Mau Wisata Halal ke Australia? Baca dulu 5 Tips Traveling Berikut ini!

November 30, 2019

cheria travel holiday


Bismillahirrahmanirrahim.

CERITA TENTANG BERANGKAT KE AUSTRALIA

"Dek, Mas mau ke Australia"
"Yeaaay, jadi kita harus kemas-kemas sekarang sayang?"
"Gak, ini bukan kita semua. Tapi Mas aja"
"Yaaah, kirain"
"Ini buat dampingin anak murid excursion ke sana. Kurang lebih 3 minggu"
"<<Mode Diam>>"
"Dek, Dek!"
"<<Mode Getar>>"
"Dek, do'ain aja moga mas bisa ngajakin ke sana"
"Yeaay, janji ya? Nanti ceritain juga ya mas jalan ke mana aja!"
"Iya sayang"

yolanda


Sudah 3 Minggu berlalu. Perasaan hati ditinggal suami ke luar negeri itu rasanya memang beda. Selain iri karena pengen juga jalan-jalan, takut juga suami tiba-tiba dapat pelakor bule sana. Haha. Dasar istri. Mikirnya macam-macam saja.

Selama LDR, suami rajin video call. Saya yang belum pernah ke sana cuma tahu kalau di Australia itu ada Kangguru dan Koalanya. Ternyata banyak juga tempat yang mas kunjungi. Mulai dari tempat wisata, hingga universitas yang ada di sana. Apa saja? Yuk diintip :

WERRIBE OPEN RANGE ZOO  

australia

Kebun binatang ini bertema Afrika. Sekitar 32 kilometer barat daya Melbourne, Victoria, Australia. Ini adalah bagian dari Zoological Parks and Gardens Board atau 'Zoos Victoria' yang juga mencakup Kebun Binatang Melbourne dan Suaka Healesville. Kebun Binatang di sini konsepnya seperti safari, jadi menggunakan mobil untuk berkeliling melihat hewan-hewannya. Kata suami saat masuk ke sini, berasa sedang jalan-jalan di alam sesungguhnya.

NATIONAL WOOL MUSEUM DI GEELONG

    AUSTRALIA

    AUSTRALIA

    National Wool Museum mengisahkan kisah Australia tentang wol, serat dan tekstil, disamping berbagai pameran kontemporer, program publik, dan acara khusus. National Wool Museum didirikan di Geelong, Victoria pada tahun 1988 sebagai bagian dari Perayaan Bicentennial Australia. Di sini kita juga bisa melihat cara pengolahan mulai dari bulu domba, sampai menjadi kain wool. Bisa praktik memilin bulu domba juga karena ada pemandu yang akan membantu.

    BRIGHTON BEACH 
    AUSTRALIA

    Tempat yang satu ini cukup populer sebagai destinasi wisata pantai di Australia. yang paling khas dari tempat ini adalah adanya sunbathing box yang berada di pinggir pantai yang dilukis dengan berbagai macam tema. Cukup instagramable bagi kaum milenial.


      YARRA RIVER
      AUSTRALIA

      AUSTRALIA

      Sungai Yarra adalah sebuah sungai di sebelah Selatan Victoria, Australia. Sungai ini dikenal dengan nama Birrarung oleh suku Wurundjeri yang menghuni lembah Yarra sebelum bangsa Eropa datang. Sungai ini mengalir melalui pusat kota Melbourne dan mempunyai panjang sekitar 240 km. Kita bisa menyusuri pinggiran sungai Yarra di pusat kota Melbourne dengan berjalan kaki. Sambil menikmati berbagai street live performance di sana.

      VICTORIA ROSE GARDEN

      australia

      Victoria Rose Garden adalah sebuah taman di pinggir negara bagian Victoria, tepatnya masuk wilayah Werribbee. Konon berdasarkan penuturan Ali Zivanovic, tour guide suami, awalnya tempat ini adalah milik seseorang yang sangat kaya. Ia membeli lahan yang sangat luas dan membangun sebuah rumah yang sangat besar disana. Lalu kemudian tidak didiami dan sekarnag menjadi taman umum. Banyak berisi tanaman bunga dan cukup asik untuk bersantai di sore hari.

