BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

6 Hal yang Wajib Ada Dalam Checklist Pengecekan Mobil

agar tidak terlewat berikut adalah daftar komponen yang wajib diperiksa saat servis

Agar kondisi mobil sehat, terawat dan tetap awet, agenda servis mobil berkala tak boleh Anda lewatkan. Dengan servis rutin, Anda bisa mengetahui kondisi berbagai komponen yang ada pada mobil dan mendeteksi dini akan gangguan atau kerusakan. 

Dengan begini, Anda akan terhindar dari risiko kerusakan komponen mobil yang lebih parah dan akan mengeluarkan banyak biaya perbaikan. Dalam servis berkala ada beberapa komponen yang wajib untuk diperiksa, agar tidak terlewat berikut adalah daftar komponen yang wajib diperiksa saat servis tersebut:

Oli dan filternya

Oli mobil berfungsi sebagai pelumas yang melindungi berbagai komponen dari korosi, keausan dan bahkan mendinginkan mobil. Oli yang berkurang kualitas dan kuantitasnya pastinya akan berpengaruh terhadap kinerja mobil. 

Untuk terhindar dari hal ini, pastikan mengganti oli jadi agenda wajib dalam ceklis pengecekan mobil Anda. Tak hanya cairan oli, filternya juga perlu diganti agar tidak terjadi penumpukan kotoran pada penyaring oli ini. 

Periksa tegangan aki

Aki merupakan jantungnya seluruh sistem kelistrikan mobil. Aki yang rusak atau lemah bisa menyebabkan mobil tidak bisa dinyalakan. Karenanya penting bagi Anda untuk merawat aki secara teratur. 

Periksa tegangan aki, apakah daya listriknya masih berada di batas normal atau tidak. Jika listrik berkurang, Anda bisa melakukan pengecasan aki atau penggantian aki dengan yang baru. Biasanya aki sendiri memiliki masa pakai yaitu 2-5 tahun. 

Rem mobil

Rem berfungsi sebagai pengontrol laju kendaraan yang menunjang keamanan. Tanpa kondisi rem yang baik, bahaya kecelakaan bisa mengintai Anda. Layaknya komponen mobil lainnya, komponen rem mobil juga punya usia pakai. 

Adapun komponen rem yang wajib selalu Anda periksa kelayakannya seperti kampas dan juga minyak rem. Seiring masa pemakaian, kampas rem biasanya semakin menipis dan jika dibiarkan bisa menyebabkan gesekan antar komponen logam. Hal ini juga bisa menyebabkan minyak cairan rem berkurang hingga akhirnya membuat rem jadi tidak pakem.

Filter udara dan filter AC

Agar hasil pembakaran jadi sempurna, udara yang disalurkan lewat filter harus bebas dari kotoran. Di sinilah pentingnya peranan filter udara, komponen ini bertugas menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Sedangkan filter pada AC berfungsi untuk mencegah debu, kuman, bakteri dan partikel kecil agar tidak masuk ke evaporator. Sehingga udara yang dihasilkan dalam kabin mobil lebih bersih dan sehat.

Kampas Kopling

Komponen ini bertugas memutus dan menyambungkan tenaga yang dihasilkan pada mesin ke sistem transmisi. Intensitas penggunaan menyebabkan kampas kopling kerap mengalami kendala seperti akselerasi yang semakin lambat dan posisi pedal kopling akan tampak lebih tinggi. Gejala lain dari kampas kopling yang bermasalah dan harus diganti adalah perpindahan gigi mobil jadi terasa berat.

Ban mobil

Saat berkendara, ban sering melewati jalanan rusak, berlubang, berpasir dan lainnya. Sebagai bagian mobil yang selalu bergesekan langsung dengan jalanan, ban wajib untuk selalu diperhatikan kondisinya. Perhatikan apakah kondisi ban masih tebal atau mulai menipis dan harus diganti. 

Dengan melakukan perawatan mobil yang tepat, kondisi mobil akan tetap terjaga meskipun di musim penghujan. Selain perawatan mobil seperti di atas, Anda juga bisa melakukan mesin tune up di bengkel resmi Suzuki. Dapatkan jadwal mesin tune up lebih mudah dengan klik ke halaman ini https://www.suzuki.co.id/services/automobile 


Posting Komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

Temen²

Total Pageviews