7 Ide Kado Unik Anti Mainstream untuk Hadiah Pernikahan

September 28, 2019

kado unik pernikahan

Pernikahan adalah sebuah momen
kebahagiaan bagi semua orang.
Bagi keluarga, kerabat, dan tentu 
yang paling berbahagia adalah bagi mempelai.
Kadang pernikahan diadakan semewah mungkin, 
namun tak jarang pernikahan juga diadakan dengan sederhana.

Hampir di setiap adat di sebuah pernikahan, kita melihat ada gentong besar yang tersedia di pelaminan. Gentong besar yang tak lain sebagai tempat uang sumbangan dari tamu kepada keluarga pengantin. Uang sumbangan tersebut termasuk hadiah. Namun tak jarang, banyak juga yang masih memberi hadiah dalam bentuk barang.

Untuk beberapa kasus, hadiah dari pernikahan biasanya cukup mirip. Kalau bukan seprai, kain, tas, baju, cangkir, atau buku. Tentu semuanya bermanfaat. Apalagi seprai yang sampai  saat ini  masih menjadi primadona untuk hadiah pernikahan.

Ada lagi kasus unik. Jika undangan pernikahan tersebut dilaksanakan oleh orang yang cukup terkenal dengan kekayaannya, apa yang terpikirkan oleh kalian untuk menjadi hadiah? Uang takut kurang, barang takut enggak dibutuhkan, dan sebagainya. Bahkan, meski kasus ini jarang, ada juga mereka yang melaksanakan acara pernikahan sama sekali tidak menyimpan gentong, alias mereka tidak perlu mendapatkan 'hadiah' dalam bentuk uang. Hmmm ...

Lalu apa yang harus dilakukan kalau kondisinya seperti itu? Atau bagaimana caranya mendapatkan barang yang tetap pantas diberi hadiah, tidak pasaran, namun tetap menyenangkan yang menerimanya?

Nah, saat ini banyak banget orang-orang yang jual hadiah pernikahan unik. Cara termudah kalian bisa mencari kata kunci #kadounik di Instagram, atau mencari di beberapa aplikasi e-commerce.

Jadi apa saja barang-barang anti mainstream yang bisa jadi kado pernikahan unik? Di bawah ini beberapa hadiah yang pernah saya berikan sebagai jadiah. Yuk dicek :

1. Jam Dinding Custom

Meski gawai kini bisa menjadi penunjuk waktu, namun memajang jam dinding juga masih banyak diminati. Ada yang meletakkan di kamar, di dapur, dan ruang tamu sekaligus, ada juga yang hanya punya 1 jam dinding seperti saya, wkwk. Pernah terpikirkan untuk memajang jam dinding yang bisa mengingatkan kenangan akan pernikahan dulu? Ternyata saat ini sudah banyak toko yang menjual jam dinding custom. Bisa ukir nama, ucapan, juga foto.

Kado unik Pernikahan
Source : shopee

kado pernikahan unik
source : shopee

Kado unik pernikahan
source : shopee


Jam dinding custom ini bisa kalian dapatkan di shopee dengan kata kunci kado unik pernikahan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari 80 ribuan.

2. Kotak Musik Ukir Foto

Kado ini terbilang cukup sulit dalam pembuatannya. Tidak salah jika harganya juga lumayan. Mulai dari 250 ribu, kamu bisa mendapatkan kotak musik ukuran mini sebagai hadiah pernikahan. Cukup mengirimkan foto mempelai dan menambahkan pesan-pesan, hadiah ini sudah menjadi sangat ekslusif karena diukir di kayu asli.

kado pernikahan unik


Ada berbagai piliham musik yang disediakan penjual, kita bisa memilih mau musik yang mana. Saya pernah memesan hadiah ini. Worth it dan kece banget.

3. Buku Custom (Custombook)

Buku Custom juga sampai saat ini bisa menjadi alternatif hadiah yang unik. Siapa yang tidak butuh buku catatan? Apalagi ditambah buku yang bisa memiliki foto dan quote sendiri? Tentu lebih menarik lagi.

Harganya varuatif, mulai dari 50-100 ribuan. Kita bisa memilih mau cover apa, isi desain gimana, quotenya apa, dan model kertas seperti apa.

kado pernikahan



Untuk memesan Custombook biasanya lebih mudah untuk mencari di Instagram. Bisa dengan tagar #custombook. Selanjutnya nanti akan komunikasi via wa untuk membuat desain.

