Rekomendasi Permainan Bersama Keluarga Selama di Rumah Saja

PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat kini masih terus berlanjut. Kalau dulu istilahnya lockdown, kini bisa beraktivitas namun tetap dibatasi dengan beberapa regulasi tertentu. 

Tentu ini adalah salah satu usaha agar kita tetap sehat. Keluar rumah dengan protokol kesehatan ketat tidak menjamin kita bisa terhindar dari virus, yang paling aman memang di rumah saja.

Saya pribadi sejak PPKM juga sudah jarang sekali keluar kecuali untuk ke pasar atau mengambil paket. Sesekali jalan bersama keluarga biasanya di taman yang sepi orang-orang. Setidaknya bisa tetap menghirup udara segar sesekali bukan?

Nah, kalau di rumah saja tentu rasa bosan terkadang menghampiri. Biasanya dihabiskan dengan menonton drama series atau film, baca buku, atau melakukan hobi lain seperti berkebun, memasak kue, dan lain sebagainya. 

Buat Moms seperti saya yang bingung di rumah mau main apa sama keluarga atau si kecil, ini saya ada merekomendasikan beberapa permainan yang cocok untuk di rumah. Baik bersama si kecil atau angggota keluarga, semua permainan ini family friendly. O ya semua permainan ini bersifat murah ya (paling modal internet sama beberapa bahan yang dibutuhkan, tapi ide main dan platformnya gratis). Lalu apa saja permainan yang bisa dimainkan di rumah ?

1. Belajar Melalui Printable

Seperti yang diketahui, printable adalah sejenis kertas yang berisi gambar atau petunjuk dalam meakukan sebuah permainan. Permainan sederhana untuk anak-anak ini bisa mengasah si kecil dalam berpikir maupun mengasah motorik mereka. 

Dengan selembar kertas yang berisi gambar dan petunjuk. Ada banyak sekali macam-macam permainan di dalam rumah. Yang pasti si kecil harus menyelesaikan tugasnya sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Adapun rekomendasi tempat untuk mendapatkan printable dengan gratis adalah:

Printable dari Aplikasi Chaisplay

Chaisplay adalah aplikasi parenting yang lebih fokus pada permainan edukatif dan printable. Di sana kita bisa menemukan konten-konten parenting, juga rekomendasi jenis permainan yang banyak banget.

Bagusnya, permainan sudah diatur sesuai dengan usia anak. Selain itu, petunjuk melakukan permainan ditampilkan dengan jelas sampai pada tahap contoh percaapan dengan si anak. 

chaisplay
Contoh tampilan aplikasi chaisplay dan salah satu printable lem daun pohon

Aplikasinya gratis kok. Unduh printablenya juga gratis. Namun memang beberapa ada konten eksklusif yang hanya bisa dibeli dengan koin. 

Koin sendiri bisa kita dapatkan dengan top up saldo koin. Tapi tetap udah banyak banget yang gartis menurut saya. O ya permainan yang direkomendasikan bukan hanya printable lho, tapi banyak permainan lainnya juga yang berkaitan dengan fisik. 

Printable dari Situs Montessori

Menurut Wikipedia, Metode Montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20. 

Metode ini lebih menekankan aktivitas aktif selama di rumah saja. Untuk Moms yang ingin mendaptkan langsung kumpulan printable dengan mudah, bisa diunduh di link ini ya Mom. Permainannya banyak sekali dan variatif. Ide bermain selain printable juga ada di sana. 

2. Permainan dengan Fisik di Rumah

Ingat eggak waktu kecil dulu sering bermain di luar bersama teman-teman? Mulai dari petak umpet, lompat tali karet, bola bekel, dan masih banyak lagi. 

Sebenarnya saya banyak hapal beberapa namanya permainan cuma dalam bahasa daerah saya, tapi saya takut Moms bingung nantinya wkwk. 

Pasti setiap daerah punya nama khas sendiri. Tapi beberapa permainan tersebut biasanya dilakukan di luar rumah dan butuh banyak orang. 

Kalau cuma di rumah saja, berikut saya rekomendasikan sumber-sumber yang bisa dicek ya. Kebetulan saya saved permainannya di Instagram agar bisa saya lihat kembali, 

Akun IG Murat Bademci 

Akun ini juga bisa dicari dengan menulis @bedenegitimi_ve_egitseloyunlar. Nama akunnya panjang banget ya? Biar mudah langsung coba cari namanya saja nanti. Di tempat ini, kita bisa menemukan rekomendasi permainan yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga. Permainannya unik-unik. Yang mungkin dulu belum pernah kita temukan sewaktu kecil. 

