-->

Begini Cara Alami Mengobati Flu Pada Bayi (Pengalaman Pribadi Manjur Meski Sudah Balita)

Daftar Isi [Tampil]
cara alami mengobati flu pada bayi
Bagaimana cara mengobati flu pada bayi baru lahir? Sebenarnya resep ini sama saja jika digunakan pada bayi umur 2 bulan, bayi umur 4 bulan, hingga balita. Resep yang menajdi andalan dari dulu sampai sekarang. Sebisa mungkin minimalisir untuk ke dokter selama bisa ditangani sendiri di rumah.

Saat si Kecil Terserang Flu

Menjadi orang tua yang menginginkan anak lahir sehat tentu menjadi idaman semua orang khususnya sang Ibu. Ingat sekali saat pertama kali melahirkan adalah memastikan si kecil bernapas, hehe. Ada yang sama?

Waktu itu di ruangan pasca lahiran saya diberikan kamar yang berdua dengan ibu lain yang juga baru saja melahirkan. Anak ibu yang di sebelah saya sering banget nangis, pagi, siang, malam.  Saya jadi heran kok anak saya gak nangis-nangis? Apa masih bernapas? hehe.

Nah pas tengah malam berapa kali saya kebangun karena mengecek apakah anak saya sehat-sehat saja, apakah masih bernapas karena dia tidak menangis sama sekali, wkwkw.

Hari kedua saya pulang ke rumah saya menemukan bahwa badan si kecil agak hangat. Meski tidak sampai pada batas panas. Juga sedikit terserang pilek. Katanya sebenarnya pilek dan flu itu berbeda. Pilek yaitu saat hidung kita tersumbat dan mengeluarkan cairan. Sedangkan flu lebih kompleks. Kadang disertai demam dan sakit kepala.

Baru umur 2 hari anak sakit kan agak panik tuh. Mikirnya mungkin karena efek imunisasi saat baru saja akan meninggalkan rumah sakit. Dan sakitnya si kecil panas naik turun itu berlangsung sampai 5 hari! Waktu itu saya membaca artikel jika hari keenam si kecil masih demam setelah imunisasi baru dibawa ke dokter.

Alhamdulilah di hari keenam si kecil sudah tidak hangat lagi. Mungkin juga berkat obat tradisional yang diresepkan mama saya yang saya berikan sejak dia sakit. Apa itu?

bayi flu
image : doktersehat.com

Resep Tradisional Alami untuk Mengobati Flu

Nah, resepnya adalah campuran bawang merah dan minyak telon. Dua bahan itu saja? Yes betul sekali. Dengan resep sederhana itu, bisa menyembuhkan flu dan pilek pada anak saya. Cara membuatnya sederhana, bahkan bapaknya pun bisa kok membuat ramuannya.

Kandungan Bawang Merah

Dalam wikipedia disebutkan bahwa banyak sekali kandungan bawang merah sebagai obat tradisional.

Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida (wikipedia).

Kalau kata mamaku, bawang merah itu obat tradisional sejak dulu yang manjur digunakan oleh orang-orang kampung. Bisa mengobati flu pada bayi secara alami, bahkan juga sebagai obat demam dan masuk angin. Mama biasanya mengguanakan bawang merah untuk memijit kami saat sakit. Dengan mencampur bawang merah dengan minyak, lalu dijadikan sebagai cairan urut. Alhamdulillah juga berhasil.

Cara Mengolah Bawang Merah Sebagai Obat Flu

Sebelum mengolah bawang merah, sempat saya diberitahu mama saya kalau bawang merah yang pas digunakan adalah yang buahnya satu/tunggal alias tidak terbelah. Entah apa bedanya. Tapi saya mendahulukan mencari yang tunggal. Jika memang tidak ada, tidak apa pakai yang tidak tunggal. Ya seadanya sajalah, ampuh juga kok. 

Nah begini cara buatnya :
  1. Pilih bawang yang bagus, lebih baik yang agak besar
  2. Iris-iris bawang agak tebal agar gampang dikeluarkan airnya, bisa dengan  bentuk kotak-kotak
  3. Letakkan di sebuah piring kecil irisan bawang
  4. Campurkan dengan minyak telon secukupnya
  5. Remas-remas bawang yang sudah ada minyak telonnya agar sari-sarinya keluar
  6. Letakkan ramuan di ubun-ubun kepala si bayi
Kenapa harus di ubun-ubun?
Gak tahu juga sih, tapi yang pernah mama saya katakan adalah jika bawang merah ini menyerap cairan ingus anak dari atas. Entah bagaimana teorinya tapi hal itu sangat manjur sekali.

Ada juga yang menaruhnya di badan. Mama saya biasanya menjadikan bawang merah sebagai obat pijat di punggung ketika kami demam.

Sisa bawang merah biasanya saya taruh di dalam kamar tempat kami tidur. Bisa di sudut kamar saja. Katanya itu juga berpengaruh untuk menyembuhkan. 

Berapa Kali Penggunaan Ramuan dalam Sehari?

