Belasan Website dan Aplikasi untuk Menjadi Influencer 2020

Daftar Isi [Tampil]


aplikasi untuk menjadi influencer
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay 


Belasan Website dan Aplikasi untuk Menjadi Influencer 2020Sesuai janjiku kemarin kalau aku pengen share soal bagaimana caranya agar bisa dibayar untuk posting di sosia medial kita. Mayan kan posting dapat dollar, hehe. Ini juga berlaku di blog sih. Jadi secara umum, website-website dan aplikasi-aplikasi di bawah ini sangat membantu untuk mendapatkan informasi seputar job atau tawaran untuk menjadi influencer sebuah produk barang atau jasa.

Perlu diketahui Influencer marketing adalah suatu bentuk pemasaran media sosial yang melibatkan dukungan dan penempatan produk dari influencer, orang dan organisasi yang memiliki tingkat pengetahuan dan / atau pengaruh sosial yang diakui dalam bidangnya masing-masing (wikipedia).

Jadi influencer sendiri adalah orang yang melakukan pemasaran, dengan daya tarik agar orang-orang bisa ikut atau terpengaruh. 

Sebelumnya mau cerita, awal tahu kalau ngeblog itu bisa hasilin duit pas ngobrol-ngobrol di grup wa komunitas. Nah ada salah satu member yang berbagi kalau dia itu bisa dapat penghasilan dengan posting sesuatu sesuai permintaan. Seru banget dengernya. Waktu dulu kepikir buat dapat uang dari blog itu gak ada sama sekali padahal. Tentu dengan syarat biasanya yang dibutuhkan itu blog dengan domain TLD (sudah berbayar seperti .com dan sebagainya). Saat itu harapan awalnya memang pengen bisa domain berbayar gitu.

Akhirnya coba-coba masuk komunitas blogger pertama kali. Namanya Blogger Perempuan (BP). BP pun ternyata memiliki sebuah platform lain untuk kontak info kerjasama blogging atau sosial media. Dulu kalau tidak salah namanya Blogger Perempuan Network (BPN) yang sekarang berubah menjadi hiip. Inget banget dulu daftar gitu, lalu akhirnya bisa dapat job pertama kali lewat situ meski blog masih belum domain TLD (Top Level Domain).

Job pertama adalah posting di media sosial tentang salah satu provider telekomunikasi dengan bayaran yang lumayan buat beli domain setahun, hehe. 

Seneng banget waktu itu. Apalagi pas banget providernya emang aku lagi pake juga. Syaratnya dulu inget banget follower minimal 1000, dan berdomisili di salah satu wilayah yang memang lagi campaign (sebutan untuk aktivitas influencer).

Media sosial yang kalian gunakan biasanya harus sesuai dengan keinginan penyedia job. Jadi pastikan tidak hanya banyak followers, tapi juga konten-konten yang bagus juga engagement rate yang cukup tinggi. Bagi yang belum tahu, engagement rate adalah jumlah hasil beberapa postingan (biasanya 12) dibagi likes dan comments 12 postingan terakhir tersebut. Kamu bisa mengetahuinya dengan mudah dengan cukup browsing engagement rate calculator di google ya.

Langsung saja berikut beberapa website maupun aplikasi yang bisa jadi sumber informasi job-job influencer :

WEBSITE

Setiap website di bawah ini memiliki aturan, syarat dan tata cara yang berbeda dalam memberikan informasi job. Ada yang setelah mendaftar, kita tinggal tunggu cantik tawaran via email. Ada yang websitenya harus sering dikunjungi untuk melihat job-job yang ada di home website, dan kita mengajukan proposal untuk join (nanti akan diberitahu diterima atau tidak). ada juga website yang mengharuskan mengaktifkan tombol on tiap 7 hari sekali, kalau tidak akan dianggap off. Jadi pastikan untuk mempelajari dengan baik ya.

1. Hiip 


Seperti saya cerita sebelumnya, ini adalah platform yang paling sering menawarkan job. Bukan hanya job media sosial, tapi juga job untuk blog. Tata cara informasi job diberikan langsung melalui email. Mereka akan kirim email ke anggota-anggota hiip yang telah mendaftar dan menyesuaikan profil anggota.

