya semua barang berada di tempat tertutup. tidak ada barang di atas meja dan berbagai permukaan lainnya. Jadi kelihatan lebih lapang dan tidak mudah berantakan.

►► Modules - Ruang

Pastikan tiap barang memiliki ruang masing-masing. Jangan sampai barang-barang salah ruang. Selain itu, jangan sampai barang yang sering dipakai, malah ditaruh di tempat yang susah diambil dan sebaliknya.

►► Limits - Batas

Tentukan batasan untuk setiap jumlah barang. Misal baju jalan hanya 8. Baju tidur hanya 3. Sepatu berapa, dsb. Jika kita memberi batasan, kita tahu jumlah barang kita. Tidak seperti sekarang, bahkan kita tidak tahu berapa jumlah pulpen yang ada di rumah, eheh.

►► If one comes in, one goes out - Satu masuk, satu keluar

Untuk memastikan barang tidak bertambah, setiap ada yang baru masuk (karena bosan atau sudah rusak atau alasan lainnya atau mungkin tanpa alasan), maka pastikan satu barang juga keluar.

►► Narrow down - Kurangi

Mulai belajar untuk mengurangi sedikit demi sedikit. Bukan berarti minimalis itu kita langsung menghilangkan semua barang secara drastis, no! 

Tapi disesuaikan kebutuhan. Mungkin si A butuh 10 baju, si B cuma butuh 5 baju. Jadi jumlah minimalis itu relatif, sesuai kebutuhan orang tersebut. Tidak ada tolak ukuran minimalis itu berapa. 

Si C butuh peralatan make up banyak karena dia seorang make up artist misalnya, maka dia tidak bisa mengurangi barang itu. Tapi kalau si D ternyata punya banyak make up yang enggak kepake, sebaiknya dikurangi. 

►► Everyday maintenance - Perawatan setiap hari

Salah satu mudahnya hidup minimalis adalah waktu membersihkan jadi lebih cepat. 

Bayangkan misalnya ada 3 kipas angin di rumah. Yang 2 jarang dipakai. Maka tetap saja 2 kipas angin tersebut harus dibersihkan. Jika punya hanya 1, maka 1 kipas angin saja yang dibersihkan. 

Ditekankan juga dalam buku ini bahwa sebaiknya perawatan dilakukan tiap hari. Jangan menunggu kotoran atau noda menumpuk dan susah dibersihkan.

Manfaat Hidup Minimalis Apa sih?

Selain bertujuan mengurangi stres dan menambah waktu produktif (enggak hanya ngurus barang), ternyata buku ini juga menyinggung tentang dampak panjang minimalis (mengurangi barang konsumsi), yaitu kelangsungan sumber daya alam seperti energi, air dan sebagainya. Salut!!

Saya sampai berpikir wah saya asal beli ini itu, jadi sampah, malah nimbun sesuatu yang enggak terurai, dan seterusnya, dan seterusnya 😭.

Buku wajib untuk semua orang nih!
Tips yang paling saya ingat adalah, ketika kita bingung jika ingin membuang barang apakah ini akan kepakai lagi atau merasa sayang dibuang, bisa dengan cara menyimpannya di tempat tersembunyi selama setahun. Jika kita tidak mencarinya, berarti barang tersebut memang sudah tidak diperlukan lagi.

Sekarang udah mulai rajin dikit berbenah. Udah mulai mikir pakai banget kalau mau beli sesuatu. Doakan saya bisa minimalis dengan maksimal 😅

Btw yang udah baca bukunya, udah praktikin sampai mana nih 😆?

