BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

Review Rintik Stretchmark Cream, Yuk Cegah Strechmark Sejak Dini!

Jadi stretchmark cream tidak hanya mencegah stretchmark, tetapi juga menjaga kelembapan kulit yang sering kali berkurang selama masa kehamilan

Setelah kehamilan anak pertama, saya cukup kaget dengan perubahan kulit di sekitar perut dan area lipatan. Ya, muncul strechmark yang cukup lumayan. Padahal saat hamil tidak terlalu terlihat. Waktu itu memang saya masih kurang edukasi soal ini.

Akhirnya saya mencari tahu cara menghilangkan strechmark. Saya terfokus pada salah satu artikel seorang blogger yang berhasil “melangsingkan” kembali perutnya setelah melahirkan, tanpa ada drama strechmark yang banyak. Saya sempat mengirim pesan DM ke blogger tersebut untuk konsultasi. Kata beliau memang sebaiknya perawatan dimulai dari awal kehamilan sebelum muncul strechmark, bukan setelah muncul.

Ya, nasi sudah menjadi bubur lah. Akhirnya coba rutinin aja olahraga biar perut kembali kencang. Daripada enggak ada usaha kan ya hehe.

Long story short, kemarin saya hamil anak kedua. Saya bertekad tidak mau menambah strechmark baru. Jadi mulai rutin perawatan. Tapi ya karena enggak konsisten, akhirnya ada lagi sedikit strechmark yang membekas (jangan ditiru ya!).

Sebenarnya apa sih strechmark itu? Apakah hanya orang hamil yang bisa mendapat strechmark?

Penyebab Strechmark

Stretchmark, atau striae, adalah garis-garis tipis pada kulit yang sering muncul berwarna merah, ungu, atau putih. Stretchmark terjadi ketika kulit mengalami peregangan yang cepat akibat perubahan fisik. Beberapa faktor yang menyebabkan munculnya stretchmark antara lain:
  • Kehamilan: Saat kehamilan, tubuh wanita mengalami perubahan hormonal dan fisik yang signifikan. Kulit di sekitar perut, paha, dan payudara sering kali meregang cepat untuk mengakomodasi pertumbuhan janin, menyebabkan stretchmark.
  • Pertumbuhan Cepat: Remaja yang mengalami lonjakan pertumbuhan yang cepat selama pubertas sering kali mengembangkan stretchmark di daerah seperti punggung bawah, paha, dan lengan atas.
  • Kenaikan atau Penurunan Berat Badan yang Drastis: Perubahan berat badan yang tiba-tiba, baik penambahan maupun pengurangan, dapat membuat kulit meregang atau menyusut terlalu cepat, sehingga menimbulkan stretchmark.
  • Genetika: Faktor keturunan juga memainkan peran penting. Jika anggota keluarga dekat memiliki stretchmark, kemungkinan besar seseorang juga akan mengalaminya.
  • Penggunaan Steroid: Penggunaan obat-obatan steroid dalam jangka panjang, baik topikal maupun oral, dapat menyebabkan penipisan kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap stretchmark.
  • Penyakit atau Kondisi Medis: Beberapa kondisi medis seperti sindrom Cushing atau sindrom Marfan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih rentan terhadap stretchmark karena perubahan hormonal atau elastisitas kulit yang berkurang.

Stretchmark terjadi karena lapisan tengah kulit (dermis) tidak dapat menahan laju peregangan, menyebabkan serat elastin dan kolagen yang seharusnya menjaga kekenyalan kulit, rusak. Meskipun stretchmark tidak berbahaya dan tidak menyebabkan masalah kesehatan, mereka bisa menjadi masalah estetika yang memengaruhi rasa percaya diri seseorang. Pencegahan dan perawatan dini dengan produk pelembap khusus, seperti stretchmark cream, dapat membantu mengurangi keparahan dan kemunculan stretchmark.

