MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Pentingnya Membuat Pembukuan dalam Bisnis

 Pentingnya Membuat Pembukuan dalam Bisnis
Add Comments
9/27/2022
Daftar Isi [Tampil]

Kesehatan keuangan bisnis sangat ditentukan dari pembukuan. Proses pembekuan ini melibatkan serangkaian kegiatan pengumpulan data dan informasi yang berkaitan dengan keuangan bisnis secara teratur dan terperinci. Data-data yang ditulis dalam pembukuan nantinya akan diteruskan menjadi sebuah laporan keuangan.

Agar Anda dapat lebih memahami pentingnya pembukuan mari simak artikel di bawah ini!

Pentingnya Pembukuan dalam Bisnis

Pembukuan adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis. Hal ini akan menghindari pelaku bisnis mencampur keuangan perusahaan dan keuangan pribadinya.

Saat ini, pembukuan keuangan bisnis sendiri sebenarnya sudah bisa dilakukan lebih mudah menggunakan aplikasi akuntansi keuangan. Dengan aplikasi ini pembukuan keuangan bisa dilakukan lebih mudah sederhana, sehingga akan menghemat banyak waktu.

Bagi Anda yang mungkin masih menganggap remeh pembukuan dalam bisnis, coba simak beberapa poin berikut ini:

1. Melacak Pengeluaran

Segala pengeluaran dalam bisnis perlu dipertimbangkan karena akan memengaruhi pendapatan perusahaan. Tentu Anda tidak ingin uang digunakan untuk hal yang tidak jelas, bukan? Nah, makanya sangat penting untuk membuat pembukuan yang rapi agar Anda bisa mencatat seluruh pengeluaran dan bisa melihat penggunaan uang perusahaan.

Pencatatan pengeluaran yang tersusun rapi juga dapat membantu untuk mengontrol pembelian yang tidak terlalu penting, menentukan harga jual yang akan ditetapkan, dan menentukan pajak yang perlu dibayar.

2. Membantu dalam Pembuatan Anggaran

Masih berkaitan dengan poin pertama, saat Anda mengetahui pengeluaran yang dibutuhkan, tentu akan lebih mudah bagi perusahaan untuk membuat anggaran dengan bijaksana. Anggaran dapat menjadi pengarah bisnis dalam merencanakan pengeluaran di masa depan dan mengantisipasi biaya yang tak terduga.

3. Pembayaran Pajak

Pembukuan akan membantu penentuan berapa pajak yang perlu dibayar, selain itu pembukuan juga akan mempermudah proses pembayarannya. Adanya pembukuan juga dapat membantu Anda untuk melihat informasi keuangan secara lengkap saat dibutuhkan. Jadi tidak ada drama mencari tanda terima, faktur, dan dokumen keuangan lainnya.

4. Membantu Analisis

Pembukuan yang lengkap dan terperinci membantu manajemen untuk menganalisis seperti apa pekerjaan manajemen dan kinerja perusahaan.

Anda juga bisa melihat seperti apa laporan arus kas masuk dan keluar dengan detail. Dari pembukuan Anda juga bisa melihat lini bisnis mana yang memberikan keuntungan bagi perusahaan dan mana yang tidak.

5. Membantu Pembuatan Keputusan

Adanya pembukuan yang rapi dan lengkap dapat menghasilkan analisis yang tepat yang dapat dipergunakan dalam pengambilan keputusan.

Seperti yang kita tahu, segala keputusan dalam bisnis akan sangat berpengaruh kepada keuangan, untuk itulah informasi keuangan yang lengkap dan proses pembukuan bisa menjadi gambaran yang jelas sebelum pengambilan keputusan.

6. Manajemen Keuangan

Adanya pembukuan juga memberikan gambaran yang jelas tentang pembelanjaan uang dalam bisnis. Dengan begini Anda dapat mengatur keuangan dan mengendalikan keuangan bisnis. 

Hal ini bisa Anda lakukan lebih mudah dengan aplikasi akuntansi.

7. Kemudahan Pelaporan pada Investor

Sebagai pertanggungjawaban kepada investor, Anda perlu memperlihatkan laporan kinerja perusahaan. Untuk membantu membuat laporan kinerja perusahaan tentu Anda membutuhkan data dari pembukuan. Dengan data ini memungkinkan investor untuk mengetahui informasi terkini dan terlengkap mengenai keadaan keuangan perusahaan.

Jika catatan pembukuan keuangan perusahaan Anda lengkap, ini juga akan menarik minat investor baru untuk berinvestasi di bisnis Anda.

Dari tujuh poin di atas, sekarang Anda pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa pembukuan menjadi pokok dari manajemen bisnis. Laporan ini harus dibuat dengan rapi dan teratur agar dapat memudahkan Anda membaca laporan keuangan bisnis dan bisa mengambil tindakan segera.

Kemudahan pembukuan bisnis bisa Anda dapatkan dengan menerapkan pembukuan digital menggunakan ERP Software. Dengan ERP software yang dilengkapi modul Akuntansi seperti RedERP, proses pembukuan keuangan perusahaan bisa dilakukan secara digital dan otomatis. Bahkan sampai pembuatan reportnya, sehingga Anda bisa menghemat banyak waktu dan bisa menggunakannya untuk pengembangan produk atau pemasaran.

Silakan kunjungi website RedERP untuk mengetahui lebih jauh.

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...