Menyusun Resolusi di Akhir Tahun, Yay or Nay?

Ada yang sama enggak kayak yang saya rasakan, kalau tahun ini rasanya berlalu cepat? Rasanya baru kemarin pandemi mulai ada berita, baru 2019 akhir kemarin nanyain teman di Cina apa baik-baik saja, eh sekarang sudah akhir 2020, dan situasi pandemi seperti sudah menjadi kawan, hehe. Biasa aja gitu.


Tapi jangan anggap biasa ya! Tetap waspada. Tidak sedikit kenalan saya yang terinfeksi dan ada juga yang meninggal padahal masih muda 😞

Tapi jangan juga jadi tidak bersemangat melakukan apapun. Untuk yang juga kena musibah seperti PHK atau usaha lagi down, semoga Allah membalasnya dengan rezeki berkali-kali lipat nantinya aamiin.

Nah, enggak salah kan kalau kita menyusun rencana untuk tahun berikutnya. Meski pandemi belum berakhir, semoga saja tahun depan bakal lebih baik dari sebelumnya. 

Buat resolusi aja gimana? Jujur akhir tahun kemarin saya emang enggak ada resolusi apapun di 2020. Eh ternyata emang bener-bener flat, apalagi pandemi mendukung kemalasan saya ehe.

"Salahkan saya aja terus!" Kata virus covid19. 😂

Sekarang pengen buat resolusi, biar ada target, eeeaaa ... Ada yang pengen juga? Emang apa sih artinya resolusi? Kok jadi penting banget buat dibahas?

Apa itu Resolusi

Menurut KBBI, resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. 

Jadi secara umum, resolusi itu adalah semacam harapan kita atau permintaan kita yang akan ditujukan untuk jangka waktu tertentu.

Temen-temen lain gimana? Seneng buat resolusi tiap pergantian tahun, atau biarkan mengalir aja?

Jujur saya bukan tipe yang suka menyusun apapun, that's why mungkin semuanya berjalan asal-asalan dan berantakan. 

Padahal resolusi itu pentng untuk menjadi landasan langkah apa yang akan kita lakukan untuk mencapainya. Sepakat?

Manfaat Membuat Resolusi

Berbicara mengenai manfaatnya, tentu temen-temen sudah pada tahu. Nah, biar nambah-nambahin jumlah kata di artikel kali ini, tidak apa ya kalau saya nulis ulang manfaat resolusi itu apa? Menurut saya, banyak sekali manfaat dari membuat resolusi, yaitu:

▶▶ Lebih Fokus

Dengan adanya resolusi, ada target yang akan kita fokuskan. Terutama untuk hal-hal besar dan jangka panjang. Penting menyusun resolusi dengan tepat dan rinci.

▶▶ Melatih Konsisten

Menyusun resolusi, bisa membantu kita untuk lebih konsisten melakukan hal-hal yang bisa membantu resolusi itu tercapai (tapi ini susah hahaaa). 

▶▶ Merasa Punya "Utang" 

Meski tidak selalu berhasil, tapi terkadang dengan membuat resolusi, kita punya "kewajiban" untuk segera melakukan atau menggapainya. Jika tidak, ada rasa tidak tenang mungkin?

Jika Tidak Ada Resolusi

Nah, lain lagi jika kita tidak memiliki resolusi sama sekali. Tidak ada target, tidak ada sesuatu yang akan kita usahkan dengan sungguh-sungguh (seperti saya). Tapi mungkin tiap orang berbeda kali ya, hehe.

Ada yang mampu tetap maksimal melalui hari tanpa harus menuliskannya. Ada yang bisa menggapai banyak hal tanpa menyusun resolusi terlebih dahulu. Jadi semuanya kembali pada diri masing-masing.

Tips Membuat Resolusi

Sebenarnya saya tidak pantas memberikan tips ini. Apalagi saya bukan tipe orang yang suka menuliskan resolusi.

