5 Rekomendasi Tempat Wisata Makassar Buat Keluarga (Lengkap dengan Alamat dan Harga Tiket)

Daftar Isi [Tampil]


Jika anda dan keluarga berniat ke Makassar, jangan lupa untuk memesan hotel yang dekat dengan tempat wisata, mengingat padatnya Kota Makassar yang juga sekaligus semakin membuat macet. Sangat banyak hotel yang tersedia di Kota Makassar Indonesia ini. Apalagi dengan view dekat pantai bisa dengan mudah ditemukan.


Kita tahu bahwa Makassar adalah sebuah kota besar di pulau Sulawesi, tepatnya Sulawesi Selatan. Sebagai kota besar, tentu banyak tempat wisata yang biasanya diincar para pendatang atau bahkan penduduk lokal Makassar sendiri. 

Lalu, apa saja tempat wisata Makassar yang cocok buat keluarga? Selain family friendly, tempat wisata ini juga letaknya berdekatan sehingga tidak perlu menghabiskan waktu di jalan ketika ingin mengunjungi wisata di kota Makassar.

Nah langsung saja, ini dia 5 rekomendasi tempat wisata di Makassar yang cocok untuk keluarga. Siap disimak?

1.    Anjungan Pantai Losari

wisata makassar
Anjungan Pantai Losari image : makassarmetro.com

Anjungan ini cukup banyak mengalami perubahan sejak dulu hingga sekarang. Selain untuk melihat pantai secara langsung dan anging sepoi-sepoi, di tempat ini juga banyak kuliner khas Makassar seperti pisang epe dan sebagainya. Untuk duduk-duduk sambal ngobrol di sore hari bersama keluarga ini sangat cocok. CFD (Car Free Day) saat weekend juga terbilang ramai.
Alamat : Maloku, Jl. Penghibur, Losari, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90113
Jam Buka : Buka 24 jam
Tiket : Gratis (hanya pelru bayar biaya parkir)

2.    Masjid Terapung & Masjid 99 Kubah

wisata makassar
Masjid Terapung image : kumparan.com

Masjid Amirul Mukminin, atau yang biasa disebut Masjid Terapung ini juga cukup menarik minat wisatawan. Selain modelnya yang unik, letak pembangunan Masjid memang di atas pantai. Ketika puas bersantai di anjungan, jika waktu salat tiba, kita tidak perlu mencari masjid jauh-jauh, cukup berjalan kaki dan bisa salat dengan nyaman.

wisata makassar
Masjid 99 Kubah image : dokpri

Pembangunan masjid 99 kubah yang luas bangunannya 72 X 45 meter itu diperkirakan menelan biaya Rp 160 miliar. Masjid 99 Kubah sendiri terakhir kali saya kunjungi di bulan November 2019 masih belum bisa digunakan. Tapi Masjid ini sudah bisa dilihat lebih dekat secara langsung. Masjid ini didesain langsung oleh Ridwan Kamil.

Alamat : Jalan Penghibur No.289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90112

3.    Benteng Rotterdam

wisata makassar
Benteng Rotterdam image : dokpri
Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam Makassar ini adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Di dalam Benteng ini terdapat Museum La Galigo. Letak benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan. DI bagian luar benteng terdapat taman yang cantik. Sangat cocok untuk membawa keluarga.
Alamat : Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171
Tiket : Masuk Benteng Gratis, Museum Rp 5.000
Tutup pukul 18.00

4.    Pantai Akkarena

wisata makassar
Pantai Akkarena, image : makassar.tribunnews.com

Pantai Akkarena adalah pantai yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sekarang pantai ini sudah semakin bagus dan banyak fasilitas. Pantai Akkarena biasanya dijadikan pilihan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga pada hari libur sebagai sarana bersantai, bermain, atau berolahraga.
Alamat : Jl. Tanjung Bunga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Buka pukul 06.00 hingga pukul 22.00
Harga tiket : Rp. 5.000 - Rp. 20.000

5. Pulau Samalona

wisata makassar
Pulau Samalona, image : www.azwisata.com

Samalona adalah sebuah pulau kecil di Selat Makassar. Untuk menju ke sana harus menyewa perahu. Jika berada di sana bisa hanya untuk sebentar tanpa perlu menginap. Jika ingin menginap ada rumah penduduk dan penginapan yang sudah tersedia. Kita bisa snorklinh dan menikmati keindahan pulau bersama keluarga.

