MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

5 Daftar Tempat Wisata Ujung Kulon ini Punya Banyak Daya Tarik

 5 Daftar Tempat Wisata Ujung Kulon ini Punya Banyak Daya Tarik
Add Comments
5/23/2022
Daftar Isi [Tampil]

Saat mendengar nama Ujung Kulon, mungkin yang terbersit adalah sebuah tempat perlindungan untuk hewan langka. Namun, selain itu ternyata Ujung Kulon ini juga menyimpan banyak destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Kira-kira, tempat wisata apa saja yang ada di taman wisata Ujung Kulon? Simak informasi di bawah ini. 

Pulau Peucang

Pulau satu ini adalah tempat wisata yang banyak dibicarakan oleh wisatawan karena memang keindahannya terlihat seperti Dream Island. Di pulau ini, Anda bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau diving. Tidak hanya itu, di pulau yang terletak di taman wisata Ujung Kulon ini juga ada rusa dan monyet ekor panjang.

Jika Anda berkunjung ke pulau ini, tak perlu khawatir dengan penginapannya karena sudah ada fasilitas wisata seperti visitor centre dan penginapan. Selain menikmati keindahan laut, Anda juga bisa hiking ke Karang Copong yang lokasinya ada di bagian utara Pulau Peucang. 

Padang Penggembalaan Cibunar

Jika Anda suka mendaki, taman wisata Ujung Kulon juga menyediakannya untuk Anda. Tracking di sini bisa dilakukan dari Cidaon ke Cibunar yang merupakan kawasan hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah alami. Di perjalanan selama tracking, Anda bisa melihat beragam jenis burung dan juga vegetasi pakan badak.

Tracking yang dilakukan dari ujung utara (Cidaon) ke ujung selatan (Cibunar) ini akan memberikan Anda pengalaman unik. Karena kedua daerah ini memiliki karakteristik hutan yang berbeda.

Kepulauan Handeuleum

Di Ujung Kulon ini terdapat beberapa pulau diantaranya adalah pulau Handeleum Besar, pulau Handeleum Tengah, dan pulau Handeleum Kecil. Ketiganya punya kekayaan alam yang melimpah. Seperti hutan bakau yang banyak dihuni oleh reptil, blota air payau, dan juga burung. Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan saat di sini adalah susur sungai. 

Pulau Panaitan

Berlokasi di barat laut Pulau Peucang, rekomendasi tempat wisata satu ini punya spot penyelaman yang harus Anda coba. Yaitu Legon Lentah dan Legon Kadam yang ada di pantai utara sementara di bagian pantai selatan ada Legon Samadang dan Karang Jajar. Tidak hanya menyelam, Anda juga bisa mencoba surfing di salah satu laut di pulau ini. 

Habitat Owa Jawa

Owa Jawa adalah salah satu primata yang hidup di taman nasional Ujung Kulon tepatnya ada di Curug Cikacang. Curug ini adalah daerah yang dikelilingi hutan primer dan sekunder. Lokasi ini juga sering dijadikan sebagai tempat penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan juga pendidikan lingkungan.  

Kelima rekomendasi tempat wisata di taman wisata Ujung Kulon ini pastinya sangat menarik dan harus Anda kunjungi. Nah, jika Anda ingin mendapatkan informasi lain tentang tempat wisata, kuliner, budaya, gunung Indonesia maupun yang lainnya yang ada di Indonesia jangan lupa untuk berkunjung ke website indonesia.travel. Situs ini akan memberikan beragam informasi lengkap seputar wisata yang bisa dijadikan referensi saat liburan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Ah iya, kalau dengar kata ujung kulon ingetnya langsung badak bercula satu
    Ternyata ujung kulon punya banyak pilihan destinasi wisata ya mbak

    BalasHapus
  2. pengen juga nih ke ujung kulon, kayaknya jadi destinasi wisata yang jurang populer ya kak Tri padahal punya banyak tempat yang bisa dikunjungi. atau perasaan saya aja? hehehe. penasaran dengan pulau peucang, se dream island apa sih, hehe

    BalasHapus
  3. Waaah pengetahuan baru deh ini mbaak...jadi tahu daya tarik wisata di daerah sana

    BalasHapus
  4. Seperti apa ya owa jawa itu.. Apakah sejenis monyet atau apa ya.. Jadi ikut penasaran nih dengan semua keindahan di ujung kulon ini..

    BalasHapus
  5. Noted, Owa Jawa, aku baru denger nama itu, ternyata nama primata di Ujung Kulon. penasaran, otw google rupanya hihi

    BalasHapus
  6. Pertama baca judul ingatan saya langsung ke Situbondo, lupa kalau Ujungkulon letaknya di kulon, alias di bagian barat. Kalau yang di Jawa Timur adanya Baluran.
    Andai ada kesempatan dan anak2 euka adventure saya mau camping di sini

    BalasHapus