Jadi pastikan info porfil kamu lengkap agar dapat email juga sering-sering hehe. Kamu juga bisa ikut di grup FB, cari saja nama Hiip Influencer Indonesia, dan join grupnya. Di sana aka nada informasi-informasi job yang jika kamu sesuai, tinggal isi google form yang tersida. Jika kamu cocok dengan yang mereka cari, maka mereka akan langsung menghubungi via email.

2. Revu


Ini aku baru tahu sebenarnya dan baru daftar juga. Dapat infonya juga di grup FB (ternyata FB luar biasa untuk hal-hal seperti ini pemirsa). Awalnya iseng-iseng aja cari grup influencer yang lain. Dapat grup blogger review. Nah pas mau join ada iklan revu ini. Udah daftar, login, dan emang banyak juga job-job yang bisa kamu ikuti.

3. Sosiago


Di tempat ini juga cukup lengkap. Selain info job untuk blog dan media sosial, juga ada info lomba blog yang disediakan. Biasanya yang join job di tempat ini cukup banyak, sedangkan yang dicari gak terlalu banyak. Cukup banyak influencer di sini, hehe.

4.Sociabuzz 

 


Di tempat ini juga banyak banget informasi job-job yang variatif.  Sociabuzz juga memiliki fasilitas engagement rate calculator yang bisa kamu gunakan untuk menghitung ER kamu. Kamu bisa daftar di sociabuzz lewat ini. Ingat masukkan kode referral triyatnip ya.

5. Tellscore 

 

Tellscore sistemnya cukup unik. Kamu harus mengaktifkan tombol kerja tiap 7 hari sekali. Jika tidak kamu akan dibaca sedang off. Selain itu, setelah mendaftar media sosial, tidak akan muncul job-job seperti yang lain yang bisa kita ajukan proposal. Tapi akan dihubungi via email jika memang cocok. Pastikan lengkapi porfilmu dengan baik.

6. Vira.id

Vira.id sistemnya mirip sosiago, tapi tidak ada minimal DA seperti sosiago. Enaknya di sini persaingan masih tidka sebanyak sosiago. Meski tidak terlihat berapa orang, tapi di sini cukup cepat mendapat pekerjaan. Sayangnya harga yang ditawarkan juga tidak terlalu tinggi. 

7. Jawalink dan RajaBacklink 

Keduanya adalah website yang berbeda. Tapi memiliki sistem yang sama. Yaitu website kita didaftar kemudian akan diberi harga sesuai kulaitas website kita. Orang-orang yang akan beli backlink akan menghubungi website sesuai kebutuhan mereka.

Sama dengan vira.id,  tidak ada minimal DA tapi website kita akan dibayar sesuai kualitasnya (harga per artikel di website otomatis muncul saat daftar).

Ada lagi untuk jasa freelance secara umum bisa cek di projects.co.id. di sana segala pekerjaan freelance ada.

APLIKASI

Sebenarnya aplikasi-aplikasi di bawah ini baru saja aku unduh. Meski tidak seupdate website di atas untuk informasi job, tapi aku lihat cukup banyak juga, tinggal kita sering-sering lihat info yang ada. Selain itu, beberapa aplikasi di bawah ini juga memiliki website. Tapi dasar emang lebih suka pakai hp, biasanya saya unduh appnya aja kalau memang sudah bagus. Apa saja aplikasinya?

1. Partipost

Ini satu-satunya aplikasi yang saya pernah dapat job meski tidak banyak. Sepertinya banyak saingan juga di sini. Tapi serunya di sini memang banyak job yang ditawarkan advertiser. Tinggal kita pilih yang sesuai. Sayangnya memang kebanyakan job di daerah Jabodetabek. Tapi di luar Jawa juga cukup banyak kok.
Saya pribadi menilai ini justru aplikasi yang paling terbaik. Dengan job paling banyak. Range followers paling luas mulai dari 500 saja. Hingga bayaran yang paling tinggi (ada harga post, like, dan komennya juga). Wajib unduh aplikasi satu ini yes!
 Lalu aplikasi sejenis partipost ada enggak? Banyak kok, nih lanjut kubahas di bawah.

