Pengalaman Mengurus Klaim BPJSTKU (Mengambil Simpanan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan) Karena Resign

October 15, 2019



Resign? Sebuah keputusan yang cukup berat sebenarnya. Selain pekerjaan cukup lumayan dari segi materi, di pekerjaan saya dulu, sangat membantu saya untuk meningkatkan skill dalam beberapa bidang. Selain itu, orang tua khususnya Mama juga sangat berat mendengar saya akan resign. Kebetulan itu adalah pekerjaan pertama saya sejak diterima bahkan sehari sebelum wisuda. Sewaktu kuliah, juga sempat kerja tapi hanya part time sebagai guru privat, dan sedikit jualan.

Eh tapi ini bukan cerita tentang mengapa resign ya, hehe. Nah kalau udah resign, ada hal yang ternyata harus kita urus lagi, yaitu klaim BPJS Ketenagakerjaan, atau biasa disingkat menjadi BPJSTKU. Dan saya mengurusnya 2 tahun setelah resign! Dasar penunda-nunda! Hoho.

Perlu diketahui klaim ini kita urus jika kita memang sudah tidak ingin melanjutkan simpanan pensiun ini. Berbeda jika kita pindah perusahaan, kita masih bisa melanjutkan tentunya dengan pelaporan juga sebelumnya. Namun jika kita untuk saat ini belum ada rencana bekerja lagi, maka langkah yang harus diambil adalah segera mengambil/klaim simpanan kita.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan?

- Surat Keterangan Bekerja
- Kartu Keluarga
- Kartu BPJSTKU
- KTP
- Buku Tabungan
- NPWP (Jika pengambilan di atas 50 juta)

Semua berkas di atas diwajibkan asli dan memiliki foto copy kecuali Kartu BPJSTKU.

  • Langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi BPJSTKU atau masuk ke browser http://bpjsketenagakerjaan.go.id untuk daftar atau jika sudah punya akun bisa langsung login ke http://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan email yang aktif. Nanti akan ada verifikasi. Selanjutnya ikuti tahapan-tahapannya dengan benar.
  • Nanti kita akan diminta untuk memasukkan nomor NIK dan nomor BPJSTKU. Dalam menu di aplikasi, kita bisa melihat jumlah saldo, penghitungan, klaim dan sebagainya.
  • Langkah selanjutnya sesuai dengan tujuan awal untuk mengambil simpanan, maka klik klaim. 
  • Nanti akan ada pilihan klaim karena alasan apa. Alasan yang saya pilih karena resign.
  • Isi formulir yang diminta
  • Tentukan tempat pengambilan dan waktunya.
  • Permohonan antrian online selesai.

Selanjutnya adalah memastikan memasang alarm untuk antrian online. Tidak lupa berkas asli sudah dipersiapkan dalam satu map beserta salinannya.

Saat itu saat memilih antrian hari Jumat (11 Oktober 2019) pada rentang waktu pukul 11.00-12.00. Saya mendaftar di hari Senin. Berhubung jam dan hari lain juga  sudah banyak yang full sebenarnya (tidak bisa dipilih). O ya, tempat pengambilan saya adalah di kantor BPJSTKU di Jl. Hasan Basri Kayutangi, Banjarmasin, Kalsel.


Saya datang sekitar pukul 10.50. Lebih cepat dari janji. Saat masuk, saya langsung bertanya pada satpam bagiamana jika ingin klaim. Satpam menanyakan saya apakah sudah antrian online atau tidak. Saya pun menjawab iya dan satpam meminta untuk menyebutkan nama. Saat beliau mengecek pada daftar, beliau memberi nomor pada nama saya dan meminta saya untuk duduk kembali karena nanti akan dipanggil untuk diberi nomor antrian.

Cukup lama. Saya melihat ada 2 jenis antrian. Mungkin itu perbedaan antrian online dan offline. Sekitar 10 menit saya bertanya lagi pada Pak Satpam. Kami (saat itu cukup banyak) diminta duduk kembali. Tidak lama kemudian nama-nama kami dipanggil satu-persatu sambil Pak Satpam membagikan nomor antrian yang sudah dicetak. Saya mendapat antrian nomor 051, dan antrian pada layar masih 030. Oke 21 nomor lagi hoho.

Sebenarnya ada hal yang paling membuat saya pangling di tempat ini. Fasilitasnya keren abis! Mau tahu ada apa aja di sini?

1. Book Corner


BPJSTKU
Si kecil lagi baca buku

Bukunya lengkap mulai dari novel, masakan, buku cerita anak, dll. Dijamin menunggu akan terasa lebih ringan!

2. Charging Corner


BPJSTKU
Tempat cas hp sebelah rak buku

Kalau bosan baca, bisa nonton YouTube atau apa saja. Aman masalah baterai nanti bisa dicas kembali kok.

3. Health Corner


Timbangan
Nimbang dulu yuk!

