BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

7 Aplikasi CRM Bisnis Terbaik di Indonesia

Aplikasi CRM merupakan media bagi bisnis untuk mengoptimalkan kinerja serta hubungan konsumen.

Dalam bisnis, untuk menciptakan kinerja serta hubungan yang baik dibutuhkan alat yang mumpuni. Artinya, alat tersebut mampu menjadi penunjang bisnis dengan manfaat serta fungsi yang beragam. Termasuk menciptakan operasional bisnis yang efisien menggunakan aplikasi CRM terbaik. 

Ragam fitur yang ada pada aplikasi customer relationship management menjadi penyelamat bagi bisnis terutama dalam mengelola komunikasi dengan pelanggan, salah satunya yaitu WhatsApp CRM. Selain aplikasi whatsapp, banyak pilihan aplikasi CRM terbaik yang dapat diintegrasikan dengan media sosial lain seperti Instagram atau Facebook. Hal ini membuka peluang kepada bisnis untuk memperluas jangkauan pemasaran mereka. 

Selain itu, fungsi aplikasi customer relationship management juga sangat luas, seperti menunjang perencanaan strategis dalam bisnis, menjadi alat penunjang kinerja operasional bisnis yang efektif, serta alat komunikasi dua arah antara bisnis dengan pelanggan. Lalu, apa saja aplikasi CRM terbaik yang ada di Indonesia? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Ragam Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis

Seperti yang dibahas sebelumnya, aplikasi pengelolaan hubungan konsumen merupakan alat penunjang hubungan antara bisnis dengan pelanggannya. Dalam penggunaannya, dibutuhkan perencanaan yang strategis agar aplikasi menjadi lebih tepat guna. Tanpa adanya perencanaan strategis, aplikasi CRM terbaik sekalipun dapat berubah menjadi sia-sia.

Dalam hal ini, untuk merencanakan penggunaan aplikasi yang strategis pemilik bisnis wajib untuk memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Menganalisa tujuan dari penggunaan aplikasi terhadap manfaatnya dalam bisnis, apakah untuk mengoptimalkan pemasaran, penjualan, atau layanan bantuan untuk pelanggan. 
  • Memilih aplikasi CRM terbaik dengan menyesuaikan fitur yang ditawarkan atas tujuan penggunaan serta kebutuhan perusahaan.
  • Jika digunakan untuk meningkatkan efisiensi komunikasi dan hubungan pelanggan, pilih aplikasi yang terintegrasi dengan aplikasi pesan singkat seperti Whatsapp CRM.
  • Memastikan sumber daya manusia siap dan memahami penggunaan aplikasi, sehingga mampu memberikan manfaat yang optimal. 

Menganalisa Tujuan Penggunaan Aplikasi CRM dalam Bisnis

Tujuan penggunaan aplikasi pengelolaan hubungan konsumen dalam bisnis ditentukan oleh target yang ingin dicapai oleh perusahaan. Beberapa tujuan penggunaan aplikasi customer relationship management, meliputi:

Meningkatkan tingkat retensi pelanggan.

Meningkatkan penjualan.

Membentuk segmentasi pelanggan.

Menganalisa data pelanggan.

Meningkatkan layanan pelanggan.  

Tujuan yang telah disebutkan diatas dapat dioptimalkan dengan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi CRM terbaik pilihan anda. Misalnya, untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan, tim pemasaran dapat membuat pesan personalisasi yang sesuai dengan referensi pelanggan yang tersimpan dalam big data. 

Lalu, untuk membentuk segmentasi pelanggan, tim divisi pemasaran dapat memanfaatkan fitur tag atau klasifikasi pelanggan yang ada dalam aplikasi. Dengan fitur tersebut, pesan pemasaran yang dikirimkan akan menjadi lebih tepat sasaran dan turut meningkatkan tingkat retensi pelanggan.

Pada dasarnya, sebelum memilih aplikasi CRM terbaik untuk bisnis, tentukan terlebih dahulu apa tujuan bisnis dalam memanfaatkan teknologi ini. Selain itu, pelatihan serta sosialisasi mengenai penggunaan aplikasi juga harus terus dilakukan agar teknologi dapat berfungsi secara maksimal.