2. Lemon Influencer




Aplikasi ini tampilannya cukup menarik. Kamu download saja dan langsung daftarkan sosial media instgaram kamu. Lihat informasi-informasi job yang ditawarkan di sana.

3. Endorsegram



Di sini minimal followersnya agak cukup tinggi, dan menurut saya bayarannya kurang banyak dibanding yang lainnya. Tapi kalau mau coba bisa diunduh saja aplikasinya.

4. Allstars


Aplikasi ini lebih cukup mudah dibanding lainnya. Banyak job yang minimal followers 1000. Cukup mudah dikerjakan meski memang harus mengajukan proposal dan konsep terlebih dahulu lalu kemudian akan diseleksi. 

5. The Asian Parent

Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi khusus untuk informasi orang tua dan ilmu parenting maupun pernikahan. Namun ternyata ada satu fitur untuk menjadi influencer, yaitu fitur VIP Member. Aku baru saja diterima sebagai VIP member, namun sampai saat ini memang belum ada info job yang aku terima melalui app ini.

Beberapa job di atas bukan hanya mengandalkan sosial media Instagram dan blog untuk menaruh iklan. 

Beberapa juga ada job melalui youtube, twitter atau facebook dan media sosial lainnya (misal platform fimela untuk beauty blogger). Jadi masukkan saja akun media sosial kamu yang menurutmu bisa menghasilkan juga. 

Mereka biasanya ada yang menentukan berapa jumlah minimal followers/subscriber yang kita punya dulu. Pastikan juga masukkan info profil lengkap seperti kategori medsos (beauty, parenting), hobi kita, bahkan portofolio-portofolio yang bisa mendukung agar advertiser bersedia menggunakan jasa kita.

O ya rata-rata untuk job di blog syarat minimal DA (Domain authority) yang diperlukan adalah 10. Blog saya pribadi belum 10 karena memang masih baru. jadi masih jarang banget job buat blog (Alhamdulillah MEI 2020 pohontomat.com udah DA 15 😍).

Usahakan untuk rajin-rajin update konten (pengingat diri sendiri XD), dan cari informasi cara menaikkan DA. Kalau blogmu belum TLD kamu boleh mulai mencoba untuk membeli domain. Tapi kalau mau tetap pakai domain gratisan juga tidak apa. Karena beberapa job juga tidak mempermasalahkan itu yang penting DA-nya tinggi.

Nah itu dia informasi mengenai website dan aplikasi penyedia job buat influencer atau Aplikasi untuk Menjadi Influencer 2020. Sebenarnya masih banyak kalau mau cari-cari, tinggal perbanyak jaringan saja.

Kalian bisa kepo juga di Grup Facebook SMSC Mencari Contact, Job Blogger Indonesia, juga beberapa influencer management di instagram. 

Jadi coba saja cari-cari lagi ya. kalau ada yang ingin ditanyakan bisa melalui kolom komentar atau via DM IG @pohontomat. Semoga bermanfaat!

Yang udah malang melintang di dunia per-influencer-an yuk share tips-tips lainnya 😆.

Baca Juga :
@pohontomat | Triyatni Ashari
ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Related Posts

51 komentar

  1. Wah, banyak ternyata ya. Semangat semangat cari job. Makasih infonya yaa,

    BalasHapus
  2. Dari 9 ini saya cuma familiar dengan job dari Hiip dan Sosiago aja, heheh. Yg Tellscore itu beneran unik ya, kita semacam absen kerja gitu ya hitungannya, hihih.
    Anyway, makasih ya Mbak, mainan saya kurang jauh ini 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak sy juga familiar itu 2 aja. Sisanya emang baru daftar 🤣

      Hapus
  3. Waaaahh banyak yang saya baru tahu, padahal hampir semuanya pernah masuk ke email saya :D
    Kalau saya seringnya sama Hiip, dan baru-baru saja dengan sociabuzz.

    Boleh juga nih, mau intip yang lainnya juga :)

    BalasHapus
  4. Dari 9 itu yang banyak mampir ke saya adalah Hiip :) tetapi siap mencari job juga. Thank banget infonya ya :)

    BalasHapus
  5. Website yang aku pakai baru nomor 1-4 nih kak baru tau aku kalo ternyata sebanyak itu yaa.. butuh banget nih aku buat cari-cari usaha di dunia per instagraman hehehe

    BalasHapus
  6. Banyak ya ternyata huhu
    Baru usia satu thn tiga bln blog dan masih dikit job hehe. Tapi alhamdulillah aja. Makasih atas sharing dan menularkan semangatnya ya

    BalasHapus
  7. Sebagian udah pernah nyobain, seru juga banyak aplikasinya, jadi banyak info juga. Jadi semangat juga nih untuk nambah followers.