Nah kali ini saya mau review first impression produk stretchmark cream dari Rintik Skincare, yang kerennya sudah terjual 8 ribu lebih di Shopee dengan bintang rating 4.9. Yuk langsung saja!

Kemasan Produk

Strechmark cream

Dalam pengiriman, produk dikemas dan dilindungi dengan bubble wrap yang tebal dan kardus di bagian luar. Sangat aman sehingga mencegah terjadinya kebocoran di jalan meskipun pengiriman luar kota.

Selain itu, produk juga masih disegel dengan plastik bening sekitar 98% menutupi produk. Bagian 2%-nya kosong di bagian tutup agar kita mudah membuka plastiknya.

Warna kemasan didominasi dengan warna cream, hijau muda dan hijau daun yang terlihat segar saat dipandang. Untuk ukuran kemasan 200ml. Ini gede banget dan bisa digunakan dalam waktu lama.

Tekstur, Warna, dan Wangi

Menghilangkan strechmark

Saat dipakai, tekstur berupa cream sesuai namanya Rintik stretchmark cream. Warnanya putih pekat seperti susu. Untuk wanginya saya juga suka banget karena seperti wangi yang enggak bosen untuk dicium.

Ingredients


Adapun powerfull ingredients dari Rintik stretchmark cream adalah:

🧫 Stem Cell Infused : Bantu kulit jadi lebih elastis saat mengalami peregangan

🍃 Centella Asiatica : Bantu mencegah munculnya stretchmark baru

🌰 Shea Butter : Bikin kulit jadi ekstra lembap & terhidrasi

🥥 Coconut Oil : Bantu meningkatkan produksi kolagen & mengunci kelembapan secara maksimal

Manfaat Rinctik Stretchmark Cream



Rinctik stretchmark cream memiliki 3 jenis pelembap andalan dalam membantu mencegah strechmark, yaitu:
  1. Humektan : Menarik air ke lapisan dermis untuk melembapkan kulit secara maksimal
  2. Emolient : Kandungan emolient yang terdapat dalam shea butter mengisi rongga sel kulit yang kosong, menjaganya agar tetap lembap dan efeknya kulit akan terasa lebih lembut, kenyal & terhidrasi
  3. Oklusif : Mengunci kelembapan dan mencegah terjadinya penguapan air pada lapisan epidermis kulit
Secara umum, berikut adalah manfaat dari Stretchmark Cream dari Rintik Skincare:
  • Memberikan ekstra hidrasi pada kulit
  • Menjaga kelembapan kulit secara maksimal sehingga terhindar dari kulit kering
  • Meningkatkan elastisitas kulit untuk meminimalisir munculnya stretchmark
  • Menutrisi kulit agar menjadi lebih sehat
  • Mengurangi rasa gatal selama kehamilan

Cara Pakai Saat Kehamilan

Bersihkan bagian yang ingin diolesi (sebaiknya setelah mandi). Oleskan Rintik Strechmark Cream & pijat lembut dengan gerakan memutar di area : perut, paha, lengan, dan bagian tubuh yang rentan muncul stretchmark.

Pakainya harus sesering mungkin sejak trimester awal biar kulit makin lembap & terhidrasi dengan maksimal. Minimal sehari 2 kali. Ingat, stretchmark yang sudah muncul tidak akan bisa hilang sepenuhnya. Jadi gunakan Stretchmark Cream sebelum terlambat untuk mencegah kemunculannya.

Review Pemakaian


First impression saya menggunakan produk ini sangat di luar ekspektasi. Awalnya saya mengira seperti lotion biasa, ternyata memang tingkat kelembapannya berbeda. Saat mengoleskan ke tangan, langsung terasa lembapnya. Selain itu beberapa jam ke depan juga masih terasa lembap. Nyesel banget sih baru tahu sekarang ada produk ini. Coba dari awal hamil pakai ini, saya bisa mencegah strechmark bermunculan huhu. O ya wanginya juga long lasting dan menenangkan.