      BALARAT WILDLIFE PARK

      australia

      Tempat ini merupakan kebun binatang dengan konsep terbuka. Jadi beberapa binatang bebas berkeliaran di kebun binatang ini. Koleksi binatangnya juga lengkap. Kita bisa berinteraksi dengan binatang-binatang itu. 

      Suami sempat video call saat memberi makan kangguru. Rasanya pengen jitak kepala kanggurunya. Istrinya aja makan sendiri, dia malah disuapin suami coba, hiks.

      SOVEREIGN HILL

      australia


      Sovereign Hill adalah museum terbuka di Golden Point, pinggiran Ballarat, Victoria, Australia. Sovereign Hill menggambarkan sepuluh tahun pertama Ballarat setelah penemuan emas di sana pada tahun 1851. Secara resmi dibuka pada tanggal 29 November 1970 dan telah menjadi objek wisata yang diakui secara nasional. 

      Berada di Severeign Hill, kita seperti kembali ke masa Gold Rush di Australia karena bangunan-bangunannya dibuat menyerupai aslinya. Orang-orang disana juga berpakaian vintage ala abad 19. Di tempat ini kita juga bisa melihat penambangan emas dengan menelusuri bekas tambang bawah tanah, tempat ditemukannya bongkahan emas besar disana.

      MELBOURNE UNIVERSITY

      AUSTRALIA

      Universitas Melbourne, terletak di Melbourne, Victoria, ialah universitas tertua kedua di Australia, dan tertua di Victoria. Kampus utamanya terletak di Parkville, sebelah utara dari pusat kota Melbourne. University of Melbourne memegang peringkat atas di dalam peringkat universitas Australia dan dunia.

      RMIT

      RMIT University adalah universitas riset publik Australia di Melbourne, Victoria. Didirikan oleh Francis Ormond pada tahun 1887, RMIT dimulai sebagai sekolah malam yang menawarkan kelas-kelas di bidang seni, sains, dan teknologi, sebagai tanggapan terhadap revolusi industri di Australia.

      MONASH UNIVERSITY

      Universitas Monash adalah salah satu universitas terbesar di Australia. Kampus utamanya terletak di Clayton, Victoria, Australia. Universitas ini didirikan pada tahun 1958 dan mulai menerima mahasiswa-mahasiswi pertamanya pada tahun 1961.
      MasyaaAllah sempat ketemu di jalan sama Ustad Abdul Somad yang kebetulan ada ceramah di sana

      Selama excursion, memang tidak banyak waktu bagi suami dan murid-murid suami untuk jalan-jalan. Karena selama sehari penuh dalam weekdays, mereka harus melakukan kegiatan sekolah seperti biasa dengan sekolah yang sudah bekerja sama. Mereka bisa berjalan-jalan bebas setelah pulang sekolah atau saat weekend tiba.  Tapi hal itu sudah lebih dari cukup menurut saya. Daripada cuma tinggal di rumah tidak kemana-mana seperti istrinya bukan? 😐

      5 TIPS TRAVELING SEBELUM BERANGKAT KE AUSTRALIA

      Sebelum melakukan perjalanan, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Apalagi jika travelingnya ke luar negeri. Ini tidak sama dengan jika ingin ke pasar atau ke acara khitanan anak tetangga.

      Berwisata ke Australia, selain persiapan berkas seperti paspor dan visa, ada banyak hal juga yang perlu diperhatikan. Australia juga bukan daerah yang mayoritas Muslim seperti Indonesia. Akan sulit untuk menemukan makanan yang halal. Mau tidak mau kita harus punya informasi atau koneksi yang bisa mengantarkan kita untuk mencari tempat-tempat atau restoran yang sesuai dengan kebutuhan muslim tentunya. Jadi sebelum ke Australia, ada baiknya baca dulu 5 tips traveling berikut ini :

       1.    Pastikan persiapan sesuai musim

      Kita tahu kalau di Australia itu ada 4 musim. Kebetulan kemarin suami berangat sekitar Maret-April, yaitu saat musim gugur. Kata beliau di sana sangat dingin sekali saat itu padahal belum musim dingin. Meski matahari terik, suami tetap menggunakan jaket tebal. Jangan ditanya jika hendak berwudhu di tempat umum, menggigil sudah pasti.

      image source : pixabay.com

      Musim-musim di Australia berkebalikan dengan musim-musim yang dialami oleh negara-negara di belahan dunia utara. Musim panas berlangsung pada bulan Desember hingga Februari; musim gugur pada bulan Maret hingga Mei; musim dingin pada bulan Juni hingga Agustus; dan musim semi pada bulan September hingga November.

