MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

3 Rekomendasi Situs Bermain Game Asah Otak

 3  Rekomendasi Situs Bermain Game Asah Otak
Add Comments
9/23/2021
Daftar Isi [Tampil]

Berkegiatan salama di rumah saja, memiliki sisi positif dan sisi negatif. Sisi positifnya, kita akan lebih dekat dengan keluarga, mempelajari hal baru, lebih melek teknologi, dan tentunya lebih hemat karena jarang jajan hehe. 

Namun, salah satu efek negatif jika kelamaan di rumah adalah kita tidak mendapatkan tantangan yang lebih kompleks seperti saat berada di luar rumah. Permasalahan berkutat pada yang ada di rumah (yah ini juga udah banyak sih). Mentok-mentok bermasalah sama teman online mungkin? Meski bisa dibilang kita bisa lebih kreatif dalam keterbatasan. Tetap saja otak ini harus terus diasah bukan?

Siapa yang selama di rumah senang bermain game? Saya pribadi, selain lebih sering menghabiskan waktu di depan laptop untuk menulis, saya terkadang bermain game besama anak atau suami. Baik itu game online, game offline, maupun game yang dimainkan secara fisik. 

Tapi terkadang, saking banyaknya deadline dan tentunya dengan drama yang ada dalam rumah, bermain permainan asah otak lebih memungkinkan dan lebih simpel. Selain menghibur, cara mainnya juga simpel. Kenapa harus mencoba game asah otak? Apa manfaatnya?

Manfaat Game Asah Otak

Diolah dari berbagai sumber, bermain game ternyata memiliki banyak manfaat. Ya selama hal itu digunakan secukupnya, tidak kecanduan dan menghabiskan waktu seharian untuk bermain game tanpa menghasilkan apa-apa. Berbeda ceritanya jika memang profesinya gamer ya hehe. Untuk kita yang sekali-sekali bermain game, ternyata selain untuk hiburan, beberapa manfaat dari bermain game asah otak adalah:

Belajar Koordinasi

Dengan bermain game asah otak, akan membantu koordinasi otak kita menjadi lebih baik. Kita bisa fokus terhadap beberapa titik dalam waktu bersamaan. 

Belajar Menyelesaikan Masalah

Dalam game asah otak, biasanya terdapat soal atau kasus yang harus dipecahkan. Untuk memecahkan hal tersebut, bisa melatih kita dalam menyelesaikan masalah. 

Melatih Kesabaran

Siapa nih yang suka emosian? Nah, ada baiknya melatih kesabaran dengan berbagai permainan. Dengan game asah otak contohnya. Kita akan dituntut untuk berpikir dulu sebelum melangkah. Hal tersebut bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar berpikir dahulu sebelum bertindak.

Mempertajam Ingatan

Game asah otak biasanya membuat kita harus mengingat posisi atau letak sesuatu. Hal tersebut juga membantu kita mengasah ingatan kita.  

Jenis Permainan Asah Otak

Sebenarnya banyak sekali saat ini jenis-jenis permainan asah otak yang sudah tersedia baik offline dan online. Namun beberapa yang sering dimainkan orang-orang adalah berbagai jenis permainan asah otak di bawah ini:

Sudoku

Sudoku adalah permainan teka-teki berbasis logika yang mengandalkan memori jangka pendek. Kita dituntut untuk menemukan angka rahasia yang harus diisikan ke dalam kotak yang kosong, sehingga semua kotak baik satu kolom persegi maupun satu kolom atau satu baris memiliki semua komponen angka dari 1-9. 

Teka-teki Silang

Tentu tahu ini dong? Kalau di Indonesia istilahnya TTS. Permainan ini mengharuskan kita berpikir atas pertanyaan teka-teki silang. Akan ada soal atau kunci petunjuk mengenai jawaban yang harus diisikan. Jawab terdiri mulai minimal 2 huruf hingga tanpa maksimal huruf. Tergantung seberapa besar teka-teki silangnya. Biasa diistilahkan dengan mendatar dan menurun. 

Permainan Mencari Kata

Biasanya permainan ini menampilkan huruf-huruf acak yang kemudian nantinya harus kita susun menjadi beberapa bentuk kata. Saya biasanya lebih memilih dalam bahasa Inggris, karena kata yang dihasilkan bisa menambah kosakata baru. Sekalian belajar bukan?