Alamat : 7 km dari kota Makassar
Harga sewa perahu : Rp 400.000- Rp 500.000
     Nah, itu dia artikel 5 rekomendasi tempat wisata makassar yang cocok untuk keluarga. Sebelum berwisata, susun dahulu itinerary dengan baik. Agar bisa memanfaatkan waktu lebih maksimal. Sebenarnya masih banyak lagi wisata di Makassar, tapi untuk yang cocok dengan keluarga dan jaraknya tidak terlalu jauh, 5 rekomendasi di atas sangat pas. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :
@pohontomat | Triyatni Ashari
ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Related Posts

15 komentar

  1. Losari sih ya yg paling menggaung namanya. Pengen deh kesana. Udah masuk di bucket list sih hehehe...

    BalasHapus
  2. Karena aku belum pernah ke Makassar, jadi semua tempat di atas ingin aku kunjungi semua. Menggiurkan sekali. Terutama yang ikonik seperti Pantai Losari itu.

    BalasHapus
  3. aku cuma belum ke samalona sama koningarengkeke
    padahal pengen banget kesana hohoho

    BalasHapus
  4. dulu cuman mampir ke beberapa tempat saja waktu ke makasar. Yang bikin penasaran adalah masjid 99 nya ini
    pantai samalona viewnya juga oke banget, air lautnya biru cantik, sayang waktu itu ga sempet kesana. next kalo ke makasar lagi

    BalasHapus
  5. Wah, kl ke makassar siap2 makan makanan seafood nih.

    BalasHapus
  6. Ternyata banyak juga tempat menarik di Makassar ya. Kata adik saya yang tinggal di Makassar, masjid 99 kubah itu bisa dia lihat dari jendela kantornya. Semoga suatu saat bisa ke sana bareng keluarga.

    BalasHapus
  7. Saya kalau ke Makassar itu baru sebatas di pelabuhan ama di bandaranya doang, transit hahaha.

    Tapi dulu pernah transit pakai kapal, agak lama dan kita keluyuran di Pantai Losari segala.
    Awalnya jalan kaki dong, hampir keseleo kaki ternyata jauh juga hahahaha

    Kalau Samalona itu yang di depan pelabuhan itu ya? kayaknya ada banyak pulau kecil di sana :D

    BalasHapus
  8. Yang paling dikenal adalah benteng rotterdam dan pantai losari yang ikonik banget. Semonga suatu hari nanti bisa mengunjungi makassar

    BalasHapus
  9. Wih mantap nih rekomendasinya, aku blm pernah ke Makassar kyaknya menarik jg ya buat liburan dsna terlebih lg udh lama ga liburan kyak aku pasti deh puas bnget bisa ksna😁

    BalasHapus
  10. Daku penasaran untuk melihat lebih dekat yang masjid 99 kubah. Warnanya bikin hangat dan adem, karena nggak mencolok. Dari luarnya saja arsitekturnya keren, semoga nantinya banyak yang beribadah di sana

    BalasHapus
  11. Duh mupeng banget ke Makassar mba. Sering lihat masjid 99 kubah itu di instagram. Semoga ada kesempatan tahun ini ke sana. Btw, makasih buat rekomendasi itinerary-nya ya. Aku pengen berkunjung ke semuanya. 😆

    BalasHapus
  12. mashaa Allah menarik banget yaa jadi ingin liburan deh bareng keluarga rame2 ke Makassar 😁

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah ke Makassar, tapi tempat wisatanya menarik banget buat dikunjungi ya mbak.. Kan jadi pengen ke Makassar juga nih.. hehehe

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah ke Makassar nih mbak, ternyata wisatanya beragam banget ya. Aku gak tahu banyak, yg terkenal cuma Pantai Losari sama Benteng Rotterdam aja ya kayaknya.

    BalasHapus
  15. Entah sudh berapa kali pokoknya udah sering banget tante aku yang tinggal di Balikpapan itu ngajakin ke Makassar lewat perjalanan laut. Sepertinya harus segera di-iya-kan nih biar bisa kunjungin destinasi di atas. hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Komentar muncul setelah dimoderasi.

Salam kenal 😆

Recent

Masukkan Email untuk Langganan Gratis