      2. Jangan lupa bawa koper tambahan

      Yang punya banyak keluarga untuk dibawakan oleh-oleh penting sekali untuk membawa koper atau tas tambahan. Beberapa barang tentu menarik untuk dibawa pulang. Apalagi yang berkaitan dengan maskot Australia, binatang Kangguru dan Koala yang lucu. Entah apa yang merasuki suami, belanjaanya luar biasa waktu itu. Hingga harus menggunakan koper obat sebagai cadangan oleh-oleh. Padahal biasanya suami hemat dalam berbelanja, hehe. Yasudah, sekali-sekali lah ya (tapi seneng juga dibawain banyak XD).

      3. Siapkan obat-obatan dan vitamin

      Karena cuaca yang tidak semua orang bisa tahan, ada baiknya selalu membawa obat atau vitamin yang biasa dikonsumsi untuk menjaga stamina. Ada cerita teman saya waktu ke Jepang dan musim dingin pertama kali, beliau sampai bedrest karena sakit. Jangan sampai lalai ya.

      4. Cari travel berkualitas, halal dan terkenal


      Travel yang mendukung tentang wisata halal saat ini semakin menjadi primadona buat banyak orang. Selain karena mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim, memercayai travel sebagai teman perjalanan juga jauh labih baik. Kenapa? karena dengan menggunakan travel, segala urusan perjalanan tidak perlu lagi dipusingkan. mulai dari urusan itinerary (jadwal), transportasi, hotel, pemandu wisata, hingga yang paling penting adalah makanan halal.

      Salah satu travel pelopor wisata halal dunia adalah Cheria Travel
       
      tampilan situs www.cheria-tavel.com
      Cheria Travel sudah berdiri sejak tahun 2012. Mereka sudah melayani ribuan wisatawan dan peziarah dengan komitmen pelayanan terbaik dengan harga bersaing dan garansi kepuasan.

      Layanan Cheria travel mencakup kebutuhan paket tour muslim untuk dalam dan luar negeri. Cheria Travel juga menyediakan tiket, hotel, visa dan kebutuhan perjalanan lainnya baik untuk kebutuhan personal, corporate atau grup.


      Untuk Tiket Cheria adalah Agen IATA baik Domestik maupun Internasional dan Untuk Layanan Haji Plus dan Umroh Cheria adalah Agen Resmi Barokah Madinah Tour & Travel dengan mendapatkan izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 20 Juli 2016 dengan nomor 368 tahun 2016.

      Selain itu untuk menguatkan bisnis B2B saat ini Cheria Holiday juga menawarkan API Application Programming Interface Wisata Halal / Tour Muslim kepada perusahaan pengembang aplikasi travel guna memenuhi tuntutan marketing digital.
       
      Opera House, Sidney (cheria-travel.com)
      Jika kamu ingin berwisata halal ke Australia, Cheria Travel punya paketnya. Kamu bisa bepergian sendiri atau mengajak teman untuk ikut berkelompok. Tidak perlu khawatir jadwal Salat karena Cheria Travel sudah mengaturnya. Untuk urusan makanan pun tidak perlu keliling lagi mencari kesana-kemari.

      Untuk mendapatkan informasi lebih jauh, kamu bisa langsung mengunjungi halaman Wisata Halal Australia.

      Ragam wisata halal populer
       (tampilan mobile cheria-travel.com)

      Legalitas PT Cheria Tour and Travel:
      • TDP 36/2014 Tanggal 7 Januari 2013 Dinas Pariwisata DKI Jakarta 
      • Member International Air Transport Association (IATA) dengan Nomor 15314132 
      • Agen Barokah Madinah Tour & Travel izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 20 Juli 2016 dengan nomor 368 tahun 2016.

      5. Minta restu orang terdekat

      Nah ini nih yang juga penting. Karena mau kabur dari beban masalah hidup jangan sampai membuat kamu pergi tanpa izin alias kabur. Kan tidak enak nantinya kamu tidak bisa upload bebas foto jadi bisa ketahuan kalau kamu di mana bukan? Ujung-ujungnya kamu bakal dimarahin, atau diminta banyak bawa oleh-oleh sebagai tebusan.

      pasto pergi untuk kembali

      Selalu kabari keluarga dan orang terdekat yang akan kamu tinggalkan agar perjalanan menjadi lancar dan bisa selamat hingga ke tujuan. Harapan lainnya tentu pulang tanpa ada hambatan. Sudah siap bertualang?