Tapi sebagai pengingat bersama, sebelum mebuat resolusi, pastikan untuk mendahulukan yang paling penting dahulu untuk digapai. 

Buat resolusi yang mungkin benar-benar sesuai dengan apa yang kita suka. Meski tidak disuka pun mungkin bisa kita gapai, tapi itu akan jauh lebih berat (pengalaman sih gitu, atau saya aja yang emang males wkwk).

Sebisa mungkin target yang lebih mudah dulu, baru selanjutnya menyusun langkah-langkah lebih besar. O ya jangan lupa juga membuat reward jika resolusinya tercapai. Agar kita bisa lebih menghargai diri sendiri.

Resolusi Saya Sebagai Konten Kreator

Lucu ih mau nulis di blog dan dibaca banyak orang. Kalau enggak kejadian kan malu sendiri hehe. Tapi katanya penting membuat resolusi yang di mana banyak orang yang baca. 

Biar bebannya makin berasa? Entahlah ...

Lalu resolusi saya apa? Untuk kali ini saya fokuskan menulis resolusi berkaitan blog dan profesi saya menjadi content creator aja ya. 

Untuk hal-hal lainnya yang berkaitan status saya sebagai hamba Tuhan, sebagai istri, sebagai anak, dan sebagai ibu, akan saya tulis di catatan pribadi aja wkwkw. Hmmm ... Oke, kita mulai dengan ...

▶▶ Mengisi Blog Senin-Jumat

Untuk yang terbiasa ODOP mungkin akan senyum tipis, atau mungkin tertawa hehe.

Tapi yang saya tahu, rutin 5 kali seminggu itu sebuah kesulitan luar biasa bagi saya. Tapi melihat banyak teman-teman yang bisa, rasanya saya malu sendiri hehe.

Ada beberapa yang mampu menulis setiap hari malah di blog pribadi (bahkan lebih, bisa 2 kali sehari). Nah saya? 

Jadi di tahun 2021, laiknya sebuah pekerjaan, saya pengen serius nulis ngeblog itu jadi rutin di hari Senin-Jumat. 

Mengapa cuma Senin-Jumat? Untuk Sabtu dan Minggu akan saya buat khusus untuk istirahat. Jika pun harus menulis, itu berarti urgent sekali alias diburu deadline wkwkw.

Doakan saya ya. Masa ada content writer bisa nulis 10 kali sehari, nah saya cuma sekali sehari susah? haha. Jadi dengan target ini setidaknya saya bisa menulis 20 tulisan sebulan. Biasanya paling 8-15 tulisan. Aammin doakan saya ya. mumpung ada ODOP ICC (Indonesian Content Writer--ask me for regiter--) juga jadinya saya sekalian melatih kemampuan hehe.

▶▶ Mengisi Konten IG Senin, Rabu, Jumat

Meski katanya bagusnya tiap hari post di IG, tapi ngeri juga kalau orang-orang sampai bosan lihat postingan saya haha. Lagian membuat konten IG itu cukup lumayan berat karena dari desain juga harus diperhatikan. 

▶▶ Mengisi Konten Twitter Setiap Hari

Nah, ini nih, Ada yang bilang malah baiknya tiap hari sampai 10 cuitan lebih. Tapi sekali sehari aja kadang bolos kan ya. Yuk kita coba.

▶▶ Menulis Satu Draft Buku dan Menerbitkannya

Ini kayaknya sejak 2019 kemarin punya keinginan begini tapi tidak terealisasi. Ada saran komunitas yang bisa membantu ini? Saya tipe orang yang susah belajar sendiri. Kadang harus ada penyemangat dan motivasi plus tugas biar konsisten wkwkw.

Kayaknya sudah cukup banyak ya, hehe. Pengen juga buat resolusi ngembangin usaha yang selama ini cuma gitu-gitu aja, tapi kayaknya harus fokus ke blog dulu. 

