BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

Tips Naik Pesawat Saat Sedang Tekena Flu, Berbahayakah?

Tips naik pesawat saat sedang flu apa saja?

Sebagai pelancong, Anda pasti tidak ingin sakit ketika sedang bepergian menggunakan pesawat. Terlebih lagi, jika sedang mengalami gejala flu. Kondisi seperti ini membuat kita merasa takut dan bingung saat naik pesawat, padahal sudah terlanjur booking dan merencanakan semuanya.

Jika Anda mengalami hal ini tidak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang dapat membantu Anda naik pesawat Pelita Air dengan aman saat sedang tekena flu. Pertama, pastikan untuk memakai masker selama perjalanan, hindari banyak berbicara, dan bawa multivitamin.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja tips yang bisa dilakukan saat naik pesawat terbang di kala flu, ada baiknya menyimak pembahasan di bawah ini.

Memakai masker selama perjalanan

Sebagai penumpang, Anda harus memperhatikan kesehatan dan kenyamanan dalam berkendara menggunakan pesawat. Terlebih saat sedang terkena flu, penting untuk memastikan bahwa Anda melakukan beberapa hal untuk menjaga diri dan orang lain di sekitar. Salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan adalah memakai masker selama perjalanan.

Masker dapat membantu mencegah penyebaran virus dan memastikan bahwa Anda tidak menyebar infeksi ke orang lain. Oleh karena itu, memakai masker adalah hal yang paling penting untuk dilakukan saat sedang terkena flu dan ingin naik pesawat.

Jika Anda merasa sakit, sebaiknya jangan naik pesawat sampai Anda benar-benar sembuh. Ini dapat membantu mencegah penyebaran virus dan memastikan bahwa tidak menyebar infeksi ke orang lain. Intinya jika tidak sedang urgent jangan memaksakan diri naik pesawat terbang.

Minum air putih secara teratur

Minum air putih sangat penting saat sedang mengalami flu. Air putih membantu menjaga hidrasi tubuh dan mempermudah proses detoksifikasi. Minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk membantu meredakan gejala flu.

Selain itu, Anda juga dapat membawa air mineral ke dalam pesawat. Ini membantu memastikan bahwa Anda selalu memiliki air selama penerbangan. Ingatlah untuk mengisi botol air setiap kali habis dan jangan sungkan meminta bantuan pramugari.

Untuk menjaga kesehatan, hindari minum air yang tidak matang atau minuman yang banyak mengandung gula. Air semacam itu akan menyebabkan Anda jadi semakin sakit karena bisa menyebabkan tenggorokan jadi gatal atau serik.

Bawa obat flu dan hand sanitizer

Pastikan membawa obat flu dan hand sanitizer. Obat flu akan membantu mengurangi gejala dan menjaga Anda tetap sehat selama perjalanan. Sedangkan hand sanitizer akan membantu Anda membunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan dan sekitarnya..

Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman sehingga udara dapat mengalir dengan baik. Hindari memakai pakaian yang ketat karena dapat memperburuk kondisi. Pastikan juga untuk membawa kantong untuk sampah, jika Anda harus menggunakan tisu.

Hindari makan makanan berminyak atau berlemak

Hindari makan makanan berlemak atau berminyak sebelum terbang. Makanan ini dapat memperburuk kondisi dan membuat Anda merasa tidak enak badan. Alihkan pilihan Anda ke makanan ringan dan segar seperti sayur dan buah-buahan.

Biasanya makanan yang ada di dalam pesawat memang tidak bisa memilih karena sangat terbatas. Namun, jika memungkinan lebih baik untuk meminta makanan yang sehat dan tidak menyebabkan tenggorokan menjadi sakit dan tidak nyaman.

Selain itu usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman yang dingin atau ada esnya. Ini akan memperburuk flu yang Anda miliki. Lebih baik meminta yang hangat atau lebih baik memilih yang memiliki suhu standar.

Pertahankan jarak dengan orang lain

Pastikan untuk selalu mempertahankan jarak dengan orang lain jika memungkinkan. Misal saat kabin tidak terlalu penuh, Anda bisa memilih untuk duduk di kursi yang sedikit terpisah agar orang lain tidak tertular oleh penyakit flu yang sedang dialami.

Pastikan kondisi kuat untuk berjalan

Pastikan untuk beristirahat dan mengonsumsi makanan yang sehat sebelum berangkat. Ini akan membantu Anda menjaga daya tahan tubuh dan mencegah terkena infeksi. Bawa obat-obatan penting dan anti-influenza seperti paracetamol.

Jika masih kuat untuk berjalan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang bisa dilakukan kapan saja. Namun, jika merasa tidak kuat untuk melakukannya jangan memaksakan diri dan menyebabkan orang lain kerepotan.

Segera ke dokter setelah mendarat

Begitu sampai di tujuan ada baiknya untuk segera ke dokter yang ada di dalam bandara. Ketika berada di bandara biasanya selalu ada klinik yang sudah stempel untuk mengatasi penumpang yang mengalami sakit.

Namun jika kondisi tubuh ternyata sudah membaik bisa langsung pergi ke hotel atau tempat tujuan selanjutnya. Pastikan perjalanan berjalan dengan lancar dan kondisi tubuh tidak mengganggu aktivitas selanjutnya.

Penting untuk memperhatikan kondisi kesehatan saat bepergian menggunakan pesawat terbang. Terutama jika sedang mengalami gejala flu, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik. Jika memang kondisinya memburuk, lebih baik dibatalkan agar mendapatkan uang kembali.

Dengan memperhatikan beberapa tips yang telah disebutkan, Anda dapat memastikan perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan bebas dari kondisi yang tidak diinginkan. Selain itu, beli juga tiket dengan Traveloka untuk memudahkan pembatalan atau penjadwalan ulang saat sakit.

Ilustrasi: unsplash.com

Posting Komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

Temen²

Total Pageviews