Catur

Permainan yang sempat tren beberapa saat lalu karena kontroversi salah satu pemain Indonesia di sebuah situs catur ini membuat banyak orang mulai melirik kembali game ini. Mungkin karena permainan ini bisa dimainkan oleh hampir semua usia, jadi banyak yang menyukainya. 

Permainan Kartu

Permainan kartu terlihat lebih mudah dan bisa dimainkan di mana saja. Apalagi permainan kartu juga sangat banyak macamnya. Mulai dari Solitaire, Uno, Domino, dan masih banyak lagi. Sebenarnya ada banyak lagi jenis permainan asah otak lainnya. yang pasti mainkan saja sesuai kesukaan. Saat ini sudah banyak tempat untuk bermain game asah otak secara gratis. 

Permainan Rekomendasi

Karena di rumah saja, saya lebih sering memainkan permainan berbasis online. Nah, sesuai judul di atas, apa saja tiga rekomendasi situs yang biasa saya mainkan bersama keluarga di rumah saja? Berikut ulasannya:

Chess.com

Ini permainan favorit suami. Situs ini adalah situs catur yang paling terkenal di dunia saat ini. bisa dibilang anggotanya datang dari berbagai penjuru dunia. Di sini terdapat peringkat berupa angka (semakin tinggi semakin baik) yang continue sesuai dengan hasil permainan tiap akhir. 

Misalnya menang dapat poin, kalah berarti poinnya dikurangi. Setelah bermain, di sini juga kita bisa mengetahui langkah-langkah kita sebelumnya apa yang salah, blunder dan sebagainya. O ya di situs ini jika tidak ingin login juga bisa bermain, tapi ya itu kita enggak bisa lihat history perkembangan kita. 

catur online

Saat akan memulai permainan, level kita akan ditanyai terlebih dahulu. Apakah kita new to chess, beginner, intermediate, atau advance. Nantinya kita akan dapat lawan yang setimpal sesuai dengan level yang kita pilih

Sudoku.com

Dari namanya tentu sudah tahu dong kalau ini situs tentang apa. Jadi di sini kita bisa bermain sudoku secara online tanpa registrasi dan lain sebagainya. 

sudoku online

Di sini permainannya simpel dengan aturan yang sama. Yaitu kita harus mengisi kolom angka yang kosong dengan angka baru yang belum ada dalam satu kolom persegi atau satu baris. Uniknya, jika kita salah memasukkan angka, kita akan diberitahu dengan warna tertentu. Jadi kita bisa langsung menggantinya. 

Solitaire.org

Solitaire.org adalah tempat bermain kartu dan asah otak yang menarik. Siapa sih yang tidak ingat dengan permainan solitaire di PC atau laptop? Sampai sekarang pun permainan in masih ada di Sistem Operasi saya secara default

solitaire online

Bagusnya, di solitaire.org, tidak hanya ada  jenis permainan kartu (Klondike, Spider, FreeCell, Pyramid, Tripeaks & Golf), tapi di sini juga ada beberapa jenis permainan online lainnya yaitu:

  • Mahjong games https://www.solitaire.org/mahjong-games/
  • Hidden Object games https://www.solitaire.org/hidden-object-games/
  • Card Games (seperti Gin Rummy, Crazy Eights, Euchre, Hearts, etc) https://www.solitaire.org/card-games/
  • Connect 3 Games (tipe permainan seperti Zuma Ball ashooters, atau Candy Crush) https://www.solitaire.org/match-3-games/
  • Other Fun Online Games (seperti Pacman, Tennis, etc.) https://www.solitaire.org/free-online-games/

Situs ini ringan, tanpa iklan dan memiliki penjelasan lengkap mengenai peraturan setiap permainan. Jadi jangan takut meskipun baru bermain alias pemula, kita bisa langsung memainkannya dengan mudah. Di sini juga kita tidak perlu login untuk bermain. Adapun beberapa permainan yang saya suka di situs ini adalah:

Pyramid Solitaire

Cara bermain game ini sangat mudah. Kita hanya perlu untuk memilih 2 kartu yang jumlahnya 13. Misalnya  kartu 10 + 3, 7 + 6, dll. Jadi perlu dipahami untuk kartu J, Q, dan K, masing-masing bernilai 11, 12, 13. Jadi karena kartu K sudah 13 maka kita cukup langsung menghilangkannya sendiri tanpa butuh kartu lainnya. 