Pengen juga buat youtube, buat persiapan S2, tapi rasanya masih belum bisa. Dengan kondisi si kecil masih aktif-aktifnya dan tidak ada yang mengawasi selain saya di rumah (meski wfh, ya suami tetap sibuk wkwk, dan suami kayaknya akan mulai aktif di kantor lagi).

Sudahlah jangan rakus ya Tri, itu udah cukup. Lakuin aja dulu semua di atas, kalau aman baru deh merambah ke resolusi lainnya! Yuhhuuu!

Temen-temen gimana? Buat resolusi di akhir tahun, yay or nay? O ya doakan semoga saya konsisten ya huhu.

Ingat selain goal dan plan, yang paling penting adalah action yes! (self reminder 😁

Artikel ini diikutsertakan minggu tema komunitas Indonesian Content Creator

Sumber gambar: unsplash.con

Next Post Previous Post
30 Comments
  • Tika Insani
    Tika Insani 18 Des 2020 05.08.00

    Bener banget Mba Tri, gak kerasa banget ya 2020 tinggal menghitung minggu aja dan eh tiba2 2021...

    Btw, aku adalah tipe orang yang selalu nyusun resolusi untuk tahun depannya meskipun........ tidak selalu terpenuhi 🤣
    Tahuh 2021, untuk blog ga neko neko sih, cuma bisa konsisten aja nulis minimal 1 untuk 1 minggu. Belom berani kayak Mba Tri full Senin-Jumat apalagi ODOP 😅

    Semoga resolusi yang Mba Tri susun ini bisa tercapai semua yaaa Mba 🥰

    • Ainhy Edelweiss
      Ainhy Edelweiss 29 Des 2020 14.33.00

      Kalau aku sih sebenarnya spontan mba tp krna bxk yang mau ditargetkan jadi nya buat resolusi juga biar bisa mencapai target

  • Tetty Hermawati
    Tetty Hermawati 18 Des 2020 06.26.00

    baru mikir gtu, kemaren diakhir 2019 orang2 masih rajin nonton berita kasus covid di wuhan, eh skrg kita udah di penghujung 2020, waktu beneran ga terasa ya alloh

  • Reyne Raea / Rey
    Reyne Raea / Rey 18 Des 2020 12.36.00

    Merasa punya hutang, bener banget tuh, kalau kita merasa punya hutang, jadinya lebih ngeh untuk dikerjakan, kalau nggak punya hutang, santai aja, tahu-tahu udah akhir tahun lagi

  • My Naden Milen
    My Naden Milen 19 Des 2020 01.03.00

    Wih keren makasih loh kak aku suka baca resolusi kakak. Samoai hari-harinya ditentuin bikin aku semnagat ngerangkai resolusi ditahun 2021. Semangat terus kak

  • kyndaerim
    kyndaerim 19 Des 2020 18.51.00

    wuiih.. lengkap ya jadwalnya kak, kalo aku masih belum bisa konsisten nih, huhu.. sukses selalu buat kak Tri dan phontomat pastinyaah :D

  • Ria Andika
    Ria Andika 20 Des 2020 11.02.00

    Dulu sebelum punya anak aku masih rajin dan rutin buat list resolusi tiap tahunnya bahkan pake buku khusus gitu, kalau sekarang bikin resolusinya dalam hati aja sambil doa :D

  • Elly Nurul
    Elly Nurul 21 Des 2020 00.15.00

    Aku sih yey ya hehe karena kau termasuk yang suka menyusun resolusi dan bagi aku resolusi itu sebagai motivasi untuk menjalani hari demi hari dan bulan demi bulan mbak hehe

  • chairina bawazir
    chairina bawazir 21 Des 2020 04.35.00

    Kalau di lihat sebagian blogger aku juga punya resolusi yang kurang lebih sama pengennya seperti itu. Tapi terkadang balik lagi dengan keadaan. Harua bisa menyesuaikan dengan kondisi. Semoga pelan-pelan semua resolusi kita tercapai ya mba. Aamiin

