Hanya 99 ribu/tahun! Kamu Bisa Membuat Blog dengan domain.com (Pengalaman Pribadi)

August 01, 2019

Sumber Gambar :domaincheapprice.com
Mulai ngeblog sebenarnya sudah agak lama. Sekitar tahun 2012. Waktu kuliah, hehe. Udah banyak nyobain blog ini itu hingga akhirnya (agak) konsisten di blog gratisan www.pohontomat.wordpress.com.

Awalnya enjoy aja nulis di domain gratisan. Toh sekalian belajar juga. Nah, pengen banget kan agak kece dengan tidak ada embel-embel wordpress di belakangnya, plus juga pengen bisa dimonetisasi gitu (biar berpenghasilan). Sayangnya yang bisa monetisasi itu hanya yang berdomain .com itu (update : kemarin daftar iklan yang khusus wordpress, kalau Adsense bisa kok domain gratisan).

Jadi emak ini nyari cara buat bisa domain berubah, dengan biaya yang enggak bikin gerah. 😄

Ternyata cukup mahal pemirsa! Apalagi yang beli domain dan hosting! Eh emang domain dan hosting itu apa?

Secara sederhana domain itu 'plat mobil' sedangkan hosting itu 'mesin mobilnya'. Jadi kalau kamu punya mobil tahun 90-an misalnya punya mesin udah rusak atau kurang oke, kamu bisa ganti mesin baru. Sama dengan hosting gratisan kalau kurang cukup dari segi kecepatan dan sebagainya, kamu bisa beli hosting baru. Nah kalau cuma pengen ganti platnya aja biar lebih keren, singkat dan gampang diingat, ya kamu tinggal ganti plat. Kalau di blog jadi kamu cukup ganti domain aja.  

Nah, ada yang namanya penyedia layanan hosting dan domain pihak ketiga. Mereka ini jual hosting dan domain itu. Bedanya apa sama wordpress dan blogspot dong mak?

Kalau mereka itu bermacam-macam variatifnya. Namanya juga berbayar ya lebih profesional. Mulai dari kecepatan website yang lebih oke, data server yang lebih gede, dst.

Bisa enggak sih beli domain .com langsung di wordpress atau blogspot? Bisa banget! Yah cuma itu lebih mahal. Namun kelebihannya lebih gampang dan cepat dalam proses pemasangan. Tidak berbelit-belit.

Nah back to topic! Seperti judul awal, saya akan menjelaskan cara beli domain murah dari pihak ketiga.

Nah perlu kalian tahu juga, kalau blog asal kita wordpress, sekarang enggak bisa lagi pakai domain pihak ketiga, kecuali ditransfer keseluruhan alias harus sepaket beli hosting pihak ketiga juga. Jadi beruntunglah kalian yang dari dulu udah makai blogspot, hehe. Jadi blogspot bisa hanya beli domain aja, pakai hosting bawaan blogger. 

Mau tau caranya?

Saya membuat blog baru dulu di blogspot (hiks mulai dari awal deh). Awalnya saya mau beli domain di blogspot langsung biar simple, harganya kurang lebih 165 ribuan. Sayangnya pas metode pembayaran, hanya bisa melalui kartu debit/kredit dengan memasukkan nomor kartu atm. Bank Syariah saya tidak bisa digunakan. Saya sudah niat untuk meminjam kartu kredit Adek, tapi kok kayaknya ribet ya. Jadilah saya nyari domain pihak ketiga. Dan syukurnya jauh lebih murah hingga 50% lebih lho!
  • Banyak penyedia layanan domain

Setelah Googling, banyak banget ternyata yang nyediain layanan ini. Ada domainesia, niagahoster, masterwew, pusat hosting, dsb. Saya akhirnya memilih domainesia. Kenapa?
  1. Harga paling murah
  2. Penjelasannya paling lengkap dan mudah dimengerti pakai banget untuk yang awam
  3. Adminnya pinter jelasin yang mau ditanyakan (fast respon deh)
  • Harga variatif 

Saya beli di domainesia seharga 99 ribu/tahun (tahun pertama) Ditambahkan pajak 10% menjadi 108.900 IDR (sekitar 9 ribu per bulan) . Itu adalah harga dasar pertama kali daftar.


Harga transfer domain (sudah pernah beli domain sebelumnya) dan perpanjangan adalah 125 ribu. Dibanding tempat lain ada yang harga 125 ribu untuk pendaftaran dan bahkan ada yang lebih mahal lagi (variasi hingga ratusan ribu rupiah per tahun) . Selain pilihdomaindomain .com kita juga bisa memilih .co.id, .id, .web.id, dan sebagainya (harganya juga beda-beda). Saya pun memilih domain.com.

domainesia.com

Kalian bisa cek harga sesuai jenis domain di sini

  • Metode Pembayaran

Metodenya banyak. Saya memilih transfer bank biasa. Virtual account menggunakan transfer online banking. Ikuti saja petunjuknya ya.

  • Mengatur Domain Secara Manual

    domainesia.com

     

Untuk mengubah domain kita cukup mengikuti langkah-langkah yang disediakan di sini. Sangat lengkap kok petunjuknya. Jadi cukup mudah untuk mengikuti langkah-langkahnya.


Tunggu proses pengalihan maksimal 24 jam. Saya sendiri enggak sampai 24 jam, blog saya dengan domain.com sudah bisa diakses, yeayyy!


SELESAI.



Kalau ada pertanyaan silakan komen ya ... :)
by @pohontomat

You Might Also Like

1 comments

  1. Halo kak. Berarti lebih mudah pake domainesia ya kak. 😂

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
Salam kenal :D