MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

21 Langkah Meningkatkan Pageview Blog Hingga 50%

 21 Langkah Meningkatkan Pageview Blog Hingga 50%
Add Comments
2/09/2021
Daftar Isi [Tampil]

Cara Meningkatkan Pageviews dan Visitor Blog - Memulai ngeblog selama setahun setengah lebih ini sedikit banyak membuat saya semakin mulai mengenal dunia blog. Saat pertengahan tahun 2019 saya memulai blog baru (bener-bener bikin yang baru tanpa postingan apapun), rasanya gimanaaa gitu.

Sedih ninggalin blog lama, tapi emang ya sudah seharusnya ditinggalin. Buat apa dipertahanin kalau udah enggak nyaman kan? Lho, lho, ini lari kemana wkwkw …

Awal ngeblog, bingung banget gimana sih caranya agar banyak yang baca. Dalam hati kan percuma dong nulis tapi enggak ada yang baca. Beda lagi kalau mahzabnya nulis yang enggak pengen dibaca orang ya hehe. Jadi tergantung tujuan membuat blognya lagi. 

Back to topic, Akhirnya nemu komunitas yang ada aktivitas blogwalkingnya. Yeeey seru! Saya bisa dibilang dulu hampir tiap hari ikut lho, hahaha. Lumayan kan blog barunya jadi rame. Sekalian branding gitu.

Nah tibalah pada titik pengen pageviews 1000 sebulan kok susah ya 😿. Di Google Serach Console  kok kliknya cuma puluhan ya. Itupun baru nyadar setelah gabung di grup Blogwalking Asik (Milik Mbak Rini celotehdinihari.com dan Mbak Hani haniwidiatmoko.com). 

Di sana tuh banyak bloger senior yang sudah mantul banget pageviews-nya. Saling pamer pencapaian gitu. Saya bukannya ciut malah jadi semangat. Kalau mereka bisa, harusnya saya juga bisa dong haha.

Mulai nyimak, mulai belajar, bahkan ikut lomba SEO biar belajar SEO secara terpaksa. 

Alhamdulillah mulai naik pageviews  dong! Mulai naik klik di google. Pageviews mulai meragkak juga. Mulai 1.000-an, 3.000-an, 5.000-an, 7.000-an, 12.000-an, dan 25.000-an, dan sekarang udah mencapai lebih dari 46.000-an pageviews per bulan.

Meski belum sebanyak para suhu (bloger senior), tapi lumayan jika dibandingkan pageviews saya yang dulu. Share di medsos soal kenaikan PV saya ini, eh pada banyak yang komen minta tipsnya. 

Oke-oke mari kita tuliskan.

Bagi yang belum tahu, pageviews adalah jumlah halaman yang dilihat di blog kita (selanjutnya akan disingkat PV) . Ingat, satu  pengunjung atau visitor bisa membaca banyak artikel. Misal baca 5 artikel, berarti visitor tersebut menyumbang 5 PV.

Btw PV saya dari 5.000 ke 10.000 itu lamaaaaaa banget wkwk. Dulu selalu mencita-citakan bisa dapat PV  minimal 10 ribu per bulan. 

Tapi makin akhir naiknya jadi cepet juga Alhamdulillah. Tapi semua tidak ujug-ujug jadi. Ada proses yes! 

Nah, proses ini saya tuangkan ke dalam 21 langkah ya. Yang mana menurut saya pribadi, semuanya memiliki keterkaitan dan pengaruh meski pengaruhnya itu kecil. Kalau bisa sih semuanya dijalankan ya wkwkw (maksa).

Lalu apa saja langkah-langkah atau cara agar visitor blog cepat naiknya? Cekidot ...

1. Perhatikan Kualitas Tulisan 

Apa sih maksudnya kualitas tulisan? Maksudnya di sini adalah tulisan yang benar-benar dibutuhkan pembaca alias manusia. Google kini lebih mengutamakan tulisan yang mana disukai berdasarkan pengalaman pengguna. Pernah kan baca tulisan yang ternyata tidak sesuai dengan judulnya alias clickbait?

