Karyawan Gaji Kecil Ingin Punya Usaha? Ini caranya!

Memiliki gaji kecil disaat berbagai macam kebutuhan dan keinginan yang hendak dipenuhi tentunya membuat frustasi, ada baiknya kita memutar otak kita dengan memulai usaha sampingan untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Usaha sampingan untuk karyawan ini hanya memerlukan modal yang cukup sedikit namun omset yang dihasilkan cukup menjanjikan. Bahkan kamu dapat mengatur sendiri jam operasionalmu, sehingga tidak mengganggu aktivitas perkantoran.

Ada baiknya disaat memulai usaha, kita harus memiliki mindset  bahwa usaha ini tidak memerlukan modal yang besar. Banyak usaha-usaha lain yang dapat dirintis dengan modal kecil.

Sudah menentukan ingin usaha apa? Berikut adalah daftar peluang usaha yang di dapat dari artikel yang bersumber dari website Indozone :

1.     Usaha Konter Pulsa dan Kuota

Usaha ini dapat kamu lakukan sepanjang waktu bahkan selama 24 jam. Untuk memulai tidak perlu dengan menyewa sebuah toko untuk membuat sebuah counter pulsa, sebuah SmartPhone saja sudah cukup. Untuk masalah promosi, kamu dapat memulainya dari kerabat terdekatmu.

2.     Penulis Freelance

Kamu memiliki kegemaran menulis? Mari jadikan hobbymu yang satu ini menjadi salah satu usaha sampinganmu. Seorang penulis sedang dicari di jaman sekarang, terutama perkembangan tekonologi informasi yang sudah berkembang pesat. 

Sebab itu, menjadi seorang penulis untuk konten media social maupun blog dibutuhkan. Bayaran yang diberikan juga cukup menjanjikan, terlebih lagi jikalau klienmu menyukai tulisanmu, maka mereka akan terus meminta jasamu untuk kedepannya.

3.     Warkop

Minum kopi sambal mengobrol dengan teman, kini sedang tren dikalangan kawula muda. Tren ini dapat menjadi salah satu peluang usahamu. Kamu dapat memulai membuka usaha ini diterasmu, dengan sedikit dekorasi yang estetik dan relasi yang kuat untuk membantu promosi cafemu, usaha dapat menjadi pertimbanganmu untuk memulai usaha.

4.     Food Truck

Untuk memulai usaha ini tampaknya kamu perlu modal lebih untuk memulai, namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Usaha ini cukup simple dimana kamu akan berjualan makanan dan minuman di dalam sebuah truck atau mobil yang memadai. Salah satu kelebihannya adalah kamu dapat menentukan spot-spot jualan yang sekiranya ramai dan cocok untuk daganganmu, kamu juga dapat dengan mudah berpindah tempat.

5.     Make-up Artist

Kamu handal dalam make-up? Menjadi MUA (Make up Artist) dapat menjadi peluang usaha sampinganmu. Tak perlu dengan make-up yang memerlukan banyak modal, cukup dengan menjadi make-up artist untuk beragam acara yang memerlukan make-up yang tidak terlalu menguras kojek, seperti rias wisuda ataupun acara ultah. 

Jikalau hasilmu bagus, kamu akan direkomendasikan oleh klienmu sehingga kamu dapat menjangkau lebih lagi dan semakin banyak klien yang ingin memakai jasamu.

6.     MC

Kemampuan Public Speaking  dan handal dalam mencairkan suasan jangan disia-siakan! Cobalah untuk menjadi pembawa acara, dengan modal sedikit hasil yang didapat pun menjanjikan.

Kamu bisa untuk menjadi pembawa acara ulang tahun bahkan disaat kantormu mengadakan acara, bisa saja kamu yang menjadi pembawa acaranya. Hal ini juga bisa mempercantik isi CVmu loh !

7.     Menjual Foto Secara Online

Skill fotografi bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan, kamu harus tau bagaimana pengambilan gambar yang baik, agar hasil jepretan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan sang fotographer. Terlebih jika kamu hobi dan memiliki skill fotografi, cobalah untuk menjual hasil jepretanmu ke platform atau situs penjualan foto secara online. Mana tau dari hanya sekedar iseng memotret, salah satu fotomu bisa dijual dengan harga yang sepadan.

8.     Menjual Camilan

Kamu hobi memasak dan mampu membuat camilan yang enak? Peluang usaha terbuka untukmu. Kamu bisa mencoba menjual camilan buatanmu secara online maupun dengan kerabat terdekat. Cobalah untuk membuat dessert maupun camilan yang tengah hits sekarang. Ataupun kalau kamu tidak bisa memasak, kamu dapat menjadi reseller maupun dropshipper.

9.     Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis juga sedang sangat dibutuhkan di era industry 4.0. Perkembangan sistem informasi yang sedang pesat dan kebutuhan akan desain yang apik agar menarik perhatian warganet, jasa inilah yang dibutuhkan. 

Berbekal kreativitas dan skill dalam editing, peluang usaha ini bisa menjadi pertimbanganmu memulai usaha dalam bidang jasa. Ataupun jika kamu senang membuat ilustrasi, logo dan semacamnya, kamu dapat menjual hasil karyamu disitus penjualan ilustrasi dan logo.

10.  Jasa Foto dan Video

Bingung ingin memulai usaha dengan teman-teman seperfotografian? Kamu dapat membentuk tim jasa pengambilan foto dan video. Dengan keahlian, peralatan yang memadai, dan kekompakkan circlemu,mulailah untuk menawarkan jasa pengambilan sesi photoshoot, video pernikahan, foto kuliner, dan lain sebagainya. Penghasilan yang didapat pun cukup menjanjikan

Itulah 10 jenis peluang usaha bermodal kecil untukmu yang bergaji kecil, namun bingung bagaimana untuk menambah pundi-pundi rupiah. Semoga berhasil dalam  memulai usaha rintisanmu !

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url