BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

Memilih Sunscreen Pria, Apakah Berbeda dengan Sunscreen Biasa?

Menggunakan sunscreen setiap hari membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan
Sunscreen pria

Pohontomat.com | Salah satu skincare yang masih sering dipertanyakan beberapa kaum pria adalah sunscreen. Menurut beberapa pria, sunscreen bukanlah hal penting, apalagi harus digunakan setiap hari. Seperti suami saya, jangankan sunscreen, facial wash pun kalau ingat saja, hehe. Oleh karenanya sebenarnya penting untuk tahu manfaat keseluruhan penggunaan sunscreen pria ini.

Kita tahu, kulit adalah organ terbesar yang melindungi tubuh dari berbagai faktor eksternal, termasuk sinar UV berbahaya. Sunscreen merupakan produk penting dalam perawatan kulit yang sering diabaikan oleh banyak pria. Namun, menggunakan sunscreen setiap hari tidak hanya berkaitan dengan kecantikan, tetapi juga dengan kesehatan kulit secara keseluruhan. Inilah mengapa penting bagi pria untuk memahami manfaat menggunakan sunscreen setiap hari dan memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit mereka.

Manfaat Memakai Sunscreen Pria Setiap Hari

Pria diberi kewajiban sebagai pencari nafkah, tentu sebagian besar pria bisa dikatakan akan beraktivitas di luar sehari-hari. Baik kulit pria berjerawat, berminyak, atau kering, tidak luput dari dampak buruk sinar UV. Ternyata, manfaat penggunaan sunscreen untuk pria sangatlah banyak. Berikut di antaranya:

Melindungi dari Sinar UV: Paparan sinar UV dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk penuaan dini, hiperpigmentasi, dan bahkan kanker kulit. Sunscreen membentuk lapisan pelindung yang menghalangi sinar UV dari merusak kulit.

Mencegah Penuaan Dini: Salah satu manfaat utama dari menggunakan sunscreen adalah mencegah penuaan dini. Paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin dalam kulit, yang pada gilirannya menyebabkan keriput dan garis-garis halus.

Mengurangi Risiko Kanker Kulit: Sunscreen membantu mengurangi risiko terkena kanker kulit, termasuk melanoma yang mematikan. Dengan melindungi kulit dari paparan sinar UV, sunscreen membantu mencegah kerusakan DNA yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel-sel kanker.

Mengurangi Hiperpigmentasi: Paparan sinar UV juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi, seperti bintik-bintik gelap dan noda-noda matahari. Dengan menggunakan sunscreen secara teratur, kita dapat mengurangi risiko terjadinya hiperpigmentasi dan menjaga kulit tetap cerah dan merata.

Mempertahankan Kesehatan Kulit: Menggunakan sunscreen setiap hari membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Dengan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV, kita dapat mengurangi risiko peradangan, iritasi, dan masalah kulit lainnya.

Perbedaan Sunscreen Pria dan Wanita

Lalu apa sih perbedaan sunscreen pria dan wanita? Meskipun sunscreen pria dan wanita pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan. Seperti sunscreen pria cenderung memiliki tekstur yang lebih ringan dan cepat meresap, karena banyak pria tidak suka dengan produk yang terlalu berat atau lengket.

Nah, ini yang mungkin sangat berbeda. Dari segi aroma, sunscreen pria cenderung memiliki aroma yang lebih maskulin, sementara sunscreen wanita mungkin memiliki aroma yang lebih bunga atau manis. Kurang lebih saat memilih parfum, bakalan aneh kan kalau pria memakai parfum wanita?

Tips Memilih Sunscreen untuk Pria

Lalu, apakah sebaiknya pria memakai sunscreen yang sama dengan wanita? Karena aktivitas dan jenis kulit serta aroma yang disebutkan sebelumnya biasanya berbeda, saya menyarankan pria menggunakan sunscreen khusus pria saja. Pastikan untuk pilih SPF yang tepat. Misalnya memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dengan baik dari sinar UVB.

Perhatikan juga tipe kulit. Jika memiliki kulit sensitif atau berjerawat, pilihlah sunscreen yang tidak menyebabkan iritasi atau menyumbat pori-pori. Karena pria mudah berkeringat, yang cukup penting adalah pilih yang tahan air. Karena Jika berencana untuk beraktivitas di luar ruangan atau berolahraga, sunscreen yang tahan air akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Berbicara soal sunscreen yang tahan air, saya merekomendasikan sunscreen pria dari Kahf. Namanya Kahf Invisible Matte Sunscreen Stick. Bentuknya yang stick, sangat mudah untuk diaplikasikan. Cocok untuk pria yang tidak ingin “repot” dalam merawat kulit.
Sunscreen cowok

Keunggulan lainnya adalah Kahf Invisible Matte Sunscreen Stick ini diklaim tahan air, tahan keringat, dan tahan gesekan. Selain itu Kahf Invisible Matte Sunscreen Stick tidak hanya melindungi dari sinar UV, tetapi juga dari efek negatif polusi dan sinar biru (bluelight) yang dapat merusak kulit.

Formula Non-Acnegenic dan Non-Comedogenic yang terkandung juga tidak menyebabkan jerawat dan tidak menyumbat pori-pori sehingga membuat sunscreen ini cocok untuk semua jenis kulit, bahkan yang cenderung berminyak. Jadinya enggak perlu repot kan mencari sunscreen pria untuk kulit kering atau sunscreen pria untuk kulit berminyak?

Penutup

Menggunakan sunscreen setiap hari adalah langkah sederhana namun penting dalam menjaga kesehatan kulit. Dengan memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit, kita dapat melindungi diri dari kerusakan sinar UV dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Tidak terkecuali untuk pria. Dokter klinik kecantikan saya bahkan sering menyarankan setidaknya rutin menggunakan sunscreen bukan hanya di luar rumah tapi juga di dalam rumah lho! Memang sepenting itu.

Saya merekomendasikan untuk para pria memakai sunscreen pria dari Kahf karena selain melindungi kulit dari bahaya paparan langsung sinar UVA & UVB, sunscreen Kahf juga dilengkapi dengan moisturizer sehingga dapat membuat kulit tetap terhidrasi dengan rasa nyaman untuk menemani perjalanan sehari-hari.

Image: Pixabay



Posting Komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

Temen²

Total Pageviews