Barang yang Dibawa Saat Berkemah dengan Keluarga

Barang yang Dibawa Saat Berkemah dengan Keluarga

Konten [Tampil]
barang kemah

Berkemah adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk menghabiskan quality time bersama keluarga. Kegiatan bersama keluarga tidak harus dengan pergi ke tempat wisata atau taman bermain yang mahal.


Berkemah bisa jadi opsi yang layak Anda pertimbangkan untuk liburan bersama keluarga. Dengan berkemah, Anda dan keluarga dapat lebih dekat dengan alam setelah penat dengan suasana kota. Suasana area perkemahan juga biasanya memiliki pemandangan yang menakjubkan dan udara yang lebih segar sehingga tepat untuk melepas stres.


Agar acara berkemah Anda menyenangkan, ada beberapa barang yang wajib dibawa. Inilah beberapa barang yang dibawa saat Anda berkemah dengan keluarga.


1. Tenda

Untuk berkemah tentunya Anda akan memerlukan tenda untuk beristirahat. Pastikan Anda membawa tenda yang ukurannya pas untuk seluruh anggota keluarga. 


Jika Anda belum pernah mendirikan tenda sebelumnya, cari dan pelajari dulu petunjuk memasang tenda. Jangan lupa untuk membawa alat-alat yang diperlukan untuk memasang tenda. Bila perlu, bawa juga alas untuk tenda dan selimut.


2. Kotak P3K

Saat berkemah, penting untuk membawa kotak P3K yang berisi obat-obatan dan perlengkapan untuk kondisi darurat. Misalnya obat demam, sakit kepala, obat flu, obat maag, minyak kayu putih untuk gigitan serangga, dan perlengkapan lainnya seperti obat luka, plester, perban, gunting, dan lain-lain.


3. Permainan

Di waktu santai saat berkemah, Anda dapat mengisinya dengan permainan atau games yang dapat diikuti oleh seluruh keluarga. Ada baiknya Anda menyiapkan beberapa alat permainan untuk dibawa. Misalnya kartu Uno atau scrabble. Jika lahan untuk berkemah Anda memungkinkan, Anda juga dapat membawa bola untuk bermain.


4. Perlengkapan Memasak Sederhana

Jika Anda memilih lahan berkemah yang benar-benar di alam luar tanpa fasilitas makanan, Anda juga perlu menyiapkan alat-alat sederhana untuk memasak, diantaranya kompor gas kecil atau kompor spiritus, panci kecil, dan pisau. 


Siapkan juga alat makannya seperti piring, sendok, dan gelas. Jangan lupa untuk membawa korek api untuk menyalakan kompor atau membuat api unggun.


perlengkapan camping


5. Makanan Cepat Saji

Saat berkemah mungkin Anda tidak punya banyak kesempatan untuk memasak masakan yang rumit. Bawalah makanan cepat saji yang mudah dibawa seperti mie instan, spaghetti instan, atau makanan dalam kaleng.


6. Senter dan Lampu Tenda

Salah satu alat yang penting untuk dibawa berkemah adalah senter dan lampu tenda atau lampu kemah untuk penerangan di malam hari. Gunakan lampu senter yang cukup terang dan pastikan baterainya cukup. Untuk lampu tenda, carilah lampu LED yang lebih terang.


Jika Anda memakai lampu dengan pengisi daya USB, pastikan saat dibawa baterai sudah terisi penuh. Jika menggunakan baterai sel kering misalnya baterai AAA, bawalah baterai cadangan untuk jaga-jaga.


7. Jaket

Saat berkemah sebagian besar waktu kita adalah di alam luar. Selalu bawa jaket, karena umumnya area berkemah memiliki udara yang sejuk, apalagi saat malam hari. 


Acara malam hari saat berkemah biasanya adalah mengadakan api unggun atau permainan di luar tenda. Pastikan Anda tetap nyaman dan terlindungi dari udara dingin dengan memakai jaket.


8. Botol Minum

Kegiatan favorit yang biasa dilakukan saat berkemah adalah hiking atau menjelajah alam di sekitar perkemahan. Untuk itu Anda perlu membawa botol minum saat berkemah.


Bawalah botol minum dari bahan yang ringan dan anti pecah. Anda juga dapat membawa botol minum stainless steel agar dapat menikmati minuman hangat saat berkemah.


9. Jas Hujan

Kadang cuaca sulit untuk diprediksikan dengan pasti. Saat berkemah, Anda harus siap dengan segala kemungkinan kondisi cuaca, termasuk saat hujan.


