MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Kemudahan Aplikasi Absensi Berbasis Android untuk Perusahaan

Kemudahan Aplikasi Absensi Berbasis Android untuk Perusahaan
Add Comments
8/26/2020
Daftar Isi [Tampil]

Setiap hari karyawan akan mencatatkan kehadiran mereka saat datang di kantor. Jika dikumpulkan, data kehadiran tersebut akan bermanfaat untuk proses payroll, penilaian kinerja, dan proses penyusunan laporan. 

Pencatatan absensi manual dengan kertas maupun mesin fingerprint akan sangat sulit dalam melakukan rekapitulasi kemudian diproses untuk keperluan lainnya, karena data yang tercatat tidak terintegrasi. Apalagi data kehadiran harus di-input secara manual. 

Namun, HRD tidak lagi perlu pusing dengan rekapitulasi kehadiran dengan aplikasi absensi berbasis android.
 aplikasi absensi berbasis android

Apa itu Aplikasi Absensi Berbasis Android?

Perkembangan teknologi kian pesat dan membawa banyak inovasi dalam perusahaan. Aplikasi absensi berbasis android adalah salah satu dari sekian banyak inovasi tersebut.

Aplikasi absensi berbasis android adalah sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan untuk mencatat kehadiran karyawan. 

Aplikasi cukup di-install di ponsel android miliki karyawan. Kemudian karyawan bisa langsung melakukan pencatatan kehadiran secara mandiri.

Keuntungan Aplikasi Absensi Berbasis Android bagi Perusahaan

Penggunaan aplikasi dalam pencatatan kehadiran menguntungkan bagi pihak perusahaan dan karyawan. Mengapa demikian?

Hal itu dikarenakan karyawan lebih mudah melakukan pencatatan kehadiran bahkan saat karyawan berada di perjalanan dinas, sementara perusahaan lebih mudah dalam memproses dan memantau data kehadiran yang masuk melalui aplikasi.

Di bawah ini adalah keuntungan lain dari menggunakan aplikasi berbasis android bagi perusahaan:

👉👉 Mudah Memantau Riwayat Absensi Karyawan

Kinerja dan produktivitas karyawan dilihat dari bagaimana ia datang ke kantor. Perusahaan harus memantau kehadiran karyawan untuk memastikan kinerja karyawan berjalan lancar tanpa hambatan. 

Pihak perusahaan pun juga lebih mudah dalam melakukan penilaian kinerja dan strategi manajemen waktu lebih baik.

👉👉 Timesheet Report

Salah satu laporan yang harus dibuat oleh HRD adalah laporan kehadiran karyawan. Laporan tersebut dapat secara otomatis dibuat menghasilkan laporan timesheet yang akurat dan kredibel. Sehingga HRD bisa menjadikan laporan tersebut sebagai landasan pengambilan keputusan.

Baca Juga: Begini Cara Daftar NPWP Online Dengan Mudah

👉👉 Mencatat Jam Lembur

Karyawan bisa mengajukan lembur ketika merasa ada pekerjaan tambahan yang belum dapat diselesaikan di jam kerja biasa.

Karyawan yang melakukan lembur akan dicatat waktu lemburnya melalui aplikasi absensi, kemudian data jam lembur akan diintegrasikan dengan perhitungan gaji agar karyawan menerima upah lembur yang pantas.

👉👉 Mencatat Kehadiran Karyawan dalam Perjalanan Dinas

Karyawan yang melakukan perjalan dinas sering merasa kesulitan untuk melakukan pencatatan kehadiran.

Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan dapat menerapkan penggunaan aplikasi absensi karyawan yang memungkinkan karyawan dalam perjalanan dinas melakukan pencatatan absen. Akhirnya perusahaan jauh lebih mudah dalam memantau pekerjaan karyawan yang melakukan perjalanan dinas.

Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana aplikasi absensi berbasis android membantu perusahaan. Tak perlu lagi melakukan proses administrasi absensi manual yang memakan banyak waktu, kini perusahaan dapat beralih ke aplikasi absensi berbasis android dari LinovHR. Ingin mencoba? Yuk, kunjungi website resmi LinovHR!




Catatan :

Dalam KBBI yang benar adalah presensi bukan absensi. Namun untuk pencarian keyword, sering digunakan adalah absensi. Mohon dimaklumi.