4. Make Up Set

Kebetulan kemarin ada keluarga yang nikah seorang MUA, jadilah aku punya ide buat beliin make up set (hanya kuas sebenarnya), ama make up storage, hehe. Siapa tahu bermanfaat. Kayaknya udah hampir semua wanita butuh yang namanya makeup set. Meski itu seminimalis mungkin. Tetap saja wanita yang diberi hadiah seperti ini biasanya akan menerima dengan senang hati.

kado pernikahan
tokopedia


Kita bisa memilih make up set mulai dari yang termurah, hingga ada versi yang lebih lengkap.  Tergantung budget dan orang yang ingin diberi hadiah.

5. Life Tools Set

Life tool set ini seperti alat-alat yang bisa mempermudah atau merapikan barang kita lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Misal alat pemotong nanas untuk wanita, travel kit, atau satu set obeng kecil untuk pria. Bisa juga dengan kotak penyimpanan yang saat ini sangat bervariasi.


kado life tool set
amazon



Ada yang terbuat dari kain, sari plastik, dan dari kayu. Barang seperti ini pasti akan sangat berguna. Apalagi untuk sebuah rumah tangga baru biasanya para tamu undangan memberikan cangkir, panci, dll., namun melupakan hal satu ini.

6. Emas

"Emas kan mahal banget!" Eitt tunggu dulu. Kita bisa patungan! Semua pasti sepakat bahwa siapapun yang diberi emas akan senang bukan? Mau pria, wanita, anak-anak, orang tua, semuanya senang dengan barang satu ini. Nah, daripada bingung beli hadiah apa, dan kalian punya komunitas, kelompok atau geng atau entah apalah namanya (misal satu jurusan, atau satu angkatan), sebaiknya patungan emas aja. Setiap otamg bisa seikhlasnya atau bisa ditentukan. Tidak perlu banyak. Namun ketika dikumpulkan sekitar 10-20 orang, maka akan sangat cukup untuk membeli emas.

gelang emas
tokopedia


Jika teman kalian yang menikah adalah wanita, kalian bisa memberikan perhiasan seperti gelang (kalau cincin takutnya enggak kepakai). Nah kalau teman kalian pria, kalian bisa memberi emas batangan murni. Saya sendiri dulu waktu menikah pernah teman-teman kuliah satu jurusan ternyata patungan membeli sebuah gelang emas. Salah seorang teman mewakili naik ke atas pelaminan dan memasang gelang tersebut. Wah bagaimana tidak terharu coba 😭.

7. Seperangkat Hal yang Berkaitan dengan Hobi atau Idola

Ada orang yang demen banget ama Spongebob. Ada yang suka sama Action Figure. Atau cinta banget ama Marvel? Nah hal ini bisa kalian manfaatkan. Bisa dengan membeli aksesoris yang berkaitan dengan itu atau membeli miniatur.

Kalau berkaitan dengan Idola, kalian bisa membei hadiah berupa ucapan langsung dari idola. Lho, bagaimana caranya? Nah sekarang ada tempat buat kami bisa membeli jasa ucapan dari orang terkenal. Kalian bisa mengecek di sociabuzz.com. di sana kalian tinggal pilih mau diberi ucapan apa. Range harganya memang agak mahal. Tapi pasti akan sangat berkesan :).

Nah itu dia rekomendasi ide untuk kado pernikahan yang unik dan anti mainstream. Selain hadiahnya unik dan berkesan, memberikan hadiah yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu (custom yang butuh waktu, dsb.) justru juga membuat sang penerima hadiah akan terharu karena berasa begitu spesial. Tidak hanya datang di hari H tapi juga sudah bersiap-siap dari jauh-jauh hari. Yang paling penting adalah kehadiran dan do'a tentunya. Namun kalau jauh dan tidak sempat, tidak apa jika hadiahnya dikirim. Toh sekarang ongkir juga bisa kita dapat dengan murah dari berbagai e-commerce (tempat belanja online). Hayo siapa nih temennya yang mau nikah dekat ini? Atau kamu yang mau nikah? Hihi.

Semoga bermanfaat, 

You Might Also Like

18 comments

  1. Saya mah kalau dikasih hadiah mah seneng-seneng aja apapun bentuknya hehe.

    Tapi berdasakan pengalaman, kado yang baik itu yang bisa digunakan.....bukan hanya sekadar pajangan. Ya semisal life tool set hehe.

