Mitos dan Fakta Seputar Virus Corona [#FBBKolaborasi]

mitos dan fakta seputar virus corona

Pengertian & Fakta Virus Corona

Apa itu virus corona? Pertanyaan-pertanyaan yang sempat muncul dalam pikiran saya beberapa saat di awal-awal kemunculan virus ini di Wuhan, Cina. Sempat berpikir, virus apa yang sampai menyebabkan banyak sekali korban yang berjatuhan?

Ternyata virus corona adalah virus yang sudah ada sejak lama (maaf kudet). Namun jenisnya yang berbeda-beda.Virus yang menginfeksi sistem pernapasan ini adalah virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan maupun manusia. Virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan SARS (Acute Respiratory Syndrome) adalah contoh keluarga virus corona. Virus corona yang baru muncul saat ini diberi dengan nama COVID-19. Kenapa COVID-19? Karena virus ini pertama kali ditemukan di tahun 2019. Tepatnya pada bulan Desember lalu. Awalnya hanya di Cina. Namun kemudian menyebar hingga ke beberapa negara baik Asia, Eropa dan benua laiinya.

Gejala COVID-19

Pada banyak kasus, mungkin virus ini hanya menyebabkan infeksi ringan, Tapi banyak juga kasus yang menyebabkan infeksi pernapaasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia) dan Virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan SARS (Acute Respiratory Syndrome) tadi.

Gejala paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering, Beberapa orang lainnya juga merasakan sakit pada hidung seperti tersumbat, dan pilek. Penderita juga bisa mengalami diare.

Virus ini akan muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar. Oleh karena itu penting melakukan isolasi hingga 14 hari ketika sudah melakukan kontak langsung dengan penderita.

Mitos dan Fakta Seputar Virus Corona 

Saat ini, banyak sekali beredar pesan-pesan broadcast dan meme-meme yang berkaitan dengan virus corona. Apalagi dengan teknologi pesan dari whatsapp yang begitu memudahkan kita untuk menyebarkan berita. Sebelum menyebarkan berita yang kita dapat, ada baiknya baca dulu mitos dan fakta seputar virus corona di bawah ini (sumber sehatq.com) :

1. Virus dapat menyebar melalui hewan peliharaan?

Fakta : HIngga saat ini, belum ada penelitian yang menyebutkan hal seperti itu. Seorang pakar virus pernah mengatakan bahwa virus corona pada hewan, hanya akan menular sesama hewan. Begitupun dengan virus corona pada manusia (virus berbeda), akan menyebar hanya kepada manusia juga.

2. Virus hanya menyerang lansia?

Fakta : Semua orang dari segala rentan usia dapat terpapar virus corona. Yang membedakan adalah sistem imun tubuh, Karena lansia memiliki kondisi tubuh yang sudah menurun, maka dengan mudah terpapar COVID-19 ini. Apalagi jika memiliki komplikasi yang akan semakin memperburuk penyakit jika terpapar virus corona. Salah satu saran WHO adalah meningkatkan imun tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat.

3. Virus dapat tertular dari gigitan nyamuk?

Fakta : Saat ini belum ada bukti bahwa virus corona dapat ditularkan oleh gigitan nyamuk. COVID-19 adalah sejenis virus pernapasan yang dapat menyebar melalui tetesan air liur atau cairan dari hidung yang dikeluarkan saat orang yang terinfeksi. Biasanya dengan cara batuk atau bersin. Jadi tidak benar jika dapat menular dari gigitan nyamuk.

4. Jika menahan napas 10 detik, dan menimbulkan rasa tidak nyaman apakah itu tanda terinfeksi virus?

Fakta : Beberapa saat lalu beredar banyak info tentang mengecek sendiri apakah kita terinfeksi atau tidak. Salah satunya dengan menahan nafas. Padahal hal tersebut sama sekali tidak ada dalam anjuran. Jika merasa memiliki gejala, bisa langsung memeriksakan diri atau isolasi mandiri.