Saat dibuka, yang keluar malah cuma kata-kata kunci yang diulang-ulang. Padahal kan bukan itu yang dicari.

Tulisan yang baik adalah yang mengandung pembukaan, isi, dan kesimpulan atau penutup. Tidak perlu memberi judul sekaku itu. Tapi setidaknya secara deskriptif bisa menggambarkan itu semua.

Tapi bukan berarti harus seperti makalah juga ya, nulis BAB 1, BAB 2, hingga rumusan masalah, hehe. Cuma konten paragrafnya usahakan benar-benar teratur. Entah itu model mengerucut atau model sebaliknya (yuk buka buku cetak atau LKS Bahasa Indonesia lagi, haha).

Artikel yang kita tuliskan kalau bisa selengkap mungkin. Bukan hanya yang penting ada saja. Agar para pengunjung bisa betah berlama-lama dan mengingat nama blog kita. Eh nanti bisa berkunjung balik lho. Atau kalau tidak bakal di-bookmark tulisan kita. Lumayan kan nyumbang PV lagi.

2. Minimal 1000 Kata

Bagi yang belum terbiasa, mungkin ini kedengarannya panjang sekali. Tahu enggak, baru bagian dua ini, sudah ada 480-an kata lho. Jadi sebenarnya untuk mencapai 1000 kata itu mudah asal tahu triknya. 

Terus latihan akan menambah pengalaman dan skill menulis. Dari biasa menjadi bisa. Artikel 500 kata sebenarnya cukup untuk google (katanya), tapi itu terlalu sedikit. Jika ada yang 500 kata di blog saya itu karena konten dari pengiklan betewe hehe.

Intinya, dulu saya nulis 300 kata kiranya cukup ternyata enggak. Sempat Mbak Ani Berta bilang 1200 kata maksimal, jadi itu bisa jadi pegangan ya. Lebih juga enggak apa sebenarnya asal tulisan emang menarik orang dan tidak bosan bacanya.

3. Paragraf Jangan Terlalu Panjang

Menulis dengan pargraf yang panjang terkadang membuat pembaca jadi kurang fokus dan akhirnya membaca dengan cara melompat-lompat. 

Idealnya ala saya, 2-3 kalimat cukup untuk 1 paragraf. Apalagi jika pembaca yang kini mayoritas (sektar 80 % lebih) menggunakan handphone/mobile untuk membaca. 

Jadi ketika tampilan di laptop 2 kalimat cuma jadi 2 baris, di hp malah jadi 5 baris. Itu sudah lebih dari cukup.

4. Listicle Bisa Dicoba

Tahu listicle? Listicle adalah model artikel yang berbentuk list. Menggunakan poin-poin atau nomor di dalam tulisan. Salah satunya bentuk tulisan yang sedang teman-teman baca ini.

Biasanya nomornya juga disertakan di judul agar orang lebih mudah baca. Beberapa popular post saya juga yang naik adalah yang berbentuk listicle. Lumayan kan nambah PV.

5. Huruf Enak Dibaca 

Pernah membaca blog yang tulisannya saking cantiknya susah dibaca? Atau terlalu kecil dan terlalu rapat? 

Nah, penting untuk menggunakan font yang enak dibaca. Jangan juga menggunakan tulisan yang warnanya terlalu pudar (abu-abu muda misalnya). Teman-teman kalau malas edit fontnya, bisa dengan memilih template yang sekiranya cocok dari segi hurufnya. 

6. Belajar Riset Keyword

Keyword itu apa sih? Secara sederhana, keyword (KW) adalah kata kunci yang kita masukkan ke dalam artikel agar mudah dicari Google. 

