8 Alasan Mengapa Menulis di Blog itu Menyenangkan!

Blog? Sebenarnya blog itu apa sih? Kenapa harus punya blog? Kan kita bisa nulis di blog citizen semacam Kompasiana, atau punya media sosial lain yang enggak perlu ngatur-ngatur bentuk templatewidgetbanner dan lain sebagainya.

Mungkin ada beberapa orang yang masih belum ingin membuat blog karena sudah cukup media sosial saat ini untuk menuangkan tulisan yang ada.

Tapi menurut saya pribadi, blog itu beda. Dia itu manja, pinter, lucu, eh tunggu-tunggu, ini ngomongin blog atau kucing? 😅

Nah jadi kalau saya sendiri sih ada hal yang kita bisa temukan di blog yang tidak bisa (mungkin bisa tapi kurang maksimal) kita dapat di media sosial. Apa saja? Yuk disimak :

1. Berasa Punya Website/Perusahaan Pribadi

Nah ini nomor satu. Blog itu enaknya kita bisa ngatur gimana bentuk tulisannya, bentuk layout, tema atau apapun yang berkaitan dengan interface (tampilan) blog kita.

Kita bisa ngatur mau mengisi apa blog kita. Ngomongin apa dan lainnya.

Serunya lagi, jika sudah paham pengkodean, kita bisa memasang banyak widget-widget lucu seperti jam, album, daftar isi dan masih banyak lagi. Jadi beda dengan media sosial yang tampilannya itu-itu saja.

Kita juga bisa ibaratkan ini perusahaan kita. Jadi kita berusaha untuk membuatnya terus lebih baik dengan membangun citra dan personal branding yang pas.

2. Mengisi Waktu Luang

Kadang ada waktu liburan atau kuliah lagi kosong, itu pas banget buat nulis-nulis apa yang kita lagi pikirin ke dalam blog. 

Dulu saya mulai serius ngeblog itu yah pas kuliah (nah dulu itu kapan hayooo? 😂). Tapi nulisnya setahun sekali, haha. 

Kadang nyesal sendiri kenapa sih baru tahu dan fokus ngeblog itu pas udah nikah. Pas dulu itu banyak waktu luang. Nah, jadi emak-emak, semua waktu diatur si kecil hehe.

Intinya kalau udah ngeblog, harusnya no more gabut-gabutan alias enggak tahu mau ngapain.

3. Mengasah Kemampuan Menulis dan Skill Lainnya

Nah ini nih. Paling teopebegete!

Setelah ngeblog, banyak sekali hal yang saya bisa tahu. Mulai dari kesalahan tulisan, tahu cara meningkatkan performa blog, tahu tentang SEO (sebuah teknik agar tulisan berada di halaman pertama google), mulai tahu coding, belajar bikin infografis, dan masih banyak lagi.

Saya suka baca, tapi katanya kurang lengkap tuh kalo suka baca tanpa suka nulis. Jadilah saya mulai mencoba menulis di blog. Blog itu sebenarnya "rasa nyaman" yang menjadikannya menang (yailaaah pake nyaman 😅).

Maksud saya nyamannya karena kita bisa tuangin apapun, tanpa batas karakter atau jumlah kata. Lebih pribadi, dan privasi. Tapi di sisi lain juga lebih bebas 😁.

Kalau di media sosial kita nulis curhatan mungkin ada yang merasa terganggu karena lewat gitu aja di timeline, nah kalau di blog mah orang enggak bisa protes karena memang orang yang sengaja berkunjung.

Ibarat rumah, kita ini pemiliknya. Tamunya mau datang atau tidak itu terserah mereka hehe.

4. Membagi informasi

Kalau ini sudah jelas yah. Siapa sih yang gak seneng kalau tulisannya di blog dikunjungindikomen terima kasih karena sudah membantu memberikan informasi yang dibutuhkan? 

Yes! Rasanya 2x lipat lebih seneng dari media sosial, karena blog ini sebenarnya "susah ditemukan" jika kita tidak saling berteman. Biasanya ditemukan lewat google. 

Dalam artian pencarian google tentu sudah banyak blog atau platform lain yang juga membahas serupa yang kita bahas. Tapi ketika blog kita bisa ditemukan oleh orang "asing" di laman pencarian, itu sungguh luar biasa bermanfaat artinya 😁

5. Menyimpan Kenangan dengan Rapi

Kalau postingan media sosial kadang tenggelam dan tertutupi dengan beragam komentar atau postingan-postingan yang diluar konten atau campur-campur kelihatan aneh gitu lihatnya. 

