BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

Ternyata Ini Dia 8 Cara Agar Wajah Tidak Kusam

Penyebab wajah kusam dapat beragam, mulai dari faktor internal hingga eksternal. Perlu usaha konsisten agar wajah tidak kusam.
cara agar wajah tidak kusam

Suatu hari pak suami dan anak saya yang sulung berkomentar mengenai foto saya yang zaman dulu. Kata mereka wajah saya yang dulu tampak kusam dan tidak secerah saat ini. Saya hanya tertawa mendengarnya. Ya namanya dulu belum tahu perawatan kan ya hehe. 

Tapi sebenarnya penyebab wajah kusam apakah hanya karena malas perawatan? Ternyata ada banyak faktornya. Selain itu saya akan memaparkan juga beberapa tips atau cara agar wajah tidak kusam. Yuk langsung kita bahas saja!

Penyebab Wajah Kusam

Wajah kusam adalah kondisi kulit yang tampak tidak cerah, lelah, dan kurang bercahaya. Penyebab wajah kusam dapat beragam, mulai dari faktor internal hingga eksternal. Berikut adalah beberapa penyebab utama wajah kusam:

1. Kurangnya Perawatan Kulit

Tidak membersihkan wajah secara rutin dapat menyebabkan penumpukan kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Hal ini bisa menghambat regenerasi sel kulit baru dan membuat kulit tampak kusam.

2. Dehidrasi

Kulit yang kekurangan cairan akan kehilangan elastisitas dan tampak kering serta kusam. Terdengar sepele, tapi manfaat air putih sangatlah penting.

3. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar UV berlebih dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan hiperpigmentasi serta munculnya bintik hitam. Sering melihat wajah dengan bintik hitam di pipi? Itu adalah salah satu flek yang muncul akibat seringnya terpapar sinar UV tanpa pelindung. Saya pun di usia 31 tahun kini mulai bermunculan flek-flek halus.

4. Gaya Hidup Tidak Sehat

Pola makan yang tidak seimbang, kurang tidur, dan kebiasaan merokok dapat memengaruhi kesehatan kulit. Nutrisi yang buruk dan racun dari rokok dapat mempercepat proses penuaan kulit dan membuatnya tampak kusam.

5. Stres

Stres kronis dapat mempengaruhi sirkulasi darah dan mengurangi suplai oksigen serta nutrisi ke kulit, yang dapat menyebabkan kulit tampak lelah dan kusam.

6. Polusi dan Lingkungan

Paparan polusi udara, debu, dan bahan kimia dapat merusak lapisan pelindung kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering serta kusam. 

7. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, regenerasi sel kulit melambat, produksi kolagen menurun, dan kulit cenderung kehilangan kilau alaminya.

8. Penggunaan Produk yang Tidak Tepat

Produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau yang mengandung bahan keras dapat menyebabkan iritasi dan kulit kusam.

8 Cara Agar Wajah Tidak Kusam

Setelah tahu penyebab wajah menjadi tidak cerah, berikut cara agar wajah tidak kusam:

1. Pembersihan Rutin

Bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Prinsip saya adalah, pantang tidur sebelum mencuci muka.

2. Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi 12 kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit baru. Gunakan scrub atau eksfoliator kimia yang lembut. Cara eksfoliasi mudah bisa ditemukan di tulisan saya sebelumnya.

3. Hidrasi yang Cukup

Minum air minimal 8 gelas sehari untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam. 

4. Perlindungan dari Sinar Matahari

Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung. Ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

5. Nutrisi Seimbang

Konsumsi makanan kaya antioksidan, vitamin, dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan untuk kesehatan kulit.

6. Istirahat yang Cukup

Pastikan tidur cukup, sekitar 7-8 jam per malam, untuk mendukung regenerasi kulit.

7. Hindari Stres

Kelola stres dengan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau aktivitas yang menyenangkan untuk mencegah efek negatif pada kulit.

8. Perawatan Kulit yang Tepat

Pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Hindari produk yang mengandung bahan keras atau iritan. Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit untuk menghindari kulit kering.

Rekomendasi Produk Perawatan

Untuk mengatasi wajah kusam, tentu penting untuk menjaga rutinitas perawatan kulit yang baik, hidrasi yang cukup, pola makan sehat, serta perlindungan dari sinar matahari dan polusi. Menggunakan produk yang tepat sesuai dengan jenis kulit dan menghindari stres juga dapat membantu mengembalikan kecerahan kulit.

Bisa dikatakan, perawatan sangatlah menjadi faktor yang cukup penting dalam merawat kulit saya pribadi. Saya memilih produk-produk yang memang memiliki khasiat bagus dan dijamin halal dan BPOM. Syukurnya, dengan rutin perawatan, kulit saya kini bisa lebih cerah dan tidak kusam lagi seperti dahulu. 

KAHF Triple Protection Sunscreen Moisturizer

Untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV yang dapat menyebabkan muka kusam, saya merekomendasikan KAHF Triple Protection Sunscreen Moisturizer. KAHF Triple Protection Sunscreen Moisturizer yang mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV yang dapat menyebabkan muka kusam. 

Produk ini memiliki formulasi ringan yang cepat meresap, diperkaya dengan bahan natural dan tanpa alkohol, sehingga aman untuk semua jenis kulit, bahkan kulit yang rentan berjerawat sekalipun.

Sunscreen ini melindungi kulit dari bahaya paparan langsung sinar UVA & UVB, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini sekaligus juga memberikan lapisan perlindungan untuk menghalau asap polusi dan melindungi dari radiasi sinar blue light, yang dapat menyebabkan penuaan kulit.

Dengan menggunakan KAHF Triple Protection Sunscreen Moisturizer, kita akan mendapatkan perlindungan maksimal dari sinar UV, polusi, dan radiasi blue light, sekaligus menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. 

KAHF Triple Protection Sunscreen Moisturizer

Selain itu, untuk mendapatkan kulit yang terasa lebih bersih, segar, dan tampak lebih cerah, coba gunakan KAHF Skin Energizing and Brightening Face Wash 50 ml. Produk ini membantu menjadikan kulit terasa lebih bersih, segar dan tampak lebih cerah.

KAHF Skin Energizing and Brightening Face Wash adalah sabun pembersih wajah yang menggabungkan teknologi HydroBalance™ dan Pure Cleanse untuk membersihkan dan melembapkan kulit secara menyeluruh hingga ke pori-pori. Diperkaya dengan ekstrak Moroccan Mint dan Mediterranean Grapefruit, face wash ini membuat kulit terasa lebih segar dan tampak lebih cerah. Formulanya yang ringan menjadikannya cocok untuk semua jenis kulit. 

Penutup

Itu dia tips-tips agar wajah tidak kusam. Menggunakan produk sunscreen dan facial wash dari KAHF secara rutin bisa menjadi pilihan teman-teman dalam merawat kulit. Semoga dengan menerapkan langkah-langkah di atas secara konsisten, kulit dapat menjadi lebih cerah dan sehat, dan membantu mengurangi tampilan kusam.

2 komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Aku juga malah baru kenal perawatan tuh akhir-akhir ini. Pas usia udah >25th. Kalau liat foto pas masa kuliah, kulitnya malah keliatan gak karuan. Lusuh banget

    BalasHapus
  2. suamiku juga aku kasih sunscreen ini mbak, alhamdulillah ternyata dia cocok juga apalagi kalo dibarengi sama cara2 yang dijelasin tadi. Bener2 bikin kulit lebih sehat.

    BalasHapus