Disediakan timbangan digital dan tensimeter digital. Karena penggunaan tensimeter agak ribet di petunjuk dan belum pernah nyoba, saya akhirnya tidak mencobanya sama sekali. Tapi sempat timbang berat badan bareng si kecil, hihi.

4. Coffee Corner


BPJSTKU
Yang haus merapat

Yang haus enggak usah khawatir. Ada teh, kopi, dan air mineral yang disediakan secara gratis.

5. Digital Corner


BPJSTKU
Tempat print 

Kalau lupa nyetak kartu, kita disediakan laptop dan printer untuk ngeprint. Mantap abis deh!

6. Lactasi Room and Kids Play Ground





Buat yang masih menyusui ada ruangan khusus yang disediakan. Selain itu ada mainan anak berupa kuda-kuda dan mainan lainnya. Si kecil pasti tidak akan bosan.

7. Musholla

Musholla diletekkan di luar tepat di samping kanan kantor.

8. Free Wifi




Di dinding kantor dituliskan free wifi beserta nama akun dan passwordnya. Jangan lupa manfaatkan dong, hehe.

Tempatnya tidak begitu luas sebenarnya. Tapi sangat nyaman untuk kita yang menunggu cukup lama. Saat mengetahui antrian saya yang cukup lama saya memutuskan mencari makan dulu. Beruntung ada  rumah makan di sampingnya. Selesai makan, antrian sudah berjalan sampai 040. Masih ada sekitar 20 orang lagi.



Kurang lebih pukul 1 siang baru saya mendapat giliran. Mungkin saat itu agak lama karena beberapa pegawai lain sedang melaksanakan salat jumat. Hanya 1 pegawai wanita yang stanby di bagian klaim. Dan yang bikin saya cukup kagum juga adalah sebelum salat Jum'at, ada pengumuman Salat Jumat dari speaker sebagai pengingat bagi yang muslim. Keren deh!

Tiba waktu saya dipanggil. Langsung diminta berkas. Yang diambil hanya berkas foto copy kecuali kartu BPJSTKU harus asli ya (kebetulan karena hilang saya membawa kartu hasil print dari website). Kita juga diberi pertanyaan seputar apakah kita saat ini masih bekerja atau tidak.  Setelah itu kita diberi 1 formulir baru untuk diisi. KTP kita akan masih ditahan hingga kita dipanggil kembali.



Sedikit intermezzo di rentang waktu menunggu, tiba-tiba tercium bau tidak sedap. Waduh! Saya tidak membawa popok. Saya mengira akan cepat saja selesai. Bersyukur di samping ada warung jualan popok sisa 1 pc 😅. Meski anak saya ukuran L, Alhamdulillah jualnya lebih besar ukuran XL, yang tentu lebih baik daripada kekecilan bukan? Hihi. Segeralah saya menuju ke toilet. Toiletnya pun bersih, ada sabun dan lengkap dengan tissue. Setelah selesai saya masuk kembali. Kata satpam tadi saya sudah dipanggil sebelumnya. Nanti diminta langsung naik ketika kursi di tempat klaim sudah kosong kembali.

Saat dipanggil saya dijelaskan bahwa uang akan cair minimal 3 hari paling lama 2 minggu. Jika dalam kurun waktu tersebut tidak cair, kita diminta datang kembali dengan membawa lembaran kuning (salinan formulir) yang sudah diberi sama petugasnya. Selesai deh. Tinggal nunggu cair, hehe.

Gampang dan mudah ternyata. Setelah resign sejak tahun 2017, baru mengurus BPSJTKU ini hehe.

Semoga bermanfaat ya ☺️. 

Jika ada pertanyaan silakan ajukan di kolom komentar.

Salam hangat,

You Might Also Like

25 comments

  1. Wah, fasilitas di ruang tunggunya lumayan lengkap juga, ya, Mom, jadinya yang sedang mengantre bisa ada aktivitas yang tidak terlalu membosankan. Apalagi kalau bawa bayi atau anak kecil dan enggak ditemani orang dewasa lainnya, ruang laktasi dan tempat bermainnya pasti sangat membantu.

    ReplyDelete
  2. Sekitar dua minggu lalu aku juga ke kantor BPJS kayu tangi ini. Kebetulan aku baru ikutan BPJS tk yang pekerja non ipah. Jadi bulan dari kantor. Emang benar kantor BPJS kayu tangi ini nyaman banget.. Petugasnya juga ramah hehehe.. Tks sudah berbagi

    ReplyDelete
  3. Sekarang prosesnya memang jauh lebih mudah yah. banyak hal yg membantu dan memudahkan masyarakat

    ReplyDelete
  4. Kantir BPJSTKU nya bikin salah fokus, keren banget! Bikin waktu menunggu lebih termanfaatkan dengan baik dna ga bosen. Apalagi kalau bawa anak, book corner nya bisa dijadikan pengalih kebosanan (dan nambah ilmu karena baca buku).

