MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Pakai Susu Cair Anak, Menjadi Resep Es Gabus Sehat dan Enak

Pakai Susu Cair Anak, Menjadi Resep Es Gabus Sehat dan Enak
Add Comments
4/15/2021
Daftar Isi [Tampil]

Alhamdulillah, bulan puasa sudah tiba lagi. Bersyukur karena masih diberikan usia untuk menikmati indahnya bulan Ramadan. Tempat kita menguji diri, menahan lapar, haus, dan nafsu. 

Bulan puasa kini masih dalam suasana pandemi. Bagaimana pun kita masih harus tetap waspada. Jangan sampai lalai hanya karena sudah terbiasa. 

Apalagi di bulan puasa ini, minimalisir untuk berkumpul bersama. Meski ada larangan mudik, jangan sampai masih sering berkumpul-kumpul tanpa menggunakan masker. 

Selain itu kalau perlu biasakan untuk masak makanan sendiri. Dibanding harus keluar ke mall atau rumah makan yang super ramai. Selain mencegah penularan virus, kita tidak tahu bagaimana makan yang disediakan apakah higienis atau tidak. 

Nah berbicara soal makanan, mari kita mencoba membuat camilan bukan puasa yang segar namun awet disimpan di kulkas. Jadi sekali bikin udah bisa untuk berhari-hari. Camilan ini bisa dibilang camilan legend hehe. Dulu waktu kecil mama suka banget bikin atau beli langsung di warung dekat rumah.

Resep Es Gabus / Es Kue 2 Warna

Nah, camilan ini namanya Es Kue kalau di tempatku. Tapi banyak yang bilang Es Gabus. Lalu bagaimana agar membuat camilan ini sehat tapi tetap enak? Kita akan gunakan susu cair anak Morinaga Chil*Go! Original sebagai bahan yang mendukung camilan ini tetap sehat. Yuk kita langsung cek resepnya:

▶▶ Bahan-bahan:

  • 100 gram tepung hun kwee
  • 400 ml santan
  • 1 botol Morinaga Chil*Go! Original 
  • Secukupnya gula pasir
  • Sedikit garam
  • Pewarna makanan
  • Plastik es batu untuk membungkus (gunting-gunting kecil)

▶▶ Cara Membuat Es Gabus 2 Warna

  • Siapkan seluruh bahan-bahan
  • Campurkan tepung hun kwee, gula pasir, garam, 1 botol Morinaga Chil*Go! Original dan santan. Aduk hingga rata semuanya.
  • Bagi menjadi 2 bagian adonan, beri warna masing-masing sesuai selera. Aku pakai warna hijau dan kuning telur.

  • Masak bagian pertama (aku hijau) dengan api kecil, sambil diaduk2 hingga meletup-letup. 
  • Matikan api ketika adonan sudah mengental, berat sewaktu diaduk, tapi masih bisa dituang. Jangan sampai terlalu keras dan api terlalu besar ya. 

  • Tuang adonan hijau ke dalam loyang. Ratakan dan sisihkan.
  • Sementara menunggu lapisan hijau dingin dulu, kita masak adonan berikutnya (kuning) hingga meletup-letup. Ingat aduk terlebih dahulu karena dia sempat mengendap.
  • Tuang adonan kuning di atas adonan hijau.
  • Biarkan adonan padat di suhu ruang selama kurang lebih 1 jam atau saat suhunya sudah tidak panas. 
  • Lalu simpan di dalam kulkas chiller selama 30 menit (bukan freezer), supaya mudah dipotong.
  • Potong lapis, bungkus dengan plastik, lalu simpan di dalam freezer hingga beku.
  • Sajikan. 

Camilan sehat dari kreasi Susu Cair Anak Morinaga Chil*Go! Original siap dihidangkan!

Catatan:

Tepung Hun Kwee adalah pati kacang hijau, warnanya putih dan biasanya kemasannya dari kertas berbentuk silinder, berat 100-150 gram per kemasan. Aroma, rasa dan tekstur tepung ini setelah dimasaknya khas banget, beda dari tepung-tepung lainnya.


