Kenapa Blog Saya Tidak Bisa Diakses tanpa www?

August 12, 2019


Baru memulai menggunakan blogspot membuat saya harus belajar lagi dari awal. Sejak lama menggunakan wordpress, cukup terbiasa dengan segala settingannya. Namun menggunakan blog dari blogger.com ternyata banyak hal yang berbeda.

Bukan hanya soal settingan tema, tata letak, profil, tulisan, dan label, masih banyak lagi yang baru dan unik. Apalagi setelah mengubah domain jadi .com, cukup banyak yang harus diperhatikan dan dipelajari. Eh memang kenapa beralih dari wordpress ke blogspot? Ceritanya bisa baca di :


Setelah punya blog dengan TLD (top level domain) dengan akhiran .com, saya seneng banget dong. Setelah sekian lama akhirnya punya domain genuine sendiri, hehe.

Nah terjadilah sebuah masalah yang bikin bingung 😕

Ada masalah ketika saya mengetik nama blog saya tanpa www, blog saya tidak muncul sama sekali. Ada pesan error 404 dan sebagainya. Saya pun akhirnya mencari cara bagaimana agar masalah tersebut diatasi. Banyak yang bikin pusing dan ribet. Eh Alhamdulillah
Beruntung saya melihat artikel di forguide.com, kalau caranya sangat simpel.
Jadi buat kamu yang juga punya masalah yang sama, bisa praktekkin cara ini.

Mau tahu caranya?
  • Pertama login ke menu admin blogger anda
  • Masuk ke menu settings/setelan pengguna
  • Masuk di publikasi bagian alamat blog
  • Klik edit pada alamat blog
  • Beri tanda centang pada tulisan alihkan website domain.com ke  www.domain.com
  • Punya saya contohnya : pohontomat.com ke www.pohontomat.com
  • SELESAI


Mudah bukan? Hehe. Coba langsung ketikkan pada browser anda. Secara otomatis blog anda sudah bisa terbuka meski tanpa www.

Kenapa harus ada setting seperti itu?
Karena terkadang orang-orang saat menuliskan alamat blog kita, mereka tidak lagi menggunakan www. Saya pun seperti itu. Jadi agak heran kok blog saya enggak bisa kayak blog lain ya.

Dengan pemberian tanda centang tersebut, bermakna jika kita mencari blog tanpa www, maka otomatis alamat blog yang kita cari akan diubah atau dialihkan menggunakan www. Jadi tanpa perlu mengetik www sendiri, dia akan muncul.

Paham ya? Hehe. Semoga bermanfaat 😉

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
Salam kenal :D