    BalasHapus
  8. aku join yang sociabuzz sama hiip. Partipost juga pake gak sister? itu kaya aplikasi kaya si lemon itu.Banyak juga job nya, tapi banyakan harus domisili manaaa dan harus followers berapaaa gitu.

    BalasHapus
  9. Aku baru ikutan Hiip aja dan so far bayarannya lumayan banget :) Makasih ya Mba informasinya, aku coba-coba browsing list dari Mba dulu.

    BalasHapus
  10. Hanya tahu beberapa saja nih jadi pengen coba juga yang lainnya ada yang pernah aku coba cuman bayarannya sadis makanya ga dilanjut hehehe

    BalasHapus
  11. Wkwkwkwk, ini informasi yang saya cari-cari waktu awal-awal bikin blog dulu. Dulu saya sempat bingung banget bagaimana caranya dapat job untuk blog. Alhamdulillah sekarang sudah tahu dan semakin tahu saja berkat tulisan ini. Thank you banget sharingnya Mbak, *peluk*.

    BalasHapus
  12. Aku cuma tau beberapa aja dari list di atas kak. Makasih sudah berbagi yaaa

    BalasHapus
  13. Baru coba hiip sama TAP, karena kayaknya 2 itu aja yg cocok sama aku hihi.
    Nice info mbaak

    BalasHapus
  14. Masya Allah dapat pengetahuan baru, terimakasih sharingnya Kakak

    BalasHapus
  15. Aduh masih banyak yang belum aku jamah, tellscore itu belum nyoba juga sih sama asian parent

    BalasHapus
  16. Beberapa sudah lumayan sering kudengar namanya dan beberapa ada yang baru tahu juga. Kemarin sempat juga aku instal partipost tapi akhirnya kuuninstal karena rata-rata syarat followernya di atas followerku

    BalasHapus
  17. Beberapa aplikasi dan akun sudah kuikuti. Tapi ada yg baru kudengar dan belum mengikuti. The Asian Parent itu aku blm pernah coba.

    BalasHapus
  18. Wah banyak ya ternyata dan aku baru tau banget sebanyak ini, aku cuma tau beberapa aja.

    BalasHapus
  19. wow terimakasih sharingnya. Yang sudah aku pernah coba sosiago. Yang lain belum

    BalasHapus
  20. Saya juga gabung di asian parent. Udah Vip trus pernah dapat tawaran job event juga, cm gak bisa datang. Suka ikut kuis-kuisnya. Pernah menang juga, dapat hadiah keren. hehehe.

    BalasHapus
  21. wah terimakasih nih mba udah sharing beberapa aplikasi dan juga website yang bisa membuat kita makin semangat dan juga produktif untuk submit beberapa karya kita. Aku mau pelajari beberapa ah, karena ada yang baru aku tau nih

    BalasHapus
  22. Nice info. Coba gugling yg lain ah. Aku baru daftar ke jawalink dan vira. Sosiago belum ulik lagi scriptnya. Kalau IG aku engga daftar sih. Karena IG ku isinya pribadi, arsip jalan-jalan dan penulisan buku. Belum bikin akun khusus untuk jualan. Walah, aku bisa-bisa medsosan melulu. Ntar suami protes...wkwkwkwk...

    BalasHapus
  23. Mba tri thank you infonya ya..
    Banyak banget yang belum aku coba. Aku mau coba partipost ahh

    BalasHapus
  24. diantara yang mbak tulis ada yang udah saya coba ada yang belum. Saya sendiri mengindari pekerjaan yang harus menunjukkan foto atau video diri. pilih yang submit tulisan, trus gajian, haha

    BalasHapus
  25. Zaman industri 4.0 ini memang banyak peluang yang dapat kita manfaatkan.
    Apapun sekarang bisa menghasilkan duit, saya malah baru tahu ada juga di instagram yang bisa menghasilkan uang.

