Mengenal Ruangbelajar by Ruangguru, Bisa Offline lho!

Teringat sewaktu dulu masih SMP, saya termasuk anak yang cukup beruntung karena bisa mengecam kursus tambahan di luar sekolah.

Dengan mengikuti kursus tambahan tersebut, saya menjadi lebih paham. Kursus yang saya ikuti dulu adalah kursus bahasa Inggris. Mungkin karena lebih fokus, latihan lebih banyak, dan orang yang lebih sedikit, membuat saya lebih mudah memahami. 

Mungkin saya juga adalah tipe karakter yang harus diberikan penjelasan lebih secara khusus atau tugas khusus agar lebih mudah memahami pembelajaran. Ada yang sama?

Kendala Belajar Siswa

Pembelajaran efektif menjadi PR terbesar saat ini. Banyak siswa yang mengaku kesulitan belajar ketika dalam masa pandemi. 

Tidak jarang para guru juga mulai lelah dengan sistem itu-itu saja yang kadang tidak maksimal. Beberapa kesulitan yang terjadi di antaranya:

1. Jaringan Internet yang Tidak Mendukung

Beberapa sistem pembelajaran online diakui tidak maksimal oleh banyak siswa dan guru. Biasanya terkendala sinyal internet karena tempat tinggal yang memang jauh dari kota, atau terkendala cuaca yang sedang kurang baik. 

Sinyal internet menjadi hal paling penting ketika proses belajar mengajar ingin berjalan dengan baik. Kalau tidak lancar? Ya tentu saja proses penyampaian pembelajaran jadi sulit dan terputus-putus.

2. Fasilitas yang Kurang Maksimal

Tidak dimungkiri sebagian orang mungkin hanya memiliki satu laptop di dalam sebuah keluarga. Ketika memiliki banyak anak usia sekolah, tentu fasilitas tersebut terasa kurang. Belum lagi jika fasilitas tersebut rusak atau sering bermasalah.

3. Metode yang Tidak Cocok

Tidak semua anak bisa dengan mudah paham dengan apa yang dijelaskan oleh guru melalui pembelajaran online, terkadang ada yang lebih menyukai praktik langsung atau dengan animasi. Tidak jarang, belajar mandiri masih perlu dimaksimalkan. 

4. Gangguan Eksternal

Gangguan selama belajar di rumah tentu lebih banyak dibanding saat di sekolah. Seperti saat harus membantu saudara, orang tua, hingga tetangga. Berbeda saat di sekolah yang benar-benar bisa fokus untuk belajar.

5. Motivasi yang Kurang

Kadang anak-anak yang sudah terlalu lama belajar di rumah menjadi kurang termotivasi karena tidak melihat lingkungan belajar seperti biasa. Hal tersebut menjadi PR bersama agar bagaimana meski anak sendirian pun bisa termotivasi untuk belajar. 

Kelima kendala di atas mungkin belum seberapa dari kenyataan masalah yang terjadi. Namun kelimanya kurang lebih adalah masalah yang sering dihadapi anak-anak masa kini. Sebagai orang tua dan mantan guru, saya pun memahami bahwa hal tersebut tentu menjadi hal yang perlu kita perhatikan. 

Nah, adapun tiap siswa memang memiliki kendala belajar tersendiri. Tapi tentunya semua siswa ingin lulus dengan nilai terbaik dan masuk sekolah lanjutan favorit. Oleh karena itu, kendala belajar di atas harus bisa diatasi dengan baik.

Solusi belajar Maksimal dari Ruangbelajar by Ruangguru

Berbagai kendala belajar di atas sebenarnya bisa diminimalisir jika kita tahu solusi untuk anak-anak. Tentu banyak yang sudah tahu Ruangguru bukan? Sebuah platform belajar yang memiliki banyak cabang platform lainnya. di Ruangguru, terdapat Ruangbelajar yang bisa menjadi sumber belajar anak di rumah. Kenapa memilih Ruangbelajar?

aplikasi belajar

1. Puluhan Ribu Video Belajar Beranimasi

Di sini, untuk anak-anak yang mungkin sulit untuk memahami hanya dari penjalasan, video animasi akan sangat membantu. Apalagi, semua video animasi dibuat dengan sesederhana mungkin agar anak-anak bisa lebih mudah paham. 

2. Latihan Soal

Belajar tanpa latihan merupakan hal yang sama saja bohong. Practice make perfect kalau kata pepatah. Oleh karena itu, penting sekali untuk terus mengasah ilmu yang sudah dipelajari dengan latihan soal. Tenang, latihan soal di Ruangbelajar by Ruangguru ini menarik kok! 

3. Rangkuman Infografis

Melihat catatan rangkuman terkadang bikin pusing. Di Ruangbelajar, kita bisa melihat rangkuman menarik dalam bentuk infografis.

4. Bisa Di-download dan Diakses Offline

Penting nih bagi yang terkendala jaringan, anak-anak bisa mengunduh sekaligus materi belajar untuk dipelajari kemudian hari. Jadi tidak ada lagi yang namanya terkendala jaringan.

Kesimpulan

Belajar dari segala sumber adalah salah satu cara untuk mengembangkan ilmu yang kita miliki. Termasuk untuk anak-anak seusia sekolah. 

Saat ini, selain sumber dari sekolah, sangatlah baik jika para siswa ingin belajar mandiri di rumah. Hal tersebut justru semakin membuat anak lebih kreatif dan terus bisa mengasah kemampuan belajar. 

Fitur-fitur dari Ruangbelajar by Ruangguru sangat pas untuk membantu anak-anak agar bisa mempersiapkan diri masuk sekolah atau universitas favorit. Jadi tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Ruangguru dan langganan fasilitas Ruangbelajar-nya! 

Sumber gambar: 
unsplash.com
ruangguru.com
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Ristra Russilahiba
    Ristra Russilahiba 8 Jul 2021 18.13.00

    Andai inovasi ini ditemukan sedari dulu, saya pasti masih sempat ngerasain enaknya belajar sambil nonton video-video beranimasi yang keren dan nggak ngebosenin 🙈

  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas 9 Jul 2021 18.51.00

    Aku yang udah dewasa aja seneng lihat video di Ruangbelajar. Seru, jadi cepet paham. Kalau nemenin anak jadi nggak bosen juga, hehe. Sekarang dengan adanya Ruangguru dengan segala fiturnya, mau homeschooling pun terasa mudah.

Add Comment
comment url