Sebenarnya tidak ada patokan. Saya biasanya menggunakannya jika anak habis mandi. Atau sebelum tidur. Bisa 2-3 kali sehari. Tergantung tingkat keparahan flu si kecil. Tapi sekali lagi harus dibarengi dengan istirahat yang banyak dan makanan yang pas agar si kecil cepat sembuh.

Berapa Hari Anak Bisa Sembuh Total?

Jika ramuan ini diberikan saat malam pertama kali anak mulai terserang gejala flu (hidung tersumbat, dan meler), sebaiknya langsung diberikan ramuannya. Anak saya jika diberikan ramuan pas gejala pertama kali, Alhamdulillah keesokan harinya meler dan mampetnya langsung hilang. Langsung sembuh di hari pertama. Mungkin obatnya juga bekerja karena sambil anak istirahat. Ada yang mengatakan obat terbaik untuk penyakit flu adalah istirahat yang lebih banyak.

Namun jika ramuan baru diberikan setelah anak terserang flu 2 hari, biasanya baru akan sembuh di hari ketiga hingga seminggu (pernah anak saya pilek hingga 2 minggu karena tidak ada bawang merah sewaktu kos dulu di Surabaya). Tidak apa lama asal anak rutin diberi ramuan dan tetap aktif. Sambil terus  diberi makanan hangat seperti sop dll. Jika masih terus diberi ASI sebagai obat alami juga. Namun jika sudah disapih, bisa juga diberikan susu hangat agar daya tahan tubuhnya tetap baik.

Alhamdulillah sejak anak saya berumur 2 hari, masih bayi banget, hingga sekarang 2 tahun lebih, si kecil belum pernah mengkonsumsi obat flu dari dokter. Belum pernah juga dibawa ke dokter karena masalah pilek atau flu. Cuma pernah dibawa karena diare dan demam sekali. Sisanya demam atau flunya berhenti sendiri dengan ramuan itu. Dalam bulan ini dia pun 2 kali hampir flu, di mana pada malamnya hidung tersumbat dan meler. Namun saya langsung memberi ramuan tersebut dan keesokan harinya si kecil langsung tidak tampak sama sekali melernya seperti semalam. Alhamdulilah MasyaaAllah.

Jadi, untuk ibu-ibu yang baru melahirkan, atau yang punya bayi, sebaiknya jika si kecil sakit, coba dulu ramuan tradisional ini. InsyaaAllah si kecil sembuh tanpa obat buatan pabrik. Diiringi doa dan banyak istirahat. Semoga bisa bermanfaat!

Baca Juga :
@pohontomat | Triyatni Ashari
ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Related Posts

29 komentar

  1. Toss mba aku juga diajarin gini sama mama mertua dan ibuku, ampuh juga di anak-anakku malahan katanya jaman dulu ada yang pakai minyak tanah ya, tapi ini bukan untuk balita deh kayanya heheheh makasih mba udah berbagi tips

    BalasHapus
  2. Wah andalan aku juga tuh bawang merah ma minyak telon. Tapi buat balurin badannya bukan kepala.

    BalasHapus
  3. Ini yang sering dilakukan oleh ibu-ibu kita jaman dulu. Saya pernah juga ngalamin hal tersebut. Cukup dioles minyak dibatang hidung dengan ajaib hidungpun lega.

    BalasHapus
  4. Ooh begitu cara pemanfaatan bawang merah untuk flu. Aku pikir di punggung. Thx sharingnya mba

    BalasHapus
  5. Kami pun melakukan hal yang sama Mbak saat anak kami flu. Tapi, bukan diubun-ubun, di badannya aja. Alhamdulillah, ampuh juga, tentu dengan berkat Allah. Makasih Mbak artikelnya.

    BalasHapus
  6. Kalau bayi sakit itu memang bikin panik soalnya usia segitu belum boleh minum obat kimia. Jadi kalau bisa memang pakai ramuan tradisional. Saya juga menggunakan bawang merah mbak. Memang benar ramuan ini cukup efektif untuk mengatasi flu pada bayi

    BalasHapus
  7. kalau ramuan tradisional sih biasanya bawang merah tumbuk aja sih mba, nggak pakai minyak telon.. ak baru tahu nih kalau bisa pakai perpaduan minyak telon juga..

    anak memang seharusnya jangan sampai konsumsi obat-obatan kimia. di luar negeri di negara maju sudah banyak yang sadar akan hal itu, di sini kayaknya belom ya. km keren deh mba nggak ngasih obat-obatan kimia sampai anak usia 2 tahun.

    BalasHapus
  8. Sama Mbak, anak anakku kalau pilek atau demam bahkan kupakai ramuan bawang merah ini.

    BalasHapus
  9. Wah, ini ramuan tradisional yang udah turun temurun nih mbak.. Cuma saat ini udah banyak ortu yang nggak makai, karena rada repot buat nyiapinnya.