Makanya kalau di Instagram sendiri banyak orang yang membuat akun-akun berbeda untuk mengkhususkan sesuai dengan jenis akun yang dibuat.

Nah kalau di blog, kita bisa langsung atur di bagian kategori jenis-jenis postingan yang kita buat. Jadi kenangan akan gampang ditemukan dan lebih rapi, tidak perlu scroll timeline seperti Facebook dan Instagram.

6. Investasi Digital

Menurut saya, blog ini adalah sbeuah investasi karena bisa dijual dan diwariskan. Ketika sebuah blog dnegan trafik tinggi, maka harganya bisa puluhan juta jika saya tidak salah ingat.

Itulah mengapa mulai banyak orang yang namanya ternak blog. Karena blog memiliki nilai tersendiri.

7. Bisa Menjadi Salah Satu Sumber Rezeki

Seperti di banyak-banyak tulisan saya soal penghasilan sebagai bloger, saya bisa katakan kalau memang bloger itu sebuah pekerjaan.

Banyak yang saya tahu memang menggantungkan hidup (full time), sama yang namanya porfesi bloger. Di luar sana banyak yang tidak tahu soal ini. Padahal bisa banget lho kalau fokus.

Mirip sebuah usaha gitu. Kalau udah dirintis, dibesarkan, dirawat, pasti ada aja yang tertarik.

8. Salah Satu Cara Personal Branding

Semenjak saya punya blog, beberapa orang akhirnya mulai mengenal saya sebagai bloger. Dengan nama yang unik, dan blog yang sudah mulai diseriusin, akhirnya banyak yang tanya soal tips ngeblog dan lainnya.

Saya cukup senang juga karena akhirnya ilmu saya dulu saaat SMK sebagai murid Tekaje, bisa bermanfaat di profesi ini. 

Saya bisa klaim kalau profesi saya sebagai bloger meski masih part time. Profesi utama saya adalah seorang ibu dan istri, hehe.

Kesimpulan

Nah itu dia 8 alasan saya pribadi mengapa menulis di blog itu menyenangkan. Tiap orang pasti punya alasan yang berbeda. 

Ada yang ngeblog sekadar iseng, ada yang untuk curahan hati, ada yang untuk daily journal, bahkan ada yang memang khusus untuk jualan atau mencari penghasilan (seperti para pegiat Adsense, penjual tema premium, dan lainnya).

Intinya yang saya selalu katakan bahwa, niat ngeblog apapun, selama tidak plagiat dan bermanfaat, semuanya adalah baik. 

Tidak ada yang pernah bilang kalau ngajar dibayar dan ngajar tidak dibayar itu mana yang lebih baik bukan? Semuanya tetap baik.

Semuanya berusaha memberikan ilmu dengan maksimal. Urusan niatnya untuk sedekah dan niatnya untuk dijadikan pekerjaan itu urusan lain. Kita tidak tahu bagaimana latar belakang keduanya. 

Sama halnya seseorang yang senang desain karena senang saja, dengan orang yang belajar desain karena ingin menjadikannya sumber penghasilan. 

Tidak ada yang salah maupun lebih baik. Intinya semangat terusss! 

Btw kalau teman-teman sendiri, apa ada alasan lain mengapa menulis di blog itu menyenangkan?

Sumber gambar: unsplash.com dan pixabay.com

Next Post Previous Post
3 Comments
  • Slamet Cell
    Slamet Cell 12 Jan 2021 05.39.00

    Ngeblog itu lebih fleksibel juga customable. hehehehe

  • Dodo Nugraha
    Dodo Nugraha 19 Jan 2021 20.00.00

    Haloo Mbak Tri, setuju dengan berbagai manfaat dari nge-blog yg udah dijelaksan td.
    Blog itu jg bagi saya sebagai tempat menyimpan kenangan selain foto. Kalo foto kan cuma gambar doang. Kalo di blog bisa seklian dituliskan kenangan apa yg terjadi dari foto tersebut..

    Kemudian, di blog jg sebagai media berbagi informasi. Saya suka membagikan info dan pemikirian saya di blog. Siapa tau ada yg ter-influence terhadap tulisan saya hehehe

  • Ainun
    Ainun 23 Jan 2021 22.36.00

    nggak salah dulu bikin blog karena dasarnya suka nulis, dan niat awal memang ingin berbagi aja

Add Comment
comment url