Aki Mobil Soak? Ikuti Cara Mengatasinya yang Efektif

Aki menjadi komponen penting dalam sistem kelistrikan mobil. Tanpanya mobil sulit menyala, namun ada kalanya aki mobil mengalami soak. Saat hal ini terjadi Anda bisa melakukan penggantian langsung di Restu Mahkota Karya yang merupakan bengkel resmi Suzuki. 

Hanya saja masih saja ada yang bertanya, ketika aki soak apakah cara mengatasi yang paling efektif? Apakah aki harus diganti yang baru atau hanya cukup di cas saja? Untuk tahu cara yang tepat, Anda bisa menyimak penjelasannya berikut. 

Cara Mengatasi Aki Mobil yang Soak bagi Pengemudi 

Kerusakan pada aki mobil bisa disebabkan oleh banyak hal. Contohnya karena faktor usia atau karena cara menggunakan mobil yang salah. Jika Anda sering memarkir mobil namun lampu kabin nyala maka daya rendah akan terkuras dalam waktu yang lama. 

Akibatnya adalah daya pada aki mobil akan terkuras sampai habis dan perlu pengecasan ulang. Kondisi elektrikal yang tidak baik ini akan menjadi penyebab aki lebih cepat soak. Cara Anda untuk mengatasi yang paling mudah dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Memastikan Komponen Listrik Mobil Mati

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa sistem kelistrikan pada mobil mati. Tujuannya supaya Anda tidak mengalami tersetrum atau terjadi konsleting pada sistem kelistrikan mobil. 

Anda harus mematikannya saat hendak memarkir mobil dan ingin melepaskan aki. Memastikan ulang listrik mati sebelum parkir adalah tindakan pencegahan. Sedangkan pada tujuan yang kedua adalah untuk memperbaiki aki soak lebih lanjut. 

2. Membongkar Aki dan Melepaskannya

Cara paling mudah untuk mengetes apakah aki bekerja adalah dengan melepaskannya dari bagian mesin mobil. Anda harus hati-hati melakukannya supaya tidak ada kesalahan saat memasangnya kembali nanti. 

Jangan asal cabut kabel yang terhubung dengan aki. Anda perlu mengingatnya dengan baik karena nanti akan dipasang kembali. Selain itu pencabutan sembarangan juga bisa membuat kerusakan pada salah satu komponen. 

3. Membersihkan Semu Cairan Aki

Cairan elektrolit yang terdapat pada aki ini harus dihilangkan terlebih dahulu. Pastikan semua bagian sel aki sudah bersih dan mudah untuk perbaikan. Supaya sel lama ini benar-benar mati akan lebih baik untuk menggunakan air panas. 

Anda cukup menuangkan air panas pada bagian sel aki tersebut dan tunggu beberapa saat. Buang air panas dan Anda bisa mengulanginya hingga 4 kali. Dengan begitu air aki yang lama akan ikut terbuang dan sel aki pun bersih. 

4. Mengeringkan Aki

Aki yang sudah bersih kini bisa dikeringkan terlebih dahulu supaya tidak bercampur dengan air. Cara mengeringkannya bisa dilakukan dalam waktu 3 jam lebih. Proses pengeringan hanya perlu dengan memposisikan aki terbalik sehingga air mudah keluar. 

Tak lupa untuk diperhatikan yaitu jangan membeli sembarangan kabel untuk aki jika terjadi kerusakan. Tujuannya supaya aki tidak menimbulkan korsleting pada saat proses pengeringan ini. 

5. Mengisi Air Aki Kembali

Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi kembali air aki yang merupakan cairan elektrolit. Anda bisa mengisi air aki ini setelah aki sudah kering benar.  Anda harus menggunakan cairan aki khusus yang berkualitas. 

Isilah air aki dengan volume yang tepat tidak terlalu sedikit atau kurang. Jika sudah, Anda bisa memasang aki kembali dan cobalah untuk menyalakan kendaraan. Seharusnya tidak ada masalah yang muncul. 

Apabila terjadi masalah atau justru mobil tidak menyala, ada baiknya untuk langsung membawa ke bengkel. Mungkin saja terjadi masalah lainnya yang menyebabkan aki soak. Anda bisa mendatangi bengkel resmi Suzuki terdekat untuk melakukan perbaikan. 

Berikut ini bengkel resmi terdekat yang bisa Anda pilih

1. Sun Motor Jakarta area Jakarta, https://suzukisunmotor.com/ 

2. Citra Asri Buana area Jakarta, https://suzukidealercab.co.id/ 

3. Trimitra Sejahtera Mobilindo area Jakarta, https://suzukitrimitra.co.id/ 

4. Pusaka Motor Utama area Sukabumi https://suzukipusaka.co.id/ 

5. Restu Mahkota Karya https://suzukimahkota.co.id/ 

6. Armada Banda Jaya area Aceh, https://suzukiaceh.co.id/ 

7. Arista Sukses Abadi area Medan, https://suzukiarista.com/ 

8. Trans Sumatra Andalan area Sumatera Utara, https://tsasuzuki.com/ 

9. Rodamas Makmur Motor area Batam, https://suzukimobilbatam.co.id/ 

Selama Anda melakukan perawatan aki dengan benar, maka penyimpanan daya bisa bekerja dengan baik. Teknisi Suzuki akan mengecek dan memperbaiki aki soak dengan baik dan benar. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url