MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Apa itu Web Hosting dan Manfaatnya

 Apa itu Web Hosting dan Manfaatnya
Add Comments
4/14/2022
Daftar Isi [Tampil]

Apa itu Web Hosting dan Manfaatnya - Ada yang mau memiliki sebuah website untuk komunitas atau perusahaan? Ada yang ingin menjadi blogger profesional dengan hosting berbayar?

Nah, bagi teman-teman yang tertarik membuat website atau blog, sebelum itu pastikan dulu paham soal domain dan hosting. Untuk menjadi seorang yang berkecimpung di dunia digital khususnya blog, tentu ada beberapa hal teknis yang perlu kita pelajari. 

Jika selama ini menggunakan domain gratisan seperti namaku.blogspot.com atau namaku.wordpress.com, dan ingin mengubahnya menjadi namaku.com, maka teman-teman perlu yang namanya membeli domain juga hosting apabila diperlukan.

Pengertian Domain

Namaku.blogspot.com, namaku.wordpress.com, atau namaku.com kesemuanya adalah domain. Apa yang membedakan? 

Namaku.blogspot.com dan namaku.wordpress.com adalah domain non TLD (gratisan). Sedangkan namaku.com adalah domain TLD (berbayar). TLD sendiri adalah singkatan dari Top level Domain.

Lalu apa itu domain? Domain adalah sebuah alamat. Jika diibaratkan rumah, itu adalah nomor rumah. Ketika ingin mengubah domain gratisan menjadi berbayar, maka diperlukan tempat untuk membeli domain. 

Bisa langsung dari penyedia domain seperti google atau wordpress, atau dari pihak ketiga. Sebenarnya lebih murah di pihak ketiga sih dan juga lebih memiliki banyak keuntungan. Begitupun dengan hosting. Nah selanjutnya kita akan bahas secara rinci mengenai hosting.

Pengertian Hosting

Lalu apa itu hosting? Ibarat kalau mau bikin rumah, kita perlu tanah, dan isi rumah bukan? Nah, pengertian hosting adalah tanah dan seluruh isinya. Atau bisa disebut lahan. Tempat berbagai penyimpanan seperti data, foto, video, dan lain sebagainya, disimpan di hosting ini. Lantas apa manfaat hosting?

Manfaat Hosting

Manfaat hosting atau memiliki hosting sendiri sangat banyak, diantaranya:

1. Bisa Mengatur Sendiri

Ketika kita numpang di hosting gratisan, kita tidak bisa mengakses langsung pengaturan-pengaturan penting untuk mengoptimalkan sebuah situs. Dengan memiliki hosting sendiri, kita bisa langsung menyesuaikan sesuai dengan keinginan kita.

2. Tempat Penyimpanan Data

Hosting gratisan akan memberikan penyimpanan namun terbatas. Hal tersebut sangatlah tidak cocok untuk sebuah perusahaan yang memiliki kebutuhan penyimpanan data yang besar. Oleh karena itu, penting untuk memiliki hosting sendiri.

3. Menjaga Website Tetap Online

Akses ke sebuah website yang terganggu tentu terkadang membuat pelanggan atau pengunjung kecewa. Biasanya karena menggunakan hosting gratis yang tidak bisa diatur. Oleh karena itu penting untuk memiliki hosting agar bisa menunjang bisnis atau profesi agar tetap online. Terkadang mungkin akan terganggu jika server pusat terganggu, namun itu biasanya dapat cepat diatasi.

Kita sudah tahu kalau Membuat blog itu harus memiliki server atau lahan, tempat menyimpan data seperti gambar, video, plugin dan lainnya. Nah teman-teman yang ingin membeli hosting, penting untuk mengetahui kriteria hosting yang pas sesuai kebutuhan. Jadi perlu tahu yang namanya jenis-jenis hosting.

Jenis-jenis Hosting

 Adapun hosting terbagi lagi menjadi beberapa bagian. Di mana ada hosting yang bisa dari ukuran kecil atau lahan kecil buat sendiri, hingga ada hosting lahan besar yang bisa digunakan bersama-sama.

1. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah satu hosting yang digunakan untuk satu orang saja. Biasanya ini digunakan perusahaan besar yang membutuhkan penyimpanan data yang juga besar.

2. Shared Hosting

Adapun shared hosting biasanya digunakan untuk kalangan pribadi seperti blogger perseorangan atau untuk situs portfolio/landing page. Harganya lebih murah, dengan penyimpanan  yang tidak terlalu besar, juga fasilitas yang terbatas.

3. VPS Hosting

VPS hosting sebenarnya mirip dengan dedicate hosting dengan system shared hosting namun lebih murah. Di sini, buka hanya sewa lahan, tapi juga bisa mengatur sendiri konfigurasinya, tapi tentunya kita harus punya keahlian untuk itu.

4. Cloud Hosting

Jika ingin website memiliki server berbasis cloud, maka hosting ini jawabannya, jadi meski ada gangguan di satu server, lahan kita tidak akan ikut terganggu.

Kesimpulan

Nah, itu dia pengertian hosting dan manfaatnya. Sebelum membeli hosting, pastikan fasilitasnya sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan. Beli hosting juga jangan asal beli.

Tapi tempat untuk belinya sudah harus terpercaya dan memiliki banyak testimoni oleh orang-orang yang telah menggunakannya. Beli hosting murah di DomaiNesia bisa jadi solusi buat teman-teman.

Jika belum tahu cara pembelian dan pemasangannya, teman-teman bisa tanya kawan yang lebih mengerti, atau membayar jasa dalam pembelian atau pengalihan hosting agar tidak menyesal nantinya.

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...