MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Beda Dedicated Server dengan VPS yang Perlu Kamu Ketahui

 Beda Dedicated Server dengan VPS yang Perlu Kamu Ketahui
Add Comments
8/21/2022
Daftar Isi [Tampil]

Dalam dunia server, terdapat banyak paket web hosting yang bisa digunakan. Layanan yang paling sering digunakan sendiri adalah VPS dan dedicated server. Bagi kamu yang masih bingung akan perbedaan dari dedicated server dengan VPS hosting, simak informasi yang ada di bawah ini ya.

Jadi, VPS dan dedicated server merupakan layanan web hosting yang cocok untuk website dengan traffic tinggi, atau spesifikasi servernya ingin di upgrade menjadi lebih besar lagi. Pasalnya, keduanya memang sama-sama menggunakan server mandiri, tidak lagi shared hosting yang kemampuannya terbatas.

Lantas, apa perbedaan dedicated server dengan VPS dalam dunia hosting? Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut, langsung saja mari kita bahas fitur serta kelebihannya!

Apa Saja Beda Dedicated Server dengan VPS?

Terdapat beberapa perbedaan antara dedicated server dan VPS yang perlu diketahui sebelum kamu memilih layanan hosting yang akan digunakan. Untuk penjelasan secara lebih lanjut, berikut ini beberapa perbedaan dari kedua layanan hosting tersebut.

1. Pengertian

VPS alias virtual private server adalah layanan hosting yang menggunakan server virtual dengan sumber daya besar dan penggunaannya secara bersama-sama. Walaupun begitu, para pengguna VPS akan diberi porsi sumber daya sesuai dengan paket yang digunakan atau dibeli.

Sementara untuk dedicated server, adalah sebuah server fisik yang juga memiliki sumber daya besar, namun hanya digunakan untuk satu orang saja. Dengan ini, maka bisa diartikan jika dedicated server merupakan server pribadi dengan kapasitas yang besar dari VPS hosting.

2. Fleksibilitas 

Bisa dikatakan jika para pengguna VPS dapat memperoleh banyak keleluasaan saat mengatur web hosting. Hal ini karena VPS sendiri membolehkan penggunanya untuk menentukan berbagai aspek, seperti panel kontrol, sistem operasi hosting, hingga software penunjang seperti firewall.

Selain itu, sumber daya yang dimiliki VPS ini besar dan juga terdedikasi, sehingga mampu menangani segala traffic yang terjadi, baik itu dalam jumlah besar maupun kecil. Jadi, saat ada banyak orang yang mengakses website secara bersamaan, website tersebut tetap berjalan dengan baik.

Sedangkan untuk dedicated server terbilang memiliki kebebasan atau fleksibilitas yang lebih baik dari VPS. Hal ini bisa terjadi karena servernya hanya digunakan sendiri alias pribadi. Dengan ini, maka kamu akan memperoleh kapasitas sumber daya yang besar dan juga lega.

Dedicated server bukan hanya mampu menampung traffic yang besar. Namun juga memungkinkan penggunanya untuk memasang beberapa software penunjang sekaligus, tanpa mempengaruhi kinerja dari server itu sendiri.

3. Keamanan

Layanan hosting VPS memang dibekali dengan keamanan yang cukup baik. Akan tetapi jika digunakan oleh beberapa user secara bersamaan, maka akan berpengaruh pada tingkat keamanannya. Jadi jika ada satu pengguna VPS terkena serangan malware, maka pengguna yang lain akan merasakan dampaknya.

Untuk dedicated hosting, dapat dibilang jika server ini lebih aman. Ya, tentu saja karena yang menggunakan server ini hanya kamu seorang diri. Oleh karena itu, kamu bisa terhindar dari berbagai serangan cyber dengan lebih optimal, dengan menerapkan optimasi keamanan yang lebih baik.

4. Harga

Beda dedicated server dengan VPS berikutnya bisa dilihat dari segi harganya. Walaupun disarankan untuk jenis website yang sudah memiliki traffic besar, namun harga dari layanan hosting VPS ini cukup terjangkau, yakni mulai dari 100 ribuan rupiah per bulan.

Berbeda dengan layanan dedicated server yang harganya jauh lebih mahal dari VPS. Ya, mengingat jika pengguna akan memperoleh server pribadi yang sifatnya sangat bebas dengan kapasitas besar, harga dari layanan ini bisa mencapai satu juta rupiah untuk setiap bulannya.

Antara Dedicated Server dan VPS, Mana yang Dibutuhkan?

Setelah mengetahui beberapa perbedaan dedicated server dengan VPS seperti yang sudah dijelaskan di atas, lantas mana layanan hosting yang sebaiknya digunakan? Nah, jika kamu masih bingung untuk memilihnya, simak penjelasan berikut.

Dengan keunggulan yang dimilikinya, layanan VPS relatif lebih cocok untuk kamu yang akan melakukan upgrade dari layanan shared hosting. Alasannya, karena VPS sendiri mampu menyediakan sumber daya besar dengan harga yang terbilang cukup terjangkau.

Misalnya saja kamu mempunyai sebuah toko online, namun ketika diakses oleh banyak pengunjung secara bersamaan, akses toko tersebut menjadi lambat. Nah, setelah kamu upgrade ke VPS, maka akses toko akan lebih cepat dan tetap stabil walaupun jumlah pengunjungnya banyak.

Kemudian untuk dedicated server, kamu bisa memilih jenis layanan hosting yang satu ini apabila memerlukan sumber daya yang lebih besar dalam menampung data dan traffic yang jumlahnya jauh lebih banyak.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat memaksimalkan tingkat keamanan website yang dimiliki dari ancaman serangan cyber. Jika menurutmu tidak ada masalah dalam biaya langganan, maka sebaiknya pilih dedicated server, karena performa yang dihadirkan tentu saja lebih baik.

Beda dedicated server dengan VPS memang terbilang cukup signifikan. Namun tentu saja kedua layanan hosting tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Silahkan kamu tentukan sendiri layanan hosting mana yang sebaiknya digunakan untuk website milikmu.

Ilustrasi: unsplash.com

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...