Manfaat Wewangian dan Sentuhan Bedak Bayi Secara Ilmiah

“Mas, kalau di rumah pake parfum juga ya, soalnya adek suka. Masa cuma kerja aja sih!” Kata saya sedikit manyun.

“Hehe, ok sayang. Sini peluk ....”

Semenjak hari itu, suami saya akhirnya rajin menggunakan parfum di rumah. Begitu pun dengan saya. Sebagai istri, tentu gak mau kalau suami nanti tiba-tiba pingsan gara-gara istrinya bau aneh, hehe. 

Ya bukannya lebay, menurut saya emang kalau nyium yang wangi-wangi itu enak banget rasanya. 

Misal kamar udah mulai ada bau aneh nih, entah karena bekas makanan atau apa. Meski udah dibersihkan tetap aja baunya gak hilang-hilang. Akhirnya biasanya saya semprot dengan parfum tuh kasur ama gorden. Tadaaa, langsung segar deh. 

Nah, kalau sebagai ibu, saya paling senang nyium anak yang wangi bedak bayi. Saking sukanya bedak bayi, saya sampai pernah beli parfum dengan wangi bedak bayi lho! Beneran!

“Katanya bedak bayi itu sudah gak bagus untuk anak.”

Pernah dengar pernyataan di atas? Nah ternyata hal tersebut berdasar pada kebiasaan menabur bedak bayi pada area wajah dan area genital padahal itu tidak boleh. Seharusnya cukup di bagian tubuh saja


Justru menggunakan bedak bayi pada area tubuh anak sangat memiliki banyak manfaat. Wewangian bedak bayi, serta sentuhan lembut ibu saat membalur bedak, hal tersebut dipercaya memberikan hal yang positif. Bukan hanya untuk bayi tapi juga orang tua. Bahkan ada penelitian secara ilmiah tentang wewangian dan sentuhan lembut ini.

Polling Instagram Stories yang Menarik

Nah, sebelum lanjut ngebahas tentang penelitian wewangian dan sentuhan, saya akan share soal hasil polling menarik dari Instagram Story saya

Kemarin itu saya bertanya soal dua hal. Yang pertama adalah saya bertanya berkaitan dengan sentuhan, dan yang kedua berkaitan dengan wewangian. Untuk pertanyaan pertama persis saya kutip seperti di bawah ini:

“ Apakah teman-teman tahu, dalam sebuah penelitian, ternyata sentuhan lembut kepada bayi dapat memengaruhi otak bayi, mendukung sistem kekebalan, memengaruhi suasana hati dan tingkat strees, juga banyak manfaat lainnya?”

 

Hasilnya?

Sebanyak 56% responden menjawab sudah tahu, dan sebesar 44% menjawab baru tahu. Wah, ternyata cukup banyak yang sudah percaya bahwa sentuhan kepada bayi itu memang berdasarkan penelitian sangat banyak memberi manfaat. 

Jadi bukan hanya sekadar nepok-nepok anak dan selesai, tapi bisa lebih dari itu, Sentuhan kepada bayi, apalagi dengan menggunakan bedak bayi, bisa membantu ibu memberikan sentuhan yang lebih lembut karena tekstur bedak bayi yang begitu halus.

Selain itu pada polling kedua, saya juga bertanya soal ini:

“Teman-teman kalau nyium wewangian tertentu, bisa bantu mood dan pikiran lebih fresh tidak?"

 

Jawabannya:

Mengejutkan ada 84% yang menjawab 'Yes, Ngaruh', dan hanya 16% saja yang menjawab 'Biasa Saja'

Oleh karena itu, selain memilih tekstur bedak bayi yang halus dan berkualitas, menurut saya, kita juga perlu menilai dari segi wanginya. Wangi yang segar bisa membantu mood buka hanya untuk ibu, tapi juga kepada bayi. 

Nah, saya mau infoin kalau ada salah satu bedak bayi legend yang saat ini mengeluarkan 3 varian baru wewangian dengan teknologi baru, namanya teknologi inovasi Moodscent™.

Apa itu Teknologi Inovasi Moodscent™?

Bagaimana teknologi itu bisa membuat pikiran fresh? Dan apa korelasi dengan kombinasi sentuhan dan wewangian bisa memengaruhi suasana hati, tingkat stress, menjadikan hubungan anak dan orang tua menjadi lebih intim, dan berbagai manfaat lainnya? Kita akan bahas lebih lengkap di bawah.

