MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Mencoba Cat Tembok Anti Panas Menyambut Lebaran, Bagaimana Hasilnya?

 Mencoba Cat Tembok Anti Panas Menyambut Lebaran, Bagaimana Hasilnya?
Add Comments
4/28/2022
Daftar Isi [Tampil]

Assalamu’alaikum. Bagaimana nih puasanya menjelang akhir bulan? Semoga selalu sehat dan lancar ya. O ya ada nggak sih di sini yang punya tradisi kalau mau lebaran tuh pengennya bersih-bersih total rumah sampai ada yang renovasi segala? Nah, kebetulan di keluarga saya dulu juga gitu. Kalau udah akhir Ramadhan mau lebaran gitu, pada semangat bersih-bersih dan renovasi. Mulai dari mengatur ulang perabot, buang barang yang sudah tidak terpakai, hingga mengecat pagar dan rumah dengan warna yang baru.

Saya pribadi pun begitu apalagi selama pandemi ini. Jadi semangat untuk dekor rumah agar estetik dan lagi semangat bersih-bersih terutama bersihin gudang hehe. Ya tahu kan selama pandemi lebih sering di rumah daripada di luar.

Fungsi Rumah yang Beralih

Memang benar, selama kita di rumah saja, rumah tuh udah seperti tempat terlama kita “nongkrong”. Pas suami masih WFH dulu, semua pekerjaan dilakukan di rumah. oleh karena itu, suami juga punya hobi baru yaitu bercocok tanam. Kami sempat punya banyak tanaman cabai yang subur, juga sayur sawi, pakcoy, dan lain-lain.

Saking banyaknya, halaman kami penuh dengan hasil kebun. Meski mini alhamdulillah nggak perlu beli cabai berbulan-bulan, dan bisa juga ngasih ke tukang bubur keliling dan tetangga yang butuh.

Sebagai freelancer yang kerja dari rumah, saya pun berusaha membuat tampilan rumah seenak mungkin untuk dipandang. Karena pekerjaan saya banyak melibatkan foto dan video, saya mencoba untuk menghias dinding dengan wallpaper dan bunga-bunga estetik. Sedikit demi sedikit dicicil agar gak kerasa pengeluarannya hihi.

Menurut saya penting banget sih menghias rumah jadi senyaman mungkin. Karena rumah bisa menjadi tempat istirahat, tempat bermain, tempat berkumpul hingga tempat bekerja. Jangan sampai melihat rumah malah nggak semangat.

Nah, di momen akhir Ramadhan ini, saya dan suami akan mencoba cat ulang tembok bagian depan rumah dengan cat tembok anti panas. Selain karena ada noda-noda bekas manjat kucing, kami juga ingin membuat suasana baru dan agar bisa mengurangi panas yang masuk. Kebetulan rumah kami saat siang dan sore hari begitu panas. Sehingga terasa sekali matahari masuk ke rumah. Lalu, kami akan memilih warna apa?

Pentingnya Memilih Warna Cat dan Fungsinya

Sebenarnya, ternyata pemilihan warna dalam memilih cat ada fungsi dan maknanya masing-masing lho. Tren Warna Ramadhan kali ini cukup variatif. Ada yang namanya tren warna monochrome (hitam putih), ada juga tren warna warm dan tropical. Masing-masing warna memiliki makna seperti di bawah ini:

tren warna ramadhan

▶ Warna Monochrome

- Memberi kesan bersih/clean, sederhana/simple, murni. Efek psikologis  syahdu, tenang, bersih

- Warna Monochrome menciptakan ruangan terkesan lebih bersih, luas dan simple

- Pemberian aksen tema monokrom menambah ketegasan dan nuansa baru agar ruangan terasa lebih hidup.

▶ Warna Warm

- Memberikan nuansa kehangatan yang teduh.

- Efek psikologis  tenang, intimate, hangat.

- Memberi kesan ruangan yang tenang, hangat dan nyaman.

▶ Warna Tropical

- Warna cerah memberi nuansa menyegarkan dan ceria.

- Efek psikologis  semangat dan bahagia.

- Warna Tropical memberi suasana bersama keluarga dan kerabat akan lebih ceria, seru dan akrab. 

Saya dan suami akan mencoba warna hitam untuk tambahan cat depan rumah. selain bisa membantu menyerap panas, kebetulan kami juga menggunakan cat tembok anti panas. Jadi sebelum membeli cat, pastikan memiliki fungsi yang sesuai ya.

Mencoba Cat Nippon Weatherbond Solareflect

Nah, kali ini saya mau menceritakan pengalaman saya menggunakan cat tembok anti panas dari Nippon Paint. Namanya Nippon Weatherbond Solareflect. 

Sekadar informasi Nippon Paint yang juga sudah punya nama di pasaran Indonesia. Formula cat dinding yang berasal dari Jepang ini katanya sangat unggul dalam melindungi tembok dari jamur dan lumut. 

Keunggulan yang ditawarkan oleh Nippon Paint adalah tanpa polutan, karena bahan utama pembuat cat ini bisa mengurangi level Volatile Organic Compound hingga titik nol. Selain itu, cat tidak mengeluarkan bau yang menyengat, cepat kering, dan tahan lama. O ya Nippon Paint ini memiliki 10.000 warna pilihan, juga ada garansi Produk & Warna 100% Akurat & Konsisten.