Rating pribadi : 5🌟/5🌟





  • OKHOME : Jasa Cleaning Service Jakarta dan Sekitarnya

    OKHOME : Jasa Cleaning Service Jakarta dan Sekitarnya

    Konten [Tampil]
    ok home cleaning service
    OKHOME : Jasa Cleaning Service Jakarta dan Sekitarnya - pohontomat.com | Menjadi orang tua yang super sibuk memang menyenangkan sekaligus melelahkan. Bukan hanya tuntutan pekerjaan dari atasan maupun dari klien, tapi ada juga tuntutan tugas negara di rumah.
    Kadang, saking lelahnya, rumah dibiarkan dulu saja berantakan. Daripada sakit bukan? Tidak jarang, tumpukan pekerjaan-pekerjaan rumah selama seminggu baru akan dikerjakan di akhir pekan ketika libur. Hayooo siapa yang sama? 😝
    Lalu bagaimana jika pekerjaan tiada henti-hentinya? Lembur? Atau bahkan jika biasanya kalau profesi seorang pengusaha, tidak mengenal arti kata akhir pekan?
    Bagaimana menyiasati kebutuhan kebersihan rumah? Yang mungkin kadang hanya disapu sekenanya. Di pel hanya bagian yang terlihat (ini mah saya, haha).
    Bagian-bagian tertentu akhirnya banyak luput dari pembersihan. Mungkin bersihinnya nunggu mood datang. Atau kapan saja jika ada waktu.
    “Tapi kita kan emang kurang waktu dan tenaga? Tidak apalah bersihin rumah kapan-kapan aja, hehe”
    Hati-hati lho, rumah yang lama tidak dibersihkan bisa menambah masalah baru.

    Rumah Jangan Dibiarkan Lama Tanpa Pembersihan Menyeluruh

    Rumah juga butuh perhatian, bukan hanya kita manusia. Jika tinggal tanpa ART memang manajemen waktu kapan harusnya rumah dibersihkan itu perlu diatur sedemikian rupa. Kalau tidak, malah jadi menumpuk karena ditunda-tunda. Rumah akhirnya semakin jarang dibersihkan secara rutin. Beberapa dampak yang terjadi jika rumah jarang dibersihkan di antaranya :

    ❱❱ 1. Noda semakin susah dibersihkan

    Pernah kan menemukan noda yang sulit sekali untuk dibersihkan? Bahkan, noda yang lama tidak dibersihkan itu malah akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk dibersihkan. Berbeda jika noda yang rutin dibersihkan, akan terasa lebih mudah.

    ❱❱ 2. Ada bagian barang yang mudah berkarat

    Beberapa barang yang luput dari pembersihan dan berasal dari bahan yang mudah berkarat juga perlu diperhatikan. Seperti gagang pintu, keran, dan masih banyak lagi.

    ❱❱ 3. Kesehatan keluarga bisa terganggu

    Di tengah pandemi ini, jangan sampai imun menurun karena kurang menjaga kebersihan. Kita tidak tahu virus yang terbawa dari luar apakah sudah hilang atau malah nempel di beberapa barang. Itulah gunanya pembersihan menyeluruh.

    ❱❱ 4. Menambah stress

    Siapa yang tidak pusing melihat beberapa barang yang kotor dan berdebu? Dalam sebuah buku tentang hidup minimalis yang pernah saya baca, ternyata yang menjadi salah satu indikator kebahagiaan adalah mengenai pusing tidaknya kita terhadap barang-barang.
    Apalagi barang yang sudah banyak, tidak bersih pula. Itu bisa double stressnya, hehe. Jangan sampai pikiran yang ruwet karena masalah kantor atau masalah bisnis ditambah lagi urusan bersih-bersih.

    ❱❱ 5. Merusak pemandangan

    Jika ada yang bertamu, biasanya bisa menilai pemilik rumah bersih tidaknya dari kondisi rumahnya. Tidak mau kan dicap sebagai tuan rumah jorok? Jadi pastikan untuk setiap saat membersihkan rumah. Jika rumah bersih, tamu juga akan nyaman.
    Nah, 5 hal di atas adalah dampak yang bisa terjadi jika jarang membersihkan rumah. Bisa jadi ada hal lain juga yang bisa terjadi. Seperti barang lebih mudah rusak dan masih banyak lagi.
    “Tapi gak ada waktu!”
    Nah, di sini saya mau ngasih saran. Apalagi yang tinggal di kota-kota besar, sangat mudah untuk mencari perusahaan jasa cleaning service saat ini.
    Jasa cleaning service Jakarta dan sekitarnya kini banyak tersedia. Bukan hanya GO-Clean, KlikNClean, maupun Go-Maid, kini ada juga yang namanya OKHOME.
    “Tapi aku enggak mau yang asal-asalan”
    Tenang, OKHOME menjamin bahwa jasa pembersihan mereka professional kok, lebih jelasnya saya tulis di bawah ya.