Baca Juga
Triyatni A.

ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Halo kak Tri...Uda lama ga mampir ke sini eh tau-tau blognya gress bener dengarn template baru...

    Back to topic, aplikasi absen (eh harusnya presensi ya) ini berguna banget tuhh baik buat karyawan maupun perusahaan. Tapi kayanya menurutku lebih nguntungin ke karyawan. Terutama buat yang datengnya mepet-mepet. Jadi inget dulu aku lari-lari demi masukin tulunjuk ke mesin presensi supaya aku ga dicatat telat haha...Belum lagi kalau karyawan banyak kan jadi musti antri. Kalo pake aplikasi di HP masing-masing kan ga perlu antri lagi yaak. Tapi kadang pake aplikasi gini kelemahannya bisa dimanipulasi sama karyawan ga si kak?
    Misal karyawannya masih di jalan, eh tapi uda absen duluan dengan pakai VPN? Atau engga? Haha aku gtw sih karena belum pernah pakai aplikasi kaya gini..Soalnya kantorku sekarang ga pake sistem absensi segala..ya orang work from home, hehehe

    BalasHapus
  2. Sangat memudahkan tim HRD untuk memantau kinerja karyawan ya kak. Jadi nggak perlu capek lari-lari buat ngejar finger print atau absensi ceklok :D

    BalasHapus
  3. Wah kalo udah seperti ini pasti sulit ya untuk karyawan karyawan bandel yang mau gabut dan suka telat absen

    BalasHapus
  4. wah ini simple banget ya, mudah pula. semoga aku bisa pake ini kalau bisnis aku udah punya karyawan, hehe

    BalasHapus
  5. Butuh rekomendasi ini nih buat kantorku yang masih manual. Helloww zaman udah serba digital ya kan. Izin share ya ka tri ke grup kerjaan wkwkwkw

    BalasHapus
  6. Wow, ini canggih kali kak.

    Dengan aplikasi ini bikin habit para karyawan ketahuan yaaa. Jadi harusnya nggak ada lagi kejar-kejar ataupun antri untuk ngisi absen. Dengan demikian, jam kerja pagi akan lebih optimal karena lebih fokus kerja tanpa kepikiran harus rebutan presensi. Bisa dipake juga kali yaa kalo buat forum ataupun kelas2 gitu ya

    BalasHapus
  7. Mereka absen bisa dimana aja berarti ya? agak tricky juga karena kevalidan jam masuk dan jam keluar dipertanyakan. Biasanya karyawan punya kebijakan soal keterlambatan dan jam lembur. Lembur pun biasanya sudah ada plan sebelumnya, dan ketika lembur harus diketahui oleh atasannya.
    Buat perusahaan pasti akan lebih prefer karyawan absensi di kantor secara manual. Untuk tugas luar kota, biasanya kalau sudah ada surat dinas, tidak memusingkan lagi soal jam kerja.


    BalasHapus
  8. Wahh terakhir aku lihat di kampus ku 2019 akhir masih menggunakan fingerfingerprint. Kalau pakai aplikasi ini sangah flexibel dan easy to use ya kak. Thanks for sharing

    BalasHapus
  9. Alhamdulilah sekarang sudah ada absensi karyawan dengna android gini mah keren banget ya Mba. Jamanku belum ada wakakak, kalau gini yang telat-telat ketauan ya mba.

    BalasHapus
  10. aplikasinya memudahkan banget nih, gampang pula dipakenya. kekinian banget

    BalasHapus
  11. seru ya mba kalau semua perusahaan menggunakan absensi dari handphone, jadi mudah kan apa-apa juga hihi. apalagi sedang pandemi begini gak bisa pakai finger print lagi.

    BalasHapus
  12. Jaman makin canggih ya... Jadi dengan aplikasi begini kita jadi tahu kebiasaan masing masing karyawan dan kejujuran jadi hal utama pastinya

    BalasHapus
  13. Jadi ingat 8 tahun yang lalu masih kantoran selama 2 tahu pake absensi finger...eh ga sblmnya tuh pake absen kertas yang dimsukin ke alat apa ya yy muncul tanggal sm jam wkwk so old. Skrg mah canggih pake android

    BalasHapus