MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Ini 11 Cara Blogger Menghasilkan Uang, Minat yang Nomor Berapa?

Ini 11 Cara Blogger Menghasilkan Uang, Minat yang Nomor Berapa?
Add Comments
2/23/2021
Daftar Isi [Tampil]

Siapa sih yang gak pingin hobinya dibayar? Alias apa yang dia lakukan itu dia suka dan dibayar. Beberapa alasan itu juga menjadikan banyak orang yang terjun menjadi penulis, komikus, maupun full time blogger

Hobi nulis, bisa gambar, trus dibayar, kan lumayan kan?

Apalagi jalanin hobi itu juga butuh waktu yang gak semingguan. Perlu latihan, pengalaman, trial error, dan cobaan-cobaan omongan.

Seperti halnya orang yang hobi main bulutangkis hingga menjadi atlit pebulutangkis profesional tentu punya proses yang panjang. 

Selama hidup saya jadi manusia dari bayi hingga setua dan jadi emak-emak saat ini, memang belum tahu apa sih yang menjadi hobi saya yang sebenarnya? Ada yang sama?

Kenal blog sejak 2012, tapi gak aktif sama sekali. Paling ngupdate setahun atau dua tahun sekali. Nulisnya malah rajin di facebook. Kalau disatuin kan lumayan jadi artikel.

Agak nyesel sih baru aktif sekarang. Karena ada yang bilang blog itu udah gak zaman, huhu. Tapi bagaimana pun, sepertinya blog masih jadi terdepan, eeeaa. 

Kenapa nyesel baru sekarang? Karena ternyata ngeblog itu bukan cuma sekadar bisa legain batin terus keluarin beban dengan cerita curhatan, tapi juga bisa menjadi penambah penghasilan hingga rekening jadi gendutan. 

Dan itu menggiurkan 🤣

Bahkan, ada yang memilih untuk menjadi full time blogger. Waaah, apa segitu menjanjikan?

Tergantung!

Tergantung bagaimana kita "mengelola" blog hingga menghasilkan. Tetap pakai usaha. Gak pakai sulap atau jin yang tiba-tiba ada aja. 

Tulisan ini saya khususkan untuk yang bener-bener baru mau belajar, pemula banget, dan bener-bener bukan expert, hehe. Karena saya masih di tahap pemula juga. Kalau yang expert baca tulisan saya mungkin hanya akan senyum-senyum maklum 😆.

Lalu apa saja jalan agar bloger menghasilkan? Cek di sini ...

1. Content Placement

Content Placement adalah jenis pendapatan bloger di mana pengiklan mengirimkan artikel tertentu untuk dipasang di blog pribadi si bloger. 

Enaknya kita tidak perlu nulis, cukup bermodalkan blog, tinggal masukin artikel 'titipan', tadaaa dibayar deh. Paling edit-edit dikit ubah gaya bahasa atau nambahin gambar kan?

Cara ini cukup banyak digunakan advertiser maupun blogger. 

Ini adalah salah satu jalan yang saya tempuh juga. Paling simpel namun harganya lumayan. Tapi ini harus bermodal blog yang sudah memiliki traffic atau pengunjung tetap yang tinggi biasanya.

Namun tidak jarang ada juga beberapa brand yang sengaja nyari blog baru, agar bisa dapat harga murah dan nantinya ketika blog itu sudah besar, tidak perlu lagi memasang iklan mahal karena sudah lebih dulu. 

Sekarang MasyaaAllah ada aja email yang masuk ingin pasang content placement. Mulai lokal hingga luar negeri (harga yang luar lebih memikat lho). 

2. Konten Review

Ini juga cara yang cukup banyak digunakan bloger dan pengiklan. 

Biasanya pengiklan meminta si bloger mencoba produk terlebih dahulu, lalu menuliskan review secara pribadi dari sudut pandang bloger.

Harga yang ditawarkan tentu lebih tinggi dibanding CP karena konten review itu harus nulis sendiri. 

Yang pasti, selalu pastikan beri pelayanan yang terbaik. Mulai dari jumlah kata, kualitas, dan paling terpenting adalah sesuai dengan jadwal. Jangan sampai telat yaa ...

3. Sosmed Reviewer

Ini juga masih saya manfaatkan. Biasanya, awalnya dari blog, akhirnya merambah ke media sosial. Bahkan paket lengkap sih biasanya dengan konten review. Jika ingin ikut konten review, diwajibkan juga memiliki media sosial. 

Jadi secara tidak langsung dengan menjadi bloger, kita bisa menjadi Sosmed Influencer atau Sosmed reviewer. 

4. Menjual Produk Template Premium

Tahu Mas Sugeng & Mbak Igniel? Mereka berdua ini bisa dibilang sudah memiliki banyak langganan pembeli template buatan mereka. 

Bahkan jika saya tidak salah baca, Mas Sugeng pernah bilang dapat omset 1 Milyar hanya dari jualan template. 

Tapi ingat, bikin template itu enggak mudah. Butuh ilmu coding dan trial error yang mumpuni. Belum lagi kalau konsumen protes ada bug (masalah) di templatenya kan?

Mereka adalah bloger sekaligus buat usaha juga sih sebenarnya jadinya. Mereka lebih paham soal template karena mereka juga jadi bloger. Jadi saling berkaitan lah ...

