5 Alasan Kenapa Suka Nge-Blog

September 13, 2019


Baru mulai agak aktif di blog 2 tahun terakhir ini membuat saya kadang agak nyesel. Kenapa enggak dari dulu? Hiks. Apalagi kalau blogwalking ke blog temen yang udah nulis di blog sejak belasan tahun lalu itu rasanya, ya sia-sia deh bertahun-tahun yang terlewati. Tapi namanya penyesalan ya pasti datangnya belakangan yak? Hoho. Jadi sekarang ini saya bener-bener maksimalin buat fokus di blog. Enggak asal nulis, tapi tetap produktif juga. Apalagi sudah beli domain berbayar. Dulu domain gratisan mau tulisan yang asal-asalan juga diupload wkwk. Sekarang bener-bener mau belajar nulis dan bermanfaat 🤭. 

Lalu apa 5 alasan kenapa saya suka nge-blog?

1. Bebas Nulis

Bebas nulis temanya

Sebenarnya banyak platform blog yang kita tidak perlu buat blog. Cukup daftar aja. Seperti Kompasiana blog, medium blog, dan lain-lain. Ada juga yang dibayar tapi harus melalui moderasi dulu. Di tempat itu juga sebenarnya bebas nulis tema sih, tapi kadang ada hal-hal yang tidak cocok di tulis di platform seperti itu. Jadi memang harus menyesuaikan platformnya. 

Nah kalau di blog pribadi kan milik kita. Jadi bebas mau nulis apa aja. Mau random thought juga oke aja hoho. Asal tidak melanggar norma-norma yang ada sih ya, hehe.

Bebas nulis tanpa batas karakter

Kalau di media sosial seperti Instagram dan Twitter kan terbatas tuh nulisnya. Tapi kalau di blog mau sepanjang apalun tulisan bisa aja. Jadi seru aja kalau nulis tanpa dibatasi karakter. Sama kalau aku cinta kamu tapi dibatasin jarak kan keseul haha (maaf ini OOT 🤣).

2. Bebas Ngatur Template

Nah, kalau di platform lain kita tinggal nulis, kalau di blog sendiri kita bisa atur template/tema, atau gaya apapun yang kita inginkan di blog kita. Tapi ada juga orang yang kurang tertarik soal itu lebih senang nulis dari platform yang sudah menyediakan tampilan oke. 

3. Banyak Lomba Blog, hihi 

Meksi belum pernah menang lomba blog (hiks 😢), tapi diri ini seneng gitu ngelihat lomba blog dan screenshoot-tin semua infonya. Bakal ikut atau tidak itu belakangan (dasar aku!).

Jadi buat yang jago nulis seperti artikel, essay, dan sebagainya bagus banget deh manfaatin buat ngikut lomba-lomba blog yang ada. Selain bisa menambah skill nulis dan upgrade pengetahuan (secara enggak langsung harus research kan biasanya?), Kalau beruntung ya bisa dapat hadiah 😆.

4. Bisa Flashback dengen Mudah

Kalau pengen lihat tulisan yang ditulis bertahun-tahun lalu, lewat blog mudah banget buat dilihatnya. Karena ada label atau tag yang jelas. Tinggal mencari kata kunci, atau search judulnya, kita bisa kembali membuka memori lama di tulisan kita. Kalau di media sosial agak susah kan? Harus scroll dulu, hehe. 

5. Berasa Punya 'Tempat' Pribadi

Nah ini! Punya blog itu berasa punya tempat pribadi yang berharga dan kita banget. Sesuatu yang bisa kita kembangkan semau kita, kita atur semau kita. Bahkan dengan blog yang memiliki pengunjung atau page views banyak, bisa jadi salah satu sumber penghasilan juga lho. Kita bisa diajak kerjasama nulis, atau promosi sebuah acara atau brand. Tentu hal tersebut juga secara tidak langsung menambah koneksi dan teman dengan hobi yang sama. 

Nah itu dia 5 alasan kenapa saya suka nge-blog. Yang pasti niat menulis di blog atau di manapun harus diniatkan untuk kebaikan dan sharing yang bermanfaat. Beruntung jika dengan tulisan kita, ada yang terketuk hatinya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kan bahagia babgrt tuh, hehe. Nah Kalau teman-teman lain apa nih alasannya suka nulis di blog? Ada yang sama? Yuk salig share di kolom komentar ☺️.

Sincerely

You Might Also Like

6 comments

  1. Aku udah ngeblog jaman kuliah tp isinya absurd dan kegalauan aja hahaha baru seriusin awal tahun ini meski belum nyampe tahap sebagai penghasilan tp aku menikmati. Hampir semua alasannya cucok hehe ditambah kalo ngeblog itu jarang orang komentar yg memancing keributan nggak kayak sosmed lain kwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh bener banget Mbak sama. Dari kuliah ngeblog tapi isinya asal-asalan wkwk. Setuju kalau di blog klmeni pada adem-adem 😆

      Delete
  2. Aku mulai ngeblog tuh dari smp kelas 2 kak cuma ngga pernah awet. Ada yg isinya kisah cinta monyet wkwk. Beberapa taun ini sempet balik dan pergi lg dari blog cuma awal tahun 2019 mulai bikin blog dari 0 sekarang dipikirin secara matang sih hehe. Alasan suka nge blog, pertama karena memang suka menulis dan blog tuh paling enak buat numpahin semua kegundahan diri sih. Terus juga sekarang udah banyak komunitas blog gitu ngga kaya dulu jd berasa punya teman yg menyemangati juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak. Kalau ikut komunitas itu jadi semangat juga ya

      Delete
  3. Kalau saya ngeblog karena dua hal, jurnal pribadi dan tempat berbagi.

    Jurnal pribadi karena isinya dari pengalaman dan opini pribadi, sedangkan tempat berbagi karena ya memang ingin berbagi. Kalau nggak mau dibagi mending nulis di diary.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mas 🤣🤣 aku seneng berbagi juga, dan make blog emanh bebas sesukanya mau berbagi tentang apa 😁

      Delete

Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
Salam kenal :D