MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Manfaat Sunscreen untuk Kulit, Penting!

Manfaat Sunscreen untuk Kulit, Penting!
Add Comments
8/13/2022
Daftar Isi [Tampil]

Manfaat Sunscreen untuk Kulit | Sebagai wanita, amunisi untuk beraktivitas sehari-hari cukup kompleks. Mulai dari printilan isi tas seperti tissue, makeup, hingga sunscreen. 

Penggunaan sunscreen kini bukan lagi hal yang jarang. Berbeda sewaktu dulu di zaman saya sekolah dan kuliah, sunscreen masih menjadi barang yang belum populer. Kini, sudah banyak yang menjadikan ini sebagai barang yang wajib. 

Saya pribadi baru mulai rutin menggunakan sunscreen di usia sekitar 25 tahun. Jadi baru sekitar 4 tahun. Dulu, menggunakan sunscreen terasa 'membuang-buang uang', padahal manfaatnya banyak sekali. Pernah dengar salah satu artis yang sudah berusia 50 tahun namun tetap terlihat awet muda, dia mengatakan bahwa salah satu rahasianya adalah dengan rutin menggunakan sunscreen. Siapa sih yang gak mau awet muda? 😄

Apa itu Sunscreen?

Bagi yang masih bingung, sunscreen adalah produk perawatan kulit yang biasanya berbentuk losion, gel, spray, foam, atau stick. Kalau saya lebih sering menggunakan yang berbentuk losion.

Fungsi secara umum adalah barang ini dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB.

Apa sih perbedaan UVA dan UVB? Nah, keduanya sebenarnya sama-sama buruk bagi kulit. Cuma sinar UVA menimbulkan dampak kerusakan yang lebih parah lho karena bisa menembus bagian terdalam kulit.

Mengapa? Karena sinar UVA dapat menembus awan hingga kaca. Dan bukan hanya di siang hari, tapi juga bisa di saat malam hari. Bahkan ketika cuaca sedang mendung. Sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit serta menyebabkan keriput dan flek hitam.

Adapun sinar UVB (Ultraviolet-Burning) merupakan sinar matahari yang memiliki panjang gelombang lebih kecil dari sinar UVA. Sinar UVB tidak menembus kaca dan awan, tapi radiasinya jauh lebih kuat daripada UVB. Terkena sinar UVB sebentar saja dapat menyebabkan kulit terbakar. 

Manfaat Menggunakan Sunscreen

Kita tahu bahwa sinar UV memiliki dampak yang buruk bagi kulit. Nah, dengan penggunaan sunscreen kita bisa mencegah berbagai efek baik jangka pendek dan jangka panjang. Akibat tidak memakai sunscreen yaitu:

  • Terbakar matahari (sunburn)
  • Kulit gelap
  • Kulit hitam
  • Kulit kusam
  • Penuaan kulit
  • Kulit keriput
  • Kulit kendur/tidak kencang
  • Muncul bercak-bercak kecoklatan atau flek hitam
  • Risiko kanker kulit

Melihat berbagai risiko yang ada di atas, ternyata memang manfaat sunscreen untuk kulit sangatlah penting.

Pengalaman saya setelah rutin menggunakan sunscreen, kulit menjadi lebih terawat dan tidak kusam. Dibarengi menggunakan skincare ya. Bahkan pernah dengar bahwa penggunaan sunscreen juga sebaiknya digunakan meski di rumah saja. Lantas bagaimana tips memilih sunscreen yang baik?

1. Pilih sunscreen yang cocok untuk kulit masing-masing

Seperti halnya skincare, tidak semua orang cocok dengan semua jenis sunscreen. Jadi sebaiknya pilih sunscreen dalam kemasan kecil dulu. 

2. Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30

Setidaknya, pilih sunscreen dengan minimal SPF30. Kalau budget lebih bisa pilih yang SPF50. Contoh merk yang banyak dijual dan cukup terjangkau seperti sunscreen Wardah.

3. Pilih sunscreen yang sudah BPOM

Selalu perhatikan 'alat tempur' yang kita gunakan sudah lolos BPOM. Karena kulit merupakan bagian penting khususnya bagi wanita.

Cara Pakai Sunscreen

Sebenarnya bagaimana sih cara pakai sunscreen? Harus berapa kali, berapa ruas dan dipakai di bagian tubuh mana saja? Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), cara pakai sunscreen yaitu:

1. Penggunaan sunscreen sekitar 1 sendok teh di area wajah, leher, dan kepala. Begitu pun untuk area tangan.

2. Sunscreen wajib diaplikasikan pada semua area yang tidak tertutup baju. 

3. Untuk bagian yang tertutup juga sebaiknya digunakan. Seperti untuk area dada depan dan punggung belakang, sekujur paha hingga kaki, masing-masing membutuhkan sekitar 2 sendok teh sunscreen.

Kapan sunscreen digunakan? Nah, sebaiknya sunscreen adalah step terakhir dari skincare. Jika kita bermake up maka sunscreen digunakan sebelum menggunakan make up.

Itu dia manfaat sunscreen untuk kulit kita. Jangan lupa untuk selalu stok sunscreen dan diaplikasikan ulang sekitar 2 jam sekali. Artikel lainnya tentang manfaat sunscreen bisa dicek di ceklist.id.

Sumber: 
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/manfaat-pakai-sunscreen
Ilustrasi: 
https://unsplash.com/photos/absT1BNRDAI
Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...