    OKHOME : Jasa Cleaning Service Jakarta, Bekasi dan Sekitarnya

    Apa itu OKHOME? Ya, seperti dari awal tulisan ini saya paparkan, OKHOME adalah penyedia jasa kebersihan untuk rumah, apartemen, kost dan berbagai tempat yang membutuhkan pembersih professional.
    jasa cleaning service jakarta
    Banyak layanan yang diberikan. Jadi jangan khawatir tentang pelayanan atau jasa apa saja yang mereka sediakan. OKHOME menyediakan layanan pembersihan special (deep clean) untuk toilet, dapur, kulkas, atap rumah dan masih banyak lagi.

    Layanan Utama

    ❱❱ Basic Care

    Basic care adalah layanan dasar pembersihan yang biasa dilakukan sehari-hari. Misal pembersihan kamar tidur, kamar mandi, dapur, hingga ruang tamu. Durasi pembersihan biasanya sekitar 3-5 jam. Teman-teman bisa memilih petugas membawa alat mereka sendiri atau tidak.

    ❱❱ Special Care

    Untuk layanan ini lebih khusus mendetail. Yaitu jika ingin deep clean pada bagian dapur, kamar mandi, kasur dan sebagainya, kita bisa memilih layanan special care. Paket ini bisa dipaketkan dengan basic care atau dipisah dengan durasi minimal 3 jam.
    “Kalau bersih-bersih buat pindahan rumah ada enggak?”

    ❱❱ Move-in

    Nah tenang. Mereka juga menyediakan layanan jasa membersihkan rumah kosong sebelum ditempati atau setelah renovasi. Bisa untuk membersihkan jendela, balkon, dan lemari pakaian. Durasi pembersihan kurang lebih sekitar 4-5 jam.

    Layanan Baru OKHOME di Masa Pandemi

    Nah, kali ini OKHOME juga menyediakan layanan desinfektan ke rumah-rumah. Jadi jangan khawatir untuk mencari layanan seperti ini di masa pandemi sekarang, bisa pesan di OKHOME saja. Mereka menjamin bahwa layanan desinfektan yang dilakukan sudah mematuhi standar protokol kesehatan. Salah satunya adalah cleaning staff mereka akan mengganti baju baru sebelum pembersihan.

    Jaminan Pelayanan

    OKHOME mengklaim bahwa mereka memiliki customer service yang ramah dan cepat respon.
    Jika teman-teman ingin menanyakan banyak hal lainnya seperti bagian-bagian apa saja yang bisa dikerjakan oleh tim mereka, teman-teman bisa langsung menghubungi CS-nya. Pasti akan diberi penjelasan yang sejelas mungkin. Jangan sungkan bertanya ya.

    Cakupan Area layanan OKHOME

    Adapun area layanan OKHOME saat ini adalah di sekitar Jakarta, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Aplikasi jasa pembersih rumah ini sudah bisa melayani berbagai kota yang disebutkan di atas.
    Jadi kalau teman-teman mencari jasa cleaning service Tangerang, atau jasa cleaning service Bekasi, pesan saja langsung melalui aplikasi OKHOME.
    aplikasi cleaning service

    Promo Diskon untuk Pengguna Baru

    Buat teman-teman yang baru pertama kali akan mencoba layanan OKHOME ini, teman-teman bisa memanfaatkan diskon yang diberikan.
    “Wih, beneran ada diskon?”
    Yuhuu, sekarang ada diskon lumayan lho untuk pengguna pertama. Ada promo untuk pengguna baru DISKON sebesar 30%! Lumayan banget kan …😍
    Teman-teman cukup memasukkan kode voucher DISKON30PT saat memesan layanan OKHOME. Bisa di-redeem langsung di aplikasi OKHOME.