Tapi karena ke depannya InsyaAllah mau program lagi untuk anak ketiga (uhuk), produk ini jadi wishlist baru agar tidak menambah strechmark yang baru. Karena menurut saya menggunakan stretchmark cream selama kehamilan adalah hal yang sangat penting.

Jadi stretchmark cream tidak hanya mencegah stretchmark, tetapi juga menjaga kelembapan kulit yang sering kali berkurang selama masa kehamilan. Stretchmark cream dari Rintik Skincare tersedia dalam ukuran besar (200ml), yang mana sangat ekonomis dan praktis, serta mudah menyerap ke dalam kulit tanpa meninggalkan rasa lengket.

Untuk hasil maksimal, aplikasikan Stretchmark Cream Rintik Skincare setidaknya dua kali sehari. Bagi ibu hamil, disarankan untuk menggunakan krim ini sesering mungkin mulai dari trimester pertama hingga trimester akhir ya. Stretchmark Cream ini juga telah teruji oleh BPOM dan dermatolog, sehingga aman digunakan.

Price & Where to Buy

Obat strechmark

Untuk ukuran 200ml ini dibandrol dengan harga sekitar 113 ribu di Shopee (per 27 Mei 2024). Cukup terjangkau dengan kemasan yang besar dan manfaatnya yang banyak. Teman-teman bisa membeli produknya di:


- Tiktok - @RintikSkincareIndonesia @StretchmarkOilRintik.

- Instagram - @Rintik.Skincare

Penutup

Minum air putih saja tidak cukup untuk menjaga kelembapan kulit. Gunakan Stretchmark Cream yang mengandung tiga jenis pelembap (humektan, emolien, dan oklusif) untuk memberikan hidrasi maksimal, sehingga kulit menjadi lebih lembap, sehat, dan terhindar dari stretchmark maupun kulit kering.

Rintik Stretchmark Cream tidak hanya bermanfaat untuk wanita hamil, tetapi juga efektif melembapkan kulit kering seperti pada tumit, siku, lutut, bekas eksim, dan kulit yang terkelupas.

Jadi bagi yang bermasalah dengan kulit kering atau ada peregangan kulit karena hal lainnya, saya sarankan juga untuk menggunakan produk ini. Karena risiko munculnya stretchmark dapat dikurangi dengan memberikan pelembap yang tepat pada kulit, membuat kulit lebih elastis, sehingga lebih siap dalam menghadapi peregangan.

6 komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. aku baru tau loo tentang krim ini tapi ternyata pembelinya sudah banyak berarti emang keren ini produk yakkk...aku juga mau cobaun rintik krim deh karena kulitku cenderung kering dan juga buat hempas sisa2 strechmark siapa tau bisa agak berkurang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang untuk strechmark sudah muncul, ada juga produk step 2-nya Kak model oil gitu. Kalau cream ini untuk mencegah strechmark. Tapi bisa bantu lembapkan juga

      Hapus
  2. Komposisinya lengkap banget ya Kak. Masalah banget kalo strechmark, apalagi kalo pada bagian tubuh yang gampang terlihat.

    BalasHapus
  3. Mbak.. aku dah nyobain ini dan beneran enak banget dikulitku, dan bener sih, suami juga bisa make buat tumitnya yang kadang kering, emang melembabkan banget. Suka deh..

    BalasHapus
  4. wah rintik sekarang ada stretchmark cream-nya juga yah? last time aku cobain yang stretchmark oil hasilnya oke bangetttt..
    fix mau cobain juga! hihi

    BalasHapus
  5. Stretchmarck itu udah semacam momok buat ibu-ibu pasca melahirkan. Setelah melahirkan adik twins emang di bagian perut lebih nampak stretchmark dibandingkan anak pertama.
    Bisa dicoba nih!

    BalasHapus