5. Virus dapat hinggap di barang kiriman?

Fakta : Para ilmuwan menduga bahwa sebagian besar virus tidak dapat tahan lama berada di permukaan apalagi di suhu panas. Meski beberapa virus masih bisa hidup beberapa lama di permukaan tertentu, namun untuk barang kiriman yang memiliki perjalanan jauh itu sedikit kemungkinannya. Tapi tetap harus segera mencuci tangan setelah kontak dengan orang luar siapapun itu. Salah satu contohnya kurir yang membawa barang tersebut.

6. Makan bawang putih bisa mencegah infeksi?

Fakta : Kabar ini belum terbukti benar. Karena belulm ada penelitian bahwa bawang putih dapat mencegah infeksi COVID-19. Namun bumbu dapur sehari-hari ini memang mengandung zat antimikroba yang baik untuk dikonsumsi.

7. Mandi air panas dapat membunuh virus corona?

Fakta : Suhu tubuh manusia tetap berada di rentang 36,5-37 derajat. Jadi terlepas dari mandi air panas atau tidak, itu tidak akan mencegah dari paparan virus corona.

8. Virus corona akan hilang pada musim panas?

Fakta : Banyak yang mengatakan bahwa virus corona akan hilang pada musim panas. Pada kenyataannya beberapa pandemi sebelumnya tidak mengikuti cuaca. Dan beberapa musim di negara berbeda-beda waktunya. Jadi virus corona dapat menyebar secara global tanpa peduli musim.

9. Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh dapat membunuh virus corona?

Fakta : Alkohol atau klorin tidak dapat membunuh virus yang telah masuk ke dalam tubuh, Sebaliknya, menyemprotkan zat-zat tersebut dapat beresiko membahayakan selaput lendir yaitu mata dan mulut.

10. Ada obat khusus yang bisa mencegah virus corona?

Fakta : Sampai saat ini belum ada obat khusus yang disarankan untuk mencegah dan mengobati virus corona. Bagi yang terinfeksi disarankan untuk dirawat di rumah sakit guna meredakan dan mengobati gejala penyakit.

Cara Pencegahan

gambar cuci tangan
ilustrasi : canva

Mencegah lebih baik mengobati. Pepatah yang selalu harus diutamakan. Dalam Islam sendiri, banyak sekali hal-hal yang memiliki hikmah pencegahan. Untuk itu pastikan tetap melakukan hal-hal di bawah ini untuk mencegah penyebaran virus corona :
  1. Selalu cuci tangan 
  2. Saat bersin atau batuk, jangan tutup mulut dengan telapak tangan, tetapi menggunakan tisu atau siku bagian dalam
  3. Hindari keluar rumah jika tidak penting
  4. Jika terpaksa keluar, terapkan social distancing (jaga jarak)
  5. Jangan berbagi benda apa pun bersama dengan orang lain yang sedang sakit
  6. Hindari menyentuh area wajah, jangan menyentuh mulut, mata, atau hidung, sebelum mencuci tangan sampai bersih.
  7. Jangan bepergian apabila sedang sakit, termasuk ke sekolah, kantor, ataupun tempat umum lainnya.
  8. Rajin olahraga dam makan makanan sehat untuk meningkatkan imunitas

