MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Tips Merawat Mobil Ketika Cuaca Sedang Panas

Tips Merawat Mobil Ketika Cuaca Sedang Panas
Add Comments
7/20/2022
Daftar Isi [Tampil]

Musim panas identik dengan jalan-jalan dan bersenang-senang. Menikmati cuaca dan langit yang cerah memang menyenangkan. Namun cuaca yang panas ternyata juga berpengaruh pada mobil Anda. Panas yang berlebih bisa berdampak buruk pada performa kendaraan Anda jika tidak melakukan beberapa langkah pencegahan.

Berikut adalah beberapa tips perawatan yang membantu memastikan mobil Anda siap untuk digunakan di jalan seperti:

Periksa Tekanan Ban Mobil Anda

Meskipun ban mobil adalah sesuatu yang perlu diperiksa sepanjang tahun, itu menjadi lebih penting ketika suhu mulai naik. Selalu pastikan bahwa ban mobil memiliki tekanan udara yang direkomendasikan dan tapak bebas dari batu, paku, dll. 

Yang terbaik adalah menyimpan ban serep, inflator ban, dan kit perbaikan bocor di mobil Anda setiap saat.

Ganti Cairan

Mobil Anda juga membutuhkan jenis cairan yang tepat untuk melindungi diri dari terik matahari, sama seperti Anda. Penting untuk terus mengganti cairan mobil Anda seperti oli mesin, oli transmisi, oli rem, dll sesuai jadwal servis dan perawatan berkala untuk memastikannya berjalan dengan lancar. 

Terlepas dari apakah mobil Anda memiliki karburator atau injeksi bahan bakar, penggantian cairan mobil yang tepat waktu akan memainkan peran besar dalam kelancaran dan efisiensi bahan bakar mobil Anda.

Periksa Radiator

Radiator mobil, juga dikenal sebagai kondensor, adalah salah satu dari beberapa bagian pertama yang perlu Anda periksa karena menjaga suhu tetap terkendali. Ini berisi pendingin yang pada dasarnya digunakan untuk menjaga suhu rendah. 

Jika radiator Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau Anda menggunakan pendingin berkualitas rendah, itu dapat menyebabkan mesin mobil Anda menjadi terlalu panas. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengganti cairan pendingin dan merawat radiator secara teratur.

Servis AC

Setelah tidak digunakan untuk waktu yang lama selama bulan-bulan musim dingin, menjadi semakin penting untuk memeriksakan AC mobil Anda. Saat cuaca panas, sistem pendingin udara harus bekerja ekstra keras untuk menjaga kabin mobil tetap dingin dan karenanya perlu diservis secara teratur. Pastikan Anda memeriksanya pada saat perawatan berkala untuk menjaga pendinginan pada efisiensi maksimum.

Periksa Filter Udara Kabin

Filter udara kabin mobil merupakan bagian penting lain dari sebuah mobil yang perlu Anda perhatikan. Itu bisa tersumbat seiring waktu. Pemilik mobil umumnya cenderung mengabaikan filter udara kabin pada saat melakukan perawatan berkala. 

Namun, ini tidak boleh terjadi karena filter udara yang tersumbat dapat menyebabkan masalah seperti aliran udara yang buruk, bau yang tidak biasa, dll. Untuk perjalanan yang lebih mulus sepanjang musim, pastikan untuk memeriksanya secara teratur dan diganti jika dan saat diperlukan.

Periksa Rem Mobil

Apapun cuacanya, memeriksa rem merupakan bagian penting dari perawatan rutin mobil Anda. Pastikan rem mobil Anda berfungsi dengan baik setiap kali Anda berada di belakang kemudi. Juga, perhatikan baik-baik bantalan rem karena mereka melihat banyak keausan dengan penggunaan biasa. Untuk memastikan bahwa sistem pengereman mobil bekerja secara efektif, bantalan rem harus diganti tepat waktu.

Perjalanan jauh paling menyenangkan dilakukan saat cuaca seperti ini. Pastikan mobil Anda telah siap untuk melaju dengan melakukan pengecekan kondisi mesin dan komponen lainnya. 

Agar lebih mudah melakukan perawatan mobil, Anda bisa mengunjungi bengkel mobil yang resmi dan terpercaya seperti bengkel resmi Suzuki. Dapatkan berbagai keuntungan seperti pelayanan dari teknisi yang terlatih, peralatan yang lengkap, jaminan suku cadang asli dan juga garansi. Kunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat di kota Anda.

Ilustrasi: https://www.shutterstock.com/image-photo/blurry-traffic-signs-uturn-1-km-1471186550

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...