10 Model Penerapan 'New Normal' di Negara Lain [#FBBKolaborasi]

Daftar Isi [Tampil]
new normal adalah
ilustrasi : jawapos.com & okezone.com

Pembuat mesin pesawat terbang Inggris Rolls-Royce mengumumkan rencana untuk memangkas 9.000 pekerja ketika perusahaan kolaps karena menurunnya perjalanan udara. Secara umum, pekerja di bidang ini memiliki gaji dan tunjangan yang baik, dan kehilangan pekerjaan menjadi pukulan berat bagi masyarakat setempat (tirto.id)

Ada banyak hal baru dengan adanya kejadian krisis pandemi yang terjadi di seluruh dunia ini. Tidak hanya soal kebiasaan dan soal kecemasan, tapi juga soal kebebasan yang terenggut dan ekonomi yang mulai berjalan seperti siput.

Ekonomi adalah hal penting dari sebuah negara. Sebuah negara yang ekonominya mati, dipastikan negaranya juga akan ikut mati. Semua orang sedang berpikir keras, bagaimana agar krisis pandemi sekaligus krisis ekonomi ini cepat berakhir dan keadaan menajadi seperti semula.

Diwacanakanlah soal new normal. Yang mana beberapa negara luar sudah menerapkan ini. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia pun juga sudah menjalankan, hmmm. Sebenarnya apa sih new normal?

Pengertian New Normal

Menurut Wikipedia, New normal adalah Kenormalan baru yang mana sebuah istilah dalam bisnis dan ekonomi yang merujuk kepada kondisi-kondisi keuangan usai krisis keuangan 2007-2008, resesi global 2008–2012, dan pandemi COVID-19.  

Jadi kalau bisa saya bahasakan sendiri, new normal berarti seharusnya dilakukan usai krisis. Krisis pandemi yang belum berahir namun kini sudah mulai dicanangkan new normal. Bahkan beberapa kota di Indonesia masih terus terjadi penambahan korban yang meningkat dengan signifikan. Artinya belum terjadi penurunan.

Adanya new normal ini mungkin agak sedikit  (atau banyak?) akan kembali merepotkan untuk tim medis.

Sebenarnya menguntungkan juga dari segi pihak-pihak pekerja harian yang kehilangan pekerjaan seperti para petugas di Mall.

Namun ada juga yang akhirnya mengeluarkan potensinya di bidang perdagangan setelah PHK. Ya, semua kembali kepada diri masing-masing. Kita tidak tahu kondisi dan ada kesulitan apa saja di setiap orang. Semoga rekan-rekan yang kehilangan pekerjaan bisa mendapatkan pekerjaan lain atau dari jalan lainnya, aamiin. 

Lalu bagaimana sih contoh penerapan new normal di negara lain?

1. New Normal di Hongkong

new normal di hongkong
foto : boredpanda, dari liputan6.com

Eskalator menjadi salah satu tempat yang paling rawan ketika berkunjung ke Mall. Hmapir semua pengunjung pasti mau tidak mau menggunakan escalator untuk menuju ke lantai lainnya. Bisa juga dengan lift, tapi paling tercepat dan tidak antri biasanya menggunakan escalator.

Tangga berjalan ini akhirnya disiasati agar bisa digunakan tanpa membahayakan orang-orang yang akhirnya akan justru saling menularkan.

Salah satu pencegahannya bisa dilihat di Hongkong ini. Mereka menggunakan escalator yang menggunakan handrail (pegangan), dengan UV Sterilizer. Handrail UV Sterilizer ini bisa membantu mensterilkan kembali handrail agar tetap bersih saat dipegang. Wah … berapa ya harganya?.

2. New Normal di Denmark

foto : boredpanda, dari liputan6.com

Sering ke minimarket dekat rumah? Pernah lihat disediakan galon kecil dan sabun untuk cuci tangan? Yes, hamper semua minimarket dan supermarket biasanya menyediakan hal itu, meski kadang airnya habis belum sempat diisi ulang juga (supermarket selalu ramai bukan?).

Nah, di Denmark ini justru dibangun tempat cuci tangan khusus yang benar-benar bisa membantu pengunjung cuci tangan. Dengan alat yang otomatis, tidak perlu lagi pegawai mengisi ulang air galon seperti halnya cuci tangan manual. Selain itu juga dsediakan pengering tangan/tissue.
Udah seperti di Mall ya…

3. New Normal di China

foto : boredpanda, dari liputan6.com

Saat ini, China sudah mulai kembali beraktivitas termasuk anak sekolah. Di dalam foto digambarkan sebelum masuk sekolah, anak-anak disterilisasi terlebih dahulu. Hmmm, di Indonesia nanti bakal bagaimana ya? Saya mendenagar kalau ada anak SD tetangga saya bilang kemarin 27 Juni ini sudah masuk sekolah. Dengan polosnya dia berkata “sudah bosan di rumah”.

