5 Tips Agar Pakaian Wangi Tahan Lama

5 Tips Agar Pakaian Wangi Tahan Lama - Baju yang wanginya tahan lama tentu menjadi kepuasan tersendiri. Bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang sekitar kita. Siapa sih yang tidak suka sesuatu yang wangi? Pasti teman-teman senang jika ada orang yang berdiri di samping kita pakaiannya wangi. Sebaliknya pakaian yang bau biasanya menimbulkan keresahan tersendiri bukan? hehe. Kadang ada yang menggunakan pewangi pakaian yang tahan lama, tapi ternyata ada beberapa langkah lain yang bisa kita lakukan agar wangi pakaian bisa maksimal. Apa saja?

Memastikan Pakaian Bersih

Pertama, tips agar pakaian wangi tahan lama adalah memastikan pakaian yang dicuci itu bersih. Terkadang, jika kita terlalu terburu-buru, kita mencuci tanpa melihat detail pakaian yang kita cuci. Apalagi jika kita menggunakan mesin cuci. 

Biasanya, pastikan untuk melakukan 2 hal ini saat mencuci agar bersih maksimal. Yaitu menyikat noda yang susah bersih dan membalik pakaian sebelum mencuci. Hal tersebut bisa membantu mengurangi bau pada pakaian.

Jika masih ada bekas noda yang ada di pakaian, tentu bisa menjadi faktor yang menyebabkan bau pada pakaian. Apalagi noda tersebut adalah noda makanan yang memiliki wangi yang menyengat. 

agar pakaian wangi tahan lama
usnplash.com

Menggunakan Detergen Berkualitas

Beda detergen, beda pula hasilnya. Dari pengalaman saya, detergen yang cair biasanya lebih wangi dibanding detergen bubuk (pendapat pribadi lho ya wkwk). 

Untuk para pengusaha laundry, bisa menggunakan Rinso Deterjen Matic Deterjen Cair 5L. Detergen ini sebenarnya bukan fokus pada wanginya, namun fokus apda pembersihan maksimal sehingga mencegah bau pada pakaian. Kalau untuk di rumah, bisa menggunakan yang ukuran kecil. Yang pasti, cocok-cocokan juga sih detergen itu. Ingat juga memilih detergen yang tidak membuat tangan kasar dan ramah lingkungan.

Menggunakan Pewangi Khas Laundry

Beberapa produk pewangi saat ini sudah banyak dijual di berbagai minimarket dan pasar. Mulai dari yang kemasan mini (sachet), hingga kemasan besar. Beberapa pewangi khas laundry menggunakan pewangi dengan kemasan besar. 

Salah satu contoh pewangi khas laundry adalah Molto Parfum Laundry Alkohol. Pewangi ini berukuran 1 Liter di mana diformulasikan dengan bahan aktif alkohol 70% yang lulus uji Safety and Environment Assurance Center (SEAC) dan efektif membunuh 99,99% bakteri dan virus (termasuk Covid-19).

Pengharum pakaian khusus laundry ini bahkan lebih mudah digunakan karena tak perlu dilarutkan dalam air. Penggunaan tiap pewangi biasanya berbeda-beda. Pastikan membaca kemasan dalam petunjuk penggunaan agar pakaian bisa wangi maksimal. 

Menggunakan Semprotan Pewangi Saat Menyetrika

Ada yang pernah bertanya bagaimana cara menyetrika agar wangi seperti di laundry? Nah, tips lain agar pakaian bisa wangi tahan lama adalah memberi semprotan pewangi saat menyetrika. Ingat pakai pewangi khusus yang memang tahan lama ya. 

Hal ini bisa membantu teman-teman yang mungkin tidak sempat atau lupa memberikan pewangi saat pencucian. Pemberian pewangi saat setrika bisa membantu wangi pakaian tahan lama. Saat setrika steam (setrika uap) juga bisa dimanfaatkan sebagai saat yang tepat memberikan pewangi pada pakaian.

cara mencuci pakaian agar wangi seperti di laundry
unsplash.com


Menggunakan Parfum Tahan Lama

Langkah terakhir agar pakaian bisa wangi tahan lama adalah menggunakan parfum khusus. Beberapa produk parfum bahkan bisa tertinggal wanginya hingga berhari-hari meski baju sudah dicuci. Tinggal pilih wangi yang sesuai selera. Namun memang akan berbeda wangi pakaian dengan pewangi dan parfum. Semua disesuaikan selera masing-masing lah ya. 

Kesimpulan

Saat ini, banyak tips yang bertebaran di internet mengenai cara mencuci baju agar wangi seperti di laundry. Banyak juga rekomendasi produk-produk yang ada. Pastikan teman-teman bisa browsing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. 

Membuat pakaian wangi tahan lama kini bukan lagi sekadar harapan. Semua bisa diwujudkan dengan mengikuti tips-tips di atas. 

Pilihlah produk yang sudah terjamin kualitasnya dan dipercaya banyak orang. Selain wangi, bahan aman juga dijanjikan untuk produk-produk yang berkualitas. Sudah siap dengan baju yang wangi tahan lama?

Next Post Previous Post
4 Comments
  • TOMTOMID
    TOMTOMID 4 Jul 2021 01.15.00

    Caranya memang sangat ampuh kak Tri. Btw, kak Tri anak nomor 3 yaa kak? Kalau iya sama kayak saya yang menyematkan sendiri kata "Tri" atau "three" dalam bahasa inggris di nama saya. Padahal nama asli mah tidak ada itu. Heheh cuma iseng aja sih kak. Supaya orang yang tau nama saya langsung berfikiran kalau saya anak nomor 3. Karena nama belakang saya malah berkesan seperti anak nomor 1 (pertama). Di kk pun dulu sempat ada kesalahan seperti itu.

    Kalau saya pribadi sih soal pakaian wangi dari dulu kurang memperhatikan kak. Dari dulu udah terbiasa baju habis dicuci langsung dipakai. Jadi wanginya pun juga hanya wangi detergen. Yaa kalau keringnya sempurna, kalau pas lagi hujan tuh susah sekali biar bisa wangi, minimal tidak bauk apek aja. Terakhir nyetrika pun saya sampai lupa kapan, karena emang hampir tidak pernah. Di desa seperti itu sudah biasa.

    Kalau saya dulu waktu sekolah sma cuma pakai semprotan pewangi itu pada saat nyetrika. Memang rasanya sangat beda sekali pa…

  • Lintang
    Lintang 6 Jul 2021 02.50.00

    Saya juga gitu, karena banyak balita di rumah jadi seneng banget kalau pakaian mereka seger dan wangi terus. Jadi yah selain pake pewangi saat cuci, masih ditambahin pake parfum pas setrika. Jadi tahan lama emang..

  • chairina bawazir
    chairina bawazir 6 Jul 2021 03.28.00

    Kalau pake pewangi khas laundry emang beda ya mba.

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 6 Jul 2021 15.23.00

    Molto Parfum Laundry Alkohol ukuran 1 liter. Wow kalau dopakai untuk ukuran rimah tangga, lumayan hemat tahan lama untuk pemakaiannya ya.

    Terima kasih banyak atas rekomendasinya ya Mba.

Add Comment
comment url