MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Mengajarkan Anak Bisnis Melalui Game Online, Apakah Bermanfaat?

 Mengajarkan Anak Bisnis Melalui Game Online, Apakah Bermanfaat?
Add Comments
4/21/2023
Daftar Isi [Tampil]

Selama berkutat dengan teman-teman UMKM dalam 3 bulan terakhir, saya banyak belajar tentang membangun usaha atau bisnis. Kreativitas, pantang menyerah, inovasi, dan terus belajar adalah sikap-sikap yang banyak saya temui di teman-teman pengusaha UMKM di Banjarmasin. 

Dari luar memang sangat menarik dan menjanjikan untuk bisa menopang hidup dan simpanan masa depan, tapi ternyata tantangan menjadi pebisnis juga tidak mudah. Ada saja halangan atau cobaan yang datang. Salah satu contohnya misalnya usaha warung makan dan travel. Ketika pandemi datang, usaha tersebut banyak yang gulung tikar atau harus tutup sementara. Tapi, dengan adanya cobaan tersebut, menjadi titik balik pengusaha untuk mencari solusi. Salah satu contohnya adalah membuat semuanya serba online, atau mencoba peruntungan bisnis lain. Jika dulu misalnya lebih ramai offline, mungkin bisa dimaksimalkan online. Mulai dari marketing, penggunaan influencer dan lain sebagainya. 

Kisah-kisah pengusaha yang inspiratif membuat saya tertarik. Saya juga sebenarnya ingin anak saya belajar usaha sejak dini. Karena menurut saya, kerjaan yang bisa fleksibel dari segi waktu dan finansial adalah menjadi pengusaha. Pengusaha sukses tentunya hehe. 

Manfaat Mengajarkan Anak Entrepreneur Sejak Dini

Lantas, apakah perlu mengajar anak tentang usaha sejak dini? Saya pernah mendengar salah satu youtuber terkenal, bahwa beliau sejak kecil sudah berdagang karena diajarkan orang tuanya. Usia SMP, beliau bahkan bisa mencapai omset 1 Milyar. Di usia segitu menurut saya sangat luar biasa. Hingga saat ini, beliau memiliki banyak bisnis lainnya. 

Nah, mengajarkan anak tentang entrepreneur sejak dini memiliki beberapa manfaat yang penting, diantaranya:

▶ Membangun kreativitas dan inovasi

Dalam belajar menjadi entrepreneur, anak-anak akan diajarkan untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menghadapi masalah dan menemukan solusi yang tepat. Dengan demikian, anak-anak akan belajar untuk berpikir out-of-the-box, sehingga mereka mampu menghasilkan ide-ide yang baru dan inovatif.

▶ Meningkatkan kemampuan finansial

Mengajarkan anak tentang entrepreneur sejak dini dapat membantu anak-anak memahami konsep tentang uang dan bisnis. Anak-anak akan diajarkan tentang bagaimana mengelola uang, membuat anggaran, serta memahami pentingnya keuntungan dan kerugian dalam bisnis. Hal ini dapat membantu anak-anak menjadi lebih bertanggung jawab dalam mengelola keuangan mereka di masa depan.

▶ Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan presentasi

Dalam belajar menjadi entrepreneur, anak-anak akan diajarkan untuk berkomunikasi dengan baik dan efektif. Mereka akan belajar untuk menyampaikan ide-ide mereka dengan jelas dan persuasif. Selain itu, anak-anak juga akan diajarkan untuk berbicara di depan umum dan mempresentasikan ide-ide mereka dengan percaya diri. Kemampuan ini sangat berguna bagi anak-anak dalam menjalin hubungan sosial dan juga di masa depan ketika mereka berkarir.

▶ Membangun sikap positif terhadap kerja keras dan kegagalan

Entrepreneurship membutuhkan kerja keras dan dedikasi. Ketika anak-anak belajar tentang entrepreneur sejak dini, mereka akan diajarkan tentang pentingnya kerja keras dan kesabaran dalam meraih sukses. Selain itu, mereka juga akan diajarkan tentang pentingnya menjadikan kegagalan sebagai pembelajaran dan membangun sikap optimisme dalam menghadapi masalah.