Akun IG Ide Main Bersama Anak

Akun ini juga bisa dicari dengan menulis @idemainanak.id. Di sini, lengkap contoh permainan mulai untuk anak usia berapa saja. Contoh permainan bisa dilihat langsung dengan video. Akun ini bisa membuat kita lebih mudah paham. 

3. Online Games

Selanjutnya permainan bersama keluarga yang bisa dimainkan adalah bermain game online. Yang dimaksud dengan online games di sini bukan yang seperti judi dan sebagainya ya. 

Gamesnya murni untuk keluarga bahkan untuk anak-anak alias family friendly namun diakses secara online. Bagi yang tidak suka menyimpan atau unduh aplikasi di smartphone yang bisa menyebabkan memori penuh, teman-teman bisa langsung bermain di beberapa situs ini. apa saja?

Mengenal Ruang Angkasa dan Biota Laut

Awalnya dapat info dari teman komunitas di blog kalderaproject.blogspot.com. Situs ruang angkasa dan biota laut ini keren banget lho untuk belajar bersama anak-anak. Jadi terasa lebih nyata. Situs ruang angkasa bisa klik link ini. Jadi cukup klik linknya, kita bisa langsung melihat susunan planet dan keterangannya di situs ruang angkasa. 

Sedangkan di situs biota laut, kita bisa melihat ikan apa saja yang ada di setiap kedalaman tertentu. Menarik bukan? Apalagi animasinya sangat family friendly dan cantik. 

Nostalgia dengan Plays.Org

Jujur baru tahu nih ada situs game online plays.org yang tanpa iklan dan tanpa login. Jadi di sini kita cukup buka situsnya, dan bisa menemukan ratusan game online yang menarik. 

Yang paling saya suka lagi adalah, di sini terdapat permainan jadul alias zaman dulu yang mana dulunya sering kita mainkan di gamepad dan PC zaman dulu. Seperti tetris, pacman, pinball, dll.

O ya di sini variasi game sangat banyak sampai ratusan. Mulai dari berhitung, arcade, quiz, hiburan, dan masih banyak lagi. 

game online tanpa iklan

Jika bingung cara main, sudah disediakan petunjuk yang jelas agar kita paham. Ada juga keterangan bintang review seberapa sulit dan bagusnya game yang akan kita mainkan. 

Jadi tidak perlu unduh aplikasi, tidak perlu nungguin iklan, cukup bermodal internet, kita bisa main di sini. Bisa dari rumah maupun di luar melalui smartphone dan PC/laptop. Tapi saya lebih suka pakai laptop sih soalnya lebih nyaman hehe. Untuk game-game terbaru di plays.org bisa dicek di sini

game jadul
Kategori/indeks jenis permainan yang bisa kita pilih

Permainan yang Saya Sukai

Dari berbagai permainan di atas, permainan yang sering saya mainkan bersamana anak adalah:

Printable

Untuk printable biasanya saya unduh dari Chaisplay lalu print sendiri permainannya. Saya sering print dalam jumlah banyak kemudian memainkannya satu lembar per hari cukup. Jangan sampai anak juga bosan bermain itu-itu terus hehe. 

Montessori

Berbagai aktivitas fisik seperti percobaan sains, permainan dengan gerakan dan masih banyak lagi sering saya lakukan di rumah bersama si kecil. Salah satunya adalah kami pernah bermain kapal yang bergerak dengan sabun. Dengan potongan kertas, lalu diberi olesan sabun colek kita bisa menghasilkan kapal yang bisa bergerak sendiri. Caranya dengan menaruhnya ke dalam air. 

Game Online

Adapun game online yang saat ini sering saya mainkan adalah game yang ada di plays.org. Beberapa rekomendasi games bagus (yang saya suka) ada di bawah ini:

Pac Rat

Permainan ini seperti Pacman yang dimainkan di PC zaman dulu. Dulu sering banget main ini. ternyata di plays.org mereka menyediakan banyak permainan zaman dulu termasuk salah satunya ini. saya senang sekali memainkan ini. yang berbeda adalah karakternya di sini kit sebagai tikus, dan yang mengejar kita adalah kucing. Lucu sih ada efek suara kucingnya hehe.

game pacman

Tetris

Banyak sekali jenis tetris yang tersedia. Saya baru nyobain 2 macam tertris dan semuanya menarik. Tetris yang ada di gambar ini uniknya memiliki bantuan saat kita akan menurunkan balok. Gambarnya juga seperti 3D jadi harus hati-hati jangan sampai terkecoh. 