    Kesimpulan

    Di masa pandemi ini, usaha untuk menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan salah satunya menjaga kebersihan rumah. Namun, jika teman-teman memiliki waktu yang kurang, kini ada perusahaan jasa layanan kebersihan yang bisa teman-teman pesan melalui aplikasi. Namanya aplikasi OKHOME.
    Jasa kebersihan yang disediakan OKHOME memiliki ragam pelayanan. Teman-teman yang tinggal di sekitar JADETABEK, tidak perlu khawatir lagi jika ingin mencari jasa layanan kebersihan yang profesional, deep clean, dan memiliki CS yang cepat respon.
    Bahkan, untuk layanan desinfektan di masa pandemi juga disediakan. Tambahan informasi, OKHOME dikenal sebagai jasa layanan cleaning premium dan detail yang digemari dari influencer sampai artis papan atas. Apalagi ada diskon untuk pengguna pertama, dicoba dulu, siapa tahu cocok ya kan?
    Nah, itu dia pembahasan saya tentang “OKHOME : Jasa Cleaning Service Jakarta dan Sekitarnya”. Semoga artikel ini bermanfaat ya.
    OKHOME
    Website: www.okhome.id
    Customer Service: cs@okhome.id
    Instagram: @okhome_cleaning


    Honda Civic Bekas di Mobil 88 : Situs Mobil Bekas Jakarta dan Sekitarnya

    Honda Civic Bekas di Mobil 88 : Situs Mobil Bekas Jakarta dan Sekitarnya

    Konten [Tampil]

    mobil bekas jakarta

    Honda Civic Bekas di Mobil 88 : Situs Mobil Bekas Jakarta dan Sekitarnya | pohontomat.com - Kebutuhan akan mobil di kota-kota besar kini semakin meningkat. Tujuannya pun berbeda-beda. Mulai dari agar mudahnya mobilisasi ke tempat-tempat tertentu, untuk kebutuhan keluarga agar terhindar dari panas dan hujan, hingga sebagai bentuk gaya hidup metropolitan.


    Bukan hanya di kota besar, di daerah-daerah pun beberapa sudah menjadikan mobil sebagai transportasi utama untuk berkendara ke mana saja. Selain lebih aman dan nyaman, menggunakan mobil pribadi untuk ke luar kota, mudik, atau berwisata kadang menjadi pilihan tepat. 


    Mengapa? Dengan menggunakan mobil pribadi, kita bisa mengatur waktu istirahat, mengatur seberapa cepat perjalanan yang kita inginkan, dan tentunya bisa singgah ke banyak tempat dengan mudah.


    Untuk saat ini, bukan hanya mobil baru, tapi mobil bekas juga sama-sama banyak diburu. Tinggal bagaimana mengatur agar bisa mendapat mobil yang tepat untuk kebutuhan keluarga.


    Mencari mobil bekas saat ini memang gampang-gampang susah. Harus yakin akan performa mobil masih oke atau tidak, kelengkapan mobil, hingga apakah mobil yang akan dibeli sudah worth it dengan harga yang ditawarkan.


    Untuk itu teman-teman yang masih ragu di mana kita bisa beli mobil bekas, teman-teman bisa melihat di situs Mobil88 milik Astra. Di situs ini, teman-teman bisa melihat banyak mobil bekas yang tersedia. Kali ini kita akan bahas merk Honda Civic Bekas yang ada di sana. Yuk disimak :


    Jenis Honda Civic Bekas di Mobil 88

    ᗌᗌ 1. Honda Civic (Civic)

    honda civic bekas


    Untuk Honda Civic bekas yang pertama ini berwarna putih. Harga mobil Honda bekas Jakarta ini dibandrol  seharga 182 Juta. Namun kali ini ada promo kemerdekaan sehingga menjadi 177 Juta (waktu terbatas). 