Pentingnya Makanan Sehat

Bagaimana resepnya Moms? Mudah bukan? Bahannya tidak terlalu banyak namun cukup banyak untuk dikonsumsi sekeluarga. 

Tapi yang paling penting lagi buat kita adalah untuk membuat makanan yang mengandung nutrisi pas. Untuk camilan yang kita buat tadi setidaknya mengandung banyak vitamin dan mineral. 

Mengapa? Karena susu cair anak Morinaga Chil*Go! Original mengandung serat pangan inulin, 9 vitamin, dan 5 mineral. Selain itu Morinaga Chil*Go! Original juga rendah gula jadi sesuai dengan gaya hidup sehat apalagi di era pandemi ini. 

Serat pangan inulin bagus untuk pencernaan anak lho Moms! Ada yang pernah dengar soal pencernaan sebagai otak kedua? Hal tersebut berkaitan dengan pencernaan sebagai pusat pengelolaan nutrisi yang berkaitan dengan daya tahan tubuh anak. 

Karena semuanya terkandung dalam susu cair anak Morinaga Chil*Go. Camilan itu tidak hanya enak tapi juga sehat. Memang apa sih manfaatnya? Fungsi makanan sehat di antaranya:

1. Memperkuat Imun. karena imun yang kuat menjadi awal badan yang sehat dan mencegah dari penyakit.
2. Menyembuhkan Penyakit. Karena mengonsumi makanan sehat bisa membantu tubuh memulihkan diri kembali.  
3. Menambah Tenaga. Mengonsumsi makanan sehat bisa memulihkan tenaga dan menambah ekstra tenaga untuk beraktivitas kembali.

4. Mengenyangkan. Dengan makanan yang bernutrisi, membantu pencernaan terpenuhi kebutuhannya. 

Kiat Tetap Kuat di Bulan Puasa

Nutrisi di bulan puasa jangan sampai terlewat. Karena kondisi di bulan puasa yang mengharuskan kita tetap beraktivitas saat perut tengah kosong. Selain itu, pola makan di bulan puasa juga perlu dilihat takaran, nutrisi, dan bahannya. Salah-salah malah bisa cepat lapar atau lemas. Berikut tips agar tetap kuat di bulan puasa:

1. Sahur diakhirkan
2. Makanan-makanan yang bernutrisi
3. Jangan makan gorengan dan pedas yang banyak saat sahur
4. Hindari minuman yang mengandung kafein saat sahur, karena akan membuat kita cepat haus
5. Berbuka dengan yang manis dan bergizi untuk memulihkan tenaga kembali

Kesimpulan

Menjaga daya tahan tubuh anak selama pandemi memang susah-susah gampang. Tapi sebenarnya lebih mudah karena kita lebih banyak di rumah dan bisa mengontrol lingkungan serta makanan yang disantap.

Berbicara tentang makanan, tinggal memilih lagi mana yang sehat untuk si kecil dan disukai mereka. Karena anak kan biasanya mudah GTM tuh. Jadi akan seru jika melakukan kreasi makanan yang enak tapi tetap sehat.

Resep Makanan Sehat di atas bisa dicoba untuk membuat kreasi makanan yang akan disukai anak. Selain enak, tentu juga sehat karena mengandung Susu Cair Morinaga Chil*Go! Original Yang kaya akan nutrisi dan rendah gula.

Yuk Moms berkreasi dengan Susu Cair Morinaga Chil*Go! Original!

Informasi Lebih Lengkap:
Website: https://morinagaplatinum.com/id
Instagram: https://www.instagram.com/morinagaplatinum/

Baca Juga
Triyatni A.

ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Ini kue gabus yang sangat lezat dan anak pasti suka. Iu aman dulu sering worry kalau anaknya makan/minum es. sekarang sudah banyak berubah dan malah jadi menu lezat bergizi.
    Btw, beberapa kali nyaris beli tepung hung kwe dan bingung mau bikin apa. Ide bagus. mau beli aah... pengen bikin juga pas hari raya.