4. New Normal di Hangzhou

foto : boredpanda, dari liputan6.com

Di Hangzhou ada hal unik dari penampilan anak sekolah. Mereka diberi topi yang memiliki panjang sekitar 2 meter untuk membantu phyisical distancing. Mungkin hal tersebut akan membantu anak-anak lebih patuh dan ingat.

5. New Normal di Bangladesh

foto : boredpanda, dari liputan6.com

Waktu suami kemarin cukur rambut di sekitar rumah, sebenarnya cukup khawatir juga apakah akan aman-aman saja. Ternyata di Bangladesh, mungkin untuk mengurangi kontak fisik, mereka menggunakan APD. Keren ya tukang cukurnya, tapi panas gak sih? Hehe

6. New Normal di Jepang

foto : boredpanda, dari liputan6.com

Beberapa kafe-kafe di Jepang sudah membrikan pemabatas untuk meja yang ada di kafe. Mereka menggunakan arkilik. Sulangnya jadi unik!

7. New Normal di Beijing

foto : boredpanda, dari liputan6.com

Agar mengurangi sentuhan fisik langsung, salah satu café di Beijing inisiatif unuk menggunakan robot untuk mengantarnya. Hmm pengeluarannya berapa ya beli robot gituan …

8. New Normal di Connecticut, Amerika Serikat

ilustrasi : suarasurabaya.net

Beberapa restoran di sana sudah buka dengan menempatkan meja dan kursi di luar ruangan. Mereka memberi jarak 2 meter di tiap bangku. Beberapa aturan shift karyawan juga diberlakukan. Selain itu teknologi pesan makanan juga langsung melalui smartphone.

9. New Normal di Fredericksburg, Virgina

ilustrasi : suara.com

Di salah satu restoran di virginia, menerapkan aturan mpengecekan suhu karyawan sebelum bekerja. Hasil suhu tersebut akan diunggah untuk diperlihatkan kepada pengunjung restoran.

10. New Normal di Korea Selatan

ilustrasi : akurat.co

Beberapa sekolah Korea Selatan menarepkan pengecekan suhu siswa dan guru, dan menggunakan pembersih tangan sebelum masuk. Selain itu, mereka juga wajib pakai masker, dan beberapa sekolah memasang partisi (pembatas) plastik di seputar meja.

Itu dia informasi 10 Model Penerapan New Normal di negara lain. Di grup WA Bloger Makassar, saya sudah mendapat kabar soal dibukanya Mall di Makassar (dengan angka terinfeksi yang masih banyak). Beberapa persiapan sudah cukup bagus. Di antaranya penyediaan pemeriksaan sebelum masuk. Juga adanya tanda menjaga jarak 2 tangga pada eskalator.

Sekali lagi kita jangan pernah berhenti berdo'a, semoga wabah ini reda, dan kita benar-benar kembali normal yang sesungguhnya. Aamiin.

Salah satu penerapan new normal di Mall Makassar (Foto : Daeng Syamsoe)

Tulisan ini dalam rangka FBB Kolaborasi. Apa itu FBB Kolaborasi? FBB Kolaborasi adalah salah satu program dari Female Blogger Banjarmasin, yaitu menulis bareng tiap bulan dengan tema yang sudah ditentukan. 

Referensi :
https://tirto.id/bagaimana-new-normal-diterapkan-di-negara-selain-indonesia-fDCC
https://www.liputan6.com/citizen6/read/4268900/7-kondisi-new-normal-berbagai-negara-di-tengah-pandemi-corona

Baca Juga :
@pohontomat | Triyatni Ashari
ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Related Posts

7 komentar

  1. Semoga penerapan new normal di Indonesia bisa berjalan dengan baik. Amin.

    BalasHapus
  2. Nggak nyangka aja virus corona berujung dengan adanya new normal ini. Pastinya lama-lama kita bakal terbiasa dengan kehidupan yang tak biasa ini. Btw baca post ini jadi tahu new normal di negara lain

    BalasHapus
  3. Aku suka new normal di Denmark. Keren ih. Seandainya bisa di kampus aku seperti itu. Hehe.

    BalasHapus
  4. Keren banget di Beijing pakai robot cafe nya di era new normal.

    Bukan hanya berdampak di indonnesia, pandemi covid ini ternyata berujung pada perubahan pola hidup untuk seluruh dunia.

    BalasHapus
  5. semoga pandemi ini lekas berakhir, stay safe avery one

    BalasHapus
  6. Semoga warga +62 juga akan segera bisa bener-bener merubah kebiasaan lama saat di tempat umum yaaa..

    BalasHapus
  7. Kalo Indonesia ni seperrinya New Nekat atau New Pasrah ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Komentar muncul setelah dimoderasi.

Salam kenal 😆

Recent

Masukkan Email untuk Langganan Gratis