    Mobil sedan bekas ini berkapasitas 5 orang. Honda civic bekas tahum 2012 ini telah memiliki catatan 66.316 kilometer dengan bahan bakar bensin dan transimi AT. Kapasitas mesinnya yaitu 1800 CC.


    ᗌᗌ 2. Honda Civic Turbo (Civic)

    mobil honda bekas

    Mobil ini lebih terkesan sporty daripada sebelum-sebelumnya. Dibandrol harga 351 Juta. Mobil ini bertransimisi Automatic dengan kapasitas mesik 1500CC.  Tahun pembuatan hoda civic turbo ini adalah tahu 2017, baru saja. Catatan kilometer terakhir adalah 35667.


    ᗌᗌ 3. Honda Civic Turbo Prestige HB (Civic)

    mobil bekas bekasi

    Mobil bekas honda civic ini dibuat pada tahun 2018. Masih baru sekali ya. Dengan catatan kilometer terakhir 12813 km. Mobil automatic transimition ini memiliki kapasitas mesin 1500 CC, dengan bahan bakar bensin. 

    Fitur Situs Penjualan Mobil Bekas, Mobil88

    jual beli mobil bekas


    DI situs Mobil88, teman-teman bisa dengan mudah mencari mobil dengan berbagai macam merk dan tipe yang teman inginkan. Dengan fitur filter yang tersedia, teman-teman bisa mencari jenis mobil sesuai kebutuhan. Selain fitur filter, masih banyak agi fitur-fitur unggulan dari situs Mobil88, di antaranya :

    ᗌᗌ 1. Mengetahui jumlah kepemilikan Sebelumnya

    Di setiap informasi mobil yang dipaparkan, terdapat informasi bahwa mobil ini sudah berapa kali berpindah tangan. Misal hanya satu kali, maka akan tertulis 1 orang.

    ᗌᗌ 2. Spesifiasi Sangat Lengkap

    Keterangan detail spesifikasi mobil lengkap : mulai dari informasi umum, spesifikasi, fitur, dan informasi tambahan lainnya. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, teman-teman bisa langsung chat dengan adminnya.


    ᗌᗌ 3. Terdapat Foto Mobil lengkap dan Foto 360 Derajat

    Foto-foto mobil yang tesedia sangat lengkap. Mulai dari foto dengan berbagai sisi baik exterior, interior hingga mesin juga tersedia. Selain itu, teman-teman bsia merasakan sensasi seperti melihat mobil langsung ke dalam dengan fitur foto 360 derajat.


    ᗌᗌ 4. Bisa buat appointment online

    Kita bisa buat appointment online apabila tertarik. jadi bisa atur waktu untuk melihat mobil incaran ke showroom mobil88.


    ᗌᗌ 5. Garansi Uang Kembali

    Di mobil88 e-store jangan khawatir jika ternyata mobil yang dilihat tidak sesuai harapan. Situs mereka dilengkapi dengan jaminan garansi mesin dan jaminan uang kembali 100%  jika melakukan transaksi melalui mobil88 e-store.


    ᗌᗌ  6. Fitur Bandingkan kendaraan

    Jika teman-teman terkadang masih bingung ingin memilih mobil satu dnegan yang lainnya, teman-teman bisa menggunakan fitur untuk bandingkan kendaraan. Fitur ini tersedia baik di web atau aplikasi Mobil88.


    Penutup

    Jika ingin membeli mobil bekas berkualitas, teman-teman bisa mengunjungi situs Mobil88. Mobil88 adalah situs jual mobil bekas di bawah naungan ASTRA. Yang sudah terpercaya dan aman. 


    O ya  mengenai informasi Honda Civic bekas di atas bisa dilihat lebih lengkap langsung di situsnya. Dan sebagai tamabahan informasi, semua mobil di atas memiliki promo menarik yaitu saat ini. 


    Gunakan kode promo MERDEKA17 dan dapatkan diskon s/d 17jt untuk pembelian tunai. Dan ada lagi berbagai promo-promo juga hadiah lainnya jika melakukan pembelian. Cek saja situs Mobil88 untuk info lebih jelasnya ya. 


