Kelebihan Kubah Masjid Enamel dan Harganya

Sebagai umat muslim, kita pasti mengetahui salah satu jenis wakaf yang paling sering dikakukan adalah wakaf pembangunan juga wakah tanah. Biasanya digunakan untuk kemaslahatan orang banyak. Salah satunya adalah pembangunan masjid. 

Saya pribadi melihat pembangunan masjid adalah sebuah hal yang luar biasa. Mulai dari desain yang unik, hingga komponen ciri khas dari masjid itu sendiri. Tentu untuk bangunan yang akan dijadikan sebagai tempat ibadah, harus didesain sebaik mungkin bukan? Minimal meski sederhana, tapi bahannya kuat dan kokoh hingga bertahun-tahun lamanya. Jangan sampai ada sedikit bencana alam seperti banjir, membuat bangunan jadi mudah rusak. 

Salah satu yang menarik perhatian adalah kubah yang berbentuk seperti setengan lingkaran (biasanya ada model lain), yang menawan dan mewah. 

Taukah teman-teman bahwa ternyata proses pembuatan kubah tersebut cukup rumit dan kompleks? Bagaimana pun, kubah masjid selain harus cantik, juga harus kuat, dan tahan lama. Bagi teman-teman yang berniat membangun atau wakaf masjid, ternyata penting sekali mengetahui komponen masjid yang akan kita dirikan.

Adapun jenis kubah yang sering dipasang adalah kubah enamel dan kubah galvalum. Ada yang baru mendengar kedua nama ini? Nah, yang paling terkenal sebenarnya kubah enamel, karena dia memiliki lebih banyak kelebihan. Yuk kita bahas lebih lanjut. 

Mengenal Kubah Enamel 

Kubah Enamel seperti yang saya sebutkan sebelumnya adalah salah satu jenis kubah masjid yang saat ini sedang tren karena berbagai kelebihannya. Dari segi bahan, kubah enamel adalah kubah yang terbuat dari baja karbon rendah. Namun ternyata bukan hanya dari baja karbon rendah, kubah enamel juga mungkin ada yang terbuat dari campuran kaca yang mana sudah dileburkan dalam suhu tinggi.

Perbedaan dengan Kubah Galvalum

Lalau apa perbedaan kubah enamel dan kubah galvalum? Nah bagi yang masih asing, kubah galvalum sendiri terbuat dari bahan yang berbeda dari kubah enamel, yaitu kubah galvalum terbuat dari seng dan aluminum alloy yang ringan dan juga stainless.

Jadi dari kedua bahannya yang berbeda, tentu kita tahu bahwa kualitasnya pun berbeda pula. Kubah enamel, memiliki kelebihan tersendiri yang bisa menjadi pilihan teman-teman. 

Kelebihan Kubah Enamel

Bahan pembuatan dari baja karbon rendah dinilai memiliki kualitas dan kelebihan yang oke. Adapun kelebihan kubah enamel di antaranya:

1. Risiko Rusak Karena Bencana Alam Rendah

Kita pasti tidak ingin jika rumah yang kita buat mudah retak atau mudah rusak. Apalagi rumah ibadah yang akan digunakan banyak orang. Tentu struktur dan komponen bangunan masjid harus lebih kokoh dan tidak berbahaya jika ada bencana di kemudian hari. Kubah enamel ini sendiri diklaim mampu untuk mencegah kerusakan yang terjadi dari gempa kecil. Jadi tidak perlu khawatir jika memang di daerah sering terjadi gempa. 

2. Lebih Ringan

Untuk pemasangan kubah enamel ini sebenarnya lebih mudah dibanding pemasangan kubah berdasar beton. Itu dikarenakan bahan-bahan kubah enamel jauh lebih ringan daripada bahan-bahan beton. Biaya jadi bisa lebih murah juga karena tenaga kerja yang dibutuhkan dalam pemasangan relatif lebih sedikit. 

3. Warna yang Beragam 

Pengalaman teman-teman, apa yang biasanya yang menjadi pusat perhatian dari sebuah masjid? Kalau saya pribadi, selain dari desain arsitekturnya, saya juga tertarik dengan perpaduan warna yang ditampilkan. 

Biasanya, masjid-masjid yang memiliki perancang, sudah menentukan warna yang tepat agar perpaduan lebih harmonis. Nah, kubah masjid enamel sendiri memiliki warna yang beragam. Jadi semakin cocok sesuai dengan rancangan masjid yang akan dibangun. 

Harga Kubah Enamel

Lalu, setelah mengetahui berbagai kelebihannya, berapakah harga kubah enamel sendiri? Di situs jualkubahmasjid.id, di sana ada kalkulator mudah untuk mengetahui harga kubah masjid sesuai dengan ukuran panjang dan tingginya. Setelah mencoba fitur kalkulatornya, setiap meter persegi dihargai sekitar 7-9 jutaan. Tapi itu bukan harga akurat. Untuk mengetahuinya, teman-tmen bisa kepo langsung di situsnya. 

harga kubah masjid

Kesimpulan

Membangun masjid adalah sebuah effort luar biasa karena pahalanya yang juga luar biasa. Orang-orang bekrumpul untuk beribadah merupakan sebuah perihal yang sangat menenangkan saat melihatnya.

Kekaguman akan masjid yang megah, bersih, kuat dan cantik menjadi nilai tambah tersendiri. Tidak jarang, biasanya ada icon atau masjid yang menjadi pusat perhatian bahkan menjadi kunjungan wisata dari berbagai pendatang luar kota saking cantiknya. 

Biasanya juga terkenal karena sejarah yang ada di dalamnya. Untuk teman-teman yang punya kelebihan rezeki untuk membangun masjid, atau terlibat dalam pembangunan wakaf masjid, coba deh cek di jualkubahmasjid.id jika ingin mencari kubah enamel. Dari situs tersebut terlihat bahwa pelanggan mereka sudah dari berbagai kota di Indonesia. Terakhir, semoga niat membangun masjid dilancarkan oleh Allah dan berkah dunia akhirat, aamiin. 

Sumber dan Ilustrasi: 
Photo by Andy Wang on Unsplash
jualkubahmasjid.id
canva.com (editor)
Next Post Previous Post
3 Comments
  • Putri Kurniawati
    Putri Kurniawati 13 Sep 2021 21.18.00

    Asli baru tau ada jenis kubah dari baca artikel ini. Dan aku jadi ingat sama masjid di Aceh yang gak hancur itu pasca tsunami, hmm kalo itu kubah apa ya yg dipakai?

  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com 15 Sep 2021 02.06.00

    Saya baru denger lho enamel itu. Ternyata kubah enamel cantik2 banget ya

  • Arina Mabruroh
    Arina Mabruroh 16 Sep 2021 07.05.00

    Cantik-cantik banget kubah yang ditawarkan. Btw saya baru tahu nih, kelebihan kubah berbahan enamel

Add Comment
comment url