7 Aplikasi CRM terbaik di Indonesia tahun 2024

Di tahun 2024, aplikasi CRM terbaik di Indonesia telah berkembang pesat. Seperti yang sedang populer saat ini, penyedia layanan menawarkan aplikasi sistem pengelolaan data pelanggan dengan integrasi whatsapp. Berikut beberapa aplikasi CRM terbaik yang dapat menjadi pertimbangan:

1. Kommo

2. Zoho

3. Barantum

4. Mekari qontak

5. Hashmicro

6. Gamatechno

7. Soltius Indonesia

Aplikasi-aplikasi di atas merupakan penyedia jasa layanan solusi bisnis yang selain populer juga menawarkan banyak fitur. Namun, kembali lagi hal tersebut perlu disesuaikan dengan tujuan bisnis dalam menggunakan aplikasi. Sehingga, pengaplikasian teknologi ini mampu bekerja secara optimal.

Manfaat Aplikasi CRM dalam Bisnis

Dalam bisnis, terkadang ada celah besar yang menghambat konsumen untuk menjangkau produk dari sebuah perusahaan. Seperti, kampanye yang kurang relevan maupun strategi pemasaran yang tidak tepat sasaran. Begitupun dengan layanan bantuan pelanggan, seringkali konsumen merasa diabaikan karena waktu respon yang terlalu lama. 

Kemudian hadir aplikasi customer relationship management, yang manfaatnya tidak diragukan lagi dalam dunia bisnis, mulai dari divisi pemasaran, penjualan hingga divisi IT. Aplikasi tersebut  saat ini menjadi lebih canggih dan dilengkapi inovasi teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Sehingga, CRM tidak lagi hanya berperan dalam mengelola hubungan bisnis dengan konsumen namun juga menciptakan efisiensi sistem kerja. 

Meningkatkan Efisiensi Kerja Perusahaan

Kinerja bisnis dapat menjadi efisien dengan adanya sistem operasional yang terstruktur. Artinya, alur kerja yang disusun dapat mengalir dan mempercepat jalannya pekerjaan. Selain itu, efisiensi kerja juga dapat dicapai dengan penggunaan sumber daya manusia yang optimal serta kolaborasi tim yang terorganisasi. 

Dalam hal ini, aplikasi CRM terbaik mampu menciptakan alur kerja yang efektif. Dengan demikian, sumber daya manusia mampu melakukan hal lain dan terus berinovasi dalam merencanakan strategis bisnis yang mendasar. 

Penggunaan aplikasi CRM dalam bisnis, mampu meningkatkan efisiensi kerja, seperti:

Automasi dalam proses pemasaran dan layanan pelanggan.

Menyederhanakan akses data pelanggan karena sistem manajemen penyimpanan yang terintegrasi.

Memudahkan proses pengawasan, pelacakan, dan analisis hasil kinerja seperti, respon pelanggan terhadap strategi pemasaran atau dampak strategi pemasaran terhadap tingkat penjualan.

Membangun Loyalitas dalam Hubungan Pelanggan Whatsapp

aplikasi crm
Whatsapp

Dalam sebuah bisnis, hubungan yang loyal adalah sebuah pondasi yang menjaga bisnis tetap bergerak di titik terendah sekalipun. Terlepas dari keuntungan, pelanggan yang loyal mempercayai bahwa nilai-nilai yang ada dalam produk mampu memenuhi kebutuhan. Dengan demikian, perusahaan atau pemilik bisnis harus selalu menjaga, bahkan terus meningkatkan kualitas maupun layanan agar pelanggan yang loyal tidak beralih ke produk pesaing.

Lalu, apa hubungannya dengan aplikasi CRM? Dalam hal ini, aplikasi pengelolaan hubungan pelanggan mampu membantu perusahaan untuk menyediakan fitur dalam media komunikasi yang digunakan oleh perusahaan. Misalnya, WhatsApp CRM, inovasi aplikasi CRM terbaik yang menawarkan integrasi whatsapp business API dengan sistem pengelolaan hubungan pelanggan yang ada. Atau, CRM e-commerce, yang mampu meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berbelanja secara daring melalui website e-commerce milik perusahaan.

Meningkatnya kepentingan dalam mengelola hubungan pelanggan di era digital, pemilihan aplikasi CRM terbaik menjadi kunci kesuksesan bisnis. Penggunaan aplikasi pengelolaan hubungan pelanggan yang tepat guna dapat menjadi langkah penting dalam memperkuat komunikasi dengan pelanggan serta efisiensi operasional bisnis. Dengan demikian, bisnis mampu menjadi yang terdepan dalam persaingan bisnis di Indonesia. Bagaimana menurut anda? Apakah artikel ini membantu?


Posting Komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

Temen²

Total Pageviews