Wisata Kuliner Banjarmasin: Review Soto Bang Amat Bawah Jembatan (Lengkap)

soto bang amat bawah jembatan
Kalau ada yang nanyain tentang Soto Banjar terkenal di Banjarmasin, ya Soto Bang Amat inilah rasanya yang bisa saya rekomendasikan. Katanya sih ini memang tempat wisata kuliner di kota Banjarmasin yang paling terkenal. Kalau ke Banjarmasin tapi enggak ke sini itu rasanya ada yang kurang. 

Bisa dibilang pejabat-pejabat dan artis yang datang ke Banjarmasin pasti rata-rata ke sini. Rata-rata maksudnya enggak semua ya hehe. Tapi emang banyak kok!

Tempat atau warung makan ini memang punya kelebihan bukan hanya soal makanannya. Tapi ada beberapa hal yang unik dari sini. Apa saja? Yuk langsung kita bahas sama-sama.

Tentang Soto Bang Amat Banjarmasin

Depot Soto Bang Amat Banjarmasin adalah sebuah warung makan yang menjual Soto Banjar khas makanan Banjarmasin. 

Teman-teman pasti udah sering dengar Soto Banjar bukan? Bahkan salah satu merk mie instan ternama juga membuat varian mie rasa Soto Banjar. Di sini memang tidak terlalu banyak menu, tapi tetap banyak pengunjungnya tiap saat. 

Jika ke sini, sebenarnya cukup jauh dari Bandara yang letaknya di Banjarbaru, jadi ada baiknya jalan-jalan dulu ke sekitar daerah atau tempat wisata Banjarmasin. 

Seperti Pulau Kembang (pulau yang dihuni khusus monyet-monyet), Pasar Terapung, atau ke Menara Pandang Banjarmasin. Nah kalau udah lelah berjalan-jalan, baru deh menuju ke Soto Bang Amat ye kan? 

Alamat Soto Bang Amat Banjarmasin

Nah, jika teman-teman mau ke tempat ini, teman-teman harus mencari alamat Jl. Benua Anyar RT 2 No. 56 Banjarmasin. 

Kalau dari Bandara, sekitar sejam lebih sih. Untuk lokasi, tempatnya agak terpencil sebenarnya, tidak berada di pinggiran jalan. 

Kita harus masuk di bawah jembatan besar, lalu masuk ke komplek warga. Nah, di dalam itu sekitar 150 meter ke bagian dalam, pas pinggiran sungai baru kita akan menemui Soto Banjar Bang Amat.

soto bang amat banjarmasin

Hati-hati ada yang mirip lho. Letaknya lebih dekat, namanya Soto Bawah Jembatan. Itu bukan Soto banjar Bang Amat ya. Jaraknya sekitar 50 meter aja sih padahal.

Dulu pernah nyobain makan di situ saat Soto Bang Amat tutup, tapi rasanya dan harganya luar biasa! Luar biasa dalam artian kurang oke hehe. Jadi saya sangat tidak merekomendasikan tempat yang mirip itu.

Kalau enggak mau bingung, bisa pakai Google Maps pasti dapet. Atau makai taxi online lebih cepat seperti Go Car atau Grab Car.

Kalau ada sewa travel atau guide dalam kota juga pasti akan diantar ke tempat ini. Soto Bang Amat Banjarmasin ini bisa dibilang udah tahu deh semua orang. Jadi kalau mau nanya-nanya di jalan juga gampang banget diarahkan.

Suasana Warung Makan

Untuk suasanya sendiri juga nyaman. Lokasi pinggir sungai dan tebruka membuat kita tidak gerah selama di warung meski tidak ada pendingin udara.

Untuk tempat duduk tersedia lesehan dan kursi. Meja beberapa didesain memang untuk rombongan seperti rombongan kantor atau bareng keluarga. Cukup luas sih, meski terkadang ramai banget susah dapat tempat. 

soto banjar paling enak di banjarmasin

Selain itu selama berkunjung di sana selalu ada iringan pemain musik khas Banjar. Mereka menggunakan baju khas Banjar juga yaitu Sasirangan (sejenik Batik). Mereka juga menyanyikan lagu Banjar. Jadi udah pas banget suasananya dnegan kota Banjar. 