Kalau mudah dicari google kan artikel kita bisa banyak yang temukan, bisa banyak bermanfaat, tentu pageviews jadi meningkat. Cara mencari keyword dengan google bisa dibaca di sini

Teman-teman juga bisa menggunakan Ubbersuggest, keywordtool.io, dll. untuk mengetahui kata kunci mana yang paling sering dicari. 

Lantas, di mana KW harusnya diletakkan? Kalau saya meletakkannya pada judul, deskripsi, permalink, awal tulisan, tengah tulisan, akhir tulisan, heading dan subheading. 

Jadi menambahkan keyword itu bisa dibilang paling efektif sebagai cara menambah jumlah pengunjung di blog.

7. Judul itu Penting!

Menulis judul juga sangat penting. Misal ada judul "10 Macam Makanan Bugis" dan "20 Macam Makanan Bugis", mana yang anda pilih? Tentu yang lebih banyak kan?

Atau judul  misalnya  "Review Sabun Pepaya (non sponsor)", dan "Sabun Pepaya Memutihkan Kulit", mana yang lebih teman-teman percaya?

Saya ingat sekali dulu menulis artikel baru, di mana pesaingnya menulis hanya 12 poin. Saya akhirnya menambah 15 poin. Kini artikel saya bisa berada di urutan pertama mengalahkan artikel yang cuma 12 poin itu.

8. URL Ciamik

Dulu saat belum tahu, saya sering menggunakan permalink atau URL yang otomatis. Padahal sebaiknya diedit dulu (custom permalink). Berikut syarat permalink yang (katanya) baik ....

- Pastikan mengandung kata kunci

- Jangan terlalu panjang (max. 75 karakter)

- Jangan terpotong, misal pohontomat.com/review-sabun-pepaya-yang.html bisa diedit dengan pohontomat.com/review-sabun-pepaya-non-sponsor.html

- Jangan menggunakan angka misal pohontomat.com/3-manfaat-sabun-pepaya.html soalnya bisa saja nati ada perubahan dan kita ingin menambahkan listnya bukan?

- Pastikan huruf kecil semua ya jangan pohontomat.com/Review-Sabun-Pepaya-yang.html 

cara agar visitor blog cepat naik

9. Alt Image Jangan lupa

Alt image adalah kata kunci yang dimasukkan pada gambar  di artikel kita. Ada baiknya, tiap gambar yang kita input ke dalam artikel diberi alt image (kalau rajin haha) . Hal ini juga bisa membantu pengunjung dari pencarian gambar untuk singgah ke blog kita.

Jika di blogspot, tinggal klik gambar yang sudah diupload, kemudian klik icon bergerigi. Tuliskan kata kunci di bagian alternatif text seperti contoh di gambar. 

arti alt image

10. Deskripsi Jelas

Kalau nulis, deskripsinya diisi apa enggak nih? Mungkin bagi yang baru memulai blog, bagian ini bikin malas banget isinya. Eh ternyata penting lho!

Bagian kotak sebelah kanan yang hanya terbatas 150 karakter ini (blogspot), ternyata sangat penting juga perannya. Di bagian deskripsi ini ternyata bisa banget untuk kita manfaatkan agar semakin bagus dalam penerapan SEO on pagenya. Di bagian deskripsi, ingat untuk memasukkan keyword ya.

Jika fitur ini belum ada di dashboard, coba cek di pengaturan tata letak. Mungkin belum diaktifkan fitur deskripsi penelusurannya.

arti deskripsi penelusuran

11. Gunakan Daftar Isi

Sebenarnya ini pilihan sih. Tapi manfaat daftar isi ini menurutku bagus. Katanya Mbak Igniel bisa memunculkan poin-poin heading kita di google. 

Meski ada yang beranggapan bahawa itu efek heading tanpa perlu daftar isi, tapi kalau saya lihat memang sebenarnya ini adalah efek daftar isi. Ah entahlah haha.

cara menambah visitor pada blog

12. Jangan Terlalu Banyak Iklan

Waktu pertama kali saya bisa pasang iklan di blog itu (bukan adsense), saya bener-bener masang sebanyak dan sebarbar mungkin. 