▶ Mendorong pengembangan kemampuan sosial dan lingkungan

Entrepreneurship juga melibatkan interaksi dengan lingkungan sekitar. Ketika anak-anak belajar tentang entrepreneur sejak dini, mereka akan diajarkan untuk memahami lingkungan sekitar mereka dan bagaimana cara berinteraksi dengan baik dengan orang lain. Hal ini dapat membantu anak-anak dalam pengembangan kemampuan sosial dan kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain.

Secara keseluruhan, mengajarkan anak tentang entrepreneur sejak dini memiliki manfaat yang sangat penting dalam membantu anak-anak mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan dalam masa depan, baik dalam berkarir maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Mengajak Anak Mencintai Dunia Entrepreneur

Lantas bagaimana cara mudah mengajak anak mencintai dunia entrepreneur? Nah, saya punya info kalau ada yang namanya situs untuk bermain dan mengenal tentang bisnis.  Di sini, anak-anak bisa bermain game tentang bagaimana mengatur cafe, bangunan, perkebunan, dan masih banyak lagi. Kebetulan si kecil usia 5 tahun sangat menyukai game-game seperti ini. Lantas apa saja jenis game yang menarik menurut saya yang bisa diajarkan ke anak?

▶ Game Coffee Shop

Sebenarnya ini game favorit saya. Tapi anak-anak juga sudah bisa kok main game ini. Game ini bertemakan jualan kopi kekinian. Serunya, di sini ada laporan tiap harinya. Di mana ada laporan grafik pendapatan, tingkat penjualan, reputasi dan harga produk. Jadi kita tahu apakah ada peningkatan atau tidak setiap harinya. 

Selain itu customer yang berbelanja juga bisa berkomentar terkait produk kita. Apakah kurang gula, kurang kopi, atau kurang creamy. Kita bisa mengatur ulang takarannya sendiri sebelum berjualan. 

Hasil pendapatannya tiap hari bisa kita belanjakan bahan baku. Untuk harga juga bisa kita ubah setiap saat. Seru pokokya! Karena kita berusaha bagaimana agar reputasi dan penjualan naik terus. Yang mau main gamenya, bisa langsung ke link ini https://www.mortgagecalculator.org/money-games/coffee-shop/.

▶ Game The-Casagrandes Mercado Mayhem

Game ini lebih simpel dari yang pertama. Di sini kita melayani permintaan pelanggan yang ingin belanja di supermarket kita. Kita juga harus bertanggung jawab untuk merestok produk yang sudah habis. Dibutuhkan kecepatan dan ketelitian di game ini. Cocok buat pelajaran bisnis anak-anak. Ini link gamenya https://www.mortgagecalculator.org/money-games/the-casagrandes-mercado-mayhem/.

▶ BBQ Roast


Sebenarnya ini lebih ke strategi. Bagaimana caranya agar menyusun tusukan BBQ dalam 3 susun agar bisa menjadi bentuk lain. Permainan ini mudah dan seru. Ada level-level di setiap sesinya. Jika tidak berhasil menyusun bahan namun sudah hampir penuh, maka misi dinyatakabn gagal. Link gamenya https://www.mortgagecalculator.org/money-games/bbq-roast/.

▶ Farm Town


Game ini lebih seru lagi. anak saya paling suka ini. Di sini kita harus menanam di perkebunan dan menjualnya. Jika penghasilan dari jualan sudah cukup, kita bisa membeli bibit atau alat lainnya. Jika memenuhi target penjualan, kita bisa naik level. Level 1 sangatlah mudah, jika ingin terus naik level dibutuhkan kesabaran dan kegigihan. Link gamenya https://www.mortgagecalculator.org/money-games/farm-town/

Manfaat Game Bisnis untuk Anak

Si kecil antusias main

Game bisnis adalah jenis permainan yang dirancang untuk membantu anak-anak belajar tentang aspek-aspek bisnis dan keuangan. Bermain game bisnis dapat memberikan sejumlah manfaat untuk anak-anak dalam mengembangkan keterampilan dan pemahaman mereka tentang dunia bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat game bisnis untuk anak-anak:

▶ Mengembngkan keterampilan keuangan

Game bisnis dapat membantu anak-anak memahami konsep-konsep keuangan dasar seperti pengeluaran, pemasukan, investasi, dan penghematan. Dengan bermain game bisnis, anak-anak dapat mempelajari cara mengelola uang mereka dengan baik dan membuat keputusan keuangan yang cerdas.

