[BOOK REVIEW] Cantik Itu Luka dari Eka Kurniawan


"Ada jarak demikian lebar antara kedua orang itu. Antara seseorang yang memiliki kekuasaan untuk membuat orang lain mati, dengan seseorang lelaki yang menantikan jam demi jam kematiannya. Yang pertama dibuat gelisah oleh kekuasannya, sementara yang kedua dibuat tenang oleh nasibnya."

🏮Cantik itu Luka🏮
👤 Eka kurniawan
📕 @bukugpu cetakan ke-5 januari 2015 (Cetakan pertama Mei 2004)
📖 479 hal.

Blurb Cantik Itu Luka

Di akhir masa kolonial, seorang perempuan dipaksa menjadi pelacur. Kehidupan itu terus dijalaninya  hingga ia memiliki tiga anak gadis yang kesemuanya cantik. Ketika mengandung anaknya yang keempat, ia berharap anak iut akan lahir buruk rupa. Itulah yang terjadi, meskipun secara ironik ia memberikan nama Si Cantik.

Review Buku Cantik itu Luka

Novel cantik itu luka menceritakan tentang seorang wanita bernama Dewi Ayu, gadis keturunan Indonesia-Belanda. Kecantikannya sudah tersohor di mana-mana. Sejak gadis, hidupnya harus menjadi seorang pemuas lelaki dari sebelum Indonesia merdeka bahkan hingga setelah Indonesia merdeka. 

Dari pekerjaannya tersebut, dia telah melahirkan tiga gadis cantik. Dengan nasib yang hampr sama buruknya dengan dirinya. Oleh akrena itu dia berharap, anak yang keempat lahir dengan buruk rupa.

Harapannya tersebut terkabul. Namun, Dewi Ayu sama sekali tidak ingin melihat anaknya tersebut saat pertama kali dilahirkan.

....

Banyak sekali tokoh yang ditampilkan di sini. Menariknya, semua tokoh dibuat cerita masing-masing dan memiliki keterkaitan dengan tokoh lainnya dengan sudut pandang orang ketiga. Jadi ketika baca ini, kadang bayangin hubungan antara si ini dan si itu maka jadilah ini itu 😂

Cerita Eka Kurniawan sangat khas dengan kehidupan asli orang kebanyakan. Meski ditulis terkesan berlebihan, tapi tetap masuk akal. 

Dalam artian memang dalam kenyataannya bisa jadi ada orang seperti itu dengan kisah itu. Sedikit dibumbui hal tahayul dan mistis tetap membuat novel ini tetap gampang dicerna. .

Beberapa khas blak-balakan Eka Kurniawan bikin kita sedikit tergidik. Mulai dari pembunuhan, penyiksaan, dan lainnya. 

Saya pribadi membaca novel bukan fantasi dengan ketebalan hampir 500 halaman awalnya takut bakal bosenin, ternyata bukan Eka Kurniawan namanya kalau bikin cerita enggak buat kita penasaran terus hingga akhir. 

Tidak salah jika novel ini katanya sudah diterjemahkan ke-34 bahasa lho! Wow!

Karena saya sudah membaca buku cetakan yang keberapa, terlihat jelas juga di awal novel ada beberapa review orang-orang berbagai kalangan tentang bagusnya novel ini. Untuk cover sendiri terdapat perbedaan di cetakan lainnya. 

Untuk yang ingin baca online cantik itu luka, bisa dengan cara antri di ipusnas ya. Ipusnas adalah aplikasi perpustakaan milik pemerintah pusat. 

Saya bilang antri soalnya bukunya memang terbatas. Yang antri laur biasa banyak. Tapi dulu saya sempat mendapatkan bukunya di sana. Intinya, siapa cepat dia dapat!

Cantik Itu Luka Quotes

Ada beberapa quotes yang menarik di buku ini. Berikut saya tuliskan kembali:

Quotes Tentang Patah Hati

"Patah hati oleh kekasih yang cantik? Ha. Ha. Ha. Kuberi kau saran, Nak, carilah kekasih yang buruk rupa. Mereka cenderung tak akan membuatmu terluka"

 Quotes Tentang Kehidupan

"Sekalian saja kau salahkan Hawa yang merayu Adam memakan buah apel itu dan membuat kita harus hidup di bumi yang terlaknat ini"

 Quotes Tentang Cinta Ayah

"Apa gunanya aku memiliki kekuatan jika aku bahkan tak bisa melindungi anak gadiskudari seekor anjing, mari kita bunuh semua anjing di kota ini!"

Sebenarnya banyak lagi quotes yang benar-benar khas Eka Kurniawan. Saya akan update jika sempat ya hehe.

Kesimpulan

Itu dia review singkat saya tentang novel Cantik itu Luka. Bacanya sudah lama jadi agak lupa-lupa ingat. Ini adalah draft lama yang saya up kembali dengan penambahan beberapa catatan.

Saya tertarik baca ini karena banyak yang review ceritanya bagus. Dan emang bagus sih! Tapi ingat ini novel dewasa yah. 

Tetap ciri khas Mas Eka yang selalu blak-blakan dan vulgar dalam mendeskripsikan apapun. Yang pasti, saya penasaran baca buku beliau yang lain 😆.

Pesan moral novel cantik itu luka menurut saya adalah bagaimana kita memandang hidup ini tidak melulu soal kecantikan.

Ada yang bilang, terlahir cantik membuat beban hidup berkurang 50%. Padahal bisa saja cantik itu malah membawa luka hingga petaka.

Read via Ipusnas
Rating pribadi : 5🌟/5🌟

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Dodo Nugraha
    Dodo Nugraha 30 Jan 2021 21.01.00

    Aku pernah baca Buku ini. Namun tidak sampai habis sih mbak. paling sekitar 70 halaman.
    Di awal aku terkaget dengan tokoh yg bangkit dari kubur, kemudian pulang ke rumah menemui anaknya. Kemudian banyak adegan dewasa dan kata-kata yg agak vulgar yaa haha
    initnya, Aku tak terlalu faham isinya, jd tak ku lanjutkan. hehe

Add Comment
comment url