Kegiatan yang Bisa dilakukan Selama di Rumah Aja

gambar belajar dengan anak
Ilustrasi : Pixabay
Saya pribadi dari dulu memang hanya di rumah dan bekerja dari rumah. Beberapa ibu rumah tangga pun pasti begitu, hehe. Jadi ketika ada program WFH, kami sudah terbiasa. Suami sendiri tidak diterapkan WFH namu jam kerja dipotong menjadi 5 jam di sekolah (beliau seorang guru). Hanya murid yang dipulangkan. Malah menurut saya nih, ketika semakin lama suami di rumah, pekerjaan rumah tangga justru lebih banyak wkwkw. Masak lebih banyak, nyuci lebih banyak, belanja lebih banyak, hihi. Tugas tambahan juga bagi orang tua yang memiliki anak usia sekolah, harus membantu dan mengawasi anak belajar, hehe. Jadi mau dibilang gabut ya gak mungkin. Justru makin sibuk. Namun bagi yang merasa ada waktu kosong, atau para lajang yang terbiasa di luar namun kini di rumah, saat gabut bisa deh lakukan tips ini buat ngisi kegabutan yang ada :

Memasak makanan baru

Mencoba resep baru di rumah bisa jadi alternatif menambah kegiatan di rumah aja. Apalagi jika baisanya senang jajan atau ngemil di luar, kini lebih baik membuat sendiri di rumah. 

Melakukan Hobi yang Sempat Pudar

Jika senang dengan dunia tulis menulis, coba lanjutkan draft atau outline yang lama sudah tidak disentuh. Siapa tahu bisa jadi sebuah buku. Kalau senang baca, buruan baca tumpukan buku yang mulai dimakan rayap. Suka nonton, babat deh film-film yang gak sempat dinonton dulu. Tapi asal tahu waktu, dan tetap sewajarnya haha. Yang hafalannya udah pudar, murojaah atau tambah hafalan baru lagi (reminder aku nih 🙈)

Ikut Lomba

Jika senang mengikuti lomba, banyak sekali lomba-lomba yang beredar di internet. Ada lomba menulis, desain, vlog, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa dikerjakan dari rumah. Jika rezeki dan beruntung, bisa dapat penghasilan tambahan dari lomba tersebut.

Donasi & Membantu Share Hal Positif

Melihat para petugs medis yang berjuang di luar, rasanya kita harus banyak bersyukur masih bisa melakukan apa saja di rumah. Kita juga bisa bantu dengan donasi secara online. Setidaknya meski tidak bisa membantu dari segi tenaga, kita bsia bantu dari segi dana. Selain itu, bantu share hal-hal yang tidak mengandung hoax. Atau luruskan hoax yang banyak tersebar. Salah satunya soal pembagian kuota gratis yang merupakan scam internet (ini sudah berapa kali beredar 😴)

Beres-beres Rumah dan Barang-Barang

Yang merasa ada barang yang gak pernah disentuh di rumah namun menumpuk, ini saat yang tepat untuk beres-beres. Yuhuuu

Workout

Selama di rumah aja nambah atau kurang nih berat badannya? Ada yang mungkin nambah, tapi ada juga yang kurang karena udah gak ngemil lagi di luar. Tapi demi kesehatan dan mengatasi godaan rebahan, bisa juga workout atau olahraga sendiri di rumah. Bisa zumba, yoga, dan banyak olahraga lainnya.

Kesimpulan

Sebenarnya banyak juga hikmah di balik kejadian ini. Udara yang awalnya dipenuhi polusi jadi lebih segar. Kita lebih perhatian dengan kebersihan. Dan orang yang sibuk bekerja atau merantau kini lebih banyak dengan keluarga (kecuali para pahlawan di lapangan yang harus jauh dulu dari keluarga 😰).

Terakhir, ada yang bilang, selalu posisikan diri bahwa kita kemungkinan bisa menjadi carrier (pembawa virus). Jadi meski awalnya penggunaan masker bagi orang sehat itu tidak wajib, namun sekarang pemerintah sudah meminta semua orang agar pakai masker. Gunakan masker kain agar tidak perlu memborong masker medis yang akhirnya menjadi mahal padahal sangat dibutuhkan para pejuang di rumah sakit. Ingat untuk sering mencuci masker juga. Banyak korban yang sudah berjatuhan. Banyak karyawan yang tidak lagi memiliki pekerjaan. Banyak usaha yang tutup. Dan pemerintah juga pasti sudah begitu kalang kabut. Semoga ini tidak berlangsung lama. Yang pasti semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin ...