      Nah itu dia sedikit cerita mengenai jalan-jalannya suami ke Australia dan beberapa tips sebelum berangkat ke sana. Semoga bisa menajdi referensi tambahan ya. Siapa tahu kamu akan ke sana tahun depan? Aamiinin aja yes.

      Semua persiapannya kelihatan ribet? Enggak sih. Kalau kamu sudah punya travel yang pas seperti Cheria Travel. Kamu tinggal nyiapin barang bawaan dan bawa diri baik-baik. Masalah transportasi, tempat tinggal, tempat makan halal, semua sudah diatur sama pihak travel. Susah lho nyari tempat makan halal gitu. Dulu aja sempat waktu di Singapura nanya-nanya restorannya dia bilang ada babinya. Hampir aja. Kalau gak nanya-nanya cuma tinggal makan aja kan takut doyan dan ketagihan, astagfirullah. Ya ujung-ujungnya nyari restoran franchise yang logo huruf terbalik atau makan ayam sejuta umat seperti di Indonesia. Kan gak seru tuh makannya sama aja gak ada bedanya. 

      Terakhir, pastikan budget buat liburan sudah dipersiapkan dari sekarang. Kecuali kamu anak sultan yang tinggal siapin badan.
      Semangat liburan kawan. 
      Jangan lupa bawa buah tangan!

      Informasi lebih lanjut :
      Cheria Travel
      Alamat :
      Gedung Twink Lt. 2, Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan,
      Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790
      Telepon : 021 - 7900 201 / 021-700 216 (Hunting)
      Fax : 021-7918 2408
      Email : 
      info@cheria-travel.com
      Web: 
      www.cheria-travel.com



      Sumber tulisan :
      www.wikipedia.com
      www.walkingmaps.com.au
      www.cheria-travel.com

      Sumber gambar : 
      www.pixabay.com
      Dokumen pribadi suami (@udaniko)

      Lomba Blog Cheria Holiday #9 2019

      You Might Also Like

      42 komentar

      1. Tour halal ini memang membantu banget untuk para muslim yang akan berwisata ke negara-negara non muslim ya. Jadi nggak was-was apakah restoran yang kita kunjungi muslim friendly atau tidak.

        ReplyDelete
        Replies
        1. Betul banget Mbak πŸ˜„ Tour halal emang udah jadi kebutuhan banget sekarang

          Delete
      2. Seru banget perjalanan suaminya Mba, aku belum pernah ke Australia :D Pasti menyenangkan mengeksplor daerah yang asing untuk kita. Cheria Travel ini memang sudah tersohor dengan paket wisata halalnya ya, jadi wisatawan nggak perlu waswas atau khawatir selama perjalanan.

        ReplyDelete
        Replies
        1. Iya bener aku juga tahunya wisata halal cuma cheria aja yang kenal

          Delete
      3. Salah satu destinasi yang masuk wishlist aku nih kak.
        Soalnya Australia memeng terkenal dengan kecantikan arsitekur dan alammnya. Apalagi dinobatkan sebagai negara paling pahagia di dunia kan.

        ReplyDelete
      4. Seru banget perjslanan suaminya di sana mbak apalagi yang di wildlife Park bisa ketemu kanguru!
        Semoga nanti bisa ikut juga ya mbak ke Australia bareng cheria travel dengan wisata halalnya

        ReplyDelete
        Replies
        1. Aamiin iya semoga Mbak juga bisa liburan ke tempat yang diinginkan XD

          Delete
      5. Subhanallah. Seruuuu bgt perjalanan suaminya. Kmrn juga liat postingan temen yang liburan kesana. Kereen bgt. Jd bertanya pada diri sendiri kapan bisa kesana juga. Semoga ada rejekinya. Aamiin

        ReplyDelete
      6. Semoga setelah ini bisa berangkat berdua ya Mba. Yang doain moga ketularan jua. ��

        ReplyDelete
      7. Noted nih, mudah2an bisa jalan2 ke Australia juga, aamiin

        ReplyDelete
      8. Cari informasi sendiri itu seru, tapi akan lebih menghemat waktu dan energi kalau sudah disediakan infonya seperti ini, ya, Mba. Apalagi kalau bersama keluarga. Alhamdulillah jadinya Ceria Travel jadi memudahkan untuk mengatur perjalanan dengan halal concern dari kitanya.