  • Shinta Shyntako
    Shinta Shyntako 21 Des 2020 05.19.00

    Aku sih tim yang yay untuk bikin resolusi karena konon harapan yang dituliskan dan selalu dalam hati dan pikiran, konon itu ibarat magnet yaa mba yang kelak cepat or lambat pasti terwujud

  • Renov - renovrainbow.com
    Renov - renovrainbow.com 21 Des 2020 11.05.00

    Semoga resolusi di tahun ini bisa terwujud ya mbak. Salut dengan dedikasinya sebagai blogger dan rencana meluangkan waktu di sosial media.

    Saya sendiri tipe hampir selalu dengan resolusi, walau ada di tahun tertentu dimana saya menolak bikin resolusi tapi sebenarnya saya sudah tau apa yang saya mau.

    Mungkin karena saya sulit fokus, jadi resolusi ini memudahkan sebagai tuntunan bahwa arah saya ingin ke sana nantinya.

    Hanya saja kenapa tahun ini resolusi blogger itu tidak ada di list saya, dan baru sadar pas baca artikel ini.

  • Dwi Puspita
    Dwi Puspita 21 Des 2020 15.47.00

    Resolusi boleh juga nih mbak, mau juga saya aktif seperti ini tahun depan. Secara kadang saya update Twitter kadang kalau ingat saja

  • iffiarahman.com
    iffiarahman.com 23 Des 2020 09.23.00

    Apakah icc harus mengadakan bikin buku antologi 🤣

    Semangat kak tri yang selalu go ahead dan meningkat dengan cepat perjalanan bloggingnya...

  • Alif Kiky Listiyati
    Alif Kiky Listiyati 23 Des 2020 14.21.00

    Saya sering lupa untuk memberikan reward diri sendiri. Padahal penting banget ya biar makin tambah semangat

  • eka fl
    eka fl 24 Des 2020 00.32.00

    halo kak Tri,
    aku nyontek reoslusinya boleh? hehehe. masih bingung bikin jadwal konsisten sosmed dan ngeblog gimana, aku jadi kay aterinspirasi gitu buat bikin sub traget ( apa inihhh sub target?? wkwkwkwk ) .
    semoga sukses selalu ya kak Tri dan saya mau ngucapin banyak banyak banyak terimakasih, selama setahun terakhir ini banyak bantu saya di dunia blogging.

    saya gak akan lupa tentang liebster award dan segudang waktu untuk konsultasi gratis, hehehe. semoga Allah membalas kebaikan kak Tri.

    semoga sehat selalu dan makin sukses ya,
    with love,
    artjoka

  • Lintang
    Lintang 24 Des 2020 05.39.00

    Wahhh kereenn. Punya resolusi ngisi jadwal content creator sendiri yang udah mulai jalan ya kak Tri?
    Kayanya ide mengalir terus kek air terjun. Semangaaat.semoga bukunya bisa cepet terbit juga. Resolusi Yay!

  • Arai Amelya
    Arai Amelya 24 Des 2020 15.11.00

    Setuju kak Tri, 2020 ini kayak cepett banget padahal kalau diinget kudu di rumah terus, lama dan bikin bosen. Duh, dasar manusia haha.

    Takjub baca semua target kak Tri sebagai contenct creator, semangat, semoga bisa terwujud semuanya.

    Kalau aku di blog, pengen rajin dan konsisten nulis dulu. Huhu, seminggu satu post. Semangat kak Tri!