Di sini kita harus memakai strategi jika terdapat 2 kartu yang bisa dipilih. Pastikan kartu yang dipilih bisa membuka jalan untuk kartu lainnya. 

Kita dituntut juga untuk konsentrasi dengan angka yang ada. Karena terkadang kalau kita kurang fokus, bisa melewatkan kesempatan. Jika kita bisa memilih kartu berturut-turut dengan benar, maka kita akan mendapatkan poin bonus tambahan.

solitaire pyramid
Saat bermain Pyramid Solitaire

Tripeaks Solitaire

Di permainan ini, secara bentuk mirip dengan susunan pyramid. Namun di sini cara bermainnya berbeda. Nanti akan ada 3 piyramid kartu yang harus kita buka dalam beberapa waktu. Semakin cepat kita, semakin tinggi skor yang didapatkan. 

Bagaimana cara membuka kartunya? Pertama-tama lihat kartu yang ada di bawah. Nah, nantinya cari kartu yang terbuka yang memiliki 1 langkah ke atas atau ke bawah dengan kartu yang diminta. Misalnya di bawah ada kartu 10. Berarti di atas kita harus mencari kartu J atau kartu 9. Kita bisa memilih kartu berulang kali selama kartu tersebut terbuka. Setiap kartu yang terbuka pada susunan pyramid di bawah, akan membuka kartu lainnya pada susunan pyramid atas. Lakukan sampai semua  kartunya habis. 

solitaire tripeaks
Saat bermain Tripeaks Solitaire

Golf Solitaire

Permainan ini mirip dengan Tripeaks. Perbedaannya adalah di sini susunan kartunya lebih variatif dan bisa memilih banyak dalam sekali waktu pemilihan. 

Kita harus membuka 1 kartu di bawah, dan menarik kartu di atas yang cocok. Kita harus menyusun strategi yang pas agar kartu di atas bisa segera habis. Skor yang akan kita dapatkan juga bergantung dari waktu yang kita gunakan

solitaire golf
Saat bermain Golf Solitaire

Itu dia ketiga permainan yang saya suka di solitaire.org. Di situs ini memungkinkan kita tidak bosan karena banyaknya permainan yang bisa kita mainkan. Situs ini juga tanpa iklan jadi lebih lancar. 

Sekadar informasi, di situs ini tidak ada tombol pause. Jika ingin berhenti sementara, bisa dengan menekan tombol restart (logo lingkaran dengan tanda panah) yang memulai permainan kembali dari awal, nantinya akan ada pilihan mau restart atau tetap lanjut. Jika dibiarkan, maka game akan paused dengan sendirinya. 

Dapat bonus skor kalau menyelesaikan gamenya dengan cepat nih

Penutup

Selain menghibur, permainan asah otak bisa juga sekaligus membantu menyegarkan kembali pikiran kita. Bermain game asah otak ternyata memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sebagai relaksasi, bermain game asah otak juga membantu kita untuk bisa lebih fokus, mempertajam ingatan, dan segudang manfaat lainnya. 

Kini, untuk bermain game asah otak tidak perlu juga harus mengunduh aplikasi yang hanya akan membuat memori handphone kita full. 

Cukup membuka situsnya, maka kita akan bisa langsung bermain bahkan tanpa registrasi. Ketiga situs rekomendasi di atas adalah situs-situs yang saat ini banyak digunakan orang lain untuk bermain karena berbagai kelebihannya. Situs yang ringan, tanpa iklan, menjadikan orang semakin nyaman bermain tanpa tersendat dan sebagainya. 

Yuk bermain game asah otak di rumah!

Gambar:
situs terkait
unsplash.com
Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Ngeliat game-game ini aku kaya lagi nostalgia loh kak. Jadi inget masa-masa sekolah dulu. Mainan laptop itu2 aja hahaha ternyata banyak manfaatnya juga ya.

