Dengan Aplikasi Kudo, Kita Bisa Merdekain Warung dan Meningkatkan Untung

September 16, 2019


Source : instagram @kudo_indonesia

Tidak dimungkiri,  pengguna smartphone di Indonesia bertumbuh dengan pesat. Lembaga riset digital marketing Emarketer menampilkan diagram di bawah ini bahwa pengguna smartphone di tahun 2019 kini mencapai 92 Juta Jiwa.

Statistik penggunaan smartphone
Source : databook.katadata.id

Lantas apa yang harus diperhitungkan? tentu dengan fakta besar seperti itu, pemanfaatan dan pengembangan industri digital sangatlah penting.

Dalam artikel di laman kominfo menyebutkan,  pemerintah sepertinya sudah mulai menyadari bahwa industri digital penting untuk bisa tumbuh dengan cepat. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada awal 2015 sempat berjanji akan menghimpun dana US$ 1 miliar dari para pengusaha swasta untuk diinvestasikan ke startup digital.



Sedangkan baru-baru ini, Rudiantara mengatakan pemerintah juga akan membangun akses Internet sampai ke desa. Pemerintah juga membuka kesempatan kepada pengembang untuk menyediakan aplikasi digital yang bisa membantu perkembangan potensi desa. Ini merupakan sinyal bagus dari pemerintah.

Adapun dilansir dalam lama  tekno.tempo, dijelaskan bahwa pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia lumayan tinggi. Untuk pemakai muda (18-34 tahun) kepemilikan smartphone meningkat dari 39 persen menjadi 66 persen dari 2015-2018. Sedangkan untuk pengguna HP berusia di atas 50 tahun, pemakai smartphone juga naik dari 2 persen pada 2015 menjadi 13 persen pada 2018. 

frekuensi penggunaan aplikasi smartphone 

Hidup di era digital memang ibarat dua sisi mata pisau. Kenapa? Di lain sisi sangat membantu kita lebih efisien, di sisi lain ada beberapa orang atau prosfesi konvensional yang tidak mudah memutuskan untuk berpindah ke era digital. Entah karena kurang paham, atau memang sudah aman bertahan dengan cara yang itu-itu saja.
Tapi hal tersebut adalah sebuah kondisi yang tidak bisa dihindarkan. Mau tidak mau, suka tidak suka, era digital harus disambut dengan tangan terbuka dan rasa ingin belajar bukan?


Maraknya e-commerce atau tempat belanja online dan minimarket 'modern' di sekitar tempat tinggal kita kadang membuat kita miris dengan kondisi warung-warung kecil yang dulunya berjaya, namun kini tidak berdaya. 

Sebagai konsumen, tentunya kita ingin memilih tempat belanja yang efisien, variatif, dan nyaman. Dan itu biasanya didapatkan dari supermarket yang memang memiliki modal besar untuk itu. Selain itu, jualan di supermarket modern juga sangat variatif. Tidak hanya barang konsumsi, tapi juga barang digital seperti pulsa, bayar tagihan, beli tiket dan lain sebagainya.

Nah, itulah yang luput dari beberapa warung-warung kecil di sekitar kita. Lantas apa yang bisa kita perbuat?


Ternyata jawabannya ada pada perusahaan aplikasi digital yang memiliki inovasi buat #merdekainwarung. Wah merdekain warung? Awalnya bingung apa maksudnya, namun ternyata ini bisa menjadi jawaban atas kondisi warung-warung di sekitar lingkungan kita.


Aplikasi Kudo namanya alias Kios Untuk Dagang Online. Sebuah aplikasi dengan moto Warung Digital Serba Bisa ini ingin membantu warung-warung menjadi tempat belanja yang lebih modern, digital, dan variatif. Dengan bergabung menjadi agen kudo, para pedagang  langsung bisa melakukan hal-hal berikut ini :


Tampilan website KUDO
Memesan Barang di Fitur Grosir Sembako
Fitur ini bisa membantu warung untuk menyetok barang dengan lebih variatif agar bisa bersaing dengan minimarket dan supermarket modern di sekitar.



Transfer Uang Ke Bank Manapun
Siapa yang tidak perlu transfer uang? Bisa dibilang kebutuhan ini juga salah satu kebutuhan mendasar yang sering dilakukan banyak orang. Kini, tidak perlu ke atm atau bank, nongkrong di warung pun bisa minta transksi transfer uang. Bahkan dalam informasi di Instagram Kudo Indonesia dikatakan bahwa transaksinya memakan biaya admin Rp 0 alias gratis!