Cussons Baby Powder dengan Tiga Wangi Baru

Cussons Baby Powder adalah produk dari Cussons PZ Cussons Indonesia. PZ Cussons Indonesia sendiri telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 32 tahun. Mereka terus mengembangkan dan memproduksi produk yang relevan, berkualitas tinggi, dan melakukan inovasi melalui pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan aspirasi konsumen lokal dan didistribusikan melalui jaringan terbaik di dunia. Di mana kita sudah tahu bahwa produk ini sudah cukup lama eksis di Indonesia bukan?

Nah, Cussons baru saja mengeluarkan tiga wangi baru Moms. Ketiga wangi itu adalah Sakura, Vanilla dan Mixed Berry. Nah, ketiganya sudah diformulasikan dengan inovasi Moodscent™.

Moodscent™ sendiri merupakan pengembangan teknologi dengan wewangian tertentu yang membantu meningkatkan emosi positif saat digunakan, dan juga membantu meningkatkan ikatan yang lebih kuat antara bayi dan orang tua. 

Tentunya kehadiran Cussons Baby Powder yang baru ini diciptakan untuk memahami kebutuhan bayi dan orang tua, khususnya tentang pentingnya perpaduan sentuhan, wewangian tertentu, serta produk berkualitas tinggi.

Uniknya, ketiga aroma baru dari Cussons Baby Powder ini memiliki manfaat yang berbeda. Bisa disesuaikan dengan wangi favorit ya Moms. 

  • Aroma MoodScent™ Sakura menghadirkan mood LOVE, yang membantu bayi merasakan sentuhan ibu yang penuh cinta. 
  • Aroma MoodScent™ Vanilla menghadirkan mood RELAX, yang membantu bayi lebih nyaman. 
  • Aroma MoodScent™ Mixed Berry menghadirkan mood JOY, yang membantu bayi lebih ceria. 

Virtual Launching Cussons Baby Powder 

Berkaitan dengan produk baru ini, pihak Cussons baru saja mengadakan Virtual Launching dengan mengundang beberapa pembicara spesial.

Dalam Virtual Launching Cussons Baby Powder yang diadakan Desember 2020 tahun lalu, terdapat tiga pembicara yang mana kesemuanya adalah para ahli di bidangnya. 


Mereka adalah Rahma Anna Setyani (Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids), Dr. Haryono Hartono, PhD (Head of Research and Development, APAC PZ Cussons), Profesor Francis McGlone (Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK), Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, seorang dokter pediatri, dan juga bintang tamu spesial seorang Selebriti dan juga seorang ibu, Yuanita Christiani.

Yang mengejutkan adalah, inovasi terbaru dari Cussons Baby powder ini ternyata memang menggandeng para ahli dari tim riset Cussons dan bekerjasama langsung dengan pembicara yang diundang di atas, Profesor Francis McGlone. Beliau adalah seorang pakar Neuroscience terkemuka. 

Beliau menemukan fakta bahwa sentuhan yang lembut yang kita lakukan ternyata dapat memengaruhi perkembangan otak dan emosi melalui sebuah sistem pada saraf di dalam kulit bayi yang merespons sentuhan orang tuanya.

Penelitian tentang Manfaat Wewangian

“Benefit bedak bayi sebetulnya bukan sebatas untuk bayi saja. Orang dewasa pun mendapatkan manfaat serupa, misalnya mood yang lebih baik,” jelas Dr. Haryono Hartono, PhD, Head of Research and Development, APAC PZ Cussons dalam acara Virtual Launching Cussons Baby Powder, Selasa 15 Desember 2020. 

Seperti yang saya katakan sebelumnya, kalau Cusson Baby Powder baru saja meluncurkan tiga varian wangi baru dengan teknologi Moodscent™ , yaitu Sakura untuk memunculkan perasaan ‘love’ atau rasa nyaman, Vanila untuk relaksasi, dan Mixed Berry yang bisa membantu lebih ceria.  

“Teknologi Moodscent™ telah terbukti melalui sebuah metode analisis yang melakukan pembuktian korelasi antara suasana hati dengan aroma atau wewangian tertentu.” jelas Haryono.

Jadi Mood yang baik tentunya akan  meningkatkan semangat dan meminimalisir rasa depresi yang jarang disadari. Biasanya, karena ada masalah, atau bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja, apalagi hanya di rumah saja selama pandemi.


Rasa bosan dan stress memang terkadang sulit untuk dihindarkan. Apalagi sebagai ibu yang memiliki bayi. Hal tersebut bisa diminimalisir dengan rutin berinteraksi dengan keluarga, berpikiran positif, dan menggunakan produk berkualitas kepada bayi. 