    BalasHapus
  2. jadi inget lagi, solitaire adalah game "digital" pertama yang saya kenal dan saya mainkan dengan excited. Meski saat itu, modal minjem PC teman, jadi saat jutek dengn tumpukan laporan praktikum saya "kabur" sebentar main solitaire ini

    BalasHapus
  3. Aku tuh dulu waktu masih sekolah hobi banget main sudoku, karena seru dan bikin penasaran. Makin tuwir kok aku makin jarang main game-game yang mengasah otak, padahal penting untuk mencegah pikun di masa tua nanti.

    BalasHapus
  4. Aku udah lama ga main Solitaire nih, jadi pingin main lagi, lumayan ngasah otak dan isi waktu dan selingan nonton film hehe

    BalasHapus
  5. Game Solitaire legend banget ya, aku suka nih game2 yang begini buat ngilangin jenuh meskipun aku ga suka maen game sih sebenernya.

    BalasHapus
  6. baru tahu lho kalau game Solitaire itu sekarang banyak macamnya, selama ini cuma tahu Solitaire yang biasa aja, biasanya game bawaan yang sudah terinstall di windows ehh apa PC gitu :D
    boleh dicoba nih satu per satu Solitaire nya, kayaknya seru :D

    BalasHapus
  7. Ini sih gam-game yang tak pernah lenkang oleh waktu ya, tapi kalau anak sekarang dikasih game asah otak seperti ini pasti udah cempberut. Tapi dari beberapa diatas aku paling suka mainin solitaire.

    BalasHapus
  8. Ya ampun ternyata soliter banyak banget varian gamenya hehe
    Aku terus terang jarang main game mbak, paling mainnya yang gampang kyk Pou itu lho, hehe jarang main yg mengasah otak, ngajarin anak SFH dah memeras otak wkwk
    Tapi btw terima kasih rekomendasi game dan situsnya kali kapan2 kalau lagi gabut ku bisa main gamenya jugaa :D

    BalasHapus
  9. Main Solitaire itu seru loh apalagi si Onet hehe. Soalnya bener² nyari strategi sekaligus cara penyelesaiannya juga, biar kelar

    BalasHapus
  10. Banyak ternyata ya Kak Tri.
    Aku lemah banget kalo main games. Bisa nih dicontoh yang permainan kata kayaknya seru banget

    BalasHapus
  11. hihi game iseng-iseng tapi ternyata bermanfaat juga buat otak ya :) biar gak bosen juga sih kalau lagi gak ada kerjaan hehe

    BalasHapus
  12. Aku dulu juga main solitaire tapi yang offline nya. Ternyata sekarang sudah ada by online ya. Mantab lah ini. Apalagi nggak perlu download dulu ya.

    BalasHapus
  13. aku suka main sudoku kak, kalau udah seru malah sampai lupa waktu hehehe. Seru, ga mau kalah pokoknya

    BalasHapus
  14. Ternyata, selain menyenangkan. Main game juga bisa mengasah kemampuan otak ya kak. Pantesan banyak yang mengklaim dirinya sebagai gamers sejati

    BalasHapus
  15. Thanks kak informasinya. Dari semua aku paling kesusahakan main sudoku hahah

    BalasHapus
  16. Sampai sekarang aku suka riweuh sendiri loh kalau main sudoku. Malas mikir otakku, tapi kalau ngisi TTS suka penasaran.

    BalasHapus
  17. main games ini harus beneran tenang, jangan pas lagi mumet hehe. Kalau lagi mumet malah tambah stress main ini hehe.

    BalasHapus
  18. Ohohoho, Solitaire favoritku. Dulu kalo gabut banget selalu main itu sampe jarang banget kalah wkwkwkw

    BalasHapus
  19. Game Sudoku doang yg aku tau dan beberapa kali main juga. Game lain bole jg dicoba nih.

    BalasHapus
  20. Game solitaire adalah games favorit mama ku loh. Waktu kecil saya juga suka main games itu. Sama sudoku juga favorit banget waktu kecil.

    BalasHapus
  21. jadi teringat dan terkenang masa2 suka ngegame dahulu kala di laptop klo pas senggang. emang seru dan nagih sih main games yg mengasah otak gini, tapi skrg apa lah daya >.<

    BalasHapus