Bisnis Pulsa dan Paket Data

Kebutuhan pulsa dan paket data sampai saat ini bahkan menjadi kebutuhan primer. Tentu ini harus dimanfaatkan para pedagang warung

PPOB (Payment Point Online Bank)

Pembayaran listrik, PDAM, dan lain sebagainya tidak perlu lagi jauh-jauh. Warung yang sudah menjadi agen Kudo pun bisa melakukannya.

Bayar Tagihan Telepon

Yang menggunakan pasca bayar juga bisa banget datangin warung yang sudah menjadi agen Kudo.

Daftar Mitra Grab

Dengan kerjasama bersama Grab, kini para agen Kudo bisa menjadi jembatan untuk orang-orang yang ingin menjadi mitra.

Jual Tiket Kereta

Jual tiket kereta juga bisa dilakukan dengan mudah oleh para warung agen Kudo. Praktis dan cepat tentunya.


Nah keren banget kan kalau ada warung bisa layanin itu semua? Tentu dengan semakin banyaknya jualan di warung, semakin tinggi pula komisi dan untung. Secara tidak langsung, warung yang awalnya cuma warung biasa menjadi Warung Digital Serba Bisa. Warung yang awalnya hanya jual itu-itu aja, kini lebih lengkap pastinya.

Aku sudah nyobain unduh aplikasinya dan mencoba daftar. Beneran mudah dan cepat banget proses verifikasinya. Mbok-mbok yang jualan di warung pasti bisa ngerti cara pakainya.



Yuk #merdekainwarung dan #majuinwarung dengan Aplikasi Kudo. Kita juga bisa berpartisipasi dengan mengajak warung-warung di sekitar kta menggunakan aplikasi Kudo.

Daftarnya gratis tanpa biaya pendaftaran. Soal saldo juga langsung bisa terintergrasi dengan saldo OVO kita lho! Tidak perlu khawatir dengan keamanan transaksi uang kita juga karena transksi diproses melalui salah satu Bank terkemuka di Indonesia.

Tunggu apalagi? Saatnya merdekain warung, majuin warung, dan dapat lebih banyak untung!!

#merdekainwarung
#pejuangwarung
#majuinwarung


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan oleh KUDO INDONESIA.

Oleh,

You Might Also Like

52 comments

  1. Wah, memudahkan ya buat yang mau buka usaha warung atau mengembangkan usaha yang sudah ada. Dengan banyaknya layanan yang bisa diberikan dengan dukungan satu aplikasi, jadinya memudahkan masyarakat sekitar juga ya untuk memperoleh kebutuhan sehari-hari, termasuk pulsa yang sepertinya sudah jadi bagian dari keperluan pokok.

    ReplyDelete
  2. Waaa ini nih! Satu aplikasi yang bisa untuk semua, pas banget untuk era sekarang. Jadi ga perlu pindah-pindah aplikasi lagi hehe.

    Saya apresiasi banget sih kak, jadi ekonomi mikro (warung-warung) juga ga kalah saing dengan toko retail yang gede-gede. Semoga kedepannya makin banyak warung di sekitar tempat tinggal saya yang join, sehingga memudahkan saya xD hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren banget kan aplikasinya? Aamiin bener Mbak semoga warung-warung makin berkembang ya 😊

      Delete
  3. Bagus banget nih mbak aplikasi yang punya kepedulian sosial kayak gini. Sedih memang kadang melihat warung-warung kalah bersaing dengan minimarket yang makin menjamur. Semoga dengan adanya aplikasi ini, warung tradisional menjadi semakin maju dan serba bisa.

    ReplyDelete
  4. Wah lagi marak dibicaeakan soal Kudo ini pun aku beberapa kali lihat warung Yang kerjasama dengan Kudo. Ternyata ngga hanya jual kebutuhan umum tapi pulsa, Tiket dll yaa. Udah saatnya #MerdekainWarung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah banyak tetangga yang make kudo yah Mba? Keren... Semoga kudo terus berkembang dan bermanfaat bagi warung2 ya

      Delete
  5. Keren banget ya sekarang ada warung digital jadinya umkm makin kekinian deh. Tapi kadang aku takut usaha konvensional yang berubah jadi digital atau online bisa mengubah gaya hidup makin konsumtif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga sih Mba hehe. Tapi mungkin lebih kepada yang pasti dibutuhkan seperti bagar listrik dan sebagainya yang udah menjadi kebutuhan primer

      Delete
    2. iya bener juga..sesekali aku tuh masih suka bayar di bank atau di tempat Pembayaran PLN deket rumah.. harus ngantri males juga hehe

      Delete
  6. Wah cocok nih, aplikasi yg serba bisa dan semua ada. Membantu banget di jaman now sekarang ini, wkwkwk. Dan juga bisa membantu perkembangan bisnis warung-warung kecil ya. Keren banget sih aplikasi ini. 😍