▶ Meningkatkan kreativitas

Game bisnis sering kali menuntut pemain untuk berpikir kreatif dalam menciptakan strategi untuk memenangkan permainan. Dengan bermain game bisnis, anak-anak dapat mengembangkan kreativitas mereka dan belajar untuk berpikir di luar kotak.

▶ Mengajarkan keterampilan manajemen waktu

Game bisnis sering kali memerlukan pemain untuk membuat keputusan dalam waktu yang terbatas. Dengan bermain game bisnis, anak-anak dapat belajar mengelola waktu mereka dengan baik dan menjadi lebih terampil dalam membuat keputusan dalam situasi yang cepat dan sulit.

▶ Meningkatkan keterampilan kerja tim

Beberapa game bisnis dapat dimainkan secara tim. Dengan bermain game bisnis dalam kelompok, anak-anak dapat belajar bekerja sama dengan orang lain dan mengembangkan keterampilan kerja tim mereka.

▶ Membantu anak-anak memahami konsep bisnis

Game bisnis dapat membantu anak-anak memahami konsep-konsep bisnis yang kompleks seperti manajemen risiko, strategi pemasaran, dan analisis pasar. Dengan bermain game bisnis, anak-anak dapat memahami cara bisnis bekerja dan belajar untuk membuat keputusan yang baik untuk mencapai tujuan mereka.

Dalam keseluruhan, game bisnis adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan dan pemahaman mereka tentang dunia bisnis. Game bisnis dapat membantu anak-anak mempersiapkan diri untuk masa depan yang sukses dan memberikan dasar yang kuat untuk karir bisnis yang sukses di masa depan.

Kesimpulan

Ternyata, belajar tentang dunia bisnis atau entrepreneur tidak melulu harus serius. Kita juga bisa belajar melalui game yang menyenangkan. Apalagi memang tagline situs tersebut adalah Play Free Online Entrepreneur, Business, & Money Management Video Games for Kids. Di sana, kita bisa belajar tentang inovasi, strategi, kesabaran, kegigihan, dan masih banyak lagi yang dibutuhkan seorang pengusaha. 

Di atas ada beberapa rekomendasi game yang menarik untuk anak-anak mainkan. Cek langsung situs mortgagecalculator.org/money-games// untuk melihat game-game yang menarik yang cocok untuk jadi pelajaran berbisnis. Jangan lupa dampingi anak agar bisa menjelaskan tujuan utama gamenya. Dari hasil pembelajarannya, kemudian bisa diterapkan ke kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Belajar memanage waktu dan keuangan sejak kecil memang bagus. Apalagi belajar melalui game, dimana Anka jaman sekarang kan emang segitu antusiasnya sama game ya

    BalasHapus
  2. Game online sekarang mah lebih banyak pilihan dan yg penting bisa mengedukasi anak². Contohnya ya ini, monet games dari Mortgage Calculator. Anak jadi bisa belajar bisnis with fun way, hihihi..

    BalasHapus
  3. asik juga ya ada game bisnis untuk anak anak, setidaknya bisa mengajarkan mereka untuk bisa kerjasama menjadi 1 tim, bisa ngajarin mereka ngatur keuangan.

    BalasHapus
  4. eh iya lho ini dari permainan games itu kadang lebih mengena di otak anak anak tuh yaa. aku juga mau coba liat games di webnya ah pada menarik nih gamesnya

    BalasHapus
  5. wah aku baru tahu nih tentang monet game. menarik banget ternyata. bisa versi web desk kan ini ya?

    BalasHapus