5. Jual Jasa Keahlian 

Ada temen yang tahu desain blog, jual jasa desain. Ada yang jual jasa ilustrasi, jual jasa web developer, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan blog. 

Bisa banget sih apalagi ini bisa menjadi branding jangka panjang juga bukan? Misal si bloger A terkenal dia jago desain, kan lumayan tuh ...

6. Content Writer

Adapun Content Writer biasanya dimiliki juga oleh bloger. Meski tidak semua bloger adalah content writer dan tidak semua content writer adalah blogger (lah sama aja dong?), intinya jasa ini sering ditemukan juga di lingkungan bloger.

Jadi content writer itu kita diminta menulis, tapi tulisan ditampilkan di blog atau website pengiklan. Bukan ke website kita sendiri.

Pernah baca lowongan kerja content writer, salah satu syaratnya suka menulis minimal punya blog sendiri.

7. Adsense

Kalau ini udah pada tahu dong pasti. Sebuah layanan iklan dari google. Kita harus mendaftar terlebih dahulu dengan beberapa kualifikasi abstrak namun bisa dimengerti. Yang pasti ajuin dulu. Urusan ditolak mah belakangan. Bahkan ada yang berkali-kali ditolak, pada akhirnya bisa memasang iklan adsense.

Cuma hati-hati jangan sampai mengganggu pembaca. Lagian iklan seperti ini biasanya dibayar tinggi jika kliknya tinggi. Jadi pelajari soal itu.

Adsense juga butuh traffic yang tinggi. Kalau traffic masih rendah, jangan berharap ke adsense deh heh. Tapi kalau serius, bisa jadi lumayan.

8. Iklan Banner Placement

Ini mungkin mirip dengan contenct placement tapi berbentuk gambar. Biasanya mereka akan bayar sesuai lamanya waktu pemasangan dan per potong gambar ukurannya berapa.

8. Afiliasi 

Afiliasi ini cukup banyak yang geluti. Jika pandai menyelipkan di artikel, dan pembaca sampai klik dan order, keuntungannya akan besar sekal dari penjualan. 

Bang Herman adalah salah satu yang pernah saya ketahui menghasilkan hingga 30 juta lebih per bulan dari link afiliasi Amazon (salah satu situs belanja luar negeri).

9. Jualan Produk Sendiri

Misalnya punya produk lain yang kita punya, bisa banget sih jual produk sendiri di blog. Mau itu alat kesehatan, hijab, buku dan masih banyak lagi. Asal yang kita jual bisa kita pertanggungjawabkan. 

Contohnya bsia dilihat di blog temen Prodigitalmom. Dia juga menjual jasa agar kita bisa belajar blog kebih baik.

digital marketing

10. Shortlink

Adapun shortlink biasanya digunakan blog download. Mereka mengalihkan link di shortlink sehingga nantinya orang-orang yang teralihkan tersebut, akan melihat iklan tertentu, sangat bermanfaat untuk jangka panjangnya. 

11. Menang Lomba Blog

Tidak jarang, beberapa bloger memang ahli dan berpengalaman soal memenangkan berbagai lomba blog. Hadiah yang luar biasa membuat memang banyak yang berminat menjadi peserta, tapi tidak semua tahu cara mengambil hati juri. 

Namun ketika sudah tahu dan semakin belajar, InsyaAllah nanti kemenangan akan terus datang. 

Kesimpulan

Itu dia 11 cara bloger menghasilkan uang sejauh ini yang saya ketahui. Intinya adalah apapun jalannya asal jangan plagiat deh (saat ini banyak yang plagiasi agar mendapat trafik tinggi dan menjatuhkan blog lain). Kasian temen yang sudah nulis panjang lebar tapi dicuri huhu. 

Ingat juga jaga etika saat bekerjasama dengan klien. Jangan sampai jadi orang yang tidak bertanggungjawab terhadap pekerjaan ya ...

Semoga bermanfaat ... 

Baca Juga
Triyatni A.

ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Kayaknya kalau dari Adsense aku nyerah deh mbak , karena lambat sekali pergerakannya

    BalasHapus
  2. Artikelnya sangat bermanfaat kak 👍🏻

    BalasHapus
  3. aku dulu nggak nyangka kalau dari nulis di blog bisa dapet duit, maklum waktu awal awal bikin dulu browsingnya kurang banyak hehehe
    sekarang nggak nyangka kalau sampe sejauh ini ngeblog dan bisa menghasilkan dari sana
    senengggg juga

    BalasHapus
  4. Ide-ide yang menggiurkan di zaman serba digital ini. Nice info kak👍

    BalasHapus
  5. banyak juga ya cara seorang blogger menghasilkan uang ini, saya pengennya semuanya sih, waduh, tapi kemampuan saya terbatas jadi saya pilih beberapa saja deh, content reviewer, adsense, sosmed reviewer mungkin sementara banyakan itu saat ini

    BalasHapus
  6. nice info kak ... terima kasih

    BalasHapus
  7. Jaman sekarang mau cari duit semakin dimudahkan deh apalagi blogger yah sudah semakin dikenal profesinya. Job pun mulai berdatangan dari berbagai arah. Saya sudah coba juga beberapa cara yang menghasilkan uang ini, semoga lancar terus job bloggernya ya,kakak.

    BalasHapus
  8. Kak Tri makasih banget insight nya yaa

    BalasHapus