MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Laptop 2 in 1 Hybrid dan Convertible, Mana yang Lebih Oke?

Laptop 2 in 1 Hybrid dan Convertible, Mana yang Lebih Oke?
Add Comments
4/11/2022
Daftar Isi [Tampil]

Saat ini, produk multifungsi semakin menjadi primadona. Contohnya Laptop 2 in 1. Sebuah produk yang menjadi incaran para penyuka laptop dan tablet sekaligus. Apa artinya laptop 2 ini 1? Nah, sebenarnya, laptop 2 in 1 ini adalah sebuah laptop yang bisa kita manfaatkan sebagai tablet di sisi lainnya. 

Hadirnya Windows 8 memang langsung menyesuaikan untuk penggunaan laptop 2 in 1. Laptop 2 ini 1 sendiri ini terbagi atas hybrid dan convertible. Lantas apa maksud dari keduanya?

Dua Tipe Laptop 2 in 1

Pernah lihat laptop yang bisa diputar atau bisa dilepas antara layer dan keyboard? Nah keduanya adalah laptop 2 in 1. Pengkategorian laptop 2 in 1 menjadi hybrid dan convertible sebenarnya bukan pengkategorian resmi. Ini lebih kepada fitur dan tujuannya. Adapun pengertian dari keduanya adalah: 

Hybrid: Hybrid adalah laptop yang dimana layar bisa benar-benar terlepas dari keyboard dan berfungsi sebagai touchscreen. 

Convertible: Convertible laptop adalah layar bisa dibalik atau diputar yang membuat laptop berbentuk tablet. Layar dan keyboard tidak bisa dilepaskan, tapi layar touchscreen biasanya diberikan untuk menjadikannya sebuah tablet.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop 2 in 1

Adapun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut saya uraikan di bawah:

▶Kelebihan dan kekurangan Tipe Hybrid

Kelebihan tipe Hybrid:

1. Lebih cocok sebagai tablet - Maksud dari kata lebih cocok adalah karena layarnya yang bisa dilepas dari keyboard. Hal tersebut tentu langsung bisa dioperasikan persis seperti tablet. Jadi jika ingin ke sebuah seminar misalnya dan hanya butuh tablet, cukup bawa bagian layarnya saja. Tidak perlu berat-berat dan repot membawa semuanya. 

2. Kekuatan baterai diklaim lebih tahan lama - Biasanya, laptop 2 in 1 jenis hybrid memiliki tablet dan keyboard dengan baterai tersendiri alias masing-masing. Jadi kapasitas baterai yang terpisah, membuatnya bisa lebih tahan lama jika digunakan sebagai laptop maupun tablet. 

3. Lebih Murah - Secara tidak langsung, ketika kita membeli laptop 2 in 1, kita bisa mendapatkan harga murah karena memperoleh laptop dan tablet sekaligus. 

Kekurangan Tipe Hybrid:

1. Lebih riskan dalam keawetan gadget - Gadget yang bisa dilepas pasang memang terkadang lebih sensitif dari segi hardware. Hal tersebut karena harus memaksimalkan laptop dan tablet sekaligus.

2. Kurang bertenaga - Biasanya, hybrid ini memang difokuskan untuk pekerjaan ringan. Sehingga processor dan baterai yang diberikan juga termasuk yang ringan seperti intel atom. Sangat cocok untuk sekadar browsing, mencatat, office, dan pekerjaan lainnya. kalau untuk editing sepertinya tidak akan bisa. 

3. Apps yang kurang - Tablet dengan OS Windows 10 memiliki kekurangan dari segi Aplikasi. Berbeda dengan Android dan iOS yang kaya dengan berbagai aplikasi. 

▶Kelebihan dan kekurangan tipe Convertible

Kelebihan tipe Convertible:

1. Dibuat dengan kualitas baik – Laptop ini sering tampil dalam bentuk lebih tipis dan elegan, karena layer yang tidak perlu dibalut. Bahkan dengan kualitas bahan yang baik.mengikuti estetika ultrabook, ada juga yang dibalut full aluminium. 

2. Hardware lebih baik – Tidak seperti hybrid yang menggunakan processor minimalis, laptop 2 in 1 convertible biasanya menggunakan processor yang powerfull serta mobile friendly. 

Kekurangan Convertible:

Berat Berwujud Tablet: terkadang, karena laptop dan tablet menyatu, memang akan cukup berat untuk dibawa kemana-mana karena harus membawa 2 sekaligus.  

Peruntukan Laptop Hybrid dan Convertible

Jadi sebenarnya, mana yang cocok untuk teman-teman? Tipe hybrid atau convertible? Nah semua itu diperuntukkan dengan aktivitas masing-masing. Jika untuk kebutuhan kuliah standar untuk office dan ingin harga murah, bisa mencoba hybrid saja. Dia bisa dibilang berperan 60% sebagai laptop dan 40% sebagai tablet. 

Sedangkan convertible sangat bagus untuk seorang pro yang membutuhkan spesifikasi bertenaga dari sebuah laptop yang sesekali ingin menggunakan tablet. Seperti apa , untuk sketsa, gambar dan video editor, gamers, dll. Penggunaannya bisa dikatakan 80% laptop dan 20% tablet.

Rekomendasi Laptop  2 in 1 Masa Kini

Setelah kita membahas soal laptop 2 in 1 tipe hybrid dan convertible, kali ini saya akan menyarankan salah salah satu laptop 2 in 1 masa kini yang cocok untuk para editor. Namanya, Acer Travelmate Spin p4. Lantas bagaimana spesifikasi dan harganya?

Spesifikasi dan Harga Acer Travelmate Spin p4

Kali ini, Acer memperkenalkan Acer TravelMate Spin P4, laptop bisnis yang diberi prosesor Intel Core generasi ke-11. Selain prosesor terbaru Intel, spesifikasi Acer TravelMate Spin P4 juga menawarkan opsi kartu grafis Intel Iris Xe atau GPU NVIDIA GeForce MX350.

Adapun Laptop Acer terbaru ini laptop 2 in 1 convertible yang juga dipersenjatai RAM DDR4 32 GB dan memori 4 lane PCIe SSDs berkapasitas 1 TB. Jadi pengguna juga tidak perlu cemas akan daya tahan perangkat karena Acer TravelMate Spin 4 punya baterai yang sanggup bertahan hingga 15 jam. Proses pengisian ulang baterai pun cukup cepat karena dalam waktu 1 jam, baterai laptop bisa terisi 80%.

Ngomong-ngomong soal penampilannya, Acer TravelMate Spin P4 sudah membawa layar sentuh 14 inci beresolusi Full HD yang sudah dilapisi Corning Gorilla Glass. Aman deh untuk dipakai beraktivitas padat.

Layar perangkat juga fleksibel karena bisa diputar 360 derajat, sehingga laptop bisa bertransformasi ke berbagai mode, seperti mode laptop, dudukan, tenda, atau tablet. Bagaimana, tertarik? Lebih lengkap bisa baca spesifikasi Acer TravelMate Spin P4 ya.

Penutup

Berbicara soal laptop 2 in 1 baik itu tipe hybrid maupun convertible, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi tidak ada yang lebih oke atau tidak lebih oke. Oleh karena itu sebelum membeli laptop, pastikan tujuan penggunaan laptop itu nantinya. Karena performa tetap di atas segalanya. 


Sumber: 
https://winpoin.com/apa-itu-laptop-2-in-1-dan-apa-bedanya-hybrid-vs-convertible/
Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...