    Nah, itu dia artikel mengenai Honda Civic Bekas di Mobil 88 : Situs Mobil Bekas Jakarta dan Sekitarnya. Semoga bermanfaat!

    11 Rekomendasi Film Terbaik Rating Tinggi yang Wajib Ditonton!

    11 Rekomendasi Film Terbaik Rating Tinggi yang Wajib Ditonton!

    Konten [Tampil]
    rekomendasi film terbaik


    Bicara tentang film memang tidak ada habisnya. Tiap saat, ada saja film-film baru yang bermunculan dan sangat memukau. 

    Ada yang emang abis ditonton akan terlupa begitu saja. Namun ada juga film yang setelah ditonton tuh terngiang-ngiang. 

    "Kok bisa sih ide ceritanya sebagus itu? Menguras emosi dan rasanya bakal enggak akan bosan kalau ditonton terus. "

    Nah untuk film-film seperti itulah yang menurut saya film rekomendasi terbaik dan bisa jadi film rekomendasi sepanjang masa juga.

    Film dengan cerita menarik, visual ciamik, alur tidak tertebak, dan lain sebagainya. Harapannya biasanya semoga ada lanjutannya sih ya, hehe.

    Nah, sebenarnya banyak sekali rekomendasi film yang menarik untuk ditonton. Namun kali ini, saya mau tulis 10 besar dulu yang kebetulan duluan nangkring di otak saya.

    Ini dia, film rekomendasi terbaik yang pernah saya tonton, kalian juga sudah? Saya mulai dari yang terbaru ya ...

    1. The Old Guard (2020)

    Ini rekomendasi film 2020 terbaru yang wajib ditonton. Film yang baru keluar di bulan Juli 2020 kemarin ini menegangkan dari awal hingga akhir. Film ini dibuat ternyata berdasarkan komik yang dibuat oleh Greg Rucka. 

    Ceritanya bernuansa laga-fantasi dengan sedikit bumbu sejarah dan mitos. Katanya sih tentang pahlawan super Amerika Serikat. Tapi sama sekali beda dengan gambaran marvel-marvel yang lainnya.

    The Old Guard
    gambar : kincir.com

    Cerita di film ini menurut saya keren banget. Kisah orang-orang yang "ceritanya" meski luka separah apapun tidak bisa mati. Namun usia mereka juga tidak abadi. Bingung kan? Hehe.

    Intinya kita akan selalu dibawa bolak balik ke masa lalu dan masa modern kini. Ceritanya dimulai saat ada seseorang yang meminta bantuan kelompok "manusia anti mati" ini untuk menyelamatkan para anak-anak yang disandra di negara nun jauh di sana. Namun ternyata ada tujuan di baliknya. 

    Di akhir kisah, seseorang yang dikira telah lama tidak ada kini muncul kembali. Ah, semoga ada lanjutannya. 

    Rating pribadi : 5⭐/5

    2. Trolls World Tour (2020)

    Film ini dirilis bulan Maret 2020. Film animasi ini diproduksi oleh DreamWorks. Siapa yang tidak kenal DreamWorks?

    Film ini cocok untuk ditonton oleh keluarga. Sepanjang film akan disuguhi banyak lgu dan tarian karena memang film ini lebih ke film musikal.  Para musisi terkenal ikut terlibat dalam proyek film ini.

    Trolls World Tour
    gambar : forgetoday.com

    Kisah film bermula dari adanya kelompok musik pop yang hidup bahagia dan dipimpin oleh seorang wanita. Mereka tidak tahu bahwa di dunia luar sana, banyak genre musik lainnya.

    Adapun musik rock, mereka sangat  ingin menyatukan semua dunia musik hanya 1 warna dengan cara mencuri warisan semua senar para kelompok musik.

    Ada kelompok apa saja? Apa awal mulanya? Bagaimana akhir kisahnya? 
    Mungkin ceritanya bisa ditebak happy ending.