    Sayangnya aku ga punya Instagram. Mau install aja memori full

    BalasHapus
  26. wah banyak ya ternyata, saya baru kenal Hiip sama Sosiago aja

    BalasHapus
  27. Baru daftar di SosiaGo dari semua yang ada di daftar. Tapi walaupun udah daftar dan verifikasi kanal, sayangnya belum dapat job sampai sekarang, hhe

    BalasHapus
  28. Ternyata ada banyak, ya. Wah, saya kurang pengalaman di bidang ini. Tahunya cuma itu-itu saja.

    BalasHapus
  29. Oo ternyata banyak juga ya. Saya hanya tahu 1 di antara yang mbak sebutin.

    BalasHapus
  30. Wahh,,aku baru tau Lo ada aplikasi spt ini juga.. makasih mba infonya

    BalasHapus
  31. Baru pernah dapat job dari sosiago dan partipost aja sih. Menarik ini. Nanti aku bookmark dulu.

    BalasHapus
  32. Wah ternyata ada banyak yang belum kuketahui, sementara ini baru tahu Sosiago, Partipost, vira.id, revu, hiip sociabuzz. Selebihnya baru tahu, dan mau aku cobain. Makasih informasinya

    BalasHapus
  33. catat! untuk aplikasi baru allstar yg pernah pakai jasa saya *halah
    bisa diakses via web juga dan pembayarannya jelas

    BalasHapus
  34. Wow banyak juga listnya ya
    Wajib banget disave artikel ini
    Yuk semangat nyari job
    Makasi infonya ya kakak

    BalasHapus
  35. Informasi yang lengkap Kak! Betewe, IG aku masih 600an nih followersnya. Duh musti di gass dulu sebelum bsa buat ngejob...

    BalasHapus
  36. Aku cuma tau HIIP doang doooong. Udah gabung sih. Cuma belum oernah dot job dari sana. Habisnya seringnya dari Jabodetabek.

    BalasHapus
  37. Waaahhh baca ini serasa nemu harta karun. Bookmark ahh

    BalasHapus
  38. Baru tahu ada sebanyak ini, catat ah siapa tau bisa coba-coba ikutan hahaha... Hari gini, kadang fun ya bisa nyalurin hobi jadi duit

    BalasHapus
  39. Banyak juga ya, Mbak. Aku baru tahu yang hiip doang. Hehehe.

    Pengen ikutan juga, tapi follower cuma 300an. Sepertinya perjalanan menuju sana masih jauh.:'(

    BalasHapus
  40. HIIP pernah dapat, kalau Sosiago dan Sosiabuzz lumayan. Partipost pernah coba juga, tapi karena memang banyak job untuk sosial media, akhirnya aku lebih memilih ambil job yang khusus untuk blog saja di aplikasi lain.

    BalasHapus
  41. Terimakasih banyak mba infonya hihi jadi nambah pengetahuan nih website2 buat influencer

    BalasHapus
  42. wah saya jauh dari kata standar nihh followes nya ga sampe 1k utk smuanya haha

    BalasHapus
  43. banyak juga ternyata. Hanya beberapa saja yang rutin saya update jobnya

    BalasHapus
  44. Ak cowo tapi download asianparent, bagus sih soalnya banyak informasi yang bagus tentang parenting dan pengen tau :D

    BalasHapus
  45. Ternyata banyak banget yaa tempat situs mencari pekerjaan freelance walaupun receh dan gede tetap di syukuri sih hehe

    BalasHapus
  46. Banyak ternyata ya Mbak, itu kalau blog kita cuma blogspot juga bisa ya?

    BalasHapus
  47. Wahhh kalo kek gini bisa jadi kaya raya dalam sekejap

    BalasHapus
  48. saya belum dapet semua nih mba job dari penyedia websitenya. sabar aja deh

    BalasHapus
  49. Lengkap juga informasi yang mas tulis ada 9 website untuk menghasilkan duit dari blog. Saya lagi mencoba sosiago dan vira mas. Mudah-mudahan mengalir terus jobnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Komentar muncul setelah dimoderasi.

Salam kenal 😆

Recent

Masukkan Email untuk Langganan Gratis