Sebenarnya masih banyak mitos dan hoax yang beredar sputar virus corona. Teman-teman yang ingin berbagi silakan share melalui kolom komentar ya.

Tulisan ini dalam rangka FBB Kolaborasi. Apa itu FBB Kolaborasi? FBB Kolaborasi adalah salah satu program dari Female Blogger Banjarmasin, yaitu menulis bareng tiap bulan dengan tema yang sudah ditentukan. 

Terima kasih telah membaca,
pohontomat.com

Sumber :
https://www.sehatq.com/artikel/mengungkap-mitos-virus-corona-lewat-fakta-sebenarnya
https://bangka.tribunnews.com/2020/04/01/pengertian-sebenarnya-virus-corona-asalnya-penyebab-cara-penularannya-hingga-pencegahan
Baca Juga :
@pohontomat | Triyatni Ashari
ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Related Posts

9 komentar

  1. Satu lagi Mbak saran untuk mengisi kegiatan di rumah yaitu membaca buku, yes! 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya bener wkwkw. hanpir lupa. kemarin rasanya nulis tapi draft sempet kehapus huhu

      Hapus
  2. Semoga kita selalu sehat ya. Terhindar dari virus corona khususnya. Btw, di rumah aja secara umum menyenangkan
    Sama sekali jauh dari bosan kalau aku. Aplg semua keluarga kumpul. Hahaha. Kalau soal masak me masak jgn ditanya. Anak2 tiba pengen makan terms haha

    BalasHapus
  3. Sampai sekarang masih berusaha buat nggak keluar rumah buat jalan-jalan nggak jelas. Cukup ke pasar belanja buat stok bahan makanan, sisanya ngoprek desain canva, baca buku, sama mainan benang.

    BalasHapus
  4. tetap menjaga kesehatan & konsumsi makanan bergizi supaya imun tubuh kuat
    iya mbakk aku WFH ehh tambah keseringan jajan online, pengeluaran kok nambah hahaha
    dengan WFH juga jadi punya waktu buat beres beres kamar, yang mungkin selama ini banyak malesnya, karena pulang ngantor seringnya malem

    BalasHapus
  5. Sebagai seorang introvert aku sebenarnya nggak masalah kalau harus dirumahaja. Tapi karena sehari-hari bekerja lumayan mati gaya juga pas disuruh work from Home. Hihi. Semoga saja wabah ini segera berakhir

    BalasHapus
  6. Wah ada banyak mitos tentang virus corona ternyata ya. Kita harus lebih hati2 dlm menerima informasi. Dan utk kegiatan2 di rumah, saya paling setuju dg workout. Meski #dirumahaja kita jg harus olahraga agar tubuh ttp sehat. Kesehatan yg berasal dr dalam adlh salah satu bentuk terbaik dr penangkalan diri thd brbagai mavam virus, termasuk corona.

    BalasHapus
  7. Bener banget mba.
    . Hikmah nya itu jadi bikin rajin bersih - bersih... Yang biasnaya sekali sehari jadi 2 kali sehari bersih bersih rumah.... Oiya selain itu jadi rajin masak juga .. krn agak parno beli makanan diluar....

    BalasHapus
  8. Mbaak aku suka banget tulisannya padet dan berisi jelas informasi dari ceritanya 😍
    Iya nih karena IRT jadi ya sebenarnya udah terbiasa di rumah aja, cuma tetap aja suasananya beda.
    Dari yang dulu kalau ke alfamart gak waswas sekarang mesti mikir mikir kalau mau ke keramaian bahkan ke warung :')

    BalasHapus

Posting Komentar


Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊
Saya akan usahakan balas satu-satu ya, dan mengunjungi balik blog kalian 😊
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan

Salam kenal 😆

Recent

Masukkan Email untuk Langganan Gratis