Atas, bawah, kiri, kanan semua ada. Ternyata oh ternyata itu sangat mengganggu. Setelah diterima Adsense, mulai kurangin tapi ternyata masih sedikit mengganggu. Okelah, saya betul-betul kurangin cuma 2-3 iklan saja per halaman. 

Selain itu kalau bisa jangan sampai pakai iklan pop up yang kalau klik link artikel malah buka iklan ya. Itu mungkin akan mengganggu untuk sebagian orang, dan tidak berminat untuk baca artikel lainnya. Bisa-bisa ditinggalin blognya kalau orang yang awam belum tahu cara kembali ke artikel kita (tapi semua tergantung masing-masing sih ya, hehe). 

13. Kecepatan Blog

Sebenarnya saya belum bisa berkoar-koar tentang ini karena blog saya juga sedang-sedang saja dalam hal kecepatan. Sekarang setidaknya sudah berwarna kuning. Cara lihat kecepatan blog bisa cek di sini.

Tapi beberapa tips ini mungkin bisa membantu. Soalnya dulu nilai kecepatan blog saya rendah banget. 

a. Kompres gambar

b. Jangan perbanyak gambar di home

c. Jangan terlalu banyak widget apalagi tidak terlalu penting

d. Hindari animasi

e. Pakai script lazy load Adsense dan lazy load image untuk menunda loading iklan maupun gambar pada artikel (caranya cari sendiri ya hehe)

14. Blogwalking

Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mulai memperkenalkan blog dengan melakukan aktivitas blogwalking.

“Tunggu-tunggu, dari tadi ngomongin blogwalking, emang apa artinya?”

Jadi blogwalking di komunitas adalah kegiatan saling mengunjungi blog dan berkomentar. Biasanya dilakukan dalam list dengan aturan dan batas waktu tertentu sesuai kesepakatan. 

Tapi jika berkunjung biasa itu bisa dinamakan blogwalking sukarela. Apa sih manfaatnya? Selain menambah ilmu, meningkatkan relasi, memperkuat branding,  juga tentu menambah pageviews meski tidak signifikan. Tapi siapa tahu teman yang baca seneng dan ikut share tulisan kita bukan?

15. Share Sosial Media

Hal yang cukup membantu kalau tepat adalah share di sosial media. Perlu diketahui, jika tulisan kita memang dibutuhkan orang lain, pasti dibaca kok. 

Berdasarkan pengalaman saya, ada aja yang mengaku senang baca tulisan yang saya share di Facebook. Kan lumayan dapat pelanggan tetap #eeaaaa.

16. Iklankan Blog

Bagi yang ingin cepat sesuai target, bisa banget menggunakan layanan iklan yang disediakan. Jika dari google bisa dengan menggunakan Google AdWords. Atau jika melewati media social, gunakanlah Facebook atau Instagram ads

Dengan iklan, kita bisa menarget siapa yang berpotensi menyukai tulisan kita. Coba teman-teman belajar cari tahu agar kita bisa pasang iklan dan promosikan blog kita. 

17. Ikut Komunitas 

Apa sih manfaat dari mengikuti komunitas? Selain menambah jejaring pertemanan, mengikuti komunitas tertentu ternyata bisa membantu menambah PV kita lho. Seperti yang saya ikuti, bloggerperempuan.co.id dan 1minggu1cerita.id

Kok bisa nambah pageviews? Jadi ceritanya nih, di komunitas tersebut ada yang namanya setoran artikel. Nah, ketika kita bisa menyetor artikel di sana, kesempatan tulisan kita dibaca orang lain bisa lebih meningkat. Apalagi membernya udah banyak. 

Yang penting bisa menulis kalimat pengantar dan judul yang menarik. Selain itu, twitter komunitas biasanya ngerepost tulisan kita secara otomatis. Asik kan?

