Sponsor Hampir Senilai 20 Juta di Anniversary of FBB

Sponsor Hampir Senilai 20 Juta di Anniversary of FBB

Konten [Tampil]
komunitas blogger perempuan


Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kepada Allah. Kegiatan Anniversary keempat satu-satunya komunitas blogger perempuan di Banjarmasin ini kemarin berjalan lancar. Rasanya senang sekali, untuk pertama kali ikut acara bareng bloger begini.


Masih ingat waktu itu Juli 2019. Pertama kali pohontomat.com launching dengan 0 tulisan. Blog yang benar-benar baru. Meninggalkan blog lama yang sejak zaman kuliah.


Saya lupa menemukan di mana, tapi saya senang akhirnya dapat komunitas satu daerah. Komunitas Blogger Perempuan lagi di Banjarmasin. Selama ini sudah gabung dengan komunitas-komunitas bloger nasional saja.


Komunitas Apakah ini?

Komunitas blogger perempuan yang saya maksud adalah Female Blogger of Banjarmasin atau biasa disebut FBB. Saat tahu mengenai komunitas tersebut, langsung saja saya menghubungi narahubung untuk mendaftar menjadi anggota.


Sayangnya, blog harus berusia minimal 3 bulan untuk bergabung. Sebenarnya blog lama saya pohontomat.wordpress.com sudah lama, namun yang saya daftarkan berbeda, yaitu pohontomat.com (platform blogspot).


Saat itu saya masuk di bulan Oktober akhirnya, setelah blog berusia 3 bulan. Saya kebetulan masuk setelah baru saja event perayaan hari jadi komunitas yang ketiga. Ah, padahal ingin ikut. Waktu itu do'a semoga tahun depan bisa terwujud, eh alhamdulillah bisa gabung bahkan menjadi panitia langsung!


Menjadi Pengurus Sebuah Komunitas Blogger Perempuan

Hampir setahun, sebelum masa pengurus tahun lalu berakhir, mereka mengadakan pemilihan Blogger of The Year. Alhamdulillah saya terpilih. Rasanya pengen terima kasih. Ada form pendaftaran jadi pengurus, iseng-iseng pengen nyobain. Eh ternyata yang tertarik sangat sedikit. 


Dulu pengurus berjumlah belasan orang, akhirnya kami hanya bertia. Dengan status Mbak Putri sebagai ketua merangkap bendahara dan sekretaris, saya HR merangkap ngurusin blog komunitas. Lalu Mbak Niswin sebagai Admin Sosial Media dan pengurusan desain lainnya.


Lalu ada 2 Founder juga yang ikut sebagai pengambil keputusan dan penasihat, total kami ada berlima mengurus komunitas periode 2020-2021.


Hmmm, jadi ingat masa-masa sekolah dan kuliah wkwk.


Lucunya dalam 3 pengurus inti ini, hanya saya emak-emak. Keduanya masih single dan bekerja kantoran pula. Bisa dibilang sibuknya kami ada masing-masing.


Tibalah saat menjelang perayaan komunitas yang tinggal sebulan lebih. Belum dapat tema apalagi sponsor, sempat pesimis, huhu.


Jadi Panitia ala Emak-emak

Degnan upaya saling melengkapi, kami akhirnya menyatukan tenaga mengurus semuanya bertiga. Untungnya, kami semua berlatar IT. Jadi soal kudet-kudet dan adaptasi hal baru di segala macam virtual ini bisa teratasi, eeeaaa.


Pekerjaan jadi lebih cepat ketika kita paham IT, serius! Wkwk


Kami tidak membuat panitia khusus seperti seksi acara, seksi perlengkapan, dan lainnya. Kami hanya saling membantu menutupi apa yang kurang. Kira-kira, bisa lancar enggak ya?


Rezeki Nemu Banyak Sponsor

Mencari sponsor susah-susah gampang. Enaknya tidak perlu lagi cetak proposal. Kami punya alasan hanya menyetor file pdf, dan emnggunakan DM, WA, maupun email sebagai alat komunikasi terbaik wkwk. 


Dari 10 sponsor, yang meminta bertemu hanya 3 sponsor sebelum deal. Sisanya deal hanya bermodalkan pesan-pesan virtual. Alhamdulillah, hingga hari H, ada 10 sponsor dan 1 media partner yang bergabung. Mereka adalah:


🗸 Mirabella

🗸 Gloskin

🗸 Fave

🗸 Tupperwate

🗸 Clean well

🗸 Kebabblasan

🗸 Summer BNB

🗸 Ambeer.le

🗸 57 kitchen

🗸 My radio

 

Banyak kan? Kami juga enggak nyangka sampai sebanyak ini. Apalagi kami cuma berlima ngurusinnya. Alhamdulillah si pembuat proposal Mbak Putri juga mendesain proposal begitu modern dan kereen. Ditambah juga rezeki anak-anak solehah dan rajin menabung mungkin ... #eh


Banyaknya Rangkaian Acara

Tahun ini cukup banyak rangkaian acara yang diselenggarakan. Mulai dari lomba blog, pelatihan SEO dan Instagram, juga giveaway. 

fundamental seo on page


Pada lomba blog, teman-teman member saling berlomba menulis artikel yang digabung dengan rangkaian FBB Kolaborasi, sebuah kegiatan bulanan rutin dari komunitas. Enggak tanggung-tanggung, hadiah untuk apra pemenang mencapai total 1,4 Juta rupiah tunai! 


Pada semangat dong lomba internal dengan hadiah segitu XD


Lalu ada lagi pelatihan virtual. Pada acara pelatihan Fundamental SEO On Page, kami dilatih oleh Mas Irwin. Yang memiliki website masirwin.com.