    Tapi sepanjang film banyak sekali adegan lucu dan seru untuk dinikmati. Apalagi, perumpamaan perbedaan "aliran musik" ini seperti menggambarkan dunia saat ini. 

    Rating pribadi : 4⭐/5

    3. Alita : Battle Angel (2019)

    Film yang membuat saya mencengang dari awal hingga akhir. Ceritanya keren sekali. Drama dan laga yang disuguhkan sangat komplit.

    Film ini dirilis 5 Februari 2019. Film luar biasa yang telah mendapat penghasilan sebesar 404,9 Juta USD. 

    Alita : Battle Angel
    gambar : brilio.net


    Film ini memiliki efek animasi ciamik. Bercerita tentang sebuah masa depan yang mana hidup berdampingan antara manusia dan robot. Bahkan ada manusia robot.

    Alita ditemukan oleh Dokter Ido yang kemudian "memperbaiki" tubuhnya. Ternyata, ada masa lalu luar biasa yang akan berkaitan dengan kehidupan saat itu. Dilihat dari filmnya, sepertinya ada lanjutan dari film ini.
    Rating pribadi : 5⭐/5

    4. Chernobyl Miniseri (2019)

    Film ini memiliki 5 episode. Film berdasarkan kisah nyata tentang ledakan nuklir di Republik Sosialis Soviet Ukraina pada April 1986 dengan berbagai upaya penanganan pasca bencana.

    Saya sebenarnya bukan orang yang senang dengan film histroycal, biografi, dan semacamnya. Apalagi dengan bumbu ilmu-ilmu yang belum saya pahami. 

    Chernobyl Miniseri
    gambar : reviewapasaja.net

    Namun, kisah bersejarah ini mampu mencengangkan saya tentang fakta-fakta nuklir dan rahasia hukum-hukum nuklir yang pernah disembunyikan.

    Apalagi dijelaskan bahwa memang banyak sekali keteledoran-keteledoran yang dibuat para ahli nuklir masa itu. Membuat kita banyak belajar bagaimana seharusnya.

    Bayangkan, jika kota dengan bekas ledakan nuklir akhirnya menjadi kota mati hingga saat ini, karena radiasi yang berbahaya dan akhirnya tidak bisa ditempati hingga beberapa ratus tahun kemudian.

    Rating pribadi : 5⭐/5

    5. Zootopia (2016)

    Yang seneng sama film animasi acung tangan! ✋ Kayaknya udah pada nonton ini ya? Trailer film ini aja udah bikin ngakak banget. Apalagi cerita filmnya dari awal hingga akhir luar biasa. Sangat cocok untuk ditonton bareng keluarga.

    Zootopia
    gambar : kumparan.com

    Gambarnya boleh kartun, tapi kisahnya juga penuh sarat makna akan kondisi saat ini. Tentang permainan "kotor" para pejabat yang berkuasa, tentang cita-cita dan diskriminasi.

    Seru sekali karakter dan alur di film ini. Rekomendasi film ini pas banget buat liburan.
    Rating pribadi : 5⭐/5

    6. Who Am I (2014)

    Kalau seneng ama film thriller tapi pake mikir ini juga keren. Film ini bercerita tentang para hackers yang ingin menunjukkan eksistensi mereka. 

    Who Am I
    gambar : imdb.com


    Yang menarik adalah ending film ini sama sekali enfgak bisa ditebak. Dengan alur maju mundur makin menambah rasa penasaran sekaligus membuat kita cukup berpikir keras. Seru banget dah pokoknya! 😎
    Rating pribadi : 5⭐/5

    7. The Equalizer (2014)

    Film ini sendiri pertama sekali saya lihat di televisi dan juga direkomendasikan suami. Memang benar filmnya keren dari sisi action thrillernya.

    The Equalizer
    gambar : economictime.indiatimes.com

    Baru saja 2018 dikeluarkan seri ke-2. Menurut saya yang pertama masih lebih bagus karena yang ke-2 bisa ditebak ceritanya. Tapi tetap saja suguhan action-nya bikin mangap kalau nonton. Recommended deh!