Mereka punya motto:  “Hebatnya Nippon Paint yang Serba Bisa, Hebatnya Nippon Paint Solusi Total Untuk Segala Pengecatan”

Nippon Paint sendiri juga memiliki layanan WhatsApp Care dan Colour Scheme Service. Ini semua gratis lho! Jadi teman-teman bisa konsultasi dulu sebelum membeli warna yang tepat.

Kami menggunakan warna hitam, sebuah warna yang netral untuk rumah. Soalnya rumah ini kan subsidi, jadi awal catnya nggak bisa dipilih, bawaan developer. Warna hitam bisa menjadi warna pilihan netral untuk warna apa saja.

Kami menggunakan cat Nippon Weatherbond Solareflect seri Black 144 untuk tembok luar. Adapun klaim dari situs Nippon Paint mengenai cat jenis ini adalah:

1. Cat eksterior premium bermutu untuk memantulkan panas dan menurunkan temperatur hingga 5°C

2. Formulasi sunblock technology

3. Melindungi dari perubahan warna dengan colour protect

4. Tahan kelupas dan pengapuran

5. Tahan kotor & lumut

6. Water-based

7. Tampilan akhir low sheen

Sebenarnya Produk Nippon Paint apa saja? Sangat banyak ya, apalagi eksterior. Di antaranya:

  • NIPPON PU RECOATABLE FINISH (GLOSS / SOFT MATT)
  • NIPPON METALLIC PAINT.
  • ROOF COATING SB.
  • WATER REPELLENT SOLUTION.
  • METALLIC PAINT (WATER-BASED)
  • HYDRO-FAST.
  • Nippon Vinilex (With Silver-Ion)
  • VINILEX GLOSS.

Berapa harga Nippon Paint? Sebenarnya berbeda-beda tergantung jenis dan fungsinya. Jadi bisa langsung cek sendiri di toko bangunan atau toko online.

Hasil Cat Rumah Before dan After

Pada hari minggu, kami akhirnya mengaplikasikan cat di rumah. Saya dan suami mengecat langsung. Kami cuma membutuhkan kuas dan beberapa plester untuk memberi garis batas.

O ya, rencananya kami tidak cat full di luar rumah dikarenakan masih puasa dan belum ada roll, jadi kami desain sedemikian rupa agar tetap cantik namun cat bisa tetap bermanfaat diaplikasikan di luar rumah.

Bisa dilihat before after hasil cat rumah kami di bawah:





Untuk penggunaan cat di depan rumah, kami menggunakan sekitar 20% dari 1 liter kaleng (2x lapis dengan tambahan sedikit air). Itupun hasilnya sudah cukup tebal banget. Jadi sisanya rencananya akan digunakan untuk kamar agar bisa membantu meredam panas di kamar.

Hasil tampilan akhirnya yaitu low sheen sesuai klaimnya. Low sheen sendiri berarti  10–25% gloss (Wikipedia). Setiap perusahaan cat biasanya memiliki standar tingkat glossy yang berbeda-beda, walaupun biasanya tidak akan terpaut jauh satu sama lain. 

Ada yang menggunakan standar : Flat (1–9% gloss), Low Sheen (10–25% gloss), Eggshell (26–40% gloss), Semi Gloss (41–69% gloss), Gloss (70–89% gloss),  (versi wikipedia).Cantik deh hasilnya.

Harga Cat dan Tempat Beli

Buat teman-teman yang ingin beli, bisa langsung ke toko bahan bangunan di sekitar kota teman-teman. Kami beli yang 1 liter seharga 199.400.

Penutup

Senang sih akhirnya bisa membuat suasana baru di depan rumah. Meski hanya berdua suami ngerjainnya, rasanya cukup puas untuk kami. Apalagi bisa desain sendiri. Semoga kedepannya bener-bener bisa jadi peredam panas tembok di rumah. Harapannya semoga cat tembok anti panas Nippon ini bisa benar-benar bermanfaat.

Teman-teman yang ingin tahu fungsi tiap jenis cat Nippon Paint masing-masing bisa Hubungi WhatsApp Care (08111283028) untuk konsultasi pengecatan/produk lebih lanjut. Adapun pemilihan warna, bisa gunakan layanan Colour Scheme Service dengan cara cek Instagram @ColourScheme.id untuk mendapat rekomendasi warna dari colourist Nippon Paint. Di situs Nippon Paint kita bisa melihat distributor Nippon Paint di setiap daerah, jadi aman langsung ke distributor aslinya. 

Hebatnya Nippon Paint, jadikan harapan Ramadhan lebih berwarna!


 Sumber:

http://www.nipponpaint-indonesia.com/products/eksterior-n-atap/dinding-eksterior&func=view&pid=7?gclid=CjwKCAjwx46TBhBhEiwArA_DjCgMABgz1Pxw9lQCzmshILALPYOmcAc1FPq_c44hZ4Y4-QpbhpbNFhoCcLwQAvD_BwE

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Wah senangnya lebaran punya suasana baru, hmm itu yang di cat pintu dan jendelanya salofl jadinya terkesan glamor dan elegan. Nggak heran nippon pain emang berkualitas

    BalasHapus
  2. Wah senangnya lebaran punya suasana baru, hmm itu yang di cat pintu dan jendelanya salofl jadinya terkesan glamor dan elegan. Nggak heran nippon pain emang berkualitas

    BalasHapus
  3. Wow! Nippon paint mmemang sekeren itu ya kk! Saya juga oakek untuk di ruang tamu 👍👍

    BalasHapus
  4. ini sih merek cat andalan dari zaman dulu ya, di rumah juga pakai ini, saya suka yang warm dan monochorome kayak lebih cocok saja dengan kepribadian gitu

    BalasHapus