18. Catat Kueri Google Search Console

Ini lumayan ngaruh banget naiknya setelah tahu bahwa di GSC bisa mengecek keyword atau kueri yang sering dicari orang dan akhirnya bisa menampilkan berapa tayangan bahkan berapa yang ngeklik blog kita. 

Sudah daftar GSC belum? Kalau belum pastikan daftar dulu. Lalu lihat performanya sebulan kemudian. Teman-teman bisa lihat di bagian kinerja, lalu catat semua kueri yang sering dicari orang.

meningkatkan pageviews blog

19. Masukkan Kueri di Tulisan Lama

Setelah mencatat, jangan dibiarin gitu aja. Kalau bisa langsung eksekusi masukkan di tulisan kita. Kueri-kueri tersebut diselipkan di salah satu paragraf  atau bisa juga disebar di tulisan. Ingat untuk letakkan juga di heading ya

Setelah melakukan cara ini, banyak banget artikel yang awalnya halaman 2 jadi halaman pertama bahkan urutan pertama. 

Ada salah satu artikel yang dari ratusan views per bulan, jadi 7.000 pageviews per bulan setelah memasukkan kueri dari GSC. 

Ini mah jadi ratusan persen naik PV-nya 😍.

20. Update Tulisan

Setelah melakukan semua di atas, ingat untuk update tulisan. Ini PR buat saya sih. Biasanya orang suka ngeklik tulisan yang tahunnya sesuai. Jadi misalnya kita punya tips dengan tahun 2020, tidak ada salahnya diupdate 2021. Tentunya dengan tulisan yang juga diupdate ya. Ini bisa menjadi salah satu cara menambah visitor pada blog.

21. Ganti Template

Ini jurus paling pamungkas kali ya. Kalau melakukan semua di atas, pageviews memang naik meski tidak signifikan, mulai 10-30%. Tapi lumayan banget dong. Nah salah satu yang menunjang dan jarang diketahui orang adalah menurutku ganti template ini. 

cara meningkatkan traffic website gratis

“Kok bisa?”

Serius! Jadi aku ganti template pertama, pageviewsku langsung naik 40-an %. Ganti template kedua, malah turun 50%. Akhirnya kembali ke yang pertama, normal lagi. 

Ganti template ketiga naik lagi 50 %. O ya ini dengan catatan tiap template yang saya ganti beda-beda ya (awalnya saya menggunakan idntheme versi A, kemudian idntheme versi B. Lalu kembali lagi ke versi A. Karena ada beberapa kekurangan template, saya akhirnya ganti ke versi C milik idblanter. Alhamdulillah PV naik).

cara meningkatkan pengunjung blog

Riskannya ganti template itu ada 3 kemungkinan. PV tetap, PV naik, atau PV turun, hehe. Tapi ganti template mungkin tidak akan memengaruhi kenaikan pageviews kalau kita belum melaksanakan 20 langkah di atas lho. 

Karena sejak dulu saya suka ganti template (masih gratisan), dan tidak ada pengaruhnya. Jadi kesemua langkah di atas juga berpengaruh. 

Karena sejujurnya 20 langkah di atas adalah teknik-teknik yang bisa kita lakukan agar nangkring di halaman pertama google. Alias bisa dibilang teknik SEO. 

Apa itu SEO? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization

cara menambah jumlah pengunjung di blog

Jadi ingat untuk melakukan langkah-langkah di atas terlebih dahulu baru ganti template yang sesuai ya. Cari template yang memang cocok, strukturnya bagus, dan SEO friendly. 

Alhamdulillah naiknya pageviews ini sesuai dengan laporan Google Analytic dan laporan klik Google Search Console yang juga meningkat. Moga aja bukan prank ya hahah.