game tetris

Spongebob

Kebetulan saya suka karaketer spongebob, dan saya menemukan salah satu games ini. lucu banget soalnya di sini kita harus melempar makanan kepada pelanggan jangan sampai melewati batas. 

game spongebob

Berhitung

Di sini, anak-anak bisa mengasah kemampuan berhitungnya dengan cara menarik. Ada karakter kartun Smurf yang kemudian jumlahnya harus dihitung. Anak-anak juga bsia sekalian belajar bahasa Inggris.
game berhitung anak

Mewarnai

Jika ingin mewarnai online, Moms juga bisa mengajak anak untuk berkreasi di permainan ini. Ada beragam permainan mewarnai yang bisa dimainkan,salah satu contohnya adalah mewarnai karakter Mr. Bean ini.  
game mewarnai online

Ciri Khas Setiap Permainan yang Saya Suka

Tiap permainan memiliki ciri khas dan kelebihan tersendiri. Itu dikarekan tiap permainan memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing. Ada yang cocok dimainkan di rumah, ada yang bisa di luar, ada yang perlu beli bahan, dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya akan saya ulas di bawah ini. 

Ciri Khas Printable:

  • Tidak butuh banyak barang, cukup print gambar di kertas yang sudah ada
  • Lebih menarik dengan banyak warna dan gambar
  • Murah 

Ciri Khas Montessori:

  • Kegiatan fisik lebih variatif
  • Cocok untuk melatih saraf motorik halus dan kasar anak
  • Banyak barang yang harus disiapkan
  • Banyak percobaan yang menarik (percobaan sains, dll.)

Ciri Khas Game Online Plays.org

  • Tidak perlu install aplikasi
  • Tidak ada iklan
  • Game ringan di device apa saja
  • Banyak variasi permainan (ratusan)
  • Ada pilihan game untuk semua usia
  • Tanpa perlu login

Kesimpulan 

Selama di rumah saja, ternyata banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan. Selain memulai hobi baru, kita juga bisa menghibur diri dengan berbagai kegiatan permainan baik fisik maupun asah otak. Apalagi saat ini sudah banyak sekali sumber-sumber informasi jenis permainan yang murah bahkan gratis.

Bermain game online salah satunya. Bukan hanya di rumah saja, kita juga bisa bermain game online di luar dengan menggunakan smartphone. Sambil menunggu antrian dokter, atau sambil menunggu janjian misalnya, bisa diselingi dengan bermain game online

Apalagi saat ini sudah ada game online yang bisa dimainkan tanpa harus unduh aplikasi dan login. Kita bisa bermain kapan saja dan dimana saja. Juga bisa bernostalgia edngan game zaman dulu.

Itu dia rekomendasi permainan bersama keluarga selama di rumah saja. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Yuk bermain bersama keluarga di rumah. Stay safe di manapun kalian berada. By the way, ada saran kegiatan permainan atau game online lainnya? Tulis di kolom komentar ya.


Gambar:
Ilsutrasi sampul unsplash.com
Situs-situs terkait
Dokumen pribadi
Next Post Previous Post
7 Comments
  • Seftinaqurnia
    Seftinaqurnia 19 Sep 2021 06.43.00

    Plays org ini emang bagus bagus mba gamenya , banyak game edukasi lagi yang bisa dimainkan bersama anak

  • Indri
    Indri 21 Sep 2021 00.58.00

    Noted mba, sebagian yang ditulis disini udah ku praktekan bareng anak dan sebagian lagi belum tapi rekomen sih buat kegiatan berikutnya

  • Reyne Raea / Rey
    Reyne Raea / Rey 21 Sep 2021 07.40.00

    Tetris bikin bernostalgia banget ya, kalau saya sukanya Solitaire, astagaaa sooo receh emang hahaha.

    Tapi ga tau kenapa, mungkin karena dulu pas kerja sering main itu, jadinya kebawa aja, kalau main Solitaire jadi lebih fun aja :)

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 21 Sep 2021 18.49.00

    Seru banget main game jadul bisa dimainkan di PC atau laptop.
    Dan kini bisa dikenalkan kepada anak-anak jaman now.

  • Ratna K
    Ratna K 22 Sep 2021 02.58.00

    Ternyata banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan yah. boleh nih dicoba sebagai selingan baca webtoon atau main game online hehe.

  • kataresi
    kataresi 22 Sep 2021 18.05.00

    Wah seneng banget aku baca rekomendasinya. Anak kecil suka pada main kerumahku ka

  • Andina
    Andina 16 Okt 2021 06.43.00

    Wah makasih ide-idenya. Anak saya suka sekali planet. Mau coba ah situsnya

Add Comment
comment url