    BalasHapus
  2. Huwenaakk ini mbaa

    Aku mau coba bikin juga ahhh
    Ini d kulkas masih ada stok Morinaga original.
    Sip sip, makasiii idenya mbaa

    BalasHapus
  3. duh cantiknya si kecil mbak, nampak nikmat banget mengudap es gabus ^^

    Saya baru tau namanya es gabus, jadi pingin bikin juga untuk buka puasa
    Jadi langsung bikin banyak dan simpan di lemari es ya?

    BalasHapus
  4. Pengen bikin aaahhh, saya punya tepung hunkwe dan bingung mau dibikin apa, pas banget baca ini, ada susu Chil go juga.

    Dulu waktu kecil sering banget makan ini, namanya es kue sih, baru ngeh kalau namanya es gabus hahaha.

    BalasHapus
  5. Duh bahagianya anak anak punya mama yg pinter ngolah makanan. Daripada jajan es gabus dari Morinaga chil*go! Rekomendasi banget nih dikonsumsi

    BalasHapus
  6. Punya anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang, Ibu memang harus kreatif untuk urusan asupan ya Mbak Tri. Biar mereka tetap semangat makan dan minum 4 sehat 5 sempurna. Bebikinan camilan seperti Es Gabus ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat.

    BalasHapus
  7. Wah jadi pengennn ... kelihatannya buatnya simpel ya Mom. Terima kasih resepnya, ntar mau coba juga di rumah.

    BalasHapus
  8. mataku berbinar binar deh bacanya!
    Jadi ini toh resep es gabus kesukaan aku - jajanan menarique dan epiq masa kecil kan! Langsung inget siang pulang sekolah, tujuan utama : BELI ES GABUS!

    BalasHapus
  9. Tips baru yang menarik nih menjadi es gabus makin enak dan sehat ya. Susu tidak sekedar diminum begitu saja tapi dikreasikan ke menu olahan lain sehingga lebih menarik untuk dikonsumsi.

    BalasHapus
  10. Kalau baca resepnya ternyata ngga ribet ya bikin es gabus. Mending bikin sendiri sih biar lebih yakin sama bahan2nya yang sehat. Anak2 juga suka pastinya.

    Ini untuk anak yang ngga suka susu bisa diakalin gini aja ya, jadi tetep dapat manfaat susu.

    BalasHapus
  11. Susu kesukaan anakku juga nih. menarik juga ya kalo diolah jadi kudapan segar lezat...Apalagi nutrisinya juga lengkap...

    BalasHapus
  12. Papa mpo suka banget es gabus. Es jaman dulu rasanya unik gurih dan kenyal gitu. Apalagi pakai morinaga chilgo makin sehat cocok buat anak anak

    BalasHapus
  13. Aku gak kepikiran buat es gabus loh. Baca ini jadi mau buat resepnya. Ternyata mudah apalagi dengan susunya yang bergizi tambah segar deh. Bisa disimpan lama pula di kulkas, jadi bisa buat buka puasa esok lagi lagi.

    BalasHapus
  14. Itu namanya es gabus ya ternyata, daku pernah dibuatkan waktu kecil.

    Ide cemerlang perlu banget buat berkreasi, apalagi memiliki anak kecil di rumah ya kak Tri.

    BalasHapus
  15. Kreasi dengan Morinaga Chil Go membantu tumbuh kembang anak. Kreasi es gabus dipandu mom menjadi sajian istimewa buat keluarga.

    BalasHapus
  16. Bikin es gabusnya harus dicoba nih. Anak saya kebetulan suka Chil Go juga. Usia dua tahun sampai empat tahun tuh Chil go melulu monjmannya....

    BalasHapus
  17. es gabusnya nampak lezat banget ya, pas banget nih buat menu buka puasa.

    Jadi ingat jaman kecil dulu ibu sering masak hun kwee, seingat saya, rasanya memang lebih enak dibanding agar-agar

    BalasHapus
  18. woow es gabus, sudah lama aku nggak makan ini mbak..
    maklum disini sudah jarang yang jual
    tapi ternyata klo buat sendiri juga mudah ya mbak
    apalagi pakai susu cair anak, jelas lebih enak dan sehat pastinya

    BalasHapus
  19. Jadi ingat masa kecil. Mamah saya lumayan sering bikin es gabus. Pastinya saya menikmati banget es ini

    BalasHapus
  20. cerdas sekali idenya mbak.. akhirnya anak jadi gak rewel soal makanan tapi tetap gizinya terpenuhi ya. ini nih resepnya mudah dipraktekkan.

    BalasHapus
  21. Wahh udah lama saya gak nyemil es gabus ini. Terakhir kapan yah, lupa sih kayaknya pas SMA. Sekarang udah kuliah wkwk. Dah lama banget, boleh juga nih intip resep Kak Tri pakai susu sehat dari Morinaga :D

    BalasHapus
  22. ChilGo ada yang original ya. Bisa buat campuran banyak menu nih. Misal mac schottle juga. Liat es gabus ini nostalgia bgt jaman kecil. Jujurly belum pernah beli lagi. Bikin aja biar komposisinya terjamin ya :) dan anak2 jd ngerasain jajanan emaknya jama kecil wkwk

    BalasHapus
  23. Wah jadi pengen...
    Ini cemilan yang sering aku beli di bapak2 penjual es yang dibawa pakai wadah macam tempat berbahan besi apa baja ya hehehe

    Empuk2 gitu

    BalasHapus
  24. Ya ampunn udah lama bangett ngga makan es gabus. Pingiiiinnnn. Makasii kak tri resep es zaman jadulnyaaa 😍😍

    BalasHapus
  25. Terakhir kali makan ini zaman SD kayanya. tapi lucunya baru tau kalau namana es gabus. kalau aku dulu bilangnya es kue. hahaha

    BalasHapus
  26. Jadi ngiler, saya sih sebenarnya belum pernah makan yang namanya es gabus, eh atau sebenarnya pernah tapi beda nama doang ya, duh penasaran😁

    BalasHapus
  27. Menu ini mengandung nostalgia ya Kak. Apalagi sekarang udah susah banget ditemuin yang jual, apalagi di kota besar

    BalasHapus
  28. Woaaa dah lama nih gak makan es gabus, eh ada yg kasih resepnya. Pas nih, ntar bikin ah

    BalasHapus
  29. Ummm yummy, esnya dapat, sehatnya pun dapat :)
    Mantap ini resepnya..
    Btw, tepungnya belum pernah denger nihh, bisa diganti sama tepung lain nggak sih?

    BalasHapus
  30. es gabus ini jajanan jadul waktu kecil dulu. nanti mau coba buat juga ah buat dijadikan takjil

    BalasHapus
  31. Wahh es gabus kaya jaman pas masih SD nih kesukaan banget. Untung dapet resepnya di sini. Apalagi pake chill go yang kesukaan anak-anak. Makasih kak Tri..

    BalasHapus
  32. wah boleh juga ini resep kreatifnya .... nanti weekend aku coba buat yaaa... pas banget bahan2nya udah ada semua

    BalasHapus
  33. Jdi nostalgia jaman sd dlu mba, enak bgt lho ini dmakan siang2, eh baru tau klo susu chil go aman dmasak, biasanya sufor kan ga boleh dmasak ya mba

    BalasHapus
  34. Kreatif banget mbak,jadi pengen nyoba bikin es gabus juga. Dulu saya jg pernah beli es gabus, cuma blm tau resep cara membuatnya. Izin save resepnya

    BalasHapus
  35. Waaah boleh nih dicoba buat buka puasa apalagi aku suka es. Kalau dulu itu banyak banget yang jual sekarang-sekarang udah susah dan lagi musim kayak gini emang sehat bikin sendiri.

    BalasHapus