    ReplyDelete
  7. Banyak banget kak warung sekitar aku yang minim dan kalah saing dengan warung lainnya. Semoga Kudo bisa menambah manfaat dan kemudahan untuk warung yg membutuhkan

    ReplyDelete
  8. Sebagai generasi yang cashless aku mendukung kalau pembayaran di warung-warung bisa dengan non tunai. Karena kadang lagi butuh beli sesuatu di warung tapi gak punya cash jadi harus ke atm atau malah ke minimarket yang punya atm. Huhuhu

    ReplyDelete
  9. banyak ya kegunaan aplikasi kudo ini, mempermudah bagi siapapun yang ingin memulai bisnis ataupun kegiatan sehari-hari

    ReplyDelete
  10. Kece ya aplikasinya, bner2 bs jd solusi mensejahterakan rakyat khususnya pelaku usaha kecil jd lebih bs djangkau luas klo begini, fitur2nya jg ckup lengkap

    ReplyDelete
  11. Mba, untuk jenis warungnya apakah ada besar skalanya? Misal warung dengan omset berapa gitu? Atau bebas setiap warung yang ada di lingkungan kita, walau kecil, tetap bisa berpartisipasi.

    ReplyDelete
  12. Wah asyik banget ya kalau warung kerjasama dengan Kudo. Barang bisa diupgrade dan kitapun dapat untung. Bisa nih dicoba untuk warung tetangga

    ReplyDelete
  13. Wah ini nih keren, jadi kemajuan teknologi gak cuma dinikmatin secuil orang aja, bisa merata ke semua-muanya, yekan.. Tapi emang aku benernya tuh lebih seneng belanja di warung tetangga gini, cuman gak enaknya suka gak lengkap gitu, semoga dengan adanya KUDO jadi bisa selengkap supermarket deh ya hehe...

    ReplyDelete
  14. Jaman teknologi digital seperti sekarang, warung tradisional juga ngga boleh kalah dengan warung konvensional ya.. setelah bisa bayar pakai aplikasi sekarang juga bisa bayar listrik, beli pulsa dll ya.. jadi warung tradisional tetep ramai dan lebih produktif

    ReplyDelete
  15. Wah inovasi bagus untuk para pemilik warung biar nggak kalah sama mart-mart itu. Semoga dengan aplikasi ini bisa membantu mensejahterakan pemilik warung ya. Lagian memang sebenarnya lebih baik belanja di warung sekitar sih daripada di supermarket. Selain membantu juga bisa mempererat hubungan antar tetangga ya.

    ReplyDelete
  16. Iya saya juga kepikiran ingin buka usaha warung, dengan fasilitas digital seperti yang digagas KUDO. Sudah lama juga saya mengenal KUDO hanya memang warungnya saja blm siap. Semoga segera terlaksana ya

    ReplyDelete
  17. Wah keren banget ini aplikasinya membantu para pengusaha kecil untuk berkembang dan tetap survive di era digital ini, mantap emang. Btw udah kufollow blognya ya kak hehe

    ReplyDelete
  18. pas tau kalo ada KUDO ini, aku malah ingin banget merdekain warungnya mamahku yang kebetulan memang masih tradisional gitu. Jadi semuanya masi serba manual, suka kasian kalo pas belanja barang, harus bercapek-capek k grosir.

    ReplyDelete
  19. Bener banget nih, di Indonesia penggunaan smartphone paling besar. Wah aku baru tau kalau ada aplikasi Kudo ini, jadi enak juga ya bisa membantu mereka yang memiliki warung. Sekarang ini walau minimart banyak dimana-mana, tapi warung masih jadi primadona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata ini tuh kalau pakai Kudo akan ada tandanya gitu ya mbak? Jadi bisa tau deh ya mana yang sudah menggunakan dan belum.

      Delete
  20. Ini jadi inovasi baru yang bisa mensejahterakan para masyarakat ya dan membuat Para pemilik warung nggak kalah sama seperti modern market itu

    ReplyDelete
  21. Woah transfer transfer gitu jadi gratis ya πŸ˜† seneng deh memudahkan kita jadinya. Anw sekarang mau apa saja sudah ada app khususnya ya. Semua orang udah punya HP soalnya 😁

    ReplyDelete
  22. Keren nih, bagus banget biar warung2pun mengikuti perkembngan teknologi. Kadang sedih juga kalau anak2 muda shopingnya di tempat gede terus. Kayak lagunya bang Rhoma, yang kaya makin kaya. Hehe kalau belanja di warung2 sama juga kita membantu perekonomian mereka. Tentunya jadi lebih lengkap dengan aplikasi kudo ini ya mbk. Semoga makin memudahkan kegiatan jual beli.