Selain itu di depan Depot terdapat warung oleh-oleh Banjarmasin. Jadi bisa sekalian belanja kalau makan di sana. 

Harga Soto Banjar Bang Amat

soto bang amat

Dengan slogan “Sotonya Urang Banjar”, Depot Soto Bang Amat ini memang khas banjar Banget. Untuk harga Soto Banjar Bang Amat sendiri menurut saya standar. Tidak kemahalan tapi tidak murah banget juga. Dengan rasanya yang wau lumayan banget sih hehe. 

Harga menu warung makan Soto banjar Bang Amat yaitu:

Soto/Nasi Sop (penuh)                           Rp23.000

Soto/Nasi Sop (separoh)                        Rp18.000

Soto/Nasi Sop (spesial penuh)               Rp33.000

Soto/Nasi Sop (special spearuh)            Rp28.000

Soto/Nasi separuh isi full                       Rp22.000

Sate Ayam (10 tusuk)                             Rp16.000

Keterangan: perbedaan Soto dan nasi sop hanya pada bentuk karbonya. Satu menggunakan lontong, satu menggunakan nasi. Tapi kuah dan lauknya tetap sama.

Dari harganya lumayan lengkap ya mewakili permintaan macam-macam pelanggan wkwk. Ada yang misalnya mau nasi separuh, ada yang mau isinya separuh juga haha. Aman deh di sini.

Untuk sate ayamnya juga enak menurut saya. Meski menu hanya soto dan sate, tetap saja Depot ini selalu ramai bahkan bisa kehabisan lho!

Tips untuk Wisatawan

Jika ingin menuju tempat ini, teman teman harus tahu beberapa hal agar ke sana tetap nyaman ya:

  • Datangnya di saat pagi hari atau siang. Jika terlalu sore takutnya sotonya udah kehabisan hehe
  • Untuk Depotnya tutup pada hari Jumat. Jadi jangan berkunjung di hari ini ya
  • Gunakan pakaian yang nyaman saat ke sini. Di saat musim hujan dan angin encang, duduk di pinggiran sungai bisa terkena sedikit percikan hujan. Jalanan juga terkadang becek di bagian parkiran (enggak tahu kalau sekarang)

Penutup

Itu dia review Depot Soto Bang Amat bawah jembatan oleh saya. Saya lupa udah berapa kali ke sana. Pernah bareng teman, pernah ngajakin sepupu, dan pernah juga ngajakin keluarga saat berkunjung ke sini.

Waktu bareng Mama ke sana (foto: Dokpri)

Untuk saya yang tidak terlalu menyukai soto, Soto banjar Bang Amat adalah Soto Banjar paling enak di Banjarmasin. Itu menurut saya pribadi lho ya hehe. Ada rasa khas dan gurih dari sotonya yang beda dari lainnya.

Sekadar informasi, seampai tanggal 1 Januari 2021, tempat ini sudah memiliki 5.615 ulasan di Google dan mendapat 4,4 bintang lho!

Terakhir, semoga tulisan saya bermanfaat buat teman-teman yang membutuhkan informasi kuliner Banjarmasin. Selamat makannnn!

Sumber Foto: tripadvisor.com, visitkalsel.com, dokumen pribadi.

Ada kue rasa telur asin

Makannya sambil angkat berat

Buat yang mau ke Banjarmasin, 

Jangan lupa ke Soto Bang Amat!

Next Post Previous Post
4 Comments
  • eka fl
    eka fl 4 Jan 2021 02.22.00

    aku paling penasaran sama rasa soto banjarmasin, enak katanya. harganya juga segitu mah murah dong, lengkap kan sama karbonya. btw itu di sebelahnya ada sate ya, hihihi

  • Mayuf
    Mayuf 4 Jan 2021 07.32.00

    Kalo aku kapan" bisa ke Banjarmasin harus mampir nih ke soto bang amat :D

  • siva
    siva 11 Jan 2021 01.29.00

    Jadi ngiler aku mba, enak banget tuh pasti, dan bisanya pake ayam kampung ya mba?

  • ovie
    ovie 8 Jun 2021 15.37.00

    Jarang-jarang nih penjual menuliskan harga sesuai permintaan pembelinya. Keren banget. Liat foto sotonya aja bikin laper, pas baca pagi-pagi gini.

Add Comment
comment url