    Kantor-kantor pelayanan yang sudah bagus begini semoga bisa dicontoh oleh yang lain, supaya masyarakat jadi lebih nyaman (juga pegawainya). Terimakasih sudah berbagi kak :D

    ReplyDelete
  5. Kalau fasilitas ruangannya kayak gini sih, betah aja ya ngantri agak panjang hehehe. Btw, makasih mbak sharingnya. Kebetulan aku juga pake BPJS Ketanagakerjaan. Jadj tahu ni, siapa tahu kedepan bakal resign juga hehehe

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ngurus BPJS sampai ke kantornya langsung. Alhamdulillah, ternyata banyak kemudahan ya sekarang untuk klaim.

    ReplyDelete
  7. wah makasi infonya kak.. ini bermanfaat bgt kalo nanti aku resign juga hehe.. kadang suka udah mikir ribetnya padahal mah segampang ini ya prosesnya..

    ReplyDelete
  8. Waw selenngkap itu Kantor BPJS Ketenagakerjaan yaa mbaa hehe. Salut! Suamiku juga punya BPJSTKU tapi kukira itu kayak BPJK Kesehatan Bukan model simpanan ternyata model simpanan hehe.

    ReplyDelete
  9. Oh kalau kita resign kerja dapat penggantian uang bpjs yg tersimpan selama bekerj yah mbak, suami saya ada rencana resign juga krn kami mau pindah. Thank infonya mbak

    ReplyDelete
  10. Wah nyaman banget ya buat nunggu ada playground buat anak dan bisa sekalian wifian juga. Banyak fasilitas yang bermanfaat banget dan pasti bikin nunggu jadi nggak berasa ya..

    ReplyDelete
  11. Wah informasi yang sangat bermanfaat buat saya Mba.. Ternyata nggak ribet ya ngurusnya. Fasilitas yang disedikan juga lengkap banget.

    ReplyDelete
  12. Aku juga sudah mencairkan BPJS Ketenagakerjaanku ketika sudah nggak bekerja dan ternyata segampang itu ya. Praktis karena daftar via applikasi, dan waktu itu kartu BPJS TK aku sempat hilang dan sama sekali nggak ribet ngurusnya. Andai semua sistem birokrasi Indonesia sepraktis ini :')

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah, ditengah kabar viral naiknya iuran bpjs, ini ada kabar baik tentang pelayanan serta fasilitas dari BPJSKU ya. Semoga di tempat lain pun pelayanan dan fasilitas nya maksimal. Saya blm tahu nih kapan bisa ambil BPJSKU, masih bertahan kerja hehehe

    ReplyDelete
  14. Pengalamannya bisa dijadiin pelajaran banyak orang nih mbak.. ternyata banyak juga yang mengurus klaim bpjsku, jadi sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya sehingga berjalan dengan baik dan lancar tentunya

    ReplyDelete
  15. Wah bagus banget kantor pelayanan publiknya, lengkap mulai playground dan free wifi jd yang ngantri gak bete ya hehe. Jd keinget suamiku jg kudu diingetin soal nyairin klaim bpjst thx mbak :D

    ReplyDelete
  16. Ternyata prosesnya gak seribet yang aku bayangin. Dan fasilitas yang disediakan untuk konsumen, lengkap banget

    ReplyDelete
  17. Wah pas banget neh, aku infoin ke kaka aku ah, kebetulan dia mau klaim dah waktu itu.

    ReplyDelete
  18. wow fasilitasnya lengkap ya kak. ada ruang buat bermain anak juga
    btw, pengurusannya juga gk ribet ternyata. makasih sudah berbagi kak ^^

    ReplyDelete
  19. Kantor bpjsnya keren ya. Bersih plus fasilitas tambahannya yang bikin betah. Pengurusannya juga cepat, nggak bertele-tele. Mantap.

    ReplyDelete
  20. Kalo lg gak ada janji/kepentingan lain, kayanya betah deh berlama lama antri disitu wkwk fasilitasnya lengkap bgt ternyata..

    ReplyDelete
  21. Wah fasilitasnya lumayan lengkap dan nyaman, kebetulan suami kemarin juga urus ini karena resign, sekitar satu bulan dananya sudah cair :D

    ReplyDelete
  22. informasinya sangat bermanfaat bagi yang menggunakan bpjstku. baru tau kalo bisa diuangkan. tapi kalo yang gak menggunakan bpjstku apakah mendapat perlakuan yang sama?

    ReplyDelete
  23. Wah. Ada begini ya ternyata.. Bs nih aku kasih tau bapaknya klo mo pensiun nanti.. Kami pake BPJS juga soalnya

    ReplyDelete
  24. Aku baru tahu ternyata BPJSTKU bisa dikalim, maklum tau nyantentang bpjs kesehatan saja haha. Proses nya juga cepat, hanya saja karena terhalang antri ya hihi

    ReplyDelete
  25. wah kantornya keren juga nih BPJSTK. Lengkap fasilitasnya jadinya pasti nggak bosan nunggu apalagi kalau bawa anak

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
Salam kenal :D