    Rating pribadi : 5⭐/5

    8. Despicable Me (2010)

    Sebenarnya selain Despicable Me, saya suka banget ama film animasi yang lain. Tapi di sini saya memilih Despicable Me, yang menurut saya selain hiburan keluarga, nilai kasih sayangnya sangat tinggi.
    Despicable Me
    gambar : polygon.com


    Awalnya diceritakan bahwa seorang penjahat yang akhirnya bertemu dengan anak-anak panti asuhan, yang mampu membuatnya berubah haluan menjadi pebisnis yang baik karena akhirnya dia menjadi ayah dari anak-anak panti asuhan tersebut (dia mengadopsi mereka).

    Dan itu sangat menyentuh sekali 😍. Belum lagi tingkah laku si kecil yang sangat menggemaskan. Rasanya pengen nyubit aja, hehe.

    Sekarang udah sampai seri ke-3, dan tetap saja ceritanya selalu menarik menurut saya. Wajib ditonton! 😁
    Rating pribadi : 5⭐/5

    9. Harmony 2010

    Kalo film ini lebih ke melow drama. Jadi dijamin mewek semewek-meweknya (bahasanya aneh yah? 😂). Ceritanya sangat unik dan menarik. 

    Di mana perkumpulan perempuan di dalam penjara dengan latar berbeda. Tidak semuanya masuk penjara dengan perbuatan kejahatan yang disengaja. 

    Harmony
    gambar : kincir.com

    Pemeran utamanya sendiri adalah seorang wanita yang hanya membela diri dari main tangan suaminya, namun tanpa sengaja membuat suaminya meninggal.

    Dia sedang hamil saat itu, dan membuatnya harus masuk penjara dan melahirkan di sana. Umur 6 bulan dia harus menyerahkan ankanya untuk diadopsi orang lain. 

    Apakah dia bisa bertemu kembali anaknya? Tonton sendiri yah, jangan lupa siapin tissue. 😐

    Rating pribadi : 5⭐/5

    10. 3 Idiots (2009)

    Pasti sudah banyak bukan yang menonton film ini? Karena film ini keluarnya udah lama banget. Atau ada yang belum? Jika ada yang belum sebaiknya segera deh.

    3 Idiots
    m.economicstime.com

    Film ini bahkan sudah kutonton kurang lebih 4 kali. Dan meski sudah berulang kali, film ini tetap mampu membuat saya termewek-mewek.

    Film 3 Idiots bercerita tentang persahabatan "aneh" tiga orang yang kuliah di jurusan yang sama yaitu Teknik Elektro. Ada saja hal yang membuat persahabatan mereka diuji. Film ini mengajarkan tentang percaya pada passion masing-masing, jangan ikut arus atau hanya sekedar mendapatkan nilai tinggi.

    Ini pas dinobatkan untuk rekomendasi film terbaik sepanjang masa. Sepakat?

    Rating pribadi : 5⭐/5

    11. Ratatouille (2007)

    Meski sedikit aneh ketika ada tikus yang pandai memasak, tapi nilai film yang diajarkan di sini menarik sekali. Bumbu-bumbu komedi yang ditawarkan juga segar. 

    Ratatouille
    gambar : slashfilm.com

    Tapi sayangnya meski di sini digambarkan bahwa tikus bisa higienis, itu tidak merubah pikiran saya sama sekali di dunia nyata (tentu saja ini kan animasi wkwk).

    Ini juga udah ebrapa kali nonton kayaknya. Seru soalnya. Ada yang berkali-kali nonton juga? Ini rekomendasi film animasi yang cukup keren.
    Rating pribadi : 4⭐/5

    Penutup

    Nah itu dia 11 film yang menurut aku wajib ditonton. Kesebelas film rekomendasi ini berdasarkan opini pribadiku ya. Selera orang mungkin berbeda-beda.

    Kebetulan seleraku adalah yang berkaitan dengan animasi, thriller dan komedi juga drama (ini mah hampir semua genre ya wkwk). Teman-teman ada film yang direkomendasikan juga? Tulis di kolom komentar ya ...