    BalasHapus
  10. Patut dicoba nich... sementara saya biasanya menggunakan metode lain.. jemur2 dulu dibawa sinar matahari pagi..lumayan membantu meningkatkan daya tahan

    BalasHapus
  11. Saya juga pernah denger ortu bilang tentang bawang merah, tapi biasanya cuma dibelah 2 aja terus dibuat kerik punggung anak.

    BalasHapus
  12. sama nih kaya ibu saya, tapi kalo ibu saya si bawang merahnya abis diiris di taro di sudut kamar biar gak ketularan katanya, tapi emang bener sih, enggak berapa lama ponakan sembuh dari pilek dan nularin hehe

    BalasHapus
  13. Aku juga suka pake ramuan herbal kek gini kalo anak-anak gak enak badan mba. Sama diminumin air madu plus kalo perlu imboost atau apa yg nambah imunutas.

    BalasHapus
  14. Bawang ya, kemaren orang tua ku juga ngobatin adik aku yang masih satu tahunan pake bawang merah. Aku sih kurang tau kalau resep dari dokter bagaimana, tetapi emang cukup memberikan efek mereda flu dan panas.

    BalasHapus
  15. Memang bawang merah kayanya selalu ampuh ya untuk ramuan demam maupun pilek.

    BalasHapus
  16. Kalo anak bayi yang sakit suka enggak tegaan yah kan. Apalagi ketika flu pasti mengganggu sekali dan buat anak tidak nyaman. Bawang ini memang sering saya dengar sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  17. Anak kecil masih jadi makhluk yang rentan, memang mudah sekali terkena penyakit. Harus benar-benar kita perhatikan biar dia gak kena, lebih baik mencegah daripada mengobati. Tapi kalaupun udah sakit, jangan langsung kasih obat-obatan non-tradisional karena ya, obat semacam itu kalau nanti keseringan malah bisa berbahaya, kayak aku yang jadi alergi :(

    Obat-obatan tradisional yang herbal kayak gini bisa nih jadi pilihan awal, kalau memang belum manjur baru ke dokter

    BalasHapus
  18. kalo anakku mulai demam aku biasanya taruh potongan bawang merah di pojokan tempat tidur kak, soalnya pernah baca, potongan bawang merah bisa menyerap virus flu dsb.

    BalasHapus
  19. BeHangat.Com baru tau ternyata bawang merah bisa untuk mengobati flu pada anak, jadi tambah ilmu siapa tahu bisa berguna untuk kedepannya

    BalasHapus
  20. Anakku yang gede pakai cara ini, baluran bawang merah di badan, lumayan membantu sih, meski pernah karena dia sesak (ternyata dia ada asma) dan kubawa ke dokter..aku disemprot sama dokternya. Ibuk anaknya bukan sate ya napain dibawangin kwkw

    BalasHapus
  21. Obat mujarab ini, ramuan warisan nenek moyang kita. Kata nenek buyut saya, nenek saya waktu bayi kalau sakit obatnya bawang merah ini, makanya saya katakan kalau ini adalah ramuan nenek moyang kita, he-he-he

    BalasHapus
  22. Saya ingat dulu waktu masih kecil dan sedang flu, ibu pernah baluri badan pake minyak telon apa minyak kayu putih gitu, campur sama bawang merah. Beda lagi kalo kena ulat yg bikin gatal, dibalurin minyak goreng campur bawang merah. Hehehe

    BalasHapus
  23. Saya juga biasa pakai campuran bawang merah dan minyak telon kalau anak-anak badannya panas. Dibalurkan ke tubuh

    BalasHapus
  24. Sammma dong nih. Resep leluhur memang manjur. Untuk pertolongan pertama sih. Kalau masih demam dan engga nyaman ya baru ke dokter. Tapi, dengan cara alami bisa sembuh, why not kaan...

    BalasHapus
  25. Setuju banget, ini resep turun temurun nih. Kalau ayah saya mengajarkan dengan daun bawang dan minyak zaitun untuk menurunkan demam. Ternyata utk flu juga bisa nih bawang merah. Trims mbak infonya:)

    BalasHapus
  26. Aku juga pakai bawang merah dan minyak telon saat anak kembung, panas atau kecapean mba. Malah baru tahu kalau bawang Merah perlu dipilah yang siungnya satu. Biasanya dua soalnya

    BalasHapus
  27. Bawang merah ini emang terbukti manjur buat ngatasin flu bahkan utk anak kecil ya mbk.

    Asal tau cara yg bener aja ya mbak

    BalasHapus
  28. Mertuaku dulu sering saran pakai bawang merah saat anak kena flu juga tapi entahlah nggak pernah saya coba. Hihihi

    BalasHapus
  29. Iya Mbak. Bawang merah plus minyak telon memang sangat manjur. Tapi saya juga kadang lupa arena tak biasa. Padahal tahu dan pernah mencobanya. Si kecil saya sekarang 15 bulan. Bawaannya meler saja.
    Saya oleskan ntar malam, insyaAllah.
    Makasih remindernya

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Komentar muncul setelah dimoderasi.

Salam kenal 😆

Recent

Facebook

Masukkan Email untuk Langganan Gratis