    ReplyDelete
  23. Sekarang tuh benar benar eta digital bikin maju. Aku sampai ternganga ke warung kecil bisa transaksi by phone

    ReplyDelete
  24. Wah yang punya warung bisa makin maju nih dengan aplikasi Kudo, gak kalah dengan minimarket kali yah. Pemasarannya juga makin luas. Ga cuma di sekitar rumah.

    ReplyDelete
  25. Seneng sih aku karena kalau g ada warung. Suka pusing kalau mau beli apa2 terlalu jauh, rumahnya nenek aku termasuk desa jadi kalau beli kebutuhan jaraknya terlalu jauh. Tapi untungnya sekarang warung sudah banyak inovasi. Namanya nenek2 kasian kalau beli apa2 jauh

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah ada yang peduli dengan warung-warung di sekitar yang udah mulai ditinggalkan karena sedikit-sedikit beli online. Efek dari menjamurnya aplikasi2 belanja yang bikin harga bersaing banget.

    Cocok deh warung-warung instal kudo ini, soalnya masih banyak orang yang belum punya kartu ATM yang sering bingung untuk transfer duit.

    ReplyDelete
  27. Sudah saatnya warung show up kembali ya mbaa beruntungnya Ada Kudo yang ngebantu itu semua. Dan tentunya juga perantau Kita Sebagai konsumen untuk lebih sering belanja Di warung kecil hehe

    ReplyDelete
  28. Mantul batt dahh ini mbak, aku yakin bisa lebih bersaing dari mini market di sekitar nih, Syukur2 sih bisa melakukan transaksi pakai kode QR dari OVO, Tcash atau semacamnya itu mbak hehee. KUDO pelopor yg bagus nih untuk kemajuan warung hehee
    TFS yahh mba

    ReplyDelete
  29. Sosialisasi aplikasi ini udah sampai ke para pelaku usaha mikro (warung-warung) belum ya? Sayang aja klo mereka belum terinfo atau tersosialisasikan.

    ReplyDelete
  30. Wah, ternyata benefitnya banyak juga ya mbak. Aku kira cuma sekedar supply warung aja, ternyata enggak. Aku dulu juga sempat pakai kudo ini buat jual pulsa loh, tapi sekarang udah enggak. Jadi pengen pake lagi

    ReplyDelete
  31. Ada pendampingan dan customer support yang siap sedia jugakah, Mba? Kalau iya, wah, jempolan banget ini, soalnya seperti disebutkan di atas, masih sering ada keraguan untuk berpindah memanfaatkan teknologi digital karena takut error, jaringan bermasalah, dst.

    ReplyDelete
  32. Jadi pengen buka warungπŸ˜‚ kalau udah ada aplikasi untuk warung online kayak gini mah. Untuk yg mager kayak aku senang sih bisa belanja lewat aplikasi online kayak gini. Apalagi kalau bayarnya bisa cod ya

    ReplyDelete
  33. Wow.. keren sekali aplikasinya. Lengkap juga buat segala kebutuhan, bahkan sampai jualan tiket kereta. Dan terintegrasi ke OVO. Jadi memudahkan transaksi.

    ReplyDelete
  34. Keren nih aplikasinya. Ngangkat pedagang-pedagang warung bisa bersaing dengan minimarket atau persaingan digital saat ini. Semoga bener-bener bisa membuat pedagang tradisional gak ketinggalan zaman ya.

    ReplyDelete
  35. Aplikasi yang harus bgt di informasikan ke bnyak orang nih y mba krna bs jd salah satu solusi memberdayakan ukm msyarakat bs dkenal luas dan punya pasaran yg luas jg jangkauannya, fitur2 nya jg bnyak bgt

    ReplyDelete
  36. Aku belum pernah menggunakan aplikasi kudo ini, apalagi sudah terintegrasi dengan OVO

    ReplyDelete
  37. Aplikasi Kudo ini memudahkan para UMKM yang ingin mengembangkan usahanya, dengan segala kecanggihan teknologi yang ada saat ini. Transaksi pun jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  38. semoga jangkauannya semakin luas ya mbak.. sehingga banyak warung yang bisa merasakan kemudahan teknologi yang berdampak baik bagi perekonomian juga..

    ReplyDelete
  39. Wah bener nih mbaa merdekain warung memang bisa dengan Kudo ini ya, recomended nih buat warung ibukku nanti

    ReplyDelete
  40. Wahhh seru bangett yahh sekarang teknologi makin maju dengan berbagai aplikasi yang bisa menunjang kebutuhan masyarakat dengan inovasi inovasi yang baik dan tentunya bisa dimanfaatkan oleh setiap penggunannya,

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
Salam kenal :D