Beliau adalah salah satu coach juga di Kelas Growthing ID. Beliau sering membagi ilmunya secara gratis. Namun jika teman-teman ingin belajar lebih dalam dan fokus, bisa mengikuti kelas premium yang terseida, mulai dari harga 500 ribuan. 


Dijamin langsung bakal melek SEO deh. Pageviews naik, tentunya berdampak dengan kualitas blog maupun job blogger yang akan kita dapatkan. Lalu apa saja yang dipelajari saat pelatihan virtual?


Kita belajar tentang keyword, cara membuat judul yang tepat, cara meletakkan keyword, dan masih banyak lagi. Intinya lebih ke SEO Onpage sih.


Nah, kalau pelatihan tentang pengoptimalan instagram lain lagi. Kami dilatih oleh Mas Niko Julius. Kenal enggak? Saya yakin sudah banyak yang kenal. Karena adsnya tiap hari nangkring wkwkw. Beliau adalah pemilik @bynikojulius dan nikojulius.com.


optimalisasi instagram


Kami belajar soal konten apa saja sih yang dibutuhkan untuk tiap tagar. Beda tagar (hashtag), maka beda lagi jenis konten yang bakal viral. Jadi biasakan riset tagar terlebih dahulu sebelum membuat konten. Mas Niko juga membuka kelas belajar instagram premium bagi yang ingin fokus. Testimoni juga udah banyak banget.  


Dan masih banyak lagi yang tenyata banyak hal baru yang belum kami ketahui tentang instagram. Setelah itu ada  acara  bagi-bagi doorprize  juga yang lumayan banyak banget buat peserta.


Meski Serba Virtual

Untuk acara kami, kami mengusung tema Unstoppable Creation. Sebuah harapan bahwa meski apndemi, tetap bisa berkreasi dari rumah. Oleh karena itu meski acaranya virtual, kami akan maksimalkan semuanya. Tentunya itu hanya ikhtiar, sisanya do'a dan bantuan sang Maha Kuasa.

Kami mulai acara pada hari Minggu, 11 Oktober 2020 09.45 hingga 13.00 WITA. Acaranya cukup padet soalnya belajar SEO dan Instagram itu memang banyak yang antusias.


Temen-temen juga pada tepat waktu hadirnya alhamdulillah (apa karena ada doorprize yang hadir pertama? wkwkw ssstt itu strategi).


Live zoom kami terbagi dua tempat, yaitu:

📍 Live zoom dari Fave Hotel Banjarmasin untuk pengurus

📍 Live zoom di rumah untuk member Female Blogger of Banjarmasin


O ya, awalnya kami berencana untuk pengurus dan founder bergabung di fave Hotel. Alhamdulillah Fave Hotel menyediakan ruang meeting gratis beserta internet dan proyektor LCD.


Saat itu kami juga mengundang 5 orang member yang mau meet up yang mungkin juga terkendala kalau harus online di rumah selama itu. Jadi kami batasi maksimal 10 orang saja. Sisanya di rumah. Toh lagi pandemi gak boleh rame-rame kan ya.


Nah, sayangnya waktu itu saya sedang batuk berat. Awalnya si kecil sempat pilek dan batuk. Setelah sembuh, gantian deh saya dan Abinya yang batuk. Dan saya tuh kalau batuk gak pernah cepat. pasti seringnya lama. Saking lamanya dulu waktu SMA sampe periksa dan rontgen. Entah kenapa kambuh lagi nih, padahal udah lama gak batuk (sekalian curhat yee)


Karena kondisi itu saya akhirnya virtual dari rumah. Kan kalau lagi sakit jangan ke tempat umum.  Karena tugas saya memandu acara (apa coba bahasanya wkwk), akhirnya  saya tetap memandu dari rumah. Enaknya dari rumah, batuk bisa dimute. Trus minum bentar haha. Sesekali ke kamar mandi karena kebanyakan minum. Alhamdulillah batuknya enggak sering muncul seperti biasanya. 


Tim Minimalis

Tim kami sebenarnya minimalis sekali. Kami terdiri hanya 3 orang. Tugas sebagai seksi-seksi kepanitaan sama sekali tidak ada. 


Kami kerja borongan pokoknya saling bantu. Siapa yang bisa ngerjain ini, itu yang ngerjain. Alhamdulillah bisa solid. Enaknya minimalis diskusi bisa cepat selesai. Apalagi rempong kan enggak bisa ketemu. Diskusi paling mentok lewat zoom kalau  di wa udah enggak paham, haha.

Bertabur Banyak Hadiah

O ya seperti yang saya bilang sebelumnya kalau kita lumayan banyak sponsornya. Oleh karena itu hadiahnya juga banyak banget alhamdulilah., Ada yang ngasih fresh money (dukungan dalam bentuk uang tunai), ada juga yang ngasih produk (btw ngaturin pembagian hadiah itu juga ribet lho haha)

Secara umum, ini adalah list produk yang menjadi doorprize dan GA di acara kami


Harapan

Harapan tentunya semoga kedepannya ultah FBB bisa dilaksanakan secara langsung alias pandemi sudah berakhir. Tapi meskipun virutal, ternyata banyak hikmahnya sih. Pelaksanaan tidak serepot offline seperti penyiapan perlengkapan, dll. 


Yang repot cuma komunikasi ama ngirim hadiahnya haha. O ya saat ini sedang ada GA di instagram @femaleblogger.bjm. Jangan lupa ikutan ya. GA terbuka untuk umum dan di luar Banjarmasin kok.

 

Baca Juga

1 komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...