Bawalah jas hujan atau ponco untuk jaga-jaga jika cuaca hujan. Bawalah jas hujan lipat yang ringan untuk dibawa dan tidak membatasi gerak Anda saat dipakai.


10. Sepatu gunung

Saat berkemah, hindari memakai sepatu yang licin. Sebaiknya gunakan sandal gunung atau sepatu gunung yang didesain untuk aktivitas outdoor Anda.

barang yang diabawa saat berkemah


Selalu cek kembali perlengkapan yang akan Anda bawa sebelum berangkat menuju perkemahan. Pastikan setidaknya Anda membawa alat-alat di atas selain kebutuhan pribadi Anda seperti pakaian ganti, handphone dan powerbank, aplikasi kompas pada handphone, dan perlengkapan lain yang Anda butuhkan. 


Ilustrasi : freepik.com

Baca Juga

13 komentar

  1. Makasih kak untuk tips berkemahnya! Jujur aku belum pernah berkemah di alam bebas. Pernahnya berkemah di sekolah...yang berarti ga masuk ke dalam hitungan sebagai berkemah yak hahaha

    Soal bawa jas hujan seperti ponco, ini bisa multi fungsi nih. Selain untuk dipakai saat hujan, bisa juga sebagai pengganti tikar buat lesehan dekat api unggun.. Iya ga? hehe

    BalasHapus
  2. Jadi inget zaman pramuka dulu nih, waktu perjusami dan kemah di Sibolangit. Banyak cerita lucuk, haha..

    Tapi setelah itu belum pernah kemping lagi, hihi.. Masukin list aja deh ya, siapa tau bisa kemping lagi pasca pandemi, hehe..

    Makasih banyak tips nya kak Tri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Momm akupun anak Pramuka dulu. Sempet ikut Jambore di Cibubur wkwk. Ingin camping lagi deh. Untuk saat ini ngajarin anak-anak camping itu apa pake selimut dan kursi di rumah buat fun aja hihi

      Hapus
  3. cocok banget baca ini pas weekend ya, hihi. Sayangnya nggak bisa langsung eksekusi nih.

    Ada lagi mbak tri, bawa kayu. Karena sekarang mh agak susah kayaknya kalo nemu kayu buat dinyalain semalam tuh..

    thanks for sharing



    BalasHapus
  4. Jadi kangen hiking nih baca ginian mbak. Tapi kalau hiking dan kemah bareng temen, lebih geje perlengkapannya, hahaha. Kalau aku nggak pernah sih kemah sama keluarga, seringnya roadtrip. Semoga nanti bisa kemah bareng suami dan anak

    BalasHapus
  5. kak tri, aku ada rencana kemah nih sama anak - anak, udah pada nagih. bingung kan harus bawa apa aja. aku ijin save ya buat prepare kamah nanti

    BalasHapus
  6. Aku dulu terakhir kali kemah pas kelas 5 SD kwwkw. Itu pun ngga jauh dari rumah hahaha. Untuk sekarang kalo mau kemah jadi mikir2 karena ada bocah. Tapi tipsnya boleh juga nih buat nanti2 kalo anak dah agak gede gituu pasti seru kemah di alam terbuka yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw kak aku kepo kan sama kompor gas yg disarankan itu, karena butuh juga untuk di lantai 2 buat heater kamar mandi. Otw klik linknya deh >.<

      Hapus
  7. Kemah terakhir itu zaman SMP . Jadi kangen pengen kemah lagi, apalagi buat ngajak anak, sekalian tadabur alam

    BalasHapus
  8. aku sih maunya glamping camp gitu yang tinggal bawa badan aja hahaha. Mungkin kalo anak udah gede dikit seru sih ajak yang bawa tenda sendiri gini ya

    BalasHapus
  9. Wah kak tri aku belum pernah nih kemah sama bocil2. Pengen bgt nih kalau si bayi udah jadi toddler..mungkin ke Sukabumi atau puncak kali ya

    BalasHapus
  10. Tips kemahnya lengkap banget..
    Masih jadi wish list nih kemah bareng keluarga, apalagi bawa bocil sekompi. Yang perlu dicatat adalah bawa mainan dan P3K kalo bawa anak2 hehe.

    BalasHapus
  11. Wahh jadi pengen kemah bareng keluarga, pasti seruuu, dulu sebelum pandemi sering mbolang bareng keluarga dan peralatan yang dibawa pun hampir mirip ini semua hihihi

    BalasHapus

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...