        ReplyDelete
      9. Hahahaha penting nih untuk bawa koper tambahan, kemanapun tujuan travellingnya. Daripada beli koper disana kan...

        ReplyDelete
        Replies
        1. boleh juga beli Mbak kalau lagi pengen koper buatan sana hihi

          Delete
      10. Ahh Australia... Salah satu negara pilihan melanjutkan studi master kelak hehe (Aamiin dulu Aja😁). Aku tertwrik dengan river dadan zoo nya. Apalagi da koala dan kangorooπŸ€—

        ReplyDelete
        Replies
        1. Aamiin. Aku juga pengen banget bisa lanjut kuliah di sana πŸ˜†

          Delete
      11. waow wisata halal. pastinya terjamin dari segi makanan setidaknya ya kalo berwisata ke negara-negara yang muslimnya masih minoritas. love it!

        ReplyDelete
      12. Australia jadi salah satu negara yang pengen aku kunjungi buat liburan, pas baca ini kok kayaknya asik banget gitu, bisa buat referensi. Thank you for sharing mbak

        ReplyDelete
        Replies
        1. Sama-sama Mbak. Semoga bisa segera liburan ke sana πŸ€—

          Delete
      13. Aku belum pernah ke Australia nih. Terima kasih untuk panduan Wisata halal ke Australia ya

        ReplyDelete
      14. Yang paling penting budget ini.. Hihi. .pengen banget suatu hari bisa traveling ke negara muslim begini.. Biar wawasan bs terbuka

        ReplyDelete
      15. Hihi aku kok ngakak baca paragraf pembukanya. Tapi aku juga penasaran nih suaminya ngajar di sekolah mana sampai muridnya bisa ke luar negeri. Hehe

        ReplyDelete
        Replies
        1. Hehe itu paragraf pembukanya hanya fiktif belaka wkwkw. Di SMP-SMA GIBS Kak. Di sini memang tiap naik kelas 2 wajib excursion ke luar negeri Kam

          Delete
      16. Setuju, musim sih harus banget tau jadi tau mau pake baju apa terus vitamin hal yang sudah ada bagiannya. Aku selalu gt juga kalo travelling.

        ReplyDelete
      17. Sudah pernah sekali ke sana jadi kangen ke sana lagi setelah baca ini, apalagi di Sydney, duhh. Tp emang benar, klu kt ke Australia baiknya pake jasa tour yang halal, krna di sana lmyn ssh nemuin mknn halal

        ReplyDelete
        Replies
        1. MasyaaAallah jadi kepengen juga Mbak XD. Wah berarti emang susah nyari makanan halal ya ?

          Delete
      18. Mbak, aku kok sangat memahami keluh kesahmu ditinggal dinas sampai keluar negeri *nangis bombay*

        Terus ngikik

        Terus jadi pengen ikutan liburan kesana. Mudah2an suami bisa lolos beasiswa AAS-nya, biar aku iuga keangkut kesana, ihihi

        ReplyDelete
      19. Kalau ada travel agent yang menyediakan travelling secara halal gini sih bikin tenang pas travelling ya. In syaa Allah terjamin halal nya.

        ReplyDelete
        Replies
        1. Bener Mbak. apalagi perihal salat yang kadang susah nyari tempat

          Delete
      20. BRIGHTON BEACH penasaran mau kesitu. Itu pantai nya cakep bgt huhu.
        Tips nya menarik nih, apalgi buat yang pertama liburan ke luar negeri harus ekstra selektif terhadap jasa tour yang ada .

        ReplyDelete
        Replies
        1. Iya cakep banget XD. Bener Mbak harus pintar milih-milih travel

          Delete
      21. Wah seru ya mba jalan2 kesana.. ketemu UAS lgi yaa.. jadi kepengen jalan2 ke Ausi deh tapi harus ngumpulin uang dl hihi.. noted tips2nya mba πŸ‘

        ReplyDelete

      Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
      Komentar akan muncul setelah dimoderasi
      Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
      Salam kenal :D

      Tulis Email untuk Langganan gratis yuk!