    ReplyDelete
  2. Noted mbak, karena jujur nyari ide buat hadiah pernikahan itu gampang-gampang susah. Kadang kalo nanya langsung ke calon pengantinnya mau kado apa jadi serba salah karena calon pengantinnya juga bingung, wkwk

    ReplyDelete
  3. Kebetulan banget nih mbak Minggu ini mau beli kado buat saudara yg akan menikah
    Emang kadang serba bingung kalau mau kasih pernikahan gitu, wkwkwkkw
    Btw makasih buat rekomendasi 5 item kado anti mainstreamnya ya mbak

    ReplyDelete
  4. Wah aku biasanya klo teman q cowok aku kasihnya jam tangan couple, klo yg cewek biasanya aku kasih peralatan rumah tangga, kayak setrika, atau panci n wajan atau satu set pisau dapur

    ReplyDelete
  5. Notes bgt ini. Nyari kado suka bingung. Pernah juga ngado peralatan masak hahahah. Tp bener seprai emang idola banget. Ide emas ini brilian juga. Apalagi bila yang nikah temen kantor. Kan bisa patungan tuh beli emasnya

    ReplyDelete
  6. Make up tools atau seperangkat perkakas berguna banget tuh mba.. herannya orang tuh pasti ngasih sepre ahhaaa walhasil kemarin aku dpt banyak sepre kayak mau jualan hahaha thanks inspirasinya mba

    ReplyDelete
  7. Life tool set ini memang jarang daku denger, boleh banget nih kak idenya, haha.. Jadi dapet manfaat bw ke sini, buat kadoin ke temen

    ReplyDelete
  8. Kayaknya jam dinding custom bakal lucu nih mbak, noted. Eh aku kok juga tertarik sama kotak musik ya😂.
    Btw, thank you for sharing mbak

    ReplyDelete
  9. Aku ga kepikiran loh bisa kasih set alat make up sama set obeng gitu, dan biasanya memang dibutuhkan untuk pasangan baru. Bisa jadi ide juga nih buat kasih kado ke temen yang mau nikah sebentar lagi

    ReplyDelete
  10. Emas bisa jadi kenang-kenangan sekaligus modal investasi buat yang lagi menempuh hidup baru, yaa... Kalaupun enggak dipakai, bisa untuk simpanan 9apalagi kalau emas batangan/LM). Patungan bersama jadi dapat deh kado yang berkesan ini.

    ReplyDelete
  11. Kalau dulu aku pernah bikin hadiah perkawinan dengan membuat frame yang isinya perjalanan aku dan suami, sampai sudah memiliki anak. Yang bikinin temenku, jadi aku tinggal bilang mau temanya apa.

    ReplyDelete
  12. Ga kepikiran loh aku udunan emas gitu mbak, boleh juga nih bisa di coba. Hadiahnya anti mainstream nantinya ya dan berguna juga

    ReplyDelete
  13. iya ini hadiah yang ga pernah aku terima saat nikahan dulu wkwkwk...kalau boleh milih sih emas yah karena bisa berguna banget buat kehidupan pengantinya kelak :)

    ReplyDelete
  14. No 4 Dan 5 antimanantimai banget MBA hehe. Kalo nomor 5 Pas banget buat investasi. Btw voucher bjuga bermanfaat banget based on my experience haha

    ReplyDelete
  15. Aku naksir buku customnya mba hehehe apik banget itu
    bisa buat diary setelah pernikahan kali ya hahaha
    Seru ini ide kadonya, cocok buat kado banget biar nggak ada yang nyamain ya

    ReplyDelete
  16. Sekarang teman-temanku kalo ngasih kafo urunan beli emas sih, lebih bermanfaat katanya. Sayang suratnya gak ikutan dikasih hahaha

    ReplyDelete
  17. biasanya aku dan teman-teman patungan untuk memberikan perhiasan ke yang menikah. Alternatif kado pernikahan juga bisa financial check up, lho.

    ReplyDelete
  18. Biasanya kado yang mainstream mah kayak panci, seperangkat wajan, ssatu set cangkir teh dan teko, selusin piring. Ini emang antiainstream. Kadoin emas boleh juga nih, haha

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
Salam kenal :D