BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

Resep Kering Tempe Teri Omela

Resep kering tempe teri Omela

Siapa nih yang doyan banget makan tempe? Lauk sederhana ini memang menjadi favorit hampir semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga lansia menyukai olahan yang berasal dari kedelai ini. Beberapa kelebihan tempe sehingga menjadi favorit banyak orang diantaranya:

1. Rasanya yang universal

Bisa dibilang, tempe memiliki rasa yang cukup mudah diterima semua orang. Berbeda dengan panganan seperti pete atau jengkol yang memiliki rasa dan aroma yang kuat, tempe cukup mudah diterima. 

2. Bisa diolah dengan berbagai cara

Tempe juga mudah diolah dan dipadupadankan dengan berbagai masakan. Tempe dengan sayur atau tempe dengan lauk lainnya bisa dimasak bersama. dengan cara masak yang beragam pula. Mulai dari cara goreng, kukus, rebus, hingga bakar.

3. Harganya terjangkau dan cukup stabil

Menurut saya, tempe harganya cukup terjangkau dan stabil. Sejak awal menikah hingga 5 tahun berjalan, harga tempe masih kurang lebih sama dengan dulu, yaitu satu papan lima ribu atau meski naik pun tidak terlalu jauh. Berbeda dengan lauk lain yang sudah semakin naik harganya.

4. Tidak mengenal musim dan daerah

Mau berada di daerah mana saja, tempe mudah sekali ditemukan. Hampir di setiap warteg menyediakan menu tempe dengan berbagai olahannya. Selain itu, tempe juga tidak perlu menunggu musim tertentu, tempe bisa kita makan kapanpun kita mau.

5. Mudah dikonsumsi semua kalangan

Tekstur tempe yang lembut bisa dimakan dari mulai anak MPASI hingga yang lanjut usia. Saya pribadi, jika agak malas menggunakan tangan untuk memilah duri ikan, tempe menjadi lauk tunggal favorit saya.


Nah, kali ini sesuai judul artikel ini, kita akan membuat salah satu olahan tempe yang cukup terkenal. Ini adalah salah satu olahan favorit saya dan suami. Nama masakannya adalah Kering Tempe Teri. Namun, kali ini kita menggunakan krimer kental manis dalam resepnya. 

Tidak perlu takut akan merusak rasa, sebab Omela krimer kental manis memiliki rasa gurih dan lezat, dapat digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan.

Nah, langsung saja, berikut adalah resep dan cara buatnya:

Resep Kering Tempe Teri Omela

👉 Bahan Utama

1 papan tempe

50 gram kacang tanah

50 gram teri medan

2 sdm (30ml) omela

👉 Bumbu

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

3 buah cabai keriting

3 buah cabai rawit

1 sdm air asam jawa

1 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

½ ruas lengkuas

Garam, kaldu secukupnya

👉 Cara Memasak

- Goreng tempe, kacang dan teri medan terpisah, tiriskan dan sisihkan.

- Haluskan bawang merah dan bawang putih.

- Iris sesuai selera cabai keriting dan rawit, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas dan cabai hingga harum matang

- Masukkan OMELA dan tumis hingga agak kecoklatan, lanjutkan menumis lalu beri sedikit air saja agar tidak kering, tambahkan garam dan kaldu

- Setelah air tumisan menguap, masukan air asam jawa, tumis kembali hingga mendidih

- Masukan tempe, teri dan kacang yang telah digoreng, matikan api, aduk hingga rata.

- Kering tempe teri siap disajikan

Sebenarnya Resep Kering Tempe Teri ini adalah kreasi baru yang saya lihat di website Omela. Biasanya, saya menggunakan gula merah. Saya penasaran dengan rasa kental manis Omela ketika dimasak dengan tempe. Hasilnya? Ternyata emang paling pas dengan Omela.

Omela Krimer Kental Manis ini memiliki rasa gurih dan lezat, sehingga dapat digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan favorit kita. Masih banyak lagi olahan-olahan masakan lagi yang bisa teman-teman lihat di website Omela.

Tips Memilih dan Menyimpan Tempe Agar Tidak Mudah Busuk

Salah satu tips agar olahan Kering Tempe Teri ini enak adalah, kita harus memilih tempe yang masih segar. Jika tempe yang digunakan sudah tidak segar, tentu rasanya akan lain. Kita perlu tahu tips menyimpan makanan khususnya tempe agar bisa lebih awet. Nah, buat teman-teman yang masih bingung soal pemilihan dan penyimpanan tempe, berikut sedikit tips yang diolah dari berbagai sumber:

1. Lihat Kesegaran

Ciri-ciri tempe yang segar bisa dilihat dari rapatnya kedelai dan rasa hangat yang biasa ada pada tempe yang baru dijual. Jadi pastikan tempe yang kita beli itu segar ya.

2. Cium Aroma

Aroma khas tempe tentu semua tahu. Nah ketika suda berubah aroma menjadi lebih apek, sebaiknya jangan dibeli.

3. Lihat Warnanya

Warna tempe yang segar biasanya putih kekuningan. Jika sudah mulai berubah menjadi hitam, itu bisa jadi tempenya sudah lama.

4. Jangan Lama di Suhu Ruang

Ketika beli tempe, sebaiknya langsung simpan di kulkas. Ini bisa menunda pembusukan.

5. Olah Tempe Sebelum Disimpan 

Paling enak memang adalah mengolah tempe sebelum disimpan. Saya biasanya mengolahnya jadi tempe bacem maupun tempe masak kuning. Nanti tinggal digoreng atau dibakar saat akan dimakan. 

Penutup

Nah itulah Resep Kering Tempe Teri yang sudah saya coba menggunakan krimer kental manis Omela dan sedikit tips membeli dan menyimpan tempe agar awet. Ternyata menggunakan kental manis Omela membuat hasilnya lebih terasa karamelnya dan lebih gurih. 

Selain cocok untuk kudapan skala rumah tangga, masakan ini juga cocok disajikan dalam menu bisnis kuliner atau usaha makanan masa kini. 

Dengan Omela, masakan dan minuman jadi luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Ayo coba Omela, dapatkan pujian berlimpah! Yuk #GantiCaraMasak dengan Omela!

5 komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Asik, kebetulan ada Teri di rumah. Paling bingung gimana masak sambal Teri tempe bisa enak dan kering gitu. Rupanya pakai Omela ya.. Coba ah. Mksih resepnya ya kak

    BalasHapus
  2. waah resep baru yang unik nih, masak kering tempe teri pakai susu Omela. i wondering banget kayak gimana rasanya, pasti gurih manis pedas gitu ya. auto save nih resepnya untuk di eksekusi, hehe

    BalasHapus
  3. Makasih resepnya kak, saya suka ga bisa renyah kalo bikin kering tempe pdhal suka banget jadi kadang beli jadi aja, dimakan sama nasi kuning hangat duh enak banget jadi kebayang nikmatnya hehee

    BalasHapus
  4. Baru tahu kalau kering tempe bisa dikasih Omela sebagai bahan dasarnya. Jadi penasaran sama rasanya deh

    BalasHapus
  5. Jujur pertama kali denger resep ini, kalau biasanya pakai kecap sebagai pelengkap kering tempe. Tapi ini pakai susu, gimana ya rasanya

    BalasHapus

Temen²

Total Pageviews