Memperkuat intens sentuhan menggunakan bedak bayi bisa memengaruhi mood kita sebagai ibu, sekaligus meningkatkan bonding dengan anak. Karena penggunaan bedak bayi dengan wewangian yang lembut diyakini merangsang kerja saraf otak lebih positif. 

Impact Moodscent ini ke sensory brain, ketika ia mengeluarkan hormon happy dan anti stres. Efek ini sama pada bayi dan dewasa,” jelas Dr Haryono. 

Sekadar informasi, Dr Hartono memiliki gelar PhD dalam bidang Material Science & Engineering dari The National University of Singapore and The Massachusetts Institute of Technology. 

Ia aktif berkecimpung di berbagai penelitian dan pengembangan yang berfokus pada perawatan kulit dan perawatan tubuh selama lebih dari 10 tahun sehingga memberikannnya pengetahuan yang mendalam tentang fisiologi kulit, produk perawatan kulit, serta desain produknya. Luar biasa beliau. Tidak salah akhirnya beliau mendapat jabatan pada research and development di Pz Cussons.

Kata Professor tentang Khasiat Sentuhan

Adapun menurut Professor Francis McGlone, seorang pakar dalam bidang Neurobiology dan PhD dalam bidang Sensory Neuroscience di University of Sussex mengatakan, sentuhan lembut pada bayi terbukti mendukung sistem kekebalan, memengaruhi perkembangan otak, dan suasana hati bayi

Dalam jangka panjang, hal ini berpengaruh positif bagi tumbuh kembang anak, sehingga perlu dilakukan sesering mungkin. 

Sebelumnya saya juga belum tahu, tapi setelah mendengar bahwa manfaat sentuhan sampai sejauh ini, rasanya jadi pengen meluk anak terus hehe. Sebenarnya juga dalam ajaran agama kita sudah diajarkan untuk sering memeluk dan mengelus serta mencium anak bukan? Ternyata berdasarkan penelitian ilmiah, memang manfaatnya banyak sekali. 

Professor Francis juga mengatakan, “Sentuhan dapat mempengaruhi perkembangan otak dan emosi melalui sistem saraf dalam kulit bayi yang merespons sentuhan orangtuanya.” jelasnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan, “Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat memengaruhi perkembangan otak bayi, tetapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, mempengaruhi suasana hati, tingkat stress dan banyak manfaat yang lain. Bersama dengan tim riset dari Cussons, kami juga memahami bahwa memori terawal kita terbentuk lewat reaksi dari sentuhan lembut orang tua yang disertai dengan aroma yang menyenangkan.”

Sangat sepakat sih, kalau misalnya hal paling mendasar yang mungkin akan diingat bayi kita adalah sentuhan dekapan dan aroma tubuh ibunya. Bayi yang mendapatkan sentuhan lembut, akan merasa nyaman dan aman. Hal ini penting untuk tumbuh kembang anak dan hubungan serta ikatan batin anak dan orang tua. 

Meningkatkan Kualitas Hubungan Orangtua dan Bayi dengan Bedak Bayi Cussons

Setelah mengetahui manfaat wewangian dan sentuhan secara ilmuah, apakah Moms sudah siap untuk memberi anak sentuhan yang lebih lagi setiap harinya?

Untuk mendukung itu semua, Moms and Dads bisa memakai produk terbaru dari Cussons. Yaitu bedak bayi dengan tiga varian wangi baru. Dengan inovasi Moodscent™, bisa membantu meningkatkan emosi positif saat digunakan. Tiga wangi pilihan dari Sakura, Vanilla dan Mixed Berry ini bisa menjadi pilihan Moms and Dads

Apakah ayah harus terlibat? Menurut saya keterlibatan kedua orang tua sebaiknya diseimbangkan. Bagaimanapun semuanya memiliki peran dan tanggung jawab yang sama sebagai orang tua. Tidak ada yang namanya anak hanya diasuh ibu dan ayah tidak mengurus sama sekali.

Anak yang bisa dekat dengan ayahnya juga baik lho untuk pertumbuhan anak. Hal tersebut bisa dilakukan seperti dalam momen menggendong, atau memandikan dan memberikan anak bedak bayi setelah mandi. 

Meski memang Moms yang biasanya lebih banyak tahu dan fokus soal anak, tidak apa untuk mengajak ayah diskusi, khususnya produk yang terbaik dan apa yang harus dilakukan agar ayah turut peran serta dalam proses tumbuh kembang anak. 