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 24 Des 2020 20.42.00

    keren bgt mama oyaa resolusinya !! senin sampai jumat isi blog, juga isi sosial media. salah satu resolusiku juga bisa menulis lebih banyak dan bermanfaat di blog. tetap semangat ya mbakaa

  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika 24 Des 2020 22.26.00

    Media sosial apa kabar? Huhu sedih nih aku kalo liat twitter dan Instagram masih bnyk bnyk bolongnya. Lebih suka mantengin drpd bikin konten, makanya jadi lebih boros paketan yaa. Hihi

    Seminggi sekali aja suka bingung kalo d blog tih gatau knpa, tp kalo ikutan 30haribercerits di IG aku termasuk mayan ngalir nulisnya, makanya odop nih aku sanggupin di ig aja deh. Moga beneran bisa yaa. Semangat terus kak Tri.. 🤗

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 25 Des 2020 06.11.00

    Keren-keren nih resolusinya Kak. Semoga semuanya bisa tercapai ya. Kalau saya masih belum bisa fokus urus semuanya. Urus blog saja masih keteteran apalagi medsos hehe tapi pengen juga deh tahun 2021 bisa konsisten gitu jadi content creator. Jadi nggak fokus di blog saja tapi yah baru sadar nih jadi content creator memang nggak mudah ya.

  • Iva C Wicha
    Iva C Wicha 25 Des 2020 06.40.00

    Kak tri thn lalu tanpa resolusi dan merasa 2020 merasa flat tpi pencapaian blog nya bisa luar biasa begitu ya..
    Insya Allah bisa tercapai smua deh itu resolusinya kak, bravo...

  • Han
    Han 25 Des 2020 07.41.00

    Kak Triii buruaaaan terbitin bukunya nanti aku pesan satu. hehe.
    Semangaatt!
    Mudah-mudahan semua resolusinya bisa tercapai yaa, 2020 ini beneran bahagia aku bisa belajar banyak dari kak Tri juga soal blogging :)

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati 25 Des 2020 14.06.00

    Mb Tri, saya tiru ya resolusinya. Selama ini ngisi akun medsosnya masih belum teratur

  • Rika Widiastuti Altair
    Rika Widiastuti Altair 25 Des 2020 22.53.00

    Aku tim yay. Karena dengan adanya resolusi, aku jd lebih fokus dengan tujuan. Dan aku meyakini kalau setiap rencana yg dituliskan itu bisa memberi energi positif buat kita. Dan kadang mempermudah tercapainya jg.

  • Seftinaqurnia
    Seftinaqurnia 26 Des 2020 13.49.00

    Wah penasaran sama bukunya kak tri nih wajib ditunggu nih bukunya

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 30 Des 2020 16.24.00

    saya sudah lempem mau buat resolusi, takut jadi tambah banyak utang jadinya karena resolusinya stuck mulu huhuh, jadilah resolusi tahun depan itu ya membayar utang (resolusi) tahun sebelumnya ajah dah, hahahah.
    meski sebenarnya menyusun resolusi itu yay banget siih tapi sayanya yang masih belum stabil, wkkwkwkk

  • Ila
    Ila 30 Des 2020 19.09.00

    Maju terus pantang mundur hahahah

  • cicifera
    cicifera 31 Des 2020 01.55.00

    wow, keren-keren ya resolusinya kak tri! semoga lancar semua dan terlaksana dengan baik, aamiin.. semangat selalu \^^/ aku jadi mikir, apa ya resolusi tahun 2021 ku ini, hmm.. hihi

  • April Hamsa
    April Hamsa 31 Des 2020 05.51.00

    Aku sebenarnya tipe yang selow, ada resolusi tapi ya emang jarang ditulis aku biarin ngikut arus aja. Tapi pergantian tahun ini istimewa jd aku pengen bener2 spesifik, mau nulisin jg sehingga aku lbh semangat dan bener2 bisa kuwujudkan aamiin

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 31 Des 2020 10.31.00

    Kalau aku sih yey! Hehe karena bikin makin semangat gt buat mencapainya dan yg pasti jd punya tujuan untuk hidup kedepannya ;)

Add Comment
comment url