Kesimpulan

Itu dia beberapa langkah agar pageviews kita naik. Tiap blog treatment yang dilakukan mungkin bisa berbeda. Saya menggunakan template ini belum tentu cocok di blog teman-teman. Jadi trial error aja ya. Intinya semua langkah di atas aman kok untuk dilakukan. Asal tepat dan sesuai, Insyaallah pageviews akan naik. 

Semoga tulisan dan tips mengenai cara meningkatkan pageview blog ini bisa bermanfaat pada teman-teman. Jika ada yang kurang jelas boleh ditanyakan ya. Sepertinya sudah panjang banget, haha. 

Sumber gambar: Pribadi dan unsplash.com

Baca Juga
Triyatni A.

ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Wah keren banget tipsnya. Perlu dicontoh biar pageview menjulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas, perlu banget dicontoh effort kak tri menjadi blogger yang terus upgrading ilmu dan mempraktekannya

      Hapus
  2. Masya Alloh pv nya mantap. Terima kasih sharingnya, mbak.

    BalasHapus
  3. Terimakasih kak, rasanya masih sulit nulis 1000 kata lebih :)

    BalasHapus
  4. Ini lengkap banget buat blogger pemula kaya aku. Terima kasih, Kak✨

    BalasHapus
  5. Keren kak tri..semoga blogku jg bisa bertumbuh kaya pohotomat ini..pelan2 kupraketikin ah mbak..makasih ya

    BalasHapus
  6. Mba tri, kereeen bangeet pembahasannya. Super lengkaap 😍😍
    Btw, aku baru tau buat URL jngan pake huruf besar 😆 Klo buat postingan2 lama yg url ny banyak ngegantung (krna pake yg otomatis), mending diganti atau biarin gt aja ya Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak apa Mbak jangan diubah. Maksimalkan aja yang lainnya. Saya juga beberapa URL masih "aneh" akrena belum tahu soal itu dulu wkwkw. Isi artikel aja yang diubah ...

      Hapus
  7. Hi Kak Tri, udah lama nggak main ke sini, sekarang tampilannya lebih fresh dan clean ya 😍 suka deh 😍
    Terima kasih juga atas tipsnya! Mantul banget 😍 banyak detil-detil kecil yang sering aku skip seperti alt image dan kolom deskripsi. Ternyata itu malah penting untuk meningkatkan PV ya 😂.

    BalasHapus
  8. menarik banget nih pembahasannya, buat naikin pageviews blog bulanan sampai 50%... memang dari semua langkah itu yang terpenting harus konsisten ya

    BalasHapus
  9. ibukafa mampir, mau ganti template tapi rasanya masih mager. btw selamat ya kak triii, keren banget pencapaiannya...

    BalasHapus
  10. Mbak, ini tips yang aku cari! Makasih ya sudah merangkumnya jadi sebanyak ini! :) Anyway, gimana caranya ikutan komunitas fun blog walkingnya mbak? Kayakanya seru kalau dituliskan di postingan tersendiri, hihihi..

    BalasHapus
  11. Penting banget ini dicatat, biar nggak ada yang kelewat. Statistikku masuk awal tahun merosot nih.. hiks. Sedih... tapi setelah baca artikel ini jadi semangat lagi :) Suka sama semangat Kak Tri juga... ngeblognya nggak main-main.. jadi kena setruman semangatnya deh.

    BalasHapus
  12. Point yang jangan kebanyakan iklan, setuju banget tuh. Saya malas balik lagi kalau di blog udah susah baca font ga jelas, eh banyak iklan pula bikin mata siwer. Biasanya saya malas balik lagi kalaupun wajib komentar, langsung aja ga pake baca dulu artikelnya

    BalasHapus
  13. Tipsnya mantapp banget. Kalau rutin dan konsisten dipraktekin, bisa berhasil lah yaa. Kalo kaya aku yang moody, kayanya bakal lama naiknya.

    BalasHapus
  14. Asiiikkkk dapet ilmu baru. Meskipun lagi jarang update blog, tapi ini bakal berguna banget. Ada beberapa poin yang udah aku lakukan. Tapi ternyata masih banyak juga yang belum aku lakukan. Hiks

    BalasHapus
  15. Manteb mbak, keinget zaman ngejar trafik dari berapa ke berapa dulu, eh sekarang juga aku masih usaha ngejar target tertentu.
    Semoga 2021 bisa terkejar target2nya, tapi yg utama tetep semangat makin bikin konten berkualitas dan bermanfaat yaa :D

    BalasHapus
  16. Mantul. Aku juga baru serius belahr blog akhir bukan di awal tahun ini. Sebagai pemula tulisan macam ini fulldaedah banget lho.. meski agak roaming dibeberapa istilah hehehe..tapi mantul deh

    BalasHapus
  17. Hi, mba. Keren bgt ulasanya. Ak yang amateur bgt ttg teknis2 blog begini jd terbuka matanya. Thanks for shariiiing :')

    BalasHapus
  18. Bener mba, PV anjlok huhu.. biasanya sebulan tembus 1000 ini ga nyampe, jadi ga semangat ngeblog. Aku mau gabung ke grup blog walking asyik gimana ya caranya?

    BalasHapus
  19. Akhirnyaaaa yang ditunggu-tunggu udha ditulis. Aku sekalisn tak cetet nih. Ada banyak PR yg harus dikerjakan ternyata. Makasih ya mbak Tri udah dirangkum

    BalasHapus
  20. Legit bangett dah ilmunya kak Trii. MasyaAllah. Aku catetin 1 1 biar pvku jg naiik. Karena naiknya dikit2 meskipun tiap bulan naik. Eh gimana sih wkwkw.
    Yah intinya dia ngga lari kayak kak Tri gitu. Dia jalan hehehe. Butuh dipecut keknya biar lari

    BalasHapus
  21. Gara-gara kemarin sempat jarang update, tahu-tahu view anjlok dong sampai sepertujuh, beberapa bulan ini. Antara sedih sama pasrah, karena memang ya lagi ada prioritas lain. Begitu udah ada waktu, mau nih jalanin tipsnya. Makasih, ya, Mbak Tri, sudah berbagi. Bermanfaat sekali....

    BalasHapus
  22. Kak Tria... Salam kenal ya, wah pas banget lagi cari artikel ini, kok langsung baca punyanya kakak.. aku akan coba praktekkan deh . Terimakasih banyak ya kak..

    BalasHapus
  23. Makasih infonya mbak, blog aku nih masih lambat kemajuannya. Moga setelah ini makin naik setelah baca tips di atas

    BalasHapus
  24. Whaaa trims banget infonya kakak 😍 saya coba ya

    BalasHapus
  25. mba, aku baca full loh ini artikelnya, secara belum terlalu paham SEO nih, thanks for sharing ya, seriously untuk blogger pemula kaya aku berguna banget loh, sering-sering yaa mba share ilmunya

    BalasHapus
  26. Wah posting 1000 kata masih jadi tantangan tersendiri nih untuk aku. Tapi boleh juga dicoba biar makin naik pageviews nya

    BalasHapus
  27. Terimakasih infonya mba .. langsung tak praktekkan... tak coba buar viewnya naik ... hehehe

    BalasHapus
  28. Infonya bagus banget nih, sangat berguna untuk pemula seperti saya. Saya coba ya Kakak

    BalasHapus
  29. Haiii mbak. Waah keren banget yaa blognya sampe 46rb page view nya. Aku baru ratusan dong. Tapi udah senengnya bukan main,hiiihi.
    Tips dari Mbak Tri, bagus nih untuk dicoba

    BalasHapus
  30. Keren banget mba pembahasannya ;lengkap dan mudah dipahami, coba menerapkan ah mba, semoga bisa mencapai PV yang diinginkan

    BalasHapus
  31. Terakhir paling ampuh ganti template ya kak. Hmm.. dari tahu n lalu aku udah mau ganti template nih, wkwk. Soalnya pv merangkak naik selow banget kak. Ada rekomendasi template yang ciamik dan bikin pv naik gak ? ahaha

    BalasHapus
  32. Mantap.. lengkap pembahasannya mbak, aku pengen gini, tapi mager menghalangi. Haha. Btw, aku kurang ngerti kueri tadi, daftar di GSC itu gimana cara nya?

    BalasHapus
  33. Wah ini keren deh tipsnya, aku dong langsung bacain setiap ada tautan artikelnya karena jujur sih ada beberapa hal yang suka masih skip nih.

    BalasHapus
  34. Whoaa, ternyata banyak juga ya langkah2 yang wajib dipelajari agar PV bisa meningkat. Tapi memang ngeblog itu itu pelajaran tiada akhir sih, blogger kudu terus belajar setiap waktu

    BalasHapus
  35. Aku sbnrnya pengen ikutan komunitas BW yg lebih aktif. Skr sih ada ikutan, tapi pesertanya kurang aktif. Jadi agak ga semangat juga utk ikutan share tulisan.

    Bbrp poin di atas, udah aku lakuin mba, tapi ada juga yg belum, contohnya yg ttg keywords. Aku msh agak bingung sbnrnya. Juga ttg pemilihan judul yg pas :D. Tapi bakal trus belajar kok. Walopun blog ini hanya utk hobi, tapi aku serius dan konsisten mengupdate tulisan

    BalasHapus
  36. iya nih, aku juga kaget...dan kecewa. udah beli tema blog, kok ya bisa turun pv-ku dibanding tema yang gratisan... pen nangis rasanya...

    BalasHapus
  37. Makasih Mba Tri ataaas tipsnyaaa. Komplit dan detail banget penjelasannyaa 😁

    BalasHapus
  38. Masya Allah lengkap banget ini tipsnya kak Trii. Makasi banyak ya Ilmunya kak ga main-main. Semangat terus ngekonten untuk blog pohontomat yang sudah makin glowup xixixiixi

    BalasHapus
  39. Gonta ganti template kalau gak betulan duduk tuh agak PR. Tapi catet deh tips-tipsnya

    Makasih ya

    BalasHapus
  40. Mantap banget mbak tipsnya.. Bisa nih jd panduan buat meningkatkan kualitas blogku.. Thanks sharingnya yah mbak..

    BalasHapus
  41. Saya juga lagi ngejer target PV beberapa bulan ini. Susah susah gampang ternyata. Tapi memang ada tips di atas yang belum saya coba sih, ganti template. Banyak yang bilang ganti template OV malah anjlok. Dan PR juga nih buat saya untuk urusan update tulisan2 lama.

    BalasHapus
  42. Pas banget masuk ke artikel ini, Terima kasih banyak ya, Kak. Aku tuh punya blog udah lama banget. Tapi karena ada satu hal dan inilah yang bikin blogku jadi amburadul deh.

    Tapi memang semua tergantung prioritas ya. Waktu itu prioritasku ya cuma untuk nulis nulis dan sekarang kok kalau ngelihat blog teman-teman jadi bagus, jadi kepingin lebih profesional lagi ya

    BalasHapus
  43. Wah bermanfaat bgt nih tulisannya dari master blogger Tri ini. Aku belum pernah coba ganti template doang. Kalo beberapa poin lain udah dicoba haha.. emg kudu trial error nih..

    BalasHapus
  44. Baru main lagi ke blog ini, templatenya unik ih :3 post ini udah kubookmark waktu di Twitter, baru sempat baca. Perihal tulisan sebaiknya 1000 kata ini pengalaman unik bagiku, awalnya kayanya susaaah banget tapi kalau udah terbiasa tuh ternyata mudah-mudah saja dan kadang nggak kerasa udah 1rb kata lebih, hihi

    BalasHapus