Sampaikan pada ayah ya Moms, kalau Cussons Baby Power baru ini memiliki tekstur lembut yang mampu mendukung sentuhan yang nyaman bagi anak kita. Tentunya sekali lagi jangan menggunakan bedak bayi pada area genital (kelamin) dan wajah ya. Cukup dibalur di tangan terlebih dahulu, lalu diusap perlahan ke tubuh si anak. 

Efek sentuhan dan wangi yang menyegarkan bisa memberikan dampak postif pada pertumbuhan dan perkembangan bayi, dan tentu semakin mempererat bonding antara orang tua dan anak. 

Sejak bayi, saya senang membalurkan bedak bayi Cussons pada tubuh anak saya. Wanginya yang enak dan teksturnya yang lembut, mampu membuat sentuhan saya disukai si kecil. Sampai saat anak saya balita pun, saya masih menyukai untuk memberikan pijatan dan usapan halus pada tubuh anak. 

Terakhir pesan dari Rahma Anna Setyani, Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids menyatakan, “Dengan misi dan komitmen yang kuat untuk membantu mendampingi Ibu dan si kecil dengan sepenuh hati, Cussons hadir dengan produk inovatif terkini yang menawarkan bedak bayi berkualitas tinggi. 

Apabila dipadukan dengan sentuhan lembut dalam pengaplikasiannya, Cussons Baby Powder baru terbukti bermanfaat membantu meningkatkan suasana hati bayi sekaligus memberikan rasa tenang bagi orang tua. Kami menyebutnya sentuhan khas ala Cussons."

Kesimpulan

Siapa yang menyangka, sudah banyak orang yang memanfaatkan wewangian untuk membuat pikiran jadi lebih fresh dan memperbaiki mood. Hal tersebut ternyata memang memiliki dasar penelitian.

Dan ternyata wewangian yang baik bukan hanya bermanfaat untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak khususnya bayi. 

Dari awal kelahiran bayi, tentu sentuhan yang pertama yang akan dia rasakan adalah sentuhan ibunya. Selanjutnya dalam masa pertumbuhannya, interaksi antara anak dan ibu akan semakin sering. 

Jangan sampai menyia-nyiakan momen tersebut begitu saja. Bantu untuk meningkatkan kekebalanan anak, mengurangi stress anak, dengan cara memberikan produk yang berkualitas. 

Cussons Baby Powder bisa menjadi jawaban Moms and Dads untuk menghasilkan manfaat korelasi antara sentuhan, kualitas roduk dan wewangian yang segar. 

Produk yang berkualitas tinggi seperti Cussons Baby Powder dapat merangsang Neurofibre lebih optimal karena efek tekstur dari bedak bayi ini akan lebih menghidupkan lagi efek sentuhan (sentuhan menjadi lebih lembut) .

Kebayang kan kalau menggunakan bedak bayi dibanding tidak menggunakan bedak bayi sangat berbeda rasanya? Bonusnya, aroma yang menyertai sentuhan dapat pula membuat bayi lebih mengenali lagi hubungan positif antara sentuhan serta aroma yang menyenangkan.

Tentunya Cussons Baby Power baru dengan inovasi Moodscent™ yang sudah dipatenkan ini, bisa menjadi pilihan bagi Ibu dan Ayah untuk memilih varian yang tersedia, sesuai dengan selera dan kesukaan. Mengoleksi ketiganya untuk variasi wewangian juga tidak apa kok, hehe. 

Sumber: 
Press Release Cussons
https://cussons.co.id
https://www.ibudanbalita.com/artikel/4-manfaat-sentuhan-kulit-antara-ibu-dan-bayi


Untuk informasi lebih lanjut:
Hotline Cussons care : 0800 1 700 900
Whatsapp (SMS/TEXT) : 0811 6 700 900
Website Cussons Baby : www.cussonsbaby.co.id
Cussons Baby : Facebook Cussons Baby Indonesia & IG cussonsbabyid
Next Post Previous Post
20 Comments
  • Nadzira
    Nadzira 16 Mei 2021 21.59.00

    anak aku juga pakai produk dari cussons baby nih seperti shampoo dan sabunnya

  • Han
    Han 17 Mei 2021 21.56.00

    Daridulu emang pakai cussons dan mau kasih kado pun pakai cussons. Hihi. Aku suka yang mixberry dan sakura sih selama ini😍

  • Arum Anggraeni Maulida
    Arum Anggraeni Maulida 18 Mei 2021 03.17.00

    Makasih banyak kak atas penjelasannya. Jujur saya baru tahu manfaat sentuhan dan bedak bayi sedemikian rupa. Jadi mau coba produknya..belum pernah pakai bedak bayi soalnya.

  • Zakia Widayanti
    Zakia Widayanti 18 Mei 2021 03.40.00

    Iya ramai banget soal larangan nggak boleh pake bedak untuk bayi. Bayi-bayi sekarang udah nggak cemong lagi mukanya gara-gara beda.

    Menarik banget nih cusson bikin wangi baru untuk bedaknya. Jadi pengen coba :)

  • chairina bawazir
    chairina bawazir 18 Mei 2021 03.53.00

    Aku sampe skrg suka sama wanginya bedak cussons ini. Enak banget ya.

  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com 18 Mei 2021 05.41.00

    Kalau saya malah pilihnya sesuai yg saya suka wanginya 😁 gak tahu bahwa itu memperngaruhi bayi

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com 20 Mei 2021 17.39.00

      Dan ternyata anak2 saya suka dengan wangi yang saya pilihkan itu

  • Iva C Wicha
    Iva C Wicha 18 Mei 2021 07.58.00

    Skin to skin ma baby tuh emang byk manfaatnya ya Mba, apalagi sambil pakein yg wangi2bya jdi makin hepi rasanya

  • Nurrahmah Widyawati
    Nurrahmah Widyawati 18 Mei 2021 08.45.00

    Cusson memang wangi bedaknya, selain itu terjangkau produknya. Gampang dicari dimana-mana. Tapi aku baru 'ngeuh' nama series bedaknya. Aku selama ini cuma bilang cusson warna biru, pink, wkwk.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 18 Mei 2021 10.56.00

    Saya juga dari dulu suka pake bedak bayi, karena wanginya lembut banget dan emang suka dengan aroma bayi. Nah, ternyata sentuhan lembut pada bayi termasuk dengan menabur bedak pada bayi justru memiliki banyak manfaat ya Mbak. Asal bedak yang dipakai juga aman buat bayi. Anak saya juga bedaknya Cussons baby ini.

  • Alif Kiky Listiyati
    Alif Kiky Listiyati 18 Mei 2021 13.00.00

    Bener banget ini mbak, sentuhan ke anak bisa bikin mood naik, menurunkan stres juga. Favorit bedak Cussons yang ungu, wanginya bikin rileks

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 19 Mei 2021 13.40.00

    Kak Tri aku di rumah juga make ini lho yang biru hehehe, buat aku juga emak mertua biar seger gitu

  • Mei Daema
    Mei Daema 20 Mei 2021 06.19.00

    kebetulan keponakan di rumah pakai cusson juga, mereka suka banget sama wanginya kata keponakanku yang usianya masih kecil. dan ga boleh dong ada yang pakai selain dia. memang lembut banget sih wanginya dan juga teksturnya

  • Mei Daema
    Mei Daema 20 Mei 2021 09.34.00

    saya juga suka dengan cussons baby, selain keponakan juga pakai, memang saya lembut banget ya. pengen cobain yang wangi vanilla buat keponakan, wanginya pasti segar banget

  • Celoteh Dini Hari
    Celoteh Dini Hari 21 Mei 2021 12.46.00

    paling wangi yang varian mana mba tri?bau bayi emang paling enak yaa,, segernya bikin tenang, hihi

  • Rani Oktapiani
    Rani Oktapiani 22 Mei 2021 08.53.00

    Ini sih produk yang selain bikin baby happy juga bikin orang-orang disekitarnya turut happy🤭

  • eka fitriani l
    eka fitriani l 22 Mei 2021 17.45.00

    bedak cusson jadi bedak keluargaku sejak Keenan masih bayi, suka aja dengan wanginya. sampai sekarang juga pakai, btw kenapa bedak cusson gak boleh pake di wajah? padahal aku suka begitu, huhuhu

  • Hairun Nisa
    Hairun Nisa 22 Mei 2021 21.03.00

    Wah, ternyata sebesar itu ya impact-nya. Nggak sekadar bebedakan doang. Keren nih cussons terus berinovasi. Cocok nih buat jadi kado temen lahiran.

  • Reskia Ekasari
    Reskia Ekasari 24 Mei 2021 09.10.00

    Saya sendiri juga suka pakai bedak bayi, wangi hehe

  • Sica Harum
    Sica Harum 26 Mei 2021 02.52.00

    Nice